Cara Mengatasi Panas di Tangan Karena Cabe

By Keke Naima - May 03, 2017

Cara Mengatasi Panas di Tangan Karena Cabe

Cara Mengatasi Panas di Tangan Karena Cabe - Udah hampir 2 minggu Chi terkena batuk dan pilek. Awalnya batuk dulu, setelah agak reda trus pilek mulai masuk sampe sekarang 😓

Kalau lagi batuk dan pilek, biasanya Chi suka bikin sambal jahe. Salah satu khasiat jahe kan bisa meringankan batuk atau pilek. Jahe akan membuat tubuh menjadi hangat dan memicu keluarnya keringat. Tapi Chi gak berani kalau cuma makan jahe aja. Makanya suka dibikin sambal jahe.

Cara bikinnya gampang. Jahe, bawang merah, cabai rawit merah, dan garam digerus kasar. Sambal jahe dimakan dengan nais hangat. Lauknya bebas. Tapi yang pasti setelah makan sambal jahe biasanya badan agak lebih enak dan keringat bercucuran.

Minggu lalu, Chi bikin sambal jahe lagi. Kadang setiap kali selesai bikin sambal, tangan Chi jadi panas. Chi pernah baca, katanya supaya tangan gak panas, sebelum pegang cabe sebaiknya tangannya dioleh minyak sayur atau minyak zaitun dulu. Tapi Chi gak pernah lakukan karena selalu lupa. Lagipula kalaupun tangan jadi panas, biasanya gak pernah lama.

Hanya saja, minggu lalu tumben lumayan lama. Dari siang sampe maghrib, panasnya gak juga berkurang. Udah gitu rasanya panas banget. Chi sampe gak tahan dan mulai browsing di Google tentang berbagai tip mengatasi panas di tangan karena cabe.

Beberapa tip Chi cobain, tapi semuanya gagal! Ya bukan berarti Chi bilang kalau semua tip itu gak bener, lho. Mungkin kebetulan gak cocok aja ma Chi. Ini beberapa cara yang udah Chi cobain.

Siram atau rendam dengan air dingin. Cara ini langsung berhasil selama tangan berada di air. Begitu tangan udah gak di air, saat itu juga panas langsung datang lagi. Udah agak lama direndam, tetep aja panas datang lagi begitu tangan udah gak di air. Kalau kelamaan direndam, nanti tangan Chi jadi keriput, dong.

Disiram pakai susu atau yogurt. Mminum susu atau yogurt memang berhasil buat ngilangin rasa pedas di mulut. Tapi tangan yang terasa panas? Gak berhasil sama sekali hehehe. Tetep aja panas akan seketika datang begitu gak disiram susu atau yogurt. Sayang ah kalau terus dibuang-buang, mendingan buat diminum.

Cuci tangan dengan sabun pencuci piring. Katanya sih sabun pencuci piring lebih efektif menghilangkan panas di tangan daripada pakai sabun biasa. Tapi gak berhasil sama Chi. Ya, meskipun sampe sekarang Chi lebih sering cuci tangan pake sabun pencuci piring hehehe.

Olesi minyak sayur. Gak berhasil juga, tuh. Padahal Chi sampe berkali-kali coba. Tangan malah jadi lengket. Trus dicuci deh pake sabun pencuci piring. Tetep aja tangan masih panas lagi.

Semua tip di atas Chi cobain gak cuma sekali. Tapi berkali-kali dan selalu gagal. Lewat maghrib, Chi mulai kesel karena panas di tangan gak juga berkurang. Ada juga nyarain buat tidur aja nanti begitu bangun udah hilang deh panasnya. Ya tapi gimana bisa tidur kalau tanga rasanya panas kayak gitu.

Chi pun coba cara lain. Sebetulnya udah gak berharap bakal berhasil. Ya, udah siap-siap bakal nangis kalau sampe gagal lagi 😂

Direndam di air hangat. Selain susu atau yogurt, air hangat juga bisa membantu menghilangkan rasa pedas dengan cepat. Tapi kalau tangan yang panas, apakah akan berhasil? Ternyata bisa! Tapi, merendam tangan yang panas di air hangat rasanya luar biasa alias sakit hehehe.

Sebelum direndam, Chi sentuh dulu airnya dengan tangan kiri. Suhunya gak terlalu panas. Masih kuat lah buat berendam. Tapi begitu tangan kanan yang lagi panas dimasukkin, rasanya jadi berkali-kali lipat panasnya. Di salah artikel yang Chi baca, katanya direndam sekitar 1 menit setelah itu tangan diangkat sebentar trus rendam lagi. Begitu terus sampai panasnya hilang.

Chi gak kuat kalau sampe 1 menit. Paling cuma sekitar 20-30 detik aja. Gemeteran rasanya menahan panas. Setelah beberapa kali direndam, angkat, rendam, angkat, panasnya berangsur menghilang. Alhamdulillah. Chi seneng banget.

Kapok gak makan atau bikin sambel? Enggak, lah. Karena sambel justru bikin nafsu makan semakin bertambah *Lupakan diet kalau lagi makan sambal 😄

  • Share:

You Might Also Like

20 comments

  1. Jadi pengen makan sama sambal dan ikan asin, nikmat kayaknya deh. *laper*

    ReplyDelete
  2. ini sambelnya menggoda banget deh Mbak haha

    ReplyDelete
  3. Iya sya sering begitu, panas ditangan.., awalnya dulu pakai air es..
    ga hilang2,,

    ternyata caranya pakai air hangat 1 menit ya.,
    oke lain kali nyambel dulu baru colek ke tangan.,, siip artikel bagus bgt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Pake air dingin hilangnya cuma sesaat. Abis itu panas lagi

      Delete
  4. Sambelnya enak, tapi aftereffect bikin sambelnya yg bikin gengges ya, Mb. Klo aku pas males ngulek bikinnya sambel yg dirajang trus ditumis aja. Nah, klo pas bikin balado yg hrs bersihin biji cabe tuh yg sering bikin tangan jd panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang juga suka saya tumis dulu. Tapi karena ini lagi batuk jadi memang menghindari minyak berlebih

      Delete
  5. Tos mbk, aku jg pakek air hangat bt ngilangin efek panas stlh berinteraksi sm cabe, :)

    ReplyDelete
  6. Aku sering nih ngalamin tangan panas karena makan sambal. Tapi nggak kapok dan selalu ngerasa panas akan hilang sendiri. Apakah udah kebal ya :p

    ReplyDelete
  7. Aku yang doyan nyambel wajib terapin trik ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesama orang Sunda mah harus suka sambal hehehe

      Delete
  8. sudah kepanasan kena cabe direndam di air panas pulak... tp kl buat ngilangin rasa panasnya ternyata ampuh maka cara ini pantes dicoba lah ya

    ReplyDelete
  9. seperti kepedesan juga bisa diredakan dengan air hangat, jadi menghilangkan panas akibat cabe di tangan juga bisa dengan air hangat rupanya

    ReplyDelete
  10. Baru tau juga ternyata jahe bisa dibikin sambel.. BTW, itu susunya sayang ya diguyur ke tangan, jadi kebuang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kan namanya juga usaha untuk menghilangkan panas di tangan

      Delete
  11. Wah boleh juga tipsnya, siapa tahu nanti juga mengalami. Saya juga suka Mbak makan jahe untuk meringankan gejala mau flu, tapi biasanya saya rebus dan airnya dicampur dengan teh. Kalau bikin sambal terus terang belum pernah, karena saya tak begitu suka pedes-pedes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga suka minum air rebusan jahe. Tetapi, kalau untuk minuman pakai jahe merah

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^