Friday, February 26, 2021

Resep Sop Bola-Bola Tahu

Resep Sop Bola-Bola Tahu

Resep Sop Bola-Bola Tahu - Musim hujan sudah tiba. Sedihnya di beberapa daerah terkena banjir karena curah hujan yang ekstrim. Diperparah lagi dengan kondisi lingkungan yang semakin gak bersahabat dengan bumi. Luas hutan semakin berkurang, masih banyak yang buang sampah sembarangan, permasalahan tata guna lahan, dan banyak faktor lainnya. 
 
 resep-sop-bola-bola-tahu

Kesedihan semakin bertambah karena saat ini juga sedang dalam kondisi pandemi COVID-19. Sungguh ujian kesabaran bagi kita semua. Terutama bagi teman-teman yang merasakan langsung dampak banjir, tanah longsor, dan lain sebagainya. Semoga aja cobaan segera usai, kesehatan tetap terjaga, dan untuk harta yang rusak/hilang akan diganti lebih baik. Aamiin Allahumma aamiin.

Sekarang kita bahas kuliner di saat musim hujan aja, ya. Bawaannya pengen makan melulu kalau lagi hujan. Chi paling sering bikin bakso atau steamboat. Mentok-mentok ya mie instan kuah hehehe.

Kali ini, Chi mau berbagi resep sop bola-bola tahu. Resep yang praktis. Cocok juga buat teman-teman yang tidak mengkonsumsi bahan-bahan hewani. Yuk kita bikin! 
 
 resep-minyak-bawang

Bahan-Bahan:

  • 2 buah tahu cina, dihaluskan dengan garpu atau penghalus kentang
  • 4-5 sdm tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • Air
  • 3-4 lembar jamur kuping, rendam di air hangat kemudian cincang halus *optional
  • Bawang merah goreng 
  • Kaldu bubuk jamur atau kaldu ayam *optional
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • 1 bonggol sawi putih, potong-potong

 

Bahan-Bahan Minyak Bawang:
 
  1. 1/2 buah bawang bombay
  2. 4 siung bawang putih, digeprek
  3. 1 batang daun bawang
  4. Minyak goreng

 

Cara Membuat: 

  1. Panaskan minyak, kemudian masukkan seluruh bahan minyak bawang
  2. Setelah harum, saring minyak dan masukkan ke toples kaca yang bersih dan steril
  3. Tunggu hingga minyak dingin kemudian tutup rapat
  4. Bahan-bahan minyak bawang sisihkan sebentar. Jangan dibuang
  5. Masukkan tahu cina, jamur kuncing, dan bawang goreng ke dalam wadah. Aduk rata
  6. Tambahkan telur, kaldu bubuk instan, dan garam. Aduk rata kembali
  7. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga tercampur rata dan koreksi rasa. Bisa tambahkan garam atau kaldu bubuk lagi bila masih kurang berasa
  8. Didihkan air
  9. Masukkan sedikit demi sedikit tahu yang sudah dibentuk bola-bola
  10. Angkat dan tiriskan bola-bola tahu yang sudah mengambang
  11. Didihkan air kembali di panci yang lain
  12. Masukkan bahan-bahan minyak bawang
  13. Masukkan bola-bola tahu dan sawi putih 
  14. Tambahkan garam, gula pasir, dan bubuk kaldu instan. Koreksi rasa
  15. Matikan api dan sajikan hangat

 

Catatan:
 
  1. Untuk sop-sop bola tahu memang menggunakan ampas dari bahan-bahan minyak bawang. Nanti minyak bawangnya bisa dipakai untuk membuat berbagai olahan lainnya seperti mie ayam, nasi goreng, telur dadar, dan lain sebagainya
  2. Bila kuahnya tidak ingin berminyak, tambahkan bawang putih yang sudah digeprek dan daun bawang ke dalam air mendidih
  3. Wajib menggunakan tepung tapioka. Chi pernah mengikuti salah satu resep yang tanpa tapioka. Begitu direbus, bola-bola tahunya langsung ambyar menjadi butiran debu
  4. Sebaiknya bola-bola tahu dimasukkan terakhir. Berbarengan dengan sayur atau sesaat ketika akan disantap.
  5. Coba rebus 1-2 butir bola-bola tahu dulu hingga mengambang. Setelah itu coba kekenyalannya. Kalau dirasa masih kurang, bisa ditambahkan tapioka lagi ke dalam adonan
  6. Ketika merebus bola-bola tahu jangan masukkan dalam jumlah banyak. Agar tidak saling menempel
  7. Jamur kuping kering ukuran kecil, tetapi bila direndam di air hangat akan melebar
  8. Bila tidak suka jamur kuping, bisa diganti dengan wortel, daun bawang, daging ayam cincang, atau lainnya. Hanya tahu pun gak masalah
  9. Chi biasanya mencampur rata semua bahan menggunakan tangan. Bukan pakai sendok atau apapun
 
tekstur-bola-bola-tahu
 
Meskipun menggunakan tapioka, tekstur bola-bola tahu tidak sekenyal bakso. Tetap akan berasa lebih lembut. Makanya menikmati sop bola-bola tahu memang paling enak saat masih hangat. 
 
Teksturnya yang lembut juga bisa menjadikan Sop Bola-Bola Tahu sebagai menu MPASI. Bisa hilangkan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk instannya bila teman-teman tidak berkenan. Diganti dengan bahan perasa lainnya. Meskipun sebetulnya dalam takaran yang pas penggunaan garam dan gula pasir untuk MPASI gak apa-apa.
 

Resep ini bisa menghasilkan bola-bola tahu yang jumlahnya lumayan banyak. Biasanya Chi bagi 2. Sisanya disimpan di kulkas dalam wadah yang tertutup rapat. Jadi kalau ingin membuat sop bola-bola tahu lagi tinggal siapin kuah dan sayurnya.

tips-merebus-bola-bola-tahu

Kadang-kadang gak semuanya Chi buat jadi bola-bola tahu. Sebagian bahan diolah kembali menjadi tofu egg roll. Ini idenya dari chicken egg roll Hokben. Hanya ayamnya diganti dengan tahu. 

Selain hidangan yang nikmat di saat musim hujan, sop bola-bola tahu juga bisa dijadikan menu sahur. Insya Allah sebentar lagi memasuki bulan Ramadan. Biasanya kalau sahur gak pengen makan yang terlalu berat. Nah, teman-teman bisa coba bikin ini, deh.

Saturday, February 20, 2021

Beberapa Hal yang Bisa Menjadi Biang Keributan di Awal Pernikahan

Beberapa Hal yang Bisa Menjadi Biang Keributan di Awal Pernikahan

Beberapa Hal yang Bisa Menjadi Biang Keributan di Awal Pernikahan  -"Teteh pernah ribut gak sama Kak Arie tentang keinginan punya anak?"
 
"Kak Arie, Aku tuh masih bingung pernikahan seperti apa. Kira-kira apa yang Aku dan pasangan persiapin, ya? Kan lagi cari rumah kontrakan juga."

tips pernikahan langgeng

Tepat 8 Februari lalu, Chi dan K'Aie merayakan ulang tahun pernikahan yang ke-18. Bersyukur masih bisa bersama. Tentu aja sangat berharap bisa lebih dari 2 dekade, ulang tahun perak, emas, dan seterusnya. Terus bersama dalam keadaan sakinah mawaddah wa rahmah. Aamiin Allahumma aamiin.

Chi sempat beberapa kali ditanya tentang tips pernikahan. Bagaimana caranya supaya tetap langgeng? Seringkali Chi hanya jawab dengan senyum. Kadang-kadang masih belum begitu percaya diri kalau ditanya tips seperti ini. 

18 tahun usia pernikahan, rasanya masih banyak banget yang harus dipelajari. Apalagi kalau dikaitkan dengan anak. Rasanya setiap kali anak mengalami fase tertentu, maka ada pula pelajaran yang didapat. Ya meskipun bisa mencapai angka 18 tentu gak bisa dibilang singkat juga.

Insya Allah, salah seorang sepupu Chi akan menikah dalam waktu dekat. Semakin mendekati hari pernikahan, dia suka bertanya-tanya tentang dunia pernikahan ke kami.


Benarkah 5 Tahun Pertama Usia Pernikahan Merupakan Masa Tersulit?


Banyak yang mengatakan kalau usia 3-5 tahun pertama pernikahan merupakan masa tersulit dan rawan perceraian. Teman-teman setuju dengan hal ini?

Chi udah coba googling tentang usia pernikahan terawan (baca: paling rawan. Bukan tentang nama seseorang, ya 😁), tetapi belum dapat datanya. Tetapi, dari beberapa artikel yang dibaca, beberapa alasannya memang masuk akal.

Tahun-tahun pertama pernikahan adalah masa beradaptasi. Adaptasi dengan pasangan, mertua, ipar, dan lain sebagainya. Belum lagi beberapa hal lain yang akan ditemui setelah menikah.

5 tahun pertama memang bukan patokan mati. Gak otomatis rumah tangga jadi adem ayem setelah melewati masa yang dianggap tersulit ini. Karena memang kembali ke situasi kondisi masing-masing. Ada yang sejak awal baik-baik aja. Tetapi, ada yang terus berkonflik hingga bertahun-tahun.

Sepupu Chi sempat galau akan hubungan pernikahan karena merasa gak melewati proses pacaran dengan calon suaminya. Chi bilang ke sepupu kalau sebetulnya masa pacaran juga gak bisa dijadikan tolok ukur.

Chi sendiri berpacaran cukup lama dengan K'Aie. Hampir 8 tahun. Tetapi, setelah menikah tetap akan menemukan berbagai hal baru. Gak ada lah pernikahan yang mulus terus. Tetap ada masa turun naiknya. termasuk di awal pernikahan. 
 
[Silakan baca: Bukan Pasangan Romantis]


Beberapa Pemicu Masalah di Tahun-Tahun Pertama Penikahan 

 
masalah yang timbul di awal pernikahan
 
Biduk pernikahan itu gak melulu diisi dengan kisah percintaan. Salah besar kalau setelah menikah hanya diisi dengan kisah romantis seolah-olah dunia hanya milik berdua. Sedikit banyak tetap akan ada masalah. Namanya juga hidup ya, kan.


Perbedaan Kebiasaan

Suka sebel gak kalau pasangan sembarangan meletakkan handuk basah? 

Bagi beberapa orang, mungkin hal ini termasuk sepele yang gak perlu diributin. Tetapi, bagi kita yang suka dengan keteraturan, kelakuan pasangannya akan terasa mengganggu. Pada akhirnya bisa menimbulkan bibit-bibit kekesalan.

Chi dan K'Aie juga beberapa kali ribut dengan berbagai masalah yang kelihatannya sepele ini. Tetapi, setelah dipikir-pikir lagi, memaksa mengubah kebiasaan seseorang termasuk hal tersulit.

Sekian belas/puluh tahun pasangan sudah terbiasa dengan kebiasaan tersebut sebelum bertemu dengan kita. Bahkan mungkin kebiasaan tersebut sudah dari kecil karena memang didikan di keluarganya seperti itu. Trus, tau-tau dipaksa berubah? Ya sulit pastinya. Kita sendiri kalau udah punya suatu kebiasan kan kadang-kadang butuh proses panjang untuk berubah.

Dulu, beberapa hal memang kerap menjadi bahan keributan. Tetapi, lama-kelamaan, kami berdua udah gak mau terlalu musingin perbedaan-perbedaan seperti itu. Malah udah banyak ketawa aja kalau dirasa ada perbedaan pendapat. Udah main jitak-jitakan aja lah mendingan 😂.

Kalau ada perbedaan yang sudah terlihat sebelum menikah, mending dipikir baik-baik. Apakah akan terus mengganggu atau tidak?

Misalnya, calon pasangan seorang perokok. Padahal kita benci banget dengan perokok. Sebaiknya berpikir panjang dulu sebelum melanjutkan ke jenjang pernikahan.

Iya bener kalau merokok memang gak bagus untuk kesehatan. Tetapi, berpikir bahwa pasangan kita akan sangat mudah mengubah kebiasaannya atas nama cinta, khawatirnya malah akan berujung dengan kecewa. Bertengkar terus-menerus dan berisiko bagi keutuhan rumah tangga.
 
Bukan berarti gak mungkin berubah, ya. Jadi jangan putus asa dulu. Tetapi, jangan sampai dipaksa karena hanya akan menimbulkan keributan. Sebaiknya didiskusikan tentang berbagai hal yang kita dan pasangan suka atau tidak suka. Syukur-syukur kalau kemudian salah satu mau berubah. Kalau pun tidak, setidaknya ada jalan tengahnya. Tidak bertahan dengan ego masing-masing.

 

Konflik dengan Mertua

Sepupu Chi sempat ragu menikah karena takut berkonflik dengan mertua. Berbagai status di media sosial tentang ketidakakuran antara mertua dan menantu memang cukup membuatnya khawatir.
 
Chi bilang kalau gak semua mertua itu menyeramkan. Alhamdulillah Chi punya mertua yang luar biasa baik. Bisa dekat banget dengan mamah mertua seperti ibu dan anak.
 
Chi memang gak punya pengalaman untuk hal ini. Tetapi, menyarankan supaya bisa lebih mengenal calon mertua sebelum menikah. Cari tau seperti apa kedekatan calon pasangan dengan orang tuanya.
 
Kadang-kadang permasalah terjadi memang karena belum mengenal baik satu sama lain. Ada orang tua yang terlalu memproteksi anaknya. Sehingga setelah menikah pun berhak untuk ikut campur terlalu dalam di kehidupan rumah tangga anak dan menantunya.

Tetapi, ada juga menantu yang merasa, kalau udah menikah berarti pasangan adalah milik dia sendiri. Gak suka kalau orang tua atau mertua masih memberi saran/nasehat.

Gak salah juga untuk bertanya sikap pasangannya bila suatu saat terjadi konflik dengan mertua. Karena jangan sampai kita merasa, pasangan terlalu membela orang tua. Tanpa melihat duduk permasalahan yang sebenarnya. 
 


Perbedaan Pendapat tentang Anak

"Kalau ternyata kita gak dikaruniai anak, sikap K'Aie bakal gimana?"

Sebelum menikah Chi pernah bertanya seperti itu. Sepupu Chi punya cerita lain lagi. Dia inginnya menunda punya anak setelah menikah. Alasan ingin pacaran dulu setelah menikah. Tetapi, calon suaminya keberatan. Karena katanya di lingkungan dia banyak yang seperti itu. Ketika kemudian mulai ada keinginan punya anak, malah susah banget.

Masalah anak memang kadang-kadang bikin baper juga. Baru menikah beberapa minggu, udah ada aja yang nanya, "Udah isi belum?"

Dan seringkali yang terjadi bila ada pasangan belum dikaruniai anak, pihak perempuan yang disalahkan. Memang iya, yang hamil tuh perempuan. Tetapi, kan butuh kerjasama dari pasangan. Belum tentu juga istri yang gak subur. Bisa jadi masalahnya di suami. Bisa juga karena memang belum waktunya aja. Kan penyebab belum dikaruniai anak ada berbagai macam.

Makanya, Chi bertanya seperti itu sebelum menikah. Ketika nanti semakin banyak pihak yang 'menuntut' kami memiliki anak, gak mau lah disalahkan sendirian. Dan tentunya Chi tipe yang memberontak kalau dituding begini hehehe. Tetapi, tentunya perlu banget untuk bertanya itu. Karena menyamakan pandangan kan lebih baik.
 
Dalam 5 tahun pernikahan juga biasanya ada yang sudah dikaruniai anak. Nah, ini juga bisa dibahas sebelum menikah. Idealnya memang suami istri berperan mengasuh anak. Jangan sampai salah satu pihak merasa mengurus sendirian.

Tentu ini juga perlu dikompromikan bersama. Pola asuh yang berbeda antara suami dan istri aja udah bisa bikin kesel. Apalagi kalau kemudian ada orang tua/mertua atau pihak lainnya yang ikut campur.


Keuangan dalam Rumah Tangga

Beberapa waktu lalu sempat viral kan ya tentang seorang netizen yang ingin punya pasangan minimal berpenghasilan Rp250 juta per bulan. Alasannya supaya gak jomplang.

Terserah aja sih kalau memang pengennya seperti itu. Tetapi, pengalaman Chi pribadi, masalah keuangan rumah tangga tidak hanya tentang jomplang atau tidak. Ada juga kok perempuan yang lebih sukses karirnya dibandingkan suaminya dan rumah tangga mereka tetap berjalan baik.

Katanya istri adalah menteri keuangan dalam rumah tangga. Suami menyetor gajinya ke istri, kemudian nanti dibagi ke dalam beberapa pos keuangan. Tetapi, gak berlaku untuk semua rumah tangga. Paling tidak, itu gak berlaku untuk kami.

Awalnya, kami seperti itu. Tetapi, Chi gak betah banget. Suka berasa ruwet kalau mengatur pos-pos keuangan. Akhirnya malah jadi uring-uringan.

Setelah berdiskusi, peran itu diambil alih oleh K'Aie. Chi hanya mendapatkan sejumlah uang belanja dan kebutuhan sekolah anak-anak tiap bulan. Dan kami cocok dengan konsep yang begini. Langsung hilang deh uring-uringannya hehehe. 
 


Komunikasi yang Terbuka dan Belajar Peka

Seringkali seorang istri merasa suaminya kurang peka. Tetapi, di sisi lain, istri kebanyakan bilang 'terserah'. Hal begini bisa juga berpotensi jadi konflik, lho.

Chi dulu juga sering kesel karena merasa K'Aie tuh kayak gak peka. Tetapi, dipikir-pikir lagi, Chi juga suka ngomong 'terserah' kalau ditanya. Padahal sebetulnya punya mau.

Ketika K'Aie udah tanya kenapa Chi diam aja atau terlihat bersedih, malah dijawab "Gak kenapa-napa." Tetapi, kemudian jadi suka makin kesel kalau K'Aie udah kelihatan cuek. Ya padahal dia begitu karena istrinya bilang gak kenapa-napa.

Lama-lama Chi mulai membiasakan untuk bicara blak-blakan. Jangan biarkan suami menebak-nebak. Apalagi kalau tipe yang kurang peka kayak K'Aie, ya dia bakal kelihatan cuek aja kalau disuruh nebak perasan melulu. Setelah Chi lebih blak-blakan, K'Aie pun bisa lebih peka. Kalau masih belum peka, boleh lah diprotes dikit hihihi.

Berarti sekarang udah gak pernah bilang 'terserah' atau 'gak kenapa-napa' lagi?

Masih, lah. Kebiasaan itu gak sepenuhnya hilang. Pengen juga kan sesekali K'Aie langsung paham wkwkwkw. Tetapi, pastinya udah jauh berkurang. Lebih terang-terangan mengurangi konflik. Jadi tau apa yang diinginkan masing-masing pasangan.

Komunikasi memang masih menjadi salah satu kunci utama. Mau pacaran atau enggak, tetapi usahakan ada beberapa bahasan dulu sebelum menikah. Setidaknya ada sedikit bayangan lah seperti apa sosok yang akan menjadi pasangan kita dan keluarganya.

Bila ada 1 atau lebih prinsip yang gak bisa dikompromikan, sebaiknya juga ungkapkan di awal. Jangan sampai ketika menikah, prinsip tersebut berbenturan. Akhirnya menimbulkan konflik-konflik yang semakin besar.

Banyak yang bilang, bila sudah memutuskan untuk menikah sebaiknya selesaikan dulu masalah pribadi yang masih mengganjal. Pendapat ini ada benarnya juga. Misalnya kita belum bisa move on dari mantan. Sebaiknya selesaikan dulu. Jangan sampai nanti malah jadi suka banding-bandingin pasangan sendiri dengan mantan. 
 
Rasanya gak ada yang punya niatan menikah dengan tujuan bercerai. Apalagi bila pernikahannya memang dilandasi dengan cinta. Tetapi, modal cinta aja terkadang gak cukup. Perlu ada komitmen yang kuat.

Merasa khawatir tentu boleh aja. Tetapi, usahakan jangan sampai parno juga, ya. Pernikahan yang berjalan baik, tidak akan menyeramkan, kok. Meskipun dalam perjalanannya ada masa naik-turun.

Semoga yang sedang mempersiapkan pernikahan, prosesnya dilancarkan. Dan yang sudah menikah selalu sakinah mawaddah wa rahmah. Aamiin Allahumma aamiin.

Sunday, February 14, 2021

Tingkatkan Mood dengan Wewangian Saat di Rumah Aja

Tingkatkan Mood dengan Wewangian Saat di Rumah Aja

Tingkatkan Mood dengan Wewangian Saat di Rumah Aja - Sebelum pandemi ada, Chi pernah berjalan kaki seorang diri di kawasan jalan Sudirman, Jakarta. Berpapasan dengan seorang laki-laki muda bepakaian rapi. Seperti umumnya orang kantoran.
 
Tingkatkan Mood dengan Wewangian Saat di Rumah Aja

Masih lekat dalam ingatan adalah aroma wangi parfum yang langsung tercium ketika kami berpapasan. Chi spontan langsung menoleh ke belakang begitu dia lewat. Udah macam iklan-iklan. Wkwkwkw!

Scent is the most powerful memory trigger
 
Chi setuju dengan quote di atas. Terbukti kan masih ingat peristiwa tersebut. Meskipun gak tau wajahnya. Tetapi, aroma parfumnya memang enak.

Aroma memang bisa menimbulkan berbagai rasa. Ada yang menyenangkan, menenangkan, hingga menyebalkan. Mencium aroma sambal terasi bisa menggugah selera makan. Jadi mendadak lapar hehehe. 
 
Begitu pun ketika kita mencium sesuatu yang bau. Gak hanya auto menutup hidung. Tetapi, juga bisa bikin teringat terus dan malas untuk mendekat.
 
Pandemi yang sedang kita semua alami saat ini lumayan menguras emosi. Apalagi belum jelas kelihatan waktu berakhirnya. Emosi harus terus dikelola supaya gak stress.
 
Mencium wewangian favorit juga bisa menjadi mood boostes. Bisa didapat dari diffuser aromaterapi, body care, hingga body spray.

Saat ini, Chi lagi cobain FOGG Fragrance Body Spray. Ada 2 varian yaitu Dynamic dan Marco. Bila melihat botolnya, seperti wewangian untuk pria, ya. Tetapi, sebetulnya ini unisex. Laki-laki dan perempuan bisa menggunakannya.

Varian dynamic, botolnya berwarna kuning. Meskipun mengklaim sebagai fragrance unisex, tetapi ini wanginya lebih maskulin. Lumayan menyengat juga aromanya. Kemudian secara perlahan menjadi lebih soft dan tahan lama. Nah bila teman-teman menyukai wangi yang lebih soft, varian Marco aromanya lebih soft.

Chi memang sempat terkecoh dengan kemasan dan nama variannya. Botol berwarna hitam putih serta bernama Marco lebih terkesan maskulin. Dibandingkan botol yang kuning yang diberi nama Dynamic. Tetapi, setelah mencium aroma justru yang Dynamic lebih maskulin.

Persamaan dari keduanya adalah aromanya lumayan bertahan lama. FOGG Fragrance Body Spray tidak mengandung gas. Sehingga isinya lebih banyak. Harganya pun masih termasuk terjangkau. Lihat di e-commerce kisaran Rp36.000,00 s/d Rp50.000,00.

Wewangian seperti apa yang teman-teman suka saat di rumah untuk meningkatkan mood?

Monday, February 8, 2021

Menjadi Pintar Bersama Kelas Pintar

Menjadi Pintar Bersama Kelas Pintar

Sebetulnya suka sedih kalau mengingat tentang dunia pendidikan. Khususnya untuk Nai yang saat ini sudah duduk di kelas 9. Insya Allah, beberapa bulan lagi akan berganti seragam menjadi putih abu-abu. 
 
menjadi pintar di kelas pintar
 
Enggak. Chi gak mengeluh tentang aktivitas PJJ. Di saat pandemi ini lebih nyaman kalau anak-anak belajar di rumah. Anak-anak juga malah lebih enjoy belajar dari rumah. 
 
Chi sedih setiap kali mengingat UN ditiadakan. Bagaimana sistem penerimaan sekolah negeri nantinya? 
 
 
Tentu masih lekat dalam ingatan di mana tahun lalu terjadi kehebohan sistem PPDB di DKI. Gara-gara UN ditiadakan, kuota terbesar di sistem penerimaannya menggunakan seleksi umur. 
 
Jelas saja anak-anak yang usianya muda kalah bersaing. Meskipun di sekolahnya berprestasi. Hal ini memicu keresahan banyak sekali orang tua. Termasuk Chi yang meskipun saat itu Nai belum lulus. Dan keresahan itu sudah Chi wujudkan jadi tulisan yang sangat panjang di blog ini. 
 
Chi jelas resah karena usia Nai masih termasuk muda. Kalau tahun ajaran masih murni pakai seleksi umur, rasanya agak hopeless deh bakal keterima. Nai pun sempat kecewa dengan kejadian itu karena dia sangat ingin masuk ke sekolah negeri seperti Keke. 
 
Nai itu anak yang cerdas dan tekun meskipun bukan bintang kelas. Dan kami masih ada rasa optimis bila aja masih ada UN, Nai bisa lolos masuk sekolah negeri. Kalau pun gagal, setidaknya dia masih merasa fair karena kalahnya dari sisi prestasi. Bukan dilihat dari umur.  
 
 
Haruskah Nai ikut bimbingan belajar? 
 
Kami akui bimbel sangat membantu belajar Keke dan Nai ketika mereka berada di kelas 9. Bahkan setelah Keke masuk SMA, dia mulai bimbel sejak kelas 10. 
 
Tetapi, dengan ditiadakan UN, Chi sempat ragu dan mutung juga. Ngapain bimbel kalau tujuannya bukan supaya bisa bersaing saat Ujian Nasional? Mana tahun lalu kan mulai pandemi. Pengeluaran keuangan semakin diperketat. Rasanya sayang banget kalau Nai ikut bimbel, padahal udah gak ada UN.
 
bimbingan belajar online kelas pintar
 
Untungnya Chi gak lama galaunya. Mulai sadar kalau belajar itu sangat penting. Dan Nai tetap butuh bimbel. Karena kalau mengandalkan belajar di sekolah aja seringkali gak cukup. Apalagi kalau dengan cara Pembelajaran Jarak Jauh begini. 
 
Kami daftarkan bimbel di tetangga yang jaraknya hanya beberapa rumah. Dulu Keke pernah bimbel di sana. Alhamdulillah cocok dan dia bisa masuk ke SMA negeri.
 
Eh, ternyata gak cocok sama Nai. Ya memang begitu. Setiap anak punya gaya belajar masing-masing. Apa yang cocok buat kakaknya, belum tentu adiknya juga. 
 
Makanya kami gak melanjutkan bimbel di sana. Mulai cari bimbingan belajar online untuk Nai. Terutama yang punya visual menarik. Karena gaya belajar Nai tuh lebih dominan ke visual.  
 
metode belajar di kelas pintar
 
Menarik banget pas Chi dapat info tentang Kelas Pintar. Kalau baca informasi di situsnya tertulis kalau Kelas Pintar menggunakan pendekatan PERSONAL melalui metode penyampaian materi yang disesuaikan dengan beragam karakter siswa, baik itu melalui Visual, Audio, maupun Kinesthetic (V.A.K). 
 
Nah, sepemikiran banget kan dengan Chi. Di blog ini Chi sering cerita tentang pentingnya mengenali gaya belajar anak. Karena sudah terbukti ke Keke dan Nai. Kalau gaya belajarnya tepat, mereka akan lebih cepat menangkap pelajarannya. 
 
Metode pembelajarannya menggunakan pendekatan Learn, Practice, dan Test. 
 
  1. Learn – Mempelajari semua materi dalam bentuk audio visual, video animasi, dan e-book
  2. Practice – Penguatan konsep melalui berbagai metode pelatihan
  3. Test – Evaluasi belajar melalui berbagai variasi tes 

Tentunya yang paling menarik adalah bagian pelajaran yang menggunakan metode video animasi. Nai pernah mencobanya dan katanya lebih paham. Ya itu karena gaya belajarnya lebih dominan visual.
 
Sejak dulu, Chi memang tidak 100% mengandalkan kegiatan belajar di sekolah. Anak-anak tetap belajar lagi di rumah. 
 
Ketika masih mereka masih SD, Chi masih ikut terjun langsung mengajarkan mereka. Saat SMP mulai campur-campur. Kadang-kadang Chi masih turun tangan mengajarkan mereka. Tetapi, sudah dibantu juga dengan bimbingan belajar. Soalnya materi pelajaran kan semakin susah. Ketika Keke masuk SMA, dia juga tetap ikut bimbingan belajar sejak kelas 10. 
 
Di saat pandemi di mana anak-anak harus terus belajar dari rumah, bimbingan belajar sangat membantu. Tetapi, memang harus cari yang tepat. Kelas Pintar bisa dicoba, nih. 

Wednesday, February 3, 2021

Review Organic Lombok, Skincare Alami Anti Jerawat

Review Organic Lombok, Skincare Alami Anti Jerawat

Review Organic Lombok, Skincare Alami Anti Jerawat - Berasa sebel gak sih kalau jerawatan?  
 
skincare alami anti jerawat organic lombok
 
Chi tuh gregetan banget. Pengennya dipencetin melulu. Padahal itu gak boleh banget, ya. Bisa bikin kondisi jerawat semakin parah.

Dan itu Chi alami juga. Ada 1 jerawat yang bandel banget di area dagu. Cuma 1, tapi lumayan besar dan bikin gregetan. Dipencetin melulu, eh malah ilangnya lama banget. Kesel banget rasanya!

 

Penyebab Timbulnya Jerawat


Dari berbagai sumber yang pernah dibaca, penyebab jerawatan ada berbagai macam. Tidak cocok dengan skincare tertentu, pola makan yang kurang tepat, hormon, penggunaan hp yang tidak higienis, dan lain sebagainya.

Apa hubungannya penggunaan hp dengan jerawatan?

Kadang-kadang kita lupa untuk membersihkan layar hp. Padahal di sana bisa bersarang banyak kotoran. Nah, trus kita telponan, layarnya menempel ke wajah. Bisa berpotensi menimbulkan jerawat kalau kayak gitu.
 
Kulit wajah Chi termasuk yang jarang banget jerawatan. Munculnya paling kalau menjelang haid. Biasanya cuma 1 dan ngemesin. Mana kalau mau menstruasi kan mood suka turun naik gara-gara PMS. Ditambah lagi dengan permasalahan jerawat.
 
Tetapi, kali ini Chi mengalami permasalan baru. Timbul jerawat kecil-kecil seperti biang keringat di area dagu. Memang gak begitu kelihatan karena ukurannya kecil. Tetapi, kalau diraba tetap aja berasa terganggu. Buat Chi yang jarang jerawatan, bingung juga tau-tau ada masalah begini.

 

Spiruvita dan Spirusea, Rangkaian Skincare Alami Anti Jerawat dari Organic Lombok 

 
 belanja skincare organic lombok
 
Salah satu wishlist Chi yang belum kesampaian adalah mengunjungi Lombok. Kalau lihat foto-foto keindahan alamnya yang sangat indah, bikin Chi semakin ingin ke sana.
 
Tentunya gak hanya keindahan alamnya yang juara. Kerajinan tangan, makanan, dan lain sebagainya membuat Lombok menarik untuk dikunjungi. Nah, sekarang Chi juga lagi menggunakan skincare alami anti jerawat dari Organic Lombok.
 
Organic Lombok merupakan skincare alami anti jerawat yang dibuat dengan bahan-bahan pilihan terbaik, dan dapat digunakan oleh siapapun. Berdiri sejak tahun 2018 dan fokus pada bagaimana mengatasi jerawat, baik yang terdapat di wajah maupun di badan, dengan perawatan alami dari luar (outside) dan dalam (inside). Ada dua main product atau produk utama yang diproduksi oleh Organic Lombok, yakni Spiruvita dan Spirusea. Keduanya dibuat dengan bahan-bahan alami terbaik yang mampu mengatasi jerawat, serta sejumlah permasalahan kulit lainnya.

 

Spiruvita, Perawatan Alami Anti Jerawat dari Dalam 

spiruvita organic lombok

Harga: Rp150.000,00 (isi 20 kapsul)
 
Ingridient:  Anthospira Plantesis 450 mg

Spiruvita yang diproduksi oleh Organik Lombok mengandung 100% Spirulina. Tidak ada tambahan bahan lain.

Spirulina dikenal sebagai superfood karena memang dianggap kayak akan nutrisi. Beberapa penelitian juga mengatakan kalau Spirulina mampu menjaga kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan mengendalikan kadar gula darah. Tentu saja juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat secara alami dari dalam. 
 
 manfaat mengkonsumsi spirulina

Spiruvita dikonsumsi sebanyak 3x dalam sehari diminum bersama air putih. Ada berbagai varian Spiruvuta Organic Lombok (10, 20, 50, dan 100 kapsul).
 
Spiruvita diyakini dapat menyatukan warna kulit serta melindungi sel-sel dan jaringan kulit dari kerusakan. Selain dikonsumsi, Spiruvita dapat digunakan sebagai masker dengan manfaat sebagai berikut

  1. Mengurangi kandungan racun dan bahan kimia pada kosmetik
  2. Mencerahkan kulit wajah, mengurangi bintik-bintik hitam, dan memperkecil pori-pori wajah
  3. Menghaluskan tekstur dan mengambalikan elastisitas kulit
  4. Mengatasi jerawat dan bekas jerawat serta membersihkan komedo.

Chi sudah mengkonsumsi Spiruvita selama beberapa hari. Jerawatnya memang masih ada, tetapi sudah berkurang. Dan nyaman juga sih ke tubuh setelah mengkonsumsi Spiruvita. Apalagi di saat pandemi begini, tubuh juga harus lebih diperhatikan. Supaya tetap terjaga kesehatannya, Spirulina ini bagus untuk membantu memelihara kesehatan tubuh.


Spirusea, Rangkaian Perawatan Alami Anti Jerawat dari Luar 

 skincare alami anti jerawat spirusea organic lombok

Idealnya perawatan tubuh memang dilakukan dari luar dan dalam. Kalau dari dalam, Chi mengkonsumsi Spiruvita. Sedangkan dari luar menggunakan Spirusea series.

Jerawat itu gak hanya timbul di bagian wajah aja, lho. Di bagian tubuh lainnya juga bisa. Biasanya suka ada di punggung, nih. Waktu masih remaja, Chi pernah punya masalah jerawat di area punggung. Makanya, solusi skincare alami anti jerawat yang ditawarkan oleh Organic Lombok tidak hanya untuk wajah

 

Spirusea Scrub with Butter (Spirulina + North Lombok Coffee)

 spirusea scrub with butter organic lombok
 
Harga: Rp100.000,00
 
Ingridients: Aqua, Coffe Robusta extract, Stearic Acid, Butyrospermum Parkii (Shea Butter), Sunflower Oil, Vegetable Glycerin, Laurex CS, Fragrance Oil, Cetearyl Alcohol, Spirulina Plantesis Powder, tetrahydroxyethyl ethylenediamine, Phenoxyethanol
 
Manfaat Body Scrub Spirulina + North Lombok Coffee: 

  1. Membantu melembutkan kulit
  2. Membantu membersihkan sel-sel kulit mati
  3. Mengencangkan kulit
  4. Membantu mencerahkan kulit
  5. Membantu menyamarkan selulit
  6. Membantu mengurangi minyak berlebih
 
 review spirusea scrub with butter
 
Aroma  kopi cukup tercium ketika Chi buka kemasan segel di bagian dalamnya. Efek kopi memang menenangkan, ya. Baru mencium aroma aja udah bikin rileks. Pantesan aja banyak yang suka ngopi karena aromanya yang nikmat.

Chi menggunakan body butter ini 1-2x dalam seminggu. Oleskan secara sambil dipijat dengan lembut dari mulai leher hingga ujung kaki. Diamkan sebentar, kemudian luruhkan srubnya dan bilas hingga bersih.

Me time banget mandi menggunakan body scrub beraroma kopi ini. Setelahnya kulit juga gak menjadi kering. Masih terap terjaga kelembapannya.


Spirusea Body Butter (Spirulina + Grapseed) 

 spirusea body butter spirulina grapseed
 
Harga: Rp150.000,00

Ingridients: Aqua, Hydrogenated Grapseed Oil, Butyrospermum Parkii (Shea Butter), Theobroma Cacao Seed Butter, Laurex CS, Stearic Acid, Vegetable Glycerin, Cetearyl Alcohol, Cocoa Theobroma Cacao Extract Fragrance Oil, Phenoxyethanol, Spirulina Plantesis Powder
 
Manfaat body butter spirulina + grapeseed:
 
  1. Melembabkan kulit
  2. Menutrisi kulit
  3. Membantu mengecilkan pori-pori kulit
  4. Membantu mengencangkan kulit
  5. Mencerahkan kulit
  6. Membantu mengurangi biang keringat dan jerawat dibadan
 
review spirusea body butter organic lombok
 
Beberapa minggu lalu, mamah pernah dibawa ke dokter karena susah tidur. Akibat gatal-gatal yang berawal di leher kemudian semakin melebar. Mamah diperiksa juga di laboratorium untuk mengetahui penyebab gatal-gatalnya secara detil.

Alhamdulillah bukan karena ada penyakit yang mengkhawatirkan. Tetapi, karena kulit mamah dianggap terlalu kering. Setelah gatal-gatalnya disembuhkan, mamah diminta semakin rutin menggunakan body lotion. Karena memasuki usia 30 tahun ke atas, kandungan minyak dalam tubuh semakin berkurang. Penggunaan body lotion atau body butter semakin wajib.

Untuk usia di atas 30 tahun apalagi kalau kulitnya cenderung kering memang bagusnya menggunakan body butter. Karena kandungannya lebih pekat dibandingkan yang lotion. Tetapi, untuk tipe kulit berminyak juga tetap boleh menggunakan body butter, lho. Supaya kulit tetap lembap dan kenyal.

Tercium aroma coklat yang lembut. Mirip kayak milk chocolate, ya. Bukan yang dark. Body butter ini bisa digunakan setiap hari. Tetapi 2-3x seminggu juga cukup.

Kalau Chi pakai masih diselang-seling dengan body lotion. Penggunaan ke seluruh tubuh dari leher hingga ujung kaki, sesaat setelah mandi. Kondisi kulit tubuh yang baru dikeringkan dengan handuk masih lembap dan bila dioleskan body butter akan cepat menyerapnya. Sesekali Chi juga oleskan ke area yang cenderung kering seperti tumit dan telapan kaki.


Spirusea, Spirulina Seaweed Peel Off Mask Tube 

 spirulina seaweed peel off mask
 
Harga: Rp100.000,00

Ingridients: Aqua, Euchema Spinosum Extract, PVA, Propylene Glycol, Spirulina Plantesis Powder, Pvp, CMC, Polysorbate 20, Simethicone, Phenoxyethanol, Essential Oil Lemon
 
Manfaat:
 
  1. Mengatasi jerawat
  2. Mengangkat komedo membandel
  3. Menutrisi skin barrier
  4. Memberikan collagen alami
  5. Melembabkan dan melembutkan kulit
 
 manfaat peel of mask organic lombok
 
Dari beberapa tipe masker, peel off mask ini termasuk yang Chi suka. Paling enak pas bagian ngeletekinnya.

Sebelum menggunakan peel off mask, pastikan wajah dalam keadaan bersih. Kemudian oleskan ke seluruh area wajah. Jangan terlalu tebal, jangan pula ketipisan. Hindari area mata, alis, dan mulut.

Diamkan hingga mengering. Kemudian masker bisa dilepas secara perlahan. Biasanya Chi kletekin dari pinggir baru ke tengah, lalu basuh wajah.

Spirulina Seaweed Peel Off Mask ini berwarna hijau pekat. Ada aroma lemon sangat tipis. Jadi gak terlalu nyegrak wanginya ketika diaplikasikan ke wajah. Mudah banget dibersihkannya. Kulit wajah langsung berasa bersih dan lembap.


Spirusea, Organic Argan Oil

 spirusea skin hair serum
 
Harga: Rp60.000,00

Ingridient: Argan Oil, Essential Oil

Selain minyak zaitun, argan oil diyakini memiliki banyak manfaat. Bahkan Argan oil mempunyai kandungan essential fatty acid, omega 3 & 6, & alpha tocopherol yang sangat kaya dengan Vitamin E 3 kali lebih banyak dibandingkan minyak zaitun.
 
Manfaat Argan Oil
 
  1. Melembabkan dan melembutkan kulit. Sangat baik untuk kulit kering (eczema & psoriasis)
  2. Anti-aging; mengembalikan elastisitas kulit
  3. Mengurangi jerawat
  4. Mengurangi kemerahan bekas jerawat
  5. Mencegah stretchmark
  6. Melembabkan & menutrisi rambut
  7. Mengurangi kerontokan rambut
  8. Mengatasi rambut bercabang & susah diatur
  9. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah
 
manfaat argan oil organic lombok
 
Banyak banget ya manfaat Argan Oil. Di botolnya juga tertulis bisa untuk rambut dan kulit. Chi paling rutin dioles ke wajah seperti penggunaan serum. Cukup 1-2 tetes aja. Langsung berasa lembap dan kenyal kulitnya. Setelah pemakaian beberapa hari, lumayan mulai hilang beberapa jerawatnya.


Spirusea, Shower Gel Spirulina + Aloe Vera + Seaweed 

 spirusea shower gel seaweed aloevera spirulina
 
Harga: Rp150.000,00

Ingridients: Aqua, Olive Oil, Vegetable Glycerin, Potassium Hydroxide, Coconut Oil, Ricinus Communis Oil, Lemon Essential Oil, Hydroxethhylcellulose, Aloe Vera Extract, Spirulina Plantesis Powder, Euchema Spinosum Extract
 
Manfaat shower gel spirulina + aloevera + seaweed:
 
  1. Membantu melembabkan kulit
  2. Menghaluskan kulit
  3. Mencerahkan kulit
  4. Membantu mengecilkan pori-pori kulit
  5. Membantu proses detoksifikasi
 
 review shower gel organic lombok
 
Showel gel ini up to toe. Bahkan ke rambut juga bisa dipakai. Chi paling sering pakai untuk membersihkan wajah dan badan.
 
manfaat shower gel organic lombok spirusea
 
Shower gel berwarna bening dan tanpa busa. Aroma lemonnya terasa menyegarkan. Ketika dibilas, kulit tetap lembap termasuk di area wajah. Gak berasa kayak ketarik-tarik gitu.


Tentang Organic Lombok

 
 kemasan kantong cassava organic lombok

Seperti yang Chi tulis di awal, Organic Lombok ini merupakan skincare alami anti jerawat yang dibuat dari bahan-bahan pilihan terbaik. Produk ini juga sudah memiliki izin BPOM.
 
Bisa digunakan oleh siapapun. Keke dan Nai yang sudah mulai remaja juga bisa menggunakannya. Jadi skincare keluarga, nih! 
 
Produk Spiruvita terbuat 100% dari bahan alami. Sedang untuk Spirusea 80 - 90% dari bahan alami. Karena untuk pembuatan skincare tetap dibutuhkan bahan kimia tertentu sebagai penyatu formula. Tetapi, bahan kimia turunannya berasal dari bahan natural.

Pada Desember 2020, Organic Lombok meraih juara 1 dalam ajang "Anugerah Bangga Buatan Bangsa"  untuk kategori Kecantikan dan Kebugaran yang diselenggarakan Kemenparekraf RI. Semakin yakin dong kalau Organic Lombok ini memang recommended untuk digunakan.

Masih banyak lagi varian Organic Lombok. Disesuaikan dengan tipe kulit masing-masing. Teman-teman bisa membeli produk ini di beberapa tempat yaitu

  1. Webstore - www.organiclombok.com
  2. E-commerce (Tokopedia/Shopee/Bukalapak) - Organic Lombok Official
  3. Distributor - linktr.ee/organiclombok
 
 kemasan besek organic lombok
 
Kemasan di setiap produk terlihat menarik. Indonesia banget, khususnya Lombok. Bahkan di tutup Body Butter dan Scru ada tulisan "Hello, I'm From Lombok." Secara langsung semakin mengenalkan Lombok. Dan bangga juga dong kalau produk ini semakin mendunia.
 
Tidak hanya kemasannya yang menarik. Chi suka banget ketika paket ini datang. Dikemas menggunakan besek. Bahkan kemasannya juga menggunakan bahan alami. Tidak hanya produknya.

Kemasan besek akan digunakan bila teman-teman membeli dalam jumlah sedang hingga besar. Bila membeli dalam jumlah kecil akan dikemas di kantong plastik berbahan cassava. Ini juga kemasan yang ramah lingkungan.
 
Say bye-bye deh ma jerawat setelah pakai rangkaian skincare Organic Lombok. Teman-teman tertarik mencoba juga? 

 

Organic Lombok

 
  1. Facebook: https://www.facebook.com/organiclombokofficial 
  2. Twitter: https://twitter.com/organiclombok 
  3. Instagram: https://instagram.com/organiclombok 
  4. Youtube: http://bit.ly/youtube-organiclombok 
  5. Website: https://organiclombok.com