Rabu, 31 Mei 2017

Nestlé CERELAC NutriPuffs: Pola Snacking yang Sehat dan Menyenangkan Bagi si Kecil

Nestlé CERELAC NutriPuffs: Pola Snacking yang Sehat dan Menyenangkan Bagi si Kecil

Nestlé CERELAC NutriPuffs: Pola Snacking yang Sehat dan Menyenangkan Bagi si Kecil


Jakarta, 24 Mei 2017 - Salah satu masalah yang cukup banyak dialami para ibu adalah tentang pola makan si kecil. Setuju, gak?

Ada yang si kecil susah makan. Ada yang picky eater, maunya makan yang itu-itu aja. Ada yang doyannya ngemil melulu. Tapi sekalinya doyan makan, maunya terus-terusan. Biasanya orang tua suka senang kalau si kecil doyan makan daripada susah makan. Tetapi sebetulnya makan yang berlebihan pun tidak baik.

Saat ini, Indonesia mengalami 2 permasalah gizi ganda, yaitu kelebihan dan kekurangan

Nestlé CERELAC NutriPuffs: Pola Snacking yang Sehat dan Menyenangkan Bagi si Kecil


Happy Moment Saat Makan


Proses pemberian makanan termasuk makanan selingan yang teratur dan menyenangkan membuat si kecil pada usia batita akan turut mengembangkan rasa percaya dirinya, termasuk basic trust yang lebih baik terhadap ibu, orang tua, atau pengasuh.

Menurut Dr. dr. Thjin Wiguna, spKJ(K), memberikan makanan yang bergizi, tekstur yang tepat, rasa yang enak, serta tampilan menarik bagi si kecil belum cukup. Proses pemberian makanan bagi si kecil sangat berharga untuk mengembangkan rasa percaya dirinya. Hal ini penting karena si kecil yang kurang rasa percaya diri akan terganggu berbagai kemampuan motoriknya termasuk motorik halus.

Memberikan makanan yang baik bagi si kecil tidak hanya untuk perkembangan otak. Tapi berikan juga stimulasi serta komunikasi dengan orang sekitar. Masalah yang banyak terjadi saat ini adalah kurangnya komunikasi. Contohnya, si kecil dibiarkan makan sendiri sementara orang tuanya asik menonton tv.

Suasana yang menyenangkan saat makan akan merangsang hormon endorfin si kecil. Hormon inilah membuat seseorang menjadi bahagia. Dan kebahagiaan ini bisa menjadi satu moment bagi si kecil. Selain endorfin, hormon lain yang akan terangsang adalah oksitosin. Hormon ini akan membuat seseorang menjadi rileks.

Berbagai penelitian membuktikan, tubuh yang rileks akan membuat kerja tubuh menjadi lebih baik. Denyut jantung lebih teratur dan gerak usus menjadi lebih baik akibatnya berbagai enzim pencernaan dikeluarkan lebih banyak agar makanan bisa tercerna lebih baik. Makanan yang tercerna dengan baik akan berpengaruh kepada daya serap tubuh terhadap makanan. Pada akhirnya semua akan berdampak luas, mulai dari otak, tumbuh kembang, hingga kemampuan motorik si kecil.
Menciptakan happy moment di saat makan kadang dianggap sepele. Padahal momen menyenangkan yang dilakukan secara terus-menerus akan direkam oleh si kecil dalam ingatannya. Si kecil menjadi terbiasa dan hapal waktunya makan bahkan menjadi saat yang ditunggu olehnya karena suasananya selalu menyenangkan. Si kecil yang terus-menerus mendapatkan suasana menyenangkan akan diasimilasikan ke dalam kehidupannya sehari-hari.

Si kecil yang terus merasa bahagia akan senang mengeksplorasi berbagai hal termasuk makanan. Penasaran untuk memegang, merasa, dan lain sebagainya. Si kecil akan lebih mudah mencoba berbagai menu baru karena merasa setiap kali makan selalu menyenangkan. Akhirnya terhindar dari masalah susah makan. Skill si kecil untuk makan lama kelamaan semakin terasah.

Nestlé CERELAC NutriPuffs: Pola Snacking yang Sehat dan Menyenangkan Bagi si Kecil 
Bila si kecil sudah bisa duduk, biasakan untuk makan di high chair

Ada beberapa food rules memberikan makanan untuk si kecil:

  1. Selalu dukung si kecil untuk bisa makan sendiri. Disuapi hanya sampai batas usia tertentu
  2. Stimulasi dilakukan sedini mungkin. Contohnya, si kecil berusia 2 bulan bisa dilatih dengan cara tangannya menggenggam tangan orang tua untuk melatih fine motor skill
  3. Berikan berbagai jenis dan bentuk makanan yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak
  4. Makanan selingan bukanlah reward. Sesuai rekomendasi WHO, di atas 9 bulan berikan 3 x makan utama dan 2 x makan selingan.
  5. Waktu makan tidak bersamaan dengan waktu bermain. Jangan memberikan mainan pada saat waktunya makan karena si kecil lebih terangsang untuk bermain tapi tidak mengerti proses makan. Menciptakan happy moment dengan interaksi saat makan tentunya berbeda dengan memberikan mainan di saat si kecil sedang makan.
  6. Bila sampai 10-15 menit si kecil sudah tidak mau makan lagi berarti saatnya berhenti. Bila sampai batas waktu tersebut si kecil memainkan makanannya dan mengamuk ketika diambil makanannya maka itu artinya si kecil sudah ingin bermain. Jangan tetap berikan makanan untuk dimainkan tapi tugas orang tua atau pengasuh untuk mengajaknya bermain yang menyenangkan.

[Silakan baca: 5 Tips membiasakan Anak Makan Dengan Tertib]


Makanan Selingan Merupakan Rekomendasi WHO


Berdasarkan rekomendasi WHO, usia 9 bulan ke atas sebaiknya mulai dikenalkan makanan utama sebanyak 3-4x sehari. Sedangkan untuk mengoptimalkan kebutuhan gizi si kecil, berikan makanan selingan sebanyak 1-2 x sehari.

Angka kelahiran di Indonesia sangat tinggi, sekitar 4,5 juta per tahun. Menurut proyeksi pusat badan statistik, dengan tingginya angka kelahiran ini maka sekitar tahun 2020 s/d 2050 Indonesia akan mengalami bonus populasi. Bila ditangani dengan gizi yang baik, bonus populasi akan menguntungkan bagi Indonesia. Karena masa depan bangsa ditentukan oleh generasi yang ada saat ini. Menjadi tugas bersama dimulai dari orang tua, ahli medis, hingga pemerintah untuk peduli terhadap gizi si kecil.

Penyebab masalah gizi ganda tidak selalu tentang persediaan makanan yang ada. Tetapi saat ini banyak orang tua tidak paham tentang pemberian gizi yang baik untuk si kecil. Masa awal kehidupan hingga si kecilk berusia 2 tahun adalah masa krusial. Perkembangan kognitif si kecil akan mengalami kendala dan sulit untuk diperbaiki bila di masa krusial ini gizi tidak ditangani dengan baik.

Makanan bagi si kecil tidak hanya bicara kuantitas tetapi juga kualitas. Setelah si kecil melewati masa ASI Eksklusif, pemberian MPASI menjadi kunci bagi tumbuh kembangnya. Jangan sembarangan memberikan MPASI. Sekitar 98% MPASI yang baik akan memberikan zat besi yang dibutuhkan si kecil. Zat besi penting agar si kecil tidak mengalami anemia yang bisa mempengaruhi perkembangan kognitifnya.

Si kecil yang baru memasuki masa MPASI ukuran lambungnya masih kecil. Oleh karena itu sebaiknya tidak langsung memberikan makan utama 3 x sehari apalagi dalam jumlah banyak. Lakukan saja secara bertahap hingga usia 9 bulan dimana WHO sudah merekomendasikan memberi makan utama 3 x sehari untuk si kecil di usia tersebut. Si kecil yang berusia 6 bulan ke atas aktivitasnya semakin banyak. Oleh karenanya snacking dibutuhkan untuk melengkapi asupan gizi yang sudah didapat dari makanan utama.

Sebagai orang tua, kadang suka serba salah ketika ingin memberikan snack atau makanan selingan kepada si kecil. Khawatir ketagihan kalau si kecil mulai mengenal snack. Ada juga yang memberikan snack sebagai reward bukan sebagai makanan harian. Padahal WHO sudah merekomendasikan untuk memberikan makanan selingan kepada si kecil setiap hari, lho.

Selain tentang pentingnya menciptakan happy moment, masih ada orang tua yang tidak memahami snack sehat. Krupuk dan keripik paling sering diberikan kepada si kecil karena suka dengan rasanya. Padahal krupuk dan kripik dianggap bukan snack sehat. Pilihlah makanan selingan yang whole grain karena kandungan gizinya lengkap. Orang tua juga gak perlu khawatir anak akan ketagihan snack karena menurut Dr. dr. Thjin Wiguna, spKJ(K), anak yang memiliki pola makan teratur maka akan mengenal kenyang.

[Silakan baca: Gerakan Tutup Mulut]


Tentang Nestlé CERELAC NutriPuffs


Sudah 150 tahun Nestlé CERELAC menjadi sahabat para ibu di seluruh dunia dalam memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil melalui produk cereal yang sehat. Kali ini CERELAC memperkenalkan produk terbarunya yaitu NutriPuffs yang merupakan makanan selingan tidak hanya sehat tetapi bentuknya pun lucu bagi si kecil.

CERELAC NutriPuffs adalah makanan selingan untuk si kecil usia 10 - 24 bulan. Inovasi terbaru dari Nestlé CERELAC ini didukung oleh lembaga riset nutrisi terbesar yang dimiliki oleh jaringan Nestlé Research Center. Nestlé selalu berkomitmen membuat produk makanan dan minuman yang lezat dan sehat. Tujuannya adalah untuk ikut berkontribusi dalam kehidupan masyarat dan menciptakan generasi yang lebih sehat.

Nestlé CERELAC NutriPuffs: Pola Snacking yang Sehat dan Menyenangkan Bagi si Kecil

Menurut Rendi Kusumo, Category Marketing Manager Infant Cereal & Baby Food PT. Nestlé Indonesia, ada 5 alasan utama CERELAC NutriPuffs dirancang untuk si kecil

  1. Mudah dipegang oleh si kecil. Bentuk bintang ada tujuannya karena bintang memiliki 5 sudut sehingga memudahkan si kecil untuk mengambil dan memasukannya ke dalam mulut.
  2. Prosesnya dipanggang, bukan digoreng. Sehingga tidak perlu khawatir akan mengandung banyak lemak seperti snack yang digoreng.
  3. Diperkaya dengan zat besi dan vitamin B1. Angka defisiensi zat besi di Indonesia masih sangat tinggi dan CERELAC NutriPuffs ingin berkontribusi mengatasi permasalahan ini.
  4. Terbuat dari gandum utuh dan buah asli.
  5. Mudah meleleh di mulut meskipun tidak dikunyah. Anak berusia 10 bulan kadang masih belum mampu mengunyah dengan baik sehingga harus mengkonsumsi snack yang mudah meleleh meskipun tidak dikunyah.

Ada 2 varian CERELAC NutriPuffs, yaitu kombinasi rasa pisang - strawberry dan pisang - jeruk. Dalam 1 kemasan 50 gram dibandrol seharga Rp17.000,00. CERELAC NutriPuffs sudah tersedia di berbagai minimarket dan supermarket di Indonesia.

Hadir pada acara ini, Laura Basuki, Celebrity Mom, menceritakan tentang kebiasaan memberikan untuk putranya. Happy moment selalu diciptakan oleh Laura. Dan menurutnya si kecil menjadi lebih tenang terutama saat menikmati CERELAC NutriPuffs.

[Silakan baca: Nestlé Kembali Menggelar Kampanye 'Ayo Bangun Indonesia 2018' - Awali Hari Dengan Sarapan Sehat]

Nestlé CERELAC NutriPuffs: Pola Snacking yang Sehat dan Menyenangkan Bagi si Kecil
Dari kiri ke kanan:
Nur Shilla Christianto, VP Head of Corporate Communications, PT Nestlé Indonesia
Eka Herdiana, Market Nutritionist, PT Nestlé Indonesia
Dr. dr. Tjhin Wiguna, spKJ(k), psikiater anak
Rendi Kusumo, Category Marketing Manager Infant Cereal, PT Nestlé Indonesia
Laura Basuki, celebrity mom

Continue Reading
12 komentar
Share:

Jumat, 26 Mei 2017

Tips Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips

Tips Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips

Tip Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips

Sehari sebelum puasa (26/5), screenshot di atas adalah obrolan saya bersama suami dan anak-anak. Kira-kira teman-teman pernah mengalami percakapan seperti itu, gak? Kalau dari beberapa teman yang komentar di status FB saya itu, ternyata yang udah jadi ibu memiliki pengalaman yang sama 😂

Menyusun menu memang bukan perkara mudah. Dimasakin itu-itu aja nanti pada bosan. Tapi gonta-ganti menu pun belum tentu pada suka. Padahal suami dan anak-anak bukan termasuk yang pemilih banget urusan makan. Meskipun begitu bukan berarti gak ada dramanya.

Akhirnya setelah jawaban gak tau dan terserah, Keke bilang kalau dia pengen makan ayam goreng tepung untuk sahur. Tetapi permintaannya langsung saya tolak karena bikin ayam goreng tepung itu susah-susah gampang. Kalau apinya kegedean, tepungnya matang duluan dan daging ayamnya masih mentah. Dibiarin lebih lama maka tepungnya gosong. Sebaliknya kalau apinya kekecilan kayaknya lama banget ngegorengnya. Perasaan gak mateng-mateng.

Kebayang kan mata masih sepet karena ngantuk trus harus berlama-lama nungguin ayam goreng tepung matang. Iya kalau terus matangnya, kalau enggak bisa-bisa sahur ma telor ceplok aja. Atau gimana kalau saya kesiangan bangun? Mikirnya aja udah ribet duluan. Makanya permintaan Keke ditolak 😁

Ayam goreng mentega dan sayur sop pun jadi pilihan. Masaknya hari ini, dimakan buat sahur besok. Setidaknya kalau kesiangan bangun tinggal dihangatkan. Gak pake lama prosesnya. Praktis banget, kan?

Apakah yang Praktis Itu Sehat? 


Saya akan terus berusaha menyajikan makanan sehat bagi keluarga. Semua ibu akan selalu berusaha seperti itu. Tapi, apakah kita sudah benar yakin kalau makanan yang disajikan itu sehat? Lalu bagaimana dengan porsinya? Terkadang kita sendiri lupa atau malah belum tahu tentang hal ini.

Apalagi kalau membahas menu selama Ramadan. Pada saat berbuka inginnya segala dimakan sampai akhirnya malas beraktivitas karena kekenyangan. Giliran sahur, makannya malas-malasan karena masih mengantuk. Akibatnya selama berpuasa juga merasa malas beraktivitas karena lemas.

Tip Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips

"Indikator keberhasilan puasa adalah berat badan menjadi ideal. Yang gemuk akan turun dan yang kurus akan naik berat badannya. Glukosa darah dan tekanan darah stabil. Puasa akan membuat kita menjadi semakin aktif dan produktif, pemikiran positif, dan emosional semakin baik," ujar Rita Ramayulis DCN, M.Kes.

Senin, 15 Mei 2017, Philips Indonesia mengundang rekan media dan blogger untuk hadir di acara Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips. Acara ini menghadirkan narasumber Rita Ramayulis DCN, M.Kes, seorang nutrisionis yang sudah menulis berbagai buku tentang gizi, diet untuk berbagai pernyakit, serta mengatur pola makan sehat. Juga sebagai narasumber di salah satu acara tentang makanan di salah satu televisi swasta.

Tips Ramadan Sehat dan Praktis


Dari sudut ahli gizi, puasa merupakan salah satu proses detoksifikasi. Selama kurang lebih 14 jam beberapa organ pencernaan beristirahat karena tubuh tidak mendapatkan asupan makan dan minum. Hal ini memberikan kesempatan beberapa organ tubuh untuk melakukan regenerasi dan juga penurunan radikal bebas.

Porsi makanan dan minuman setiap hari pada saat puasa dan tidak sebetulnya tidak ada perbedaan. Hanya waktunya yang berbeda. Bila di luar bulan Ramadan, waktu kita untuk makan dan minum lebih panjang. Sedangkan selama bulan Ramadan cukup sempit, hanya pada saat berbuka dan sahur. Sehingga perlu lebih diatur lagi pola makan saat berpuasa.

Setiap orang memiliki kebutuhan kkal yang berbeda tergantung dari berat badan, tinggi badan, serta aktivitas sehari-hari. Usia juga mempengaruhi. Di atas 40 tahun tidak lagi mencari berat badan ideal tapi hitungannya berat badan normal. Ibu Rita memberikan contoh seorang perempuan berusia 42 tahun, tinggi badan 154 cm, berat badan 58 kg, dan aktivitas sehari-hari adalah pegawai juga ibu rumah tangga. Dari data tersebut setelah dihitung maka kebutuhan energinya adalah 1.600 kkal yang dibagi ke dalam beberapa menu makan dalam sehari *bukan untuk sekali makan, ya*, yaitu

  • 3,5 porsi karbohidrat. Untuk karbohidrat, per porsinya kira-kira 1 telapak tangan
  • 5 porsi protein. 1 porsi protein, ukurannya adalah 1 telapak tangan
  • 3 porsi sayur. 1 porsi kira 2 telapak tangan yang disatukan *seperti sedang berdo'a*
  • 3 porsi buah. 1 porsinya kurang lebih 1 genggam tangan kiri
  • 5 porsi minyak. Untuk 5 porsi minyak kurang lebih banyaknya 1 jempol
  • 2 sdm gula. Ukuran normal bukan munjung, ya 

Membahas tentang minyak, biasanya saat berpuasa konsumsi minyak kita semakin banyak. 1 makanan biasanya mengandung 1/5 minyak. Sekarang kalau dalam 1 porsi makanan terdiri dari nasi uduk, mie goreng, 1 buah bakwan, 1 potong ayam goreng, dan 1 potong tempe goreng berarti sudah ada 5 porsi minyak untuk sekali makan saja. *Padahal kalau buka puasa, makan gorengan aja gak cukup 1, ya. Duh! Beneran harus mulai merubah kebiasaan, nih.

Jangan Lupakan Cairan Saat Berbuka Puasa

Jangan lupakan cairan. Yang pertama kali kehilangan saat berpuasa adalah cairan dan elektrolit tubuh. Maka ketika waktunya berbuka harus segera menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang terlebih dahulu. Kemudian naikkan kadar glukosa darah menjadi stabil. Apalagi menjelang berbuka kadar glukosa darah mulai turun.

Dari Salman bin Amir radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Bila kalian berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma, karena kurma itu barakah. Kalau tidak ada kurma, maka dengan air, karena air itu mensucikan. (HR. Abu Daud dan At-Tirmizy)

Dari sudut ahli gizi pun berbuka puasa dengan kurma sangat dianjurkan. Kurma sangat dianjurkan untuk berbuka puasa karena mengandung

  • Zat gula, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang berpadu menjadi satu
  • Serat
  • Mikronutrien seperti kalium dan potasium.
  • Betakaroten dalam bentuk vitamin A
  • Serta beberapa mineral dan vitamin lain

Berbukalah dengan yang manis. Sering banget kan ya kita mendengar kalimat itu. Kalau kemudian kurma digantikan dengan teh manis apakah cocok? Ternyata tidak. Karena dalam 1 gelas teh manis hanya mengandung sukrosa. Tidak ada kandungan lain dalam teh manis yang bisa menyamakan kandungan dalam kurma.

Kandungan sukrosa hanya membuat gula darah naik secara drastis tetapi dengan cepat akan turun lagi. Itulah pentingnya ada perpaduan glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Gula darah yang naik akan dibuat stabil dengan perpaduan ini. Bila tidak ada kurma, bisa digantikan dengan buah lain seperti semangka atau pisang.

Tip Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips

Setelah shalat maghrib, dilanjut dengan makan malam. Untuk yang memiliki berat badan ideal, menggunakan prinsip piring makanku. Sedangkan yang memiliki berat badan berlebih menggunakan prinsip piring makan T.

Biasanya setelah shalat taraweh kita gak mau makan lagi karena khawatir gemuk. Tetapi ahli gizi justru menganjurkan untuk makan lagi. Alasannya kalau hanya menyantap menu berbuka kemudian makan malam, kebutuhan untuk tubuh belum sepenuhnya terpenuhi. Biasanya tubuh masih membutuhkan vitamin, mineral, dan protein. Tetapi, jangan mengkonsumsi karbohidrat lagi karena sudah cukup bahkan berlebih. Teman-teman bisa mengkonsumsi omelette isi sayur, capcay, oseng tempe dan kacang panjang, salad dengan yogurt, dan lain-lain asalkan jangan karbohidrat. Kelebihan karbohidrat menjelang tidur akan membuat oksigen berada di sekitar lambung. Sehingga pada saat sahur, otak akan sulit untuk dibuat sadar. Kita pun jadi malas untuk sahur.

Asupan Saat Sahur

Prinsip makan sahur yang harus diketahui sebagai berikut

  • Memenuhi kebutuhan energi dan zat gizi. Pilih sumber energi yang dicerna lebih lama dan bertahap agar perut terasa kenyang lebih lama.
  • Pilih protein yang rendah lemak. Protein yang tinggi lemak akan membuat organ tubuh mencerna lebih keras. Akhirnya tubuh juga menjadi cepat lelah. Makanan yang digoreng termasuk yang tinggi lemaknya.
  • Cairan dan elektrolit harus terpenuhi

Untuk karbohidrat, kita bisa memilih yang berserat tinggi misalnya beras merah. Bila tida suka beras merah karena teksturnya, masih bisa dicampur dengan beras putih. *Kalau di rumah biasanya mencampur beras merah dengan agar-agar.

Sayur pada saat sahur sebaiknya yang mengandung air tinggi banyak seperti sop. Buah pun pilih yang kaya akan air seperti melon. Agar kebutuhan cairan pada saat sahur terpenuhi.

Peran Dapur Inovasi Philips Selama Ramadan


Bapak Yongky Sentosa, Head of Personal Health Philips Indonesia mengatakan bahwa hidup sehat adalah langkah utama untuk menjaga kesehatan. Lebih lanjut dikatakan bahwa seluruh produk Philips mendukung gaya hidup sehat.

Melalui inovasi dapur Philips lahir berbagai produk yang mendukung hidup sehat tetapi juga mengerti kebutuhan masyarakat saat ini terutama yang tinggal di perkotaan. Masyarakat di perkotaan umumnya memiliki mobilitas yang sangat tinggi dengan waktu yang terbatas. Membuat menu sehat untuk pribadi dan keluarga bisa dirasa memakan waktu dan ribet bila tidak didukung peralatan yang bisa diandalkan.

Peralatan dapur Philips memang memegang peranan dalam menyiapkan menu Ramadan. Pernah gak mau sahur tapi lupa masak nasi. Pasti rasanya nyesek 😂. Saya belum pernah, seringnya pas buka puasa tapi belom masak nasi hehehe.
Tip Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips
Kalau menggunakan Philips Fuzzy Logic rice cooker, teman-teman udah gak khawatir lagi. Waktu menanaknya bisa disetting. Misalnya malam sebelum tidur, kemudian disetting slow cook supaya saat matang saat sahur. Rice cooker ini juga memiliki kontrol fuzzy logic, suatu mekanisme pemanas terkomputerisasi dan pengontrol suhu agar hasil memasak optimal dengan program berbeda. Panci 5-lapis setebal 1,5 mm ini juga akan membuat panas lebih merata dan rasa nasi menjadi lebih enak.

Tip Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips 
Bola-bola ayam sayur yang renyah dan energize juice yang segar

Di acara ini juga diadakan demo masak. Seluruh peserta yang hadir juga diberi kesempatan untuk mencoba membuat hidangan Ramadan praktis. Sehat karena bahan-bahannya bergizi dan diproses dengan baik. Praktis karena hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Menu yang kami buat ada 2 yaitu, Bola-Bola Ayam Sayur dan Energizer Juice.
Tip Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips
Bola-bola ayam sayur biasanya dikenal sebagai salah satu menu gorengan. Padahal menurut Rita Ramayulis sebaiknya menghindari gorengan terutama pada saat sahur. Gorengan akan membuat tubuh cepat lelah saat berpuasa karena organ tubuh harus mencerna lebih keras. Tetapi pada saat itu kami memprosesnya menggunakan Philips Air Fryer.

Prinsip menggoreng adalah memasak makanan di dalam penggorengan menggunakan minyak yang banyak. Menumis bukan termasuk menggoreng. Apalagi bila menggunakan Air Fryer tentunya bukan termasuk menggoreng karena tidak menggunakan minyak sama sekali. Makanya boleh banget mengkonsumsi bola-bola ayam sahur untuk sahur, apalagi ayam yang digunakan tanpa kulit berarti rendah lemak.

Gampang banget bikin bola-bola ayam sayur karena tinggal mencampurkan semua bahan kemudian dibentuk bola. Berbeda banget dengan proses menggoreng di mana kita harus terus memperhatikan dan sesekali mengaduk supaya makanan tidak gosong. Kalau menggunakan air fryer tinggal disetting waktunya trus tutup, deh. Sambil menunggu matang kita mengerjakan hal lain seperti membuat juice.
Tip Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips
Blender Philips udah terkenal kualitasnya. Setidaknya saya sudah merasakan punya blender Philips yang awet bertahun-tahun. Sekarang makin canggih aja blendernya. Selain mudah dibersihkan juga memiliki beberapa tombol multiple speed. Blender Philips yang kami pakai saat itu juga tidak akan menyala bila belum ditutup dengan benar. Jadi gak bakal khawatir isinya akan muncrat ke mana-mana.

 
Ini juga bisa termasuk menu sehat dan praktis. Bisa buat berbuka puasa atau sahur, nih 😊

Mumpung sudah memasukin bulan Ramadan, nih. Sudah terbayang mau menu masak praktis Ramadan yang seperti apa untuk sahur dan berbuka puasa? Saya mulai ada rencana, sih. Tapi jadi makin semangat mengikuti saran ibu Rita untuk hidup sehat. Ya siapa tau setelah Ramadan, berat badan saya bisa turun beberapa kilo dan badan pun jadi lebih bugar. Pas teman-teman juga ingin sehat, kan? 😊


Info lebih lanjut

Philips Indonesia


Website: http://philips.to/HomeLivingID
Fanpage FB: Philips Home Living ID
Twitter: @Philips_ID

Continue Reading
16 komentar
Share:

Selasa, 23 Mei 2017

Bebas Nyeri Sendi Saat Mendaki dengan VIOSTIN DS

Bebas Nyeri Sendi Saat Mendaki dengan VIOSTIN DS


Bebas Nyeri Sendi Saat Mendaki dengan VIOSTIN DS

Bebas Nyeri Sendi Saat Mendaki dengan VIOSTIN DS

Kelihatan gagah, ya. Padahal aslinya sendi lutut terasa nyut-nyutan berkali-kali hehehe. Tapi sekarang udah ada solusinya. Baca aja cerita di postingan ini, ya 😄

Sahabat “Myr, gue gak nyangka deh sekarang lo bisa ikut hobi laki lo. Jadi suka naik gunung sama kegiatan alam gitu.”

Chi: “Abis gimana, ya. Selama bertahun-tahun justru laki gue yang ngalah. Dia udah gak naik gunung sejak nikah. Lama-lama gue juga mikir, gak adil kalau akhirnya anak-anak gue cuma kenal hobi emaknya. Mereka perlu kenal ma hobi ayahnya. Tapi, itu artinya gue juga harus ikut. Anak-anak mana mau pergi tanpa gue.”

Sahabat: “Bener juga, sih. Trus kan gue cerita ke laki gue tentang ini. Eh, dia malah bilang kalau jadi istri harus gitu. Ya masalahnya laki gue hobinya ngebengkel. Masa gue harus ikutan ngebengkel juga?”

Kami pun langsung tertawa. Ya ini hanya obrolan ringan antara 2 sahabat semasa kuliah yang sudah mulai jarang bertemu kecuali di social media. Obrolannya macam-macam, bisa dari A sampai Z dan balik ke A lagi.

Penyebab Lutut Nyeri


Ngobrolin tentang naik gunung, dulu Chi gak pernah kepikiran kalau suatu saat nanti akan naik gunung apapun *kecuali tangkuban perahu, ya. Kalau ini gak masuk itungan, lah.* Hingga bertahun-tahun kemudian, tepatnya di tahun 2014 Chi mulai mendaki Gunung Gede. Gak sampai puncak, sih. Cuma sampai alun-alun Suryakencana tapi buat yang gak pernah naik gunung seumur-umur termasuk pengalaman berharga, lah.Sama pastinya capek (banget) hahaha.

Chi menyebut diri sendiri sebagai pendaki kura-kura. Abis selalu paling belakang jalannya. Istirahatnya juga paling sering. Gak apa-apa lah yang penting sampai dengan selamat. Masalahnya beberapa tahun belakangan ini mulai suka merasakan nyeri sendi di bagian lutut terutama ketika sedang turun setelah mendaki.

Sebetulnya gak hanya saat sedang melakukan pendakian. Kalau lagi kumat, di rumah pun bisa merasakan nyut-nyutan di bagian sendi lutut saat sedang turun tangga. Makanya suka pelan-pelan turunnya. Cuaca juga mempengaruhi, semakin dingin udara maka nyeri sendi semakin berasa.

K’Aie: “Coba kurangi berat badan, Bun. Mungkin itu penyebabnya sama mulai rutin olah raga lagi.”

Jleb banget gak sih kalau disaranin kayak gitu sama suami? Kadang-kadang Chi suka manyun duluan. Tapi, setelah dipikir lagi ada benarnya juga. Berat badan yang teru bertambah dan kurang gerak, termasuk olahraga bisa jadi penyebab.. Apalagi kalau udah asik di depan laptop, bisa makin bikin jarang bergerak.


Apa Itu Osteoarthritis?


Gara-gara lutut suka nyeri, Chi pun mulai mengenal kata Osteoarthritis. Sebetulnya osteoarthritis ini tidak hanya untuk keluhan di sendi lutut, tapi juga bisa di sendi tangan, tulang punggung, dan sendi lainnya. Memang nyeri seperti ini sudah umum terjadi, tapi jangan pernah menganggap remeh. Kalau dibiarkan berlarut-larut akan membuat kita semakin tidak bebas gerak. Bahkan tulang rawan bisa menipis hingga resiko pengapuran. Serem juga ngebayanginnya.

Biasanya kalau lagi nyeri, Chi memilih beristirahat sejenak sebagai cara mengatasinya. Kadang-kadang pain killer yang rasanya dingin digunakan kalau nyerinya dirasa sudah cukup mengganggu aktivitas.

Mulai Mengkonsumsi VIOSTIN DS


Beberapa teman menyarankan VIOSTIN DS. Sebelum mencobanya, Chi mencoba mencari tau terlebih dahulu tentang suplemen VIOSTIN DS.

Bebas Nyeri Sendi Saat Mendaki dengan VIOSTIN DS

VIOSTIN DS merupakan nutrisi tulang rawan sendi dengan Kekuatan Ganda (Double Strength) dalam mengatasi kaku dan nyeri sendi akibat penipisan/rusaknya tulang rawan sendi

Dalam 1 kaplet suplemen VIOSTIN DS mengandung 500 mg glucosamine dan 400 mg kroitin. Kedua kandungan itu akan bersinergi untuk membentuk cairan synovia, untuk melumasi sendi yang aus, membentuk tulang rawan baru, dan mengatasi nyeri sendi.

Kandungan glucosamine dan kroitin pada VIOSTIN DS berasal dari sumber terbaik. Dan karena memiliki kandungan yang cukup besar sehingga akan lebih cepat dan efektif dalam menstimulasi pembentukan tulang rawan sendi. VIOSTIN DS juga tidak meningkatkan kadar gula darah dan resistensi insulin. Sehingga bagi penderita diabetes yang juga memiliki keluhan pada sendi masih aman mengkonsumsi VIOSTIN DS.

Setelah mengetahui manfaatnya, Chi sempat googling untuk cari tau di mana bisa beli VIOSTIN DS. Asiknya bisa beli secara online. Suplemen ini bisa dibeli di Elevevania, Go mart, website VIOSTIN DS, Century, atau berbagai apotek. Nah, yang perlu diperhatikan, konsumsi suplemen ini bukan untuk jangka panjang, ya. Tapi, hanya 3 x sehari selama 3 bulan.

Bebas Nyeri Sendi Saat Mendaki dengan VIOSTIN DS 
Pengen bisa terus seseruan seperti ini bersama suami dan anak-anak tanpa ada kendala nyeri sendi lagi

Chi gak pernah bermimpi bisa menaklukkan gunung yang extreme. Tapi, setidaknya masih pengen bisa menemani anak-anak beraktivitas di alam. Mendaki gunung yang cukup bersahabat bagi pemula. Atau paling tidak trekking ke air terjun dan berbagai aktivitas alam terbuka lainnya tanpa harus merasakan nyeri pada jaringan sendi. Inginnya bisa bebas bergerak tanpa kaku.

Jadi Chi akan berusaha supaya sendi supaya lutut gak nyeri lagi. Termasuk mengkonsumsi VIOSTIN DS. Nah, buat teman-teman yang masih sehat sendinya tetap dijaga, ya. Kalaupun mulai terganggu, solusinya udah ada, nih.

Continue Reading
54 komentar
Share:

Jumat, 19 Mei 2017

Pentingnya Memenuhi Asupan Buah dan Sayur untuk Keluarga

Pentingnya Memenuhi Asupan Buah dan Sayur untuk Keluarga

Pentingnya Memenuhi Asupan Buah dan Sayur untuk Keluarga


Jakarta, 06 Mei 2017 - Teman-teman setuju gak kalau di rumah yang menjadi manager unrusan gizi keluarga adalah ibu? Mau itu ibu rumah tangga maupun ibu bekerja. Seringkali Chi melihat status seorang ibu tentang masak apa hari ini, khawatir bila anak-anak sulit makan, membahas tentang asupan yang baik bagi anak, pokoknya semua bahasan tentang nafsu makan di keluarga terutama anak-anak.

Itu status di social media, di dunia nyata pun gak jauh beda. Obrolannya paling sering ya seputar anak, salah satunya urusan makan. Bukan berarti para bapak gak peduli lho, ya. Tapi memang umumnya yang terlihat memikirkan urusan asupan gizi keluarga adalah para ibu.

Di zaman yang serba praktis terlebih hidup di kota besar di mana seringkali berbagai aktivitas berpacu dengan waktu membuat kita seringkali mengabaikan asupan gizi yang baik. Masak cari yang gampang aja, kebutuhan vitamin tinggal minum suplemen, semuanya serba praktis. Padahal kebutuhan vitamin ada dalam buah dan sayur. Selain itu, buah dan sayur juga mengandung serat yang baik bagi tubuh.

Sebelumnya, berbagai penyakit menular yang menjadi peringkat teratas masalah kesehatan. Tetapi sejak sekitar 5 tahun terakhir terjadi peningkatan yang cukup besar untuk berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, kanker, dan lainnya. Lebih dari 50% penyakit degeneratif menjadi penyebab kematian di masyarakat. Berbagai penyakit degeneratif ini diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Banyak masyarakat yang masih muda dan terlihat kurus tetapi sebetulnya memiliki kolesterol yang tinggi akibat pola hidup yang tidak sehat. Kolesterol bisa diturunkan dan distabilkan bila mengkonsumsi serat larut.

Pentingnya Memenuhi Asupan Buah dan Sayur untuk Keluarga

Mengapa dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi buah dan sayur?

Pertama-tama ada proses mengunyah ketika mengkonsumsi buah dan sayur agar makanan bisa dicerna dengan lebih baik. Pada saat mengunyah tercipta berbagai enzim. Dari proses mengunyah, banyak organ tubuh yang terstimulasi. Serat juga bisa menjadi solusi bagi yang tidak ingin gemuk atau sedang menurunkan berat badan. Karena serat bisa disimpan di dalam tubuh lebih lama sehingga perut merasa lebih kenyang.

Menurut dr. Rida Noor Sp. GK, dokter Gizi, buah dan sayur merupakan sumber utama berbagai vitamin. Bila asupan buah dan sayur tercukupi dengan baik, badan pun akan menjadi fit. Selain itu beberapa vitamin juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Buah dan sayur juga bisa bikin kita menjadi lebih cantik. Kalau asupannya baik dari kulit saja sudah bisa terlihat sehat.

Sayangnya di masyarakat kita, persentase konsumsi buah dan sayur secara rutin masih sangat sedikit. Tidak sampai 5% masyarakat kita yang secara rutin mengkonsumsi sayur. Sedangkan untuk buah hanya sekitar 3%. Lebih dari 90% masyarakat tidak mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari.

Bicara tentang pola hidup memang tidak sebatas mengkonsumsi buah dan sayur saja. Ada beberapa hal lain, misalnya beraktivitas. Saat ini semakin banyak aktivitas yang memudahkan manusia. Contohnya, kalau dulu kita ngepel dengan jongkok sekarang sudah ada alat bantu yang lebih memudahkan. Dulu mencuci baju masih manual, sekarang banyak yang menggunakan mesin cuci.

Polusi di mana-mana turut menyumbang hidup menjadi tidak sehat. Lebih suka mengkonsumsi makanan instan. Bahkan saat ini di kalangan anak muda semakin banyak yang mengkonsumsi secara rutin berbagai minuman yang mengklain bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Menurut bapak Sakri Sab’atmaja, SKM, Msi, Kepala Subdit, Advokasi Kemitraan Kementerian Kesehatan R, gaya hidup selalu dijadikan alasan. Tetapi kemudian berbagai hal yang natural seperti mengkonsumsi buah dan sayur mulai ditinggalkan. Akibatnya timbul berbagai penyakit degeratif.

Selain alasan gaya hidup yang serba instan, produksi buah dan sayur di Indonesia masih kurang dibandingkan negara lain. Kemasannya pun terutama di pasar tradisional seringkali kurang menarik. Dari segi variasi juga masih berkurang. Dan yang mengalami kekurangan kalori justru terjadi di kota.

Tentunya ini menjadi PR bersama. Pemerintah terus berusaha meningkatkan produksi buah dan sayur. Masyarakat terus berusaha mengubah perilakunya ke arah pola hidup sehat. Di sini, peran ibu bisa menjadi kunci agar asupan buah dan sayur untuk keluarga terpenuhi dengan menyusun menu harian yang sehat.

Saat ini pemerintah juga sedang gencar mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Sehat yang dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan. Ada 3 hal utama yang dianjurkan, yaitu

  • Beraktivitas minimal 30 menit sehari
  • Mengkonsumsi makanan sehat
  • Rajin cek kesehatan, minimal cek tekanan darah. Jangan tunggu sakit dulu baru cek kesehatan.

Ibu menjadi penentu yang sangat penting dalam pola hidup. Ketika sejak kecil anak dibiasakan makanan instan, maka sampai besar juga akan terbiasa mengkonsumsi yang sama. Begitupun bila sejak kecil dibiasakan mengkonsumsi buah dan sayur, maka hingga besar akan terbiasa mengkonsumsi buah dan sayur. Kira-kira 400-600 gram konsumsi buah dan sayur setiap hari. Pembagiannya, sekitar 2/3 bagian adalah porsi untuk sayur.

Buah dan sayur memang sama-sama kaya akan serat dan vitamin. Tetapi bukan berarti makan salah satu saja sudah cukup. Kandungan buah dan sayur itu saling melengkapi. Sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi keduanya setiap hari. Memvariasikan buah dan sayur juga penting untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan vitamin yang cukup.

Acara yang  dilaksanakan di Ciputra Medical Centre juga mengenalkan produk Kalbe, yaitu Vegie Fruit Premium yang merupakan jus sayur dan buah. PT Kalbe Farma Tbk merupakan salah satu perusahaan yang fokus dengan hidup sehat. Dalam satu botol Vegie Fruit terdiri atas campuran wortel, nanas, dan jeruk.

Ibu Adelia dari Kalbe Farma mengatakan berdasarkan berita yang dilansir CNN, jumlah ibu bekerja di Indonesia menempati peringkat ke-6 terbesar di dunia. Bagi ibu bekerja terutama di kota besar, bisa menghabiskan waktu lebih dari 12 jam di luar rumah. Kemacetan juga salah satu yang turut menyumbang semakin lama seorang ibu berada di luar rumah. Begitu sampai rumah, kadang masih harus dihadapkan dengan berbagai pekerjaan rumah tangga termasuk memikirkan menu yang sehat bagi anak. Walaupun mungkin untuk urusan masak diserahkan kepada asisten rumah tangga, tetapi sebaiknya ibu tidak melepaskan perannya dalam hal menentukan menu. Jangan sampai anak dibiarkan terus mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Ada beberapa penyebab anak tidak menyukai buah dan sayur, yaitu

  1. Tidak dibiasakan sejak kecil
  2. Orang tua tidak suka sayur dan buah sehingga anak pun meniru
  3. Tampilan makanannya kurang menarik. Ada beberapa orang tua yang berusaha membuat bento agar makanan terlihat menarik.

Pentingnya Memenuhi Asupan Buah dan Sayur untuk Keluarga

Karakter manusia terhadap kesehatan dilihat dari Health Concsious Hierarki terbagi menjadi 4, yaitu

  1. Health Aware - Biasanya sekadar tau tentang pola hidup sehat tapi belum menjalankan
  2. Health Starter - Sudah mulai menjalan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat meskipun belum rutin
  3. Health Adopter - Mulai mempertimbangkan komposisi gizi dari setiap asupan. Bila membeli makanan kemasan, mulai memperhatikan kandungan apa saja yang ada di makanan dan minuman tersebut.
  4. Health Extremist - Hanya ingin mengkonsumsi makanan dan minuman yang benar-benar sehat, misalnya selalu memilih bahan makanan yang organik.

Vegie Fruit memiliki banyak keunggulan. Teknologi UHT dalam proses pembuatannya membuat Vegie Fruit bisa bertahan lama meskipun tanpa menggunakan pengawet. Teknologi UHT juga membuat kandungan nutrisi kesegaran produk tetap terjaga. Adapun keunggulan dari jus botolan ini adalah

  1. Terbuat dari sayur dan buah pilihan
  2. Sumber vitamin A
  3. Tinggi vitamin C
  4. Tinggi serat
  5. Tanpa bahan pengawet
  6. Tanpa pemanis buatan
  7. Rasa enak

Sebetulnya Chi gak pernah sulit memberi Keke jus sayur terutama wortel. Mungkin karena sejak bayi dia sudah terbiasa mengkonsumsi jus wortel. Benar apa yang dikatakan bapak Sakri kalau anak sudah dibiasakan mengkonsumsi makanan tertentu, makan kebiasaan ini akan terbawa hingga dewasa. Dan itu terbukti banget untuk Keke. Malah kadang dia yang minta duluan buat dibikin jus wortel. Atau kalau ke penjual jus biasanya dia pun pesan jus wortel.
Tapi bagi kebanyakan orang, jus wortel rasanya langu. Makanya Vegie Fruit Premium menambahkan jeruk dan nanas agar terasa segar. Pemilihan buah dan sayur ini juga hasil dari survey ke berbagai penjual juice. Yang paling banyak dibeli adalah juice jeruk, sedangkan untuk sayurnya kebanyakan memilih wortel. Sekarang konsumen udah gak perlu ragu lagi mengkonsumsi jus sayur, khususnya jus wortel. Karena rasa Vegie Fruit memang enak. Manis, asam, serta terasa ada bulir-bulir halus. Makin terasa segar bila dikonsumsi dalam keadaan dingin. #EnakTapiSehat

Vegie Fruit bukan untuk menggantikan konsumsi buah dan sayur secara alami. Tapi menjadi suatu pilihan karena terkadang kita tidak sempat mengkonsumsi apalagi mengolah buah dan sayur, misalnya di pagi hari saat sedang mengejar waktu menuju kantor atau sekolah. Atau sebentar lagi kan sudah memasuki bulan Ramadhan kemudian Idul Fitri. Biasanya suka macet saat mudik, cocok banget deh bawa Vegie Fruit buat di perjalanan. Supaya tubuh tetap mendapatkan asupan buah dan sayur.

Pentingnya Memenuhi Asupan Buah dan Sayur untuk Keluarga

Continue Reading
6 komentar
Share:

Kamis, 04 Mei 2017

Tantangan Makan Arirang Hot-Hot, Mie Instant Korea Halal yang Super Duper Pedas

mie arirang korea hot instant halal

Tantangan Makan Arirang Hot-Hot, Mie Instant Korea Halal yang Super Duper Pedas


Korea memang hot! Coba aja, berapa banyak penggemar drama korea di Indonesia? Banyaaaakkk. Pake banget malah. Tapi Chi gak termasuk, sih. Cuma suka seneng aja kalau para penggemar drakor saling nyetatus dan berbalas komen kayaknya seru meskipun Chi sebetulnya gak ngerti siapa yang lagi dibahas 😂 Kayaknya aktor asal Korea yang Chi hapal namanya hanyalah Daniel Dae Kim pemeran Chin Ho Kelly di Hawaii 5-0. Memang bukan drakor, sih dan serial detektif juga salah satu favorit Chi.

Wisata Korea juga lagi hot. Yang traveling ke sana bukan hanya penggemar drama korea. Kalau lihat berbagai foto yang diupload ke social media, bagus-bagus semua. Chi juga jadi pengen sih suatu saat bisa ke sana. Aamiin

Kalau tayangan tv Korea, Chi suka juga nonton Home Food Rescue di tvN. Acara masak-memasak hidangan Korea. Masakan rumahan semua, makanya Chi suka karena bahan-bahannya kelihatannya gak sulit begitu juga dengan cara memasaknya. Suka ada tip memasaknya juga.

Satu lagi acara yang bakal Chi suka di tvN adalah One Night Food Trip. Beberapa selebriti Korea pergi ke berbagai negara di dunia selama 2 hari 1 malam untuk wisata kuliner secara non-stop. Setiap kali selesai makan di satu tempat, akan mendapatkan cap. Semacam kompetisi kuat-kuatan makan juga. Malah sampe tengah malam mereka masih makan demi dapat paspor emas. Tapi Chi belum terlalu hapal mekanisme kompetisinya karena baru nonton 1 episode. Dan jangan pula tanya siapa aja selebriti yang ikut kompetisi karena gak hapal. Chi cuma suka lihat kuliner di berbagai negara *sempat lihat di YouTube juga kalau Indonesia pun pernah dikunjungi.

Berarti jelas ya kalau Chi memang suka dengan tayangan kuliner? Tapi menyantap kuliner Korea suka juga, gak? Chi agak jarang sih makan makanan Korea. Pertama kali diajak makan malam di salah satu resto Korea di daerah Kelapa Gading *Chi lupa nama restonya*, langsung suka. Dan sekarang bahan masakan hingga mie instant asal Korea pun bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia.

Pertanyaannya adalah apakah halal?

Kalau teman-teman suka dengan mie dan masih ragu dengan kehalalan mie asal korea ini, sekarang udah bisa bernapas lega. Mie Arirang ini diproduksi di Indonesia dengan konsep dan teknologi Korea. Yang melegakan bagi muslim adalah mie Arirang sudah bersertifikat halal MUI.
Mie Arirang memiliki berat bersih yang besar. Hampir 2x lipat dari mie instan pada umumnya. Ukuran mie-nya juga lebih besar dengan tekstur yang lebih kenyal. Mie Arirang memiliki 3 varian rasa. Apa aja variannya dan mana yang jadi favorit Chi? Sebetulnya Chi suka dengan ketiganya. Tapi, mending Chi urutin aja, ya. Yang terakhir adalah varian mie Arirang terfavorit.


3 Varian Mie Arirang


Tasty Chicken Fried Noodle (Mie Instant Goreng Rasa Ayam)

mie arirang korea hot instant halal
mie arirang korea hot instant halal
mie arirang korea hot instant halal

Mie goreng ini rasanya enak dan gurih. Kayaknya bakal banyak juga yang suka dengan mie ini karena rasanya mirip dengan mie instant goreng lainnya. Rasa mie goreng ini juga diperkaya dengan taburan bawang goreng yang renyah. Ada sambelnya juga tapi dipercobaan pertama Chi gak merasa kepedesan sama sekali. Makanya ketika masak untuk kedua kalinya Chi tambahkan 8 buah rawit, chicken nugget, dan salad.

Belum juga kepedesan tapi malah kekenyangan 😂 Ya iyalah, mie-nya aja udah 130 gram trus masih Chi kasih beberapa potong chicken nugget. Jadinya kenyang maksimal. Untuk urusan pedasnya, bukan berarti mie ini gak pedas, lho. Tapi sebagai gambaran aja, mie instan yang ukurannya lebih kecil biasanya suka Chi kasih rawit merah sekitar 10 buah. Nah, kalau mie Arirang ini 'cuma' dikasih rawit 7 buah pastinya gak bakal pedes, lah. Level penerimaan pedes setiap orang kan beda-beda, ya 😊

Noodle Soup Bone Marrow (Mie Instant Kuah Sup Sum Sum)

mie arirang korea hot instant halal
mie arirang korea hot instant halal
mie arirang korea hot instant halal

Chi cicipin bubuk kaldunya, rasa dagingnya berasa. Di percobaan pertama, Chi merasa agak keasinan. Tapi, ini seperti level kepedesan. Keke dan Nai merasa nikmat aja mencoba mie instant dengan kuah sup sum sum ini.

Tidak hanya kaldu dagingnya yang berasa. Di setiap kemasan juga dikasih creamer yang akan membuat mie instant ini terasa creamy. Rasa creamy ini menjadi ciri khas mie Arirang. Rasanya Chi belum pernah tau ada mie dengan rasa creamy, kecuali kalau ditambah sendiri. Tapi kalau teman-teman gak suka rasa creamy, gak usah dikasih creamernya juga tetap enak, kok. Varian ini juga dilengkapi dengan daun bawang kering.

Di percobaan kedua, Chi agak banyakin kuahnya dan dikasih ayam panggang. Buat Chi rasanya lebih pas kalau kuahnya lebih banyak. Tapi kali ini, Chi cuma icip-icip aja. Chi bikinin buat Nai yang lagi pengen Mie Arirang Kuah Sup Kuah Sum Sum. Karena belum makan siang, mie-nya Chi lengkapi dengan ayam panggang dan taburan wijen. Bikin ngenyangin banget, Nai gak sanggupin makan sampai habis. Sisanya tinggal sedikit, sih. Kalau gak ditambah ayam lagi pasti bakal habis mie-nya.

Extra Hot Fried Noodle (Mie Instant Goreng Pedas)

mie arirang korea hot instant halal
mie arirang korea hot instant halal
mie arirang korea hot instant halal

Mie instant yang varian ini juga disebut mie Aring Hot-Hot. Kata Hot-nya disebut sampe 2x karena rasanya yang memang lebih pedas dari Tasty Chicken Fried Noodle. Teman-teman yang pernah menyicipi mie ini juga bilang rasanya super duper pedas. Malah beberapa teman gak kuat dengan pedasnya. Bahkan katanya lebih pedas dari mie goreng instant Korea lain yang lebih dulu dikenal karena kepedasannya.

Hmmm ... Sebagai penggemar pedas, Chi jadi tertantang, nih. Tapi, karena banyak yang bilang rasanya pedas banget, Chi pun sempat menyediakan segelas susu. *Salah satu tip menghilangkan rasa pedas di mulut adalah dengan minum susu.

Ketika Chi mencoba mie ini, rasanya memang pedas. Tapi level kepedasannya pun belum sampe bikin Chi perlu minum segelas susu. Akhirnya susunya tetap diminum, bukan karena kepedasan tapi karena sayang aja udah dituang ke gelas. Mubazir kalau sampe dibuang.

Chi pun masih penasaran dengan rasa pedas varian ini. Chi pikir, mungkin karena yang pertama kan nyobainnya bareng-bareng Keke dan Nai jadi bisa aja gak begitu terasa pedesnya. Untuk percobaan kedua, Chi nyobain sendiri. Tapi kali ini Chi kasih baso dan sawi aja biar gak kekenyangan.

Iyesss! Chi masih kuat dengan rasa pedasnya. 1 porsi habis sendirian dan langsung yakin kalau mie Arirang Hot-Hot ini terfavorit. Rasa pedasnya pas, dalam artian gak perlu nambah cabe rawit lagi. Pedasnya varian ini hanya di sekitar bibir dan lidah aja, gak berapa lama kemudian juga udah hilang lagi pedasnya. Kan ada tuh pedas yang sampai ke langit-langit mulut bahkan tenggorokan. Ada juga yang sampe bikin perut jadi panas. Tapi mie Arirang Hot-Hot tidak seperti itu pedasnya.

Selain rasa pedasnya, yang paling bikin Chi ketagihan adalah daun jeruknya. Jadi mie ini gak hanya juara pedasnya tapi rasa daun jeruknya bikin segar. Diperkaya lagi dengan nori dan taburan wijen. Sebelum mie dicampur ke bumbu, Chi cobain satu per satu bumbunya. Rasa daun jeruknya itu ada di bumbu kecap. Teman-teman pernah makan sambal kecap? Nah, kurang lebih seperti itu.

Bumbu kecapnya aja udah pedas. Kayaknya bumbu bubuknya juga pedas. Kemudian ada 1 sachet extra sambal lagi. Kalau teman-teman penasaran dengan varian ini tapi gak pengen terlalu pedas, cukup dikasih bumbu kecap dan bubuknya saja. Extra sambalnya dikasih sedikit demi sedikit sesuai tingkat kepedasan yang diinginkan.


Dimana Belinya? Berapa Harganya?


Karena Mie Arirang masih baru, jadi untuk tahap awal masih hanya ada di Jabodetabek di supermarket kelas A seperti, Farmer's, Lulu, Foodhall, dan lainnya. Tahap selanjutnya akan masuk ke berbagai kota besar di Indonesia. Tapi, Teman-teman di luar Jabodetabek jangan kecewa dulu. Bisa pesan mie Arirang secara online di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, atau di social media Arirang. Harganya Rp10.000,00 per bungkus.

Chi aja beli di Tokopedia, kok. Apalagi sekarang kalau belanja mie Arirang secara online lagi ada promo bagus, lho. Dan mie Arirang juga bakal sering bikin Giveway di akun social medianya. Difollow, ya.

mie arirang korea hot instant halal

Mie Arirang Hot-Hot kan paling Chi suka. Sayangnya kalau di rumah gak ada temannya, uy! Nai dan ayahnya memang gak terlalu kuat makan pedas Jadi pilih varian lain. Kalau Keke sama kayak Chi, suka banget ma pedas. Sayangnya perutnya semakin sensitif. Dokter pun udah mulai kasih peringatan untuk mengurangi hobi makan pedas.

Jadi, Chi beneran gak ada teman makan pedas, nih. Kalau teman-teman berani gak ditantang makan Arirang Hot-Hot? 😊

Di bawah ini video Chi saat menantang diri sendiri makan mie Arirang Hot-Hot. Gara-gara Arirang nih akhirnya Chi bikin vlog dengan menampilkan suara sendiri. Biasanya kan gak pede banget hehehe. Saat makan ini, Chi lagi pilek berat makanya suaranya bindeng. Tapi yang penting Chi menikmati mie Arirang Hot-Hot ini sampai tandas 😋




Mie Arirang


www.ariranghot.com

Email: salesarirang2017@gmail.com
Hp/WA: 08111-903047

IG/Twitter/Fanpage: ariranghot

Bukalapak/Tokopedia/Shopee: ariranghot woi

Continue Reading
82 komentar
Share: