Tips Menghilangkan Lem Tikus yang Menempel di Kulit

By Keke Naima - April 20, 2017

Cara Menghilangkan Lem Tikus yang Menempel di Kulit - Mau tau cara menghilangkan lem tikus? Ini pengalaman yang gak terlupakan. Dan semoga gak kejadian lagi 😂

Cara Menghilangkan Lem Tikus yang menempel di kulit

Insya Allah, sebentar lagi umat muslim akan memasuki bulan Ramadhan. Chi jadi ingat kejadian saat hari raya Idul Fitri tahun lalu yang terasa berbeda dibanding sebelumnya. Untuk pertama kalinya Chi merayakan idul fitri di Jakarta. Yup! Seumur-umur belum pernah merasakan Idul Fitri di Jakarta. Selalu lebaran di Bandung atau Ciamis.

Tahun lalu kami memutuskan lebaran di Jakarta karena giliran keluarga K'Aie yang menjadi tuan rumah silaturahmi keluarga besarnya. Tradisi di keluarga K'Aie memang setiap tahun selalu ada keluarga bergantian menjadi tuan rumah untuk silaturahmi. Biasanya silaturahmi dilaksanakan pada hari kedua lebaran di Bandung. Tapi karena kondisi papah mertua yang sudah tidak memungkinkan, maka silaturahmi pun dipindah ke Jakarta.

Karena sudah diputuskan untuk berlebaran di Jakarta, maka kami pun tidak mudik. Setelah sholat ied, baru ke rumah mertua. Ini juga pengalaman pertama. Lebaran di komplek ternyata sepi bangeeeett. Mana di rumah cuma kami berempat. Biasanya kan ngumpul ma keluarga besar 😂

Setelah sholat Ied, kami ke kantor K'Aie dulu mengambil perlengkapan untuk acara silaturahmi. Eh, begitu sampe kantor, mobil kami mogok 😅 Chi lupa penyebab mogoknya. Yang pasti butuh ngebengkel *minta jatah hari raya juga nih mobil hehehe.

Telpon taxi, waiting listnya panjang bangeeeett! Menurut CSnya kemungkinan kami baru bisa dilayani sore hari. Order mobil online yang tarifnya flat, gak juga dapat. Akhirnya order mobil online yang ratenya berdasarkan demand. Dan berapa tarifnyaaaaa?? Hampir 300 ribu untuk jarak yang gak terlalu jauh. Ya udahlah, abis mau gimana lagi? Gak mungkin juga naik bus atau angkot karena bawaan kami banyak. Itu juga gak langsung order, abis kaget aja lihat tarifnya. Karena gak dapat kendaraan juga, jadinya order. Kasihan anak-anak yang udah kepanasan dan kelaparan nunggu di parkiran.

Besoknya, hanya K'Aie yang ke rumah orang tuanya sekalian ke bengkel. Alhamdulillah ada bengkel yang buka di hari kedua lebaran. Nai sudah menginap dari semalam karena ingin main dengan sepupunya. Sedangkan Keke kondisinya agak ngedrop lagi karena sepertinya kecapean pas di kantor ayahnya karena kendaraan buat pulang. Chi pun nemenin Keke di rumah.

[Silakan baca: Keke dan Pencernaan Sensitif]

Pagi hari di hari kedua lebaran, Keke masih tidur nyenyak. Gak tega banget buat ngebangunin Keke yang baru mulai bisa tidur agak lama. Chi pun ke dapur buat cuci piring. Tau-tau .... Jleb!

Eyaampuuuunnn! Kaki kiri nginjek lem tikus!

Selain masih mengantuk, Chi juga gak tau kalau K'Aie pasang lem tikus di lantai dapur. Chi coba melepas dus yang dikasih lem tikus, eh malah belepotan ke tangan. Dengan melompat-lompat pakai satu kaki, Chi ambil koran. Maksudnya supaya bisa jalan biasa, gak perlu pake lompat-lompat. Tapi karena tangan juga udah belepotan ma lem tikus, akhirnya korannya nempel juga ke tangan.

Coba disiram pake air, malah lengket kemana-mana. Ke gayung, ke ember, dan lainnya. Hufff! Pantesan aja dibungkusnya gajah aja bisa nempel. Memang super lengket lemnya! Dan mulai panik karena gak mau ilang lemnya.

"KEKE! BANGUN, NAK! TOLONGIN BUNDAAAA."

Agak berteriak, Chi terpaksa bangunin Keke yang lagi nyenyak banget. Chi gak berani nepuk badannya. Nanti kalau jadi nempel kena lem gimana coba? Makanya Chi teriak supaya Keke bangun.

Chi minta Keke telponin ayah. Chi juga minta Keke untuk cari info di Google tentang cara menghilangkan lem tikus. Kasihan juga lihat Keke yang masih kelihatan setengah sadar udah disuruh-suruh. Tapi Chi juga panik dan lemnya udah nempel kemana-mana. Gak mungkin juga Chi cari sendiri, nanti hapenya nempel juga ke tangan 😂

K'Aie nyaranin pake minyak goreng. Tapi kayaknya kurang mempan. Setelah googling, disaranin pakai minyak kayu putih. Berhasil ... berhasil ... berhasil ... hore!! *Joget Dora The Explorer.

Caranya, foto dulu bagian yang terkena lem buat kenang-kenangan *eh 😜 Balurin aja bagian yang terkena lem tikus dengan minyak kayu putih. Gosok-gosok perlahan hingga lengketnya hilang. Setelah lemnya hilang, cuci bagian yang terkena lem dengan sabun hingga bersih. Cara menghilangkan lem tikus ini gak hanya untuk kulit saja. Gayung, lantai, dan lain-lain yang terkena lem tikus juga bisa dengan mudah dibersihkan dengan minyak kayu putih.

Untungnya ada stok minyak kayu putih di rumah. Padahal kalau lagi masuk angin, Chi lebih suka pakai minyak tawon tutup putih. Tapi kalau minyak tawon tutup putih dipakai buat menghilangkan lem tikus, Chi kayaknya bisa nangis bombay 😅

Setelah semuanya bersih, Chi nge-Line Nai buat ceritain semua. Eh, dia malah kasih emoticon ketawa trus sambil nulis, "Ada tikusnya gak, Bun?" Ah elah, Dek. Kalau tikusnya ikut nempel juga kayaknya bunda udah pingsan hehehe.

Sejak kejadian tahun lalu, Chi jadi tau kalau minyak kayu putih juga bisa dipakai buat melepas plester dengan mudah dan nyaman. Iya, Chi emang kudet banget. Baru tau yang kayak gini. Biasanya kalau lagi pakai plester trus bagian perekatnya kena bulu tangan atau kaki, nyopotinnya suka serba salah. Pelan-pelan salah, langsung tarik juga salah. Sakit, uy! Sekarang kalau mau dicabut, plesternya dikasih minyak kayu putih dulu. Kalau udah dikasih, nyabutnya jadi gak sakit lagi.

Teman-teman pernah kena lem tikus juga? Punya tip cara menghilangkan lem tikus, gak? Tapi semoga gak pernah mengalami, ya hehehe

  • Share:

You Might Also Like

33 comments

  1. Waduh aku juga jadi panik kalau kena lem tikus gitu. Untung aja nggak kejadian. Asik teryata minyak kayu putih ada gunanya yang lain ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang saya berusaha menyimpan minyak kayu putih buat jaga-jaga :D

      Delete
  2. Wah pengalaman seru nih mba, hehehe, manjur juga ya, kalo lem yang lainnya bisa ilang juga nggak mba? Lem Korea gitu, cobain deh mba, ntar ditunggu postingannya, hahaha *becanda mba

    ReplyDelete
  3. Pengalaman kek gini emang jarus banget difoto mak hehehhe...
    Aku juga kudet euy baru tau klo minyak kayu putih bisa buat kek gini.

    ReplyDelete
  4. Minyak kayu putih emang multifungsi banget ya. Sebenernya bisa juga pakai minyak tanah tapi udah langka dan baunya nggak enak. Mendingan pakai minyak kayu putih, anget juga rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mendingan pakai minyak kayu putih daripada minyak tanah

      Delete
  5. Wah baru tau fungsi minyak kayu putih satu ini. Gak pernah nyetok kayu putih sih aku hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulai nyetok. Siapa tau kejadian kayak saya :p

      Delete
  6. kebayang hebohnya :D
    makasih mak sharingnya, jadi tau kalau kayu putih bisa ngilangin lem tikus :)

    ReplyDelete
  7. aku catet ini, huahahahah... kali aja ntr punya pengalaman ini.. Ihhhh Nai mah nakut2in aja yaa.. aku jg bisa histeris gilak kalo sampe ketempelan lem tikus yg ada tikusnya hihihihihi ... binatang paling menjijikkan sedunia ini :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget! Untungnya gak ada tikus yang menempel saat itu. Bisa stress saya :D

      Delete
  8. Duh untungnya ada minyak kayu putih ya. Secara lem tikus itu kan ada obatnya jadi harus segera diberesin. Saya juga jaga2 minyak kayu putih, dibawa kemana-mana soalnya memang sering masuk angin. hehe

    ReplyDelete
  9. Sama nih punya lem tikus gambar gajah hehehe. Ini lagi pasang di rumah, tapi tikusnya pinter nggak kena-kena, malah yg nempel cicak ama kecoak haduuuh.

    Mbak Myra kena lem tikus, untung nggak ada tikusnya ikutan nempel. Hiiiy ngeri ah ngebayanginnya, bisa jejeritan aku hahaha.

    Makasih tipsnya, baru tau menghilangkan lem tikus pakai minyak kayu putih, setauku pakai minyak goreng aja, ternyata kurang ampuh ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngebayanginnya aja udah bikin saya begidik, Mbak. Iya, kurang ampuh pakai minyak goreng

      Delete
  10. huuu sayang banget atuh kl minyak tawon bungkus putih yg dipake... Etapi serius, saya jg baru tau nih minyak kayu putih bisa buat ngilangin lem tikus. Makasih for sharing loh ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makanya untung minyak kayu putih bisa :D

      Delete
  11. Kalau tikus di racun pas mati di ternit rumah jadi repot ngambilnya.
    pake lem belum pernah coba sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. baunya ke mana-mana kalau matinya di tempat yang sulit dijangkau

      Delete
  12. Waduh..makasih banyak tipsnya..saya tertolong dari kepanikan serupa pagi2 subuh tadi..panik coba bersihkan pakai aceton, thinner, alkohol nggak berhasil. Lalu inget mbah google, ketemu blog ini..ambil kayuputih..taraaam..berhasil..makasih..

    ReplyDelete
  13. 😭😭 anak kucing nempel di lem tikus gimana ini, kasian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah coba dengan cara di artikel ini? Bulu-bulunya dikasih minyak kayu putih?

      Delete
  14. elah, baru aja kejadian tadi sama saya, di kantor nginjek jebakan tikus, gk ada yg ngasih tau 😭

    ReplyDelete
  15. Makasih tipsnya.. Baru kejadian ma aku pagi ini. Dan sangat mantab.. Karena katu putih nggak berminyak.. Setelah hilang lemnya.. Kayu putih nya juga menguap..... Ga ninggalin aftertaste lengket atau berminyak dll... Hanya harum segerrr

    ReplyDelete
  16. Untung artikel ini masih ada, tahun 2022 kena lem cari2 di google ketemu artikel dari mbak Keke ini memang terbukti manjur ga sampe semenit tuntas. Saya sangat terbantu, terima kasih banyak ya mbak artikelnya sangat sangat membantu🙏🙏

    ReplyDelete
  17. Anakku barusan injak lem tikus. Makasih tipsnya. Alhamdulillah berhasil. Tadi sempat panik 🥲

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^