Sabtu, 12 Juli 2014

Biasakan Minum Air Putih Biar Sehat

Kesehatan itu mahal harganya, bukan sekedar slogan tapi memang benar adanya. Chi pernah merasakan itu. Mahal gak cuma dalam artian biaya aja. Tapi, dalam hal lain juga bisa. Misalnya, ada waktu kebersamaan yang terlewati karena kita sakit. Bukan berarti keluarga meninggalkan kita, lho. Tapi, rasanya kebersamaan akan lebih nikmat dirasakan kalau semuanya dalam keadaan sehat.

Jadi, menjaga kesehatan itu memang penting banget. Dimulai dari asupan gizi hingga aktivitas sehari-hari harus kita jaga. Kalau dulu, untuk asupan gizi dikenal dengan istilah "4 sehat 5 sempurna". Kalau sekarang namanya gizi seimbang.

Ngomong-ngomong tentang gizi seimbang, pernah tau yang namanya tumpeng gizi seimbang? Kalau belum, coba lihat gambar di bawah ini:




Kalau lihat dari tumpeng tersebut, bagian yang paling bawah adalah air. Air memang merupakan kebutuhan pokok manusia. Bahkan 60% dari berat tubuh manusia adalah air. Sayangnya banyak manusia yang dengan berbagai macam alasan menjaid kurang minum air. Salah satunya yaitu Chi sendiri, nih.

Tapi, itu duluuu... waktu masih ngantor. Chi suka males minum karena perjalanan rumah-kantor pp itu jauh banget. Kalau banyak minum, bakalan repot kalau sampe pengen pipis di jalan *pernah beberapa kali ngalamin. Akhirnya, suka males minum hehehe.

Setelah resign, kebiasaan jarang minum terus dilanjutin. Udah jadi kebiasaan. Akhirnya sadar kalau kurang minum itu sebetulnya bahaya setelah sering sakit kepala. Untungnya K'Aie gak pernah bosen ngingetin supaya rajin minum. Sama satu lagi, baca tip sehat di  internet. Bermanfaat banget, deh.

Enak zaman sekarang, mau lihat tips sehat aja bisa tinggal online. Dari mulai tips membiasakan diri minum air putih, buah dan sayur yang menjadi 'musuh' bumil, agar tetap sehat selama musim hujan, dan masih banyak lagi.

Yang Chi baru tau, salah satu tips supaya banyak minum air putih katanya pake sedotan. Katanya, sedotan itu gak bikin mulut jadi penuh. Jadi, tanpa disadari, kita bisa minum lebih banyak. Wah, boleh juga nih tipsnya. Cobain, ah.

Teman-teman pernah coba cari tips sehat di internet, gak? :)

Sumber gambar: http://belajarbiokimia.wordpress.com/2014/02/17/sarapan-sehat-belajar-hebat/

post signature

24 komentar:

  1. sering banget mak,meskipun kita udah tahu apa aja tips sehat tapi nggak tau ya pingin aja baca lagi cari tau lagi..bener2 kepolah hehehe.....kl saya emang udah suka banget minum air putih mak dari kecil dan alhmadulillah bertahan sampe sekarang hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. tips sehat itu berguna, ya. Walopun harus cek n ricek juga :)

      Hapus
  2. saya juga sering diingetin sama suami supaya banyak minum air putih

    BalasHapus
  3. Kalau nyari tips hidup sehat saya sih jaraangg bangett haaahhaha...
    Tapi minum air putih emanf lebih sehat dibanding minuman lain nya ya..

    Salam hangat... :)

    BalasHapus
  4. Saya dan keluarga sudah meneraapkan sejak lama mak. Kurang sedikit cairan langsung berefek ke tubuh yang kurang nyaman :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus kalau udah terbiasa sejak kecil, Mak :)

      Hapus
  5. Wah ini memang sudah lazim dalam keluarga kami di rumah. Air yang kami beli dari air Galon pun selalu kami masak lagi setiap hari. Konsumsi air putih adalah kebiasaan baik yang seharusnya selalu dikampanyekan oleh setiap keluarga Indonesia. Tubuh kita kan terdiri atas air. Banyak minum air putih sangat baik untuk kesehatan, dan menghindarkan diri dari dehidrasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, Pak. 60% tubuh kita itu cairan. Jadi penting banget banyak minum air

      Hapus
  6. Iyaa se7 ... karena Air Putih adalah air bersih penangkal sakit dan dahaga :)

    BalasHapus
  7. iya mak,,aku suka sekali minum air putih,,,gara2 minum air putih juga,,BAB ku bisa lancar mak,,tubuh terasa ringan,,berasa racun rontok dari dalam tubuh,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. air berrati bisa sebagai proses detoxifikasi juga :)

      Hapus
  8. betul air putih itu paling sehat dibanding kita minum jenis lainnya. Saya pernah mengalami sakit kalau kencing dikarenakan kurang minum, akhirnya sekarang gak pernah telat untuk sering minum air putih dan salah satunya juga bisa mengurangi berat badan dengan cara sebelum makan minum dulu segelas air putih sehingga perut kenyang shg asupan makan tak terlalu banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau udah sakit kencing katanya bisa sakit banget, ya, Mak

      Hapus
  9. Aku yang termasuk percaya kalau air putih itu banyak manfaatnya buat tubuh. Terbukti kalau aku sudah mulai susah napas, alias napasnya berat karena capek, aku suka terapi air putih dan Alhamdulillah selalu berhasil, mak.

    BalasHapus
  10. Yang bikin males minum air putih tuh harus sering ke belakang. Tapi kalau inget manfaatnya banya jadi mikir juga kalau nggak dibiasain minum air putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dia, Mak. Saya tuh suka males karena beser. Padahal kurang minum itu gak baik bagi kesehatan

      Hapus
  11. Aku juga kalau kurang minum air putih pinggang bagian belakang suka sakit mbak, sudah tahu begitu masih saja kadang tetap kurang minum juga :p

    BalasHapus
  12. aku sukanya air teh tawar hehehe, tapi harus dibiasakan minum air putih juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Lid. Kita sama ngebiasain minum air putih, yuk :)

      Hapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge