Selasa, 28 November 2017

Ayam Masak Daun Melinjo

resep Ayam Masak Daun Melinjo

Beberapa tahun lalu pernah makan menu ayam di salah satu restoran di daerah Jawa Barat. Lupa nama restonya, tapi seingat Chi pulang dari Ciamis. Nama menunya Ayam Tangkap. Sepertinya nama menunya memang terinspirasi dari menu tradisional Aceh. Hanya saja tidak menggunakan daun kari tetapi menggunakan daun melinjo.

Saya tidak bertanya kenapa tidak menggunakan daun kari. Agak susah menemukan daun kari kali, ya? Tapi saya langsung suka dengan rasa daun melinjo yang digoreng. Teksturnya renyah-renyah gimana gitu, deh 😂

Udah pernah cobain masak sendiri di rumah dan suka juga dengan rasanya. Nah, beberapa waktu lalu pengen coba bikin lagi. Tapi agak-agak lupa resepnya. Chi pun Googling dengan kata kunci Ayam Tangkap dan Ayam Daun Melinjo.

Eh, dari hasil Googling malah Chi dapat resep baru namanya Ayam Masak Lelem. Kuliner ini berasal dari Manado. Dari berbagai artikel yang Chi baca, daun lelem banyak digunakan pada masakan khas Manado. Tetapi karena di sini tidak ada daun lelem *penampakannya aja Chi gak tau*, katanya sih bisa diganti dengan daun melinjo. Kebetulan saat itu lagi ada banyak daun melinjo karena memang udah niat mau bikin ayam tangkap ala-ala, jadi ganti resep aja sekalian, deh.

Ada berbagai resep tentang Ayam Masak Lelem. Karena Chi belum pernah cobain rasa asli dari masakan ini, jadinya coba mengkombinasikan berbagai resep aja. Sebetulnya rata-rata mirip resepnya hanya takarannya aja yang berbeda dan ada juga yang menambahkan bumbu ini-itu.

Jumat, 17 November 2017

Tape Bakar Coklat Keju

Tape Bakar Coklat Keju

Musim hujan mulai datang. Kalau begini antara pengen makan atau tidur melulu. Abis cuacanya enak. Adem dan kadang malah dingin.

Ketika anak-anak masih kecil, mereka seneng banget kalau udah musim hujan karena bakal dibolehin mandi hujan. Sekarang semangat mandi hujannya udah pudar. Lebih suka ngamar sambil nonton tv atau main hp. Biasanya kalau abis mandi hujan, langsung bergantian mandi air hangat. Setelah itu kruntelan bareng sambil minum teh atau susu coklat hangat dan sedikit camilan.

[Silakan baca: Mandi Hujan]

Ngomongin tentang camilan, salah satu yang jaid favorit adalah Tape Bakar Coklat Keju. Ini sih gak perlu nunggu musim hujan. Asalkan ada tape di penjual langganan di pasar, biasanya Chi langsung beli.

Senin, 06 November 2017

Nyasar di Pasar


Teman-teman suka ke pasar tradisional? Kalau Chi antara suka dan enggak. Gak sukanya karena suka malas jalannya. Ke pasar berarti mengambil jatah tidur Chi 😂 Biasa deh kalau anak-anak udah mulai berangkat sekolah, Chi lanjut tidur. Kalau gak gitu, gak bakal bisa tidur lagi. Apalagi kalau anak-anak udah pulang sekolah. Seringnya tambah gak bisa tidur.

Kalau harus ke pasar, jam tidurnya jadi kepotong hehehe. Sebetulnya ada tukang sayur keliling, tapi jualannya kan gak komplit. Memang enak langsung belanja di pasar aja kalau jumlahnya banyak. Lebih irit juga. *Chi paling ke pasar 2-3 hari sekali.

Untuk pemilihan waktu, lebih suka rada siangan karena gak antre. Kalau pagi, cari parkir aja udah rada susah. Trus di pasarnya suka antre karena banyak pembeli. Apalagi kalau pembelinya udah ngobrol dulu ma penjual hehehe. Kalau berangkat udah siang kan enak bisa langsung dilayani.

Tapi kadang memang suka ada serunya sih kalau pasar lagi rame. Suka rupa-rupa kelakuan pelanggan pasar hehehe. Apalagi yang namanya pasar tradisional kan suka ada aja ibu-ibu yang saling ngobrol, bikin belanjanya jadi makin lama 😂

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...