Monday, January 30, 2012

man qolla sidquhu qolla sodiiquhu

Di TK Al-Alaq, mulai dari TK A sebulan sekali selalu di ajarkan mahfudzot baru. Dari semua mahfudzot yang pernah di ajarkan entah kenapa mahfudzot yang satu ini paling nempel di kepala anak-anak bahkan di jadikan percakapan sehari-hari..

Contohnya seperti ini :

Keke : "Nai, tadi dong pulang sekolah Keke beli pizza dulu sama bunda.."
Nai : "Iya gitu? Mana sekarang pizzanya?"
Keke : "Ya udah abislah dimakan Keke"
Nai : "Man qolla sidquhu qolla sodiiquhu loh Ke.."
Keke : "Hehe.. iya deh Keke cuma becanda kok"

Seringkali kalo mereka meragukan cerita dari lawan bicaranya (biasanya sih percakapan antara Keke dan Nai), mereka menggunakan mahfudzot itu.. Dan ternyata kalo mahfudzot itu udah di sebutkan, biasanya yang bohong suka langsung ngaku.. Hihi... Bahkan kadang mereka gak perlu mengucapkan mahfudzotnya sampe lengkap. Kadang baru ngomong "man qoola sidquhu....", nah nanti lawan bicaranya langsung ngaku kalo emang lagi bohong.. Hehe..

Barang siapa sedikit benarnya/kejujurannya, sedikit pulalah temannya

Continue Reading
No comments
Share:

Tuesday, January 24, 2012

Libur Imlek Di TANAKITA

Menghabiskan liburan di mall? Kurang asik ah.. Karena kalo ke mall sih gak harus nunggu liburan panjang atau long wiken ya..


Kalo liburan itu enaknya di rumah aja, bikin aktifitas yang seru-seru atau ngumpul-ngumpul sama sodara-sodara kalo perlu pergi kemana gitu deh..

Kalo terpikir ingin menghabiskan liburan di alam terbuka, jauh dari kebisingan kota & menghirup udara segar pilihan pertama kami adalah TANAKITA!! Pilihan kedua, yaitu TANAKITA.. Pilihan ketiga, tetep TANAKITA. Begitu juga dengan pilihan-pilihan lainnya.. Hahaha..

Kok pilihannya cuma TANAKITA? Ya abis enak sih disana.. Kayaknya kalo di Tanakita udah gak perlu mikir-mikir lagi mau kemana-mana & mau apa.. Udah komplit disana.. Makanya kalo di pikir-pikir tiap tahun kami kesana sampe sekarang belum pernah bosen.. ^^

Long wiken kali ini kami juga berencana menghabiskan liburan di Tanakita bersama keluarga besar Chi dari Bandung. Sebetulnya sempet agak khawatir, karena kali ini kan liburan imlek. Biasanya kalo imlek itu suka ujan terus-terusan.. Kalo Chi pribadi sih sebetulnya lebih suka di Tanakita pas lagi gak ujan. Tapi karena ngumpul sama keluarga dari Bandung itu selalu seru, jadi kayaknya gak ada alasan untuk males berangkat.. Lanjuuuuttt.. Hehe...

Perjalanan


Biasanya Chi suka berangkat anyara jam 9-10 dari rumah. Dengan rata-rata sampe sana jam 3-4 sore (Sukabumi selalu maceeeeeeeettt!!). Tapi karena rombongan Bandung udah jalan dari jam 6, kami pun bergegas berangkat. Untung aja semua perlengkapan udah siap dari malam, jadi tinggal masuk mobil trus berangkat deh.. Karena belom sarapan, jadi beli nasi uduk dulu di depan komplek. Makannya di mobil. Dan beli roti unyil di pom bensin.

Biasanya kalo ke tanakita, kami wajib brenti dulu untuk makan siang di resort Lido Lakes. Tapi karena kali ini ngejar rombongan Bandung (banyak keluarga dari Bandung yang belum pernah ke tanakita) jadinya kali ini kita langsung aja ke tanakita.

Ternyata berangkat pagi enak juga ya. Gak terlalu macet. Jam 11.30 kita udah sampe tanakita, situ gunung. Rombongan Bandung udah sampe 30 menit sebelumnya


Activities @tanakita


Kegiatan-kegiatan apa aja nih yang kita lakuin liburan kemaren.. Banyak dan semuanya seruuuuu.. Ini kegiatannya..


Kumpul keluarga

Kalo udah kumpul sama keluarga Bandung emang suka rame. Dari mulai cuma ngobrol-ngobrol, nyanyi-nyanyi, joget-joget dan urusan ber narsis ria.. Hehe..

Main twister bareng keluarga besar. Seruuuuuuuuu abiiiiiiisssssss!!! Tapi Chi gak ikutan.. Terakhir kali main twister sama Keke di rumah, pinggang Chi rada kecengklak saking semangat mainnya.. :p

Main twisternya di bagi 5 sesi. Sesi anak-anak (2x), sisanya sesi remaja, ibu-ibu & bapak-bapak masing-masing sekali

Kalo ada lapangan emang paling enak juga main sepakbola ya.. Main bolanya gak usah pake aturan, asal sama-sama ngejar bola aja udah seru banget.. Hehe..


Ke Danau

Biasanya Chi ke danau itu hari kedua. Tapi karena ini datang sebelum makan siang jadi kami bisa ke danau di hari pertama. Setelah makan siang pun kami berangkat ke danau

Di danau, Alam & Rian rada ngambek.. karena mereka pengen naik perahu. Tapi gak ada yang bawa uang. Lagian udah mulai sore, cuaca mulai berangin.. Udah gitu kan masih ada acara selanjutnya yaitu main flying fox.. Lagipula, menikmati indahnya danau udah cukup lah mengobati lelah selama perjalanan ke danau..



Flying Fox

Pulang dari danau lanjut lagi main fying fox.. main flying foxnya di tanakita.. Main flying foxnya kali ini lebih menantang dari yang terakhir kali Chi main di tanakita. Tapi kali ini Chi gak ikutan.. Males ahhh.. (baca : gemeteran.. Wkwkwk...)

Pertama kita harus menanjak lewat jaring laba-laba. Rintangan kedua, menanjak di atas seutas tali. Rintangan ketiga melewati jembatan goyang. Rintangan keempat baru deh flying fox..

Selama 2 hari para krucil naik sampe 3 kali, sementara yang dewasa 1 kali aja cukup.. Umur emang gak bisa bohong.. Wkwkkw... Naima juga naik looohhh.. Tapi karena dia masih kecil, dia tandem sama ayahnya..

Kalo main flying fox disini, WAJIB pake sepatu ya.. Yang gak pake sepatu dilarang naik..



Api Ungun

Udara malam di situgunung, memang menggigit. Apalagi kalo gak hujan.. Dingin bangeeeeetttt... Yang dari Bandung aja pake pakaian komplit. Baju tangan panjang, celana panjang, jaket bahkan kaos kaki.. Tapi walopun dingin, gak mengurangi keseruan looohhh...


Main Kartu Uno

Kami main Uno juga.. tapi untuk permainan uno gak sempet di foto.. Sayang yaa... :(


Ke Curug Sawer

Hari kedua kami jalan ke curug sawer.. Chi baru pertama kali ke curug.. Dan ternyata jalan ke curug itu edaaaaaaaannnnnn... O'ya ke curug juga wajib pake sepatu ya.. Bawa cemilan & air minum juga wajib banget tuh..

1 jam perjalanan ke curug dengan kondisi jalan yang curam.. Nanjaaaaaaaakkkk banget.... Trus turuuuuuuuunnnnnnnn bangeeettt.. Napas ngos-ngosan abis.. Jadi kalo bisa sih jangan terlalu di forsir tenaganya.. Sesekali brenti aja.. Sekalian narsis, foto-foto dulu.. Hahaha..


Waktu berangkat mereka masih pada happy.. Liat deh foto ceria mereka sebelum berangkat..

Tapi setelah jalan, baik itu berangkat & pulang, ada yang nangis tapi ada juga yang kuat.. Bravo untuk Keke!! Anak bunda hebat euuuuyyyy, kuat jalan sejauh itu.. Cuma Naima harus di gendong sepanjang perjalanan pulang.. Nanti kalo udah segede Aa' Keke, Nai juga kuat yaa.. Kiss juga untuk K'Aie yang terus menggendong Nai sepanjang jalan.. :)

Sebetulnya ada jalan yang lebih landai.. Tapi rutenya lebih jauh.. Yang deket aja, jalannya 1 jam ya apalagi yang jauh.. Hihihi.. Trus di rute yang landai itu kita nerusin lagi naik ojek & angkot.. Jadi ya udah deh pilih rute yang pertama aja.

Sesampainya di curug, seneeeennnggg banget.. Kebayang bakalan main di air gunung yang seger..

Yang pertama di celupin itu kaki. Ternyata airnya dingiiiiiiiiinn bangeeeettt.. Kayak di rendem di es batu.. Brrrrr..... Kirain cuma sejuk, gak taunya dingin banget.. Cuma lama-lama tergoda juga untuk main air.. Apalagi liat anak-anak kok gak ada dingin-dinginnya yaa.. Kuat banget mereka..



Sehabis main di curug kami pun balik ke Tenda.. Cuma Keke & Nai yang bawa baju ganti.. Tapi perjalanan jauhnya perjalanan, akhirnya baju yang basah juga kering sendiri selama di perjalanan.. :D


Tidur & Mandi

Tidur & mandi juga aktifitas menyenangkan di tanakita.. Ya iyalah, walopun di dalam tenda tapi sudah di sediakan kasur & bantal empuk sama crew rakata adventure. Plus sleeping bag.. Tapi biasanya Chi tetep pake baju tidur tangan panjang plus kaos kaki. Abis dingiiiinnn...

Mandi juga enak banget di sana.. Jangan bayangin kamar mandi kayak di pemandian umum ya.. Tapi ini bersih banget.. Ada shower air hangat juga.. Jauhnya perjalanan & kegiatan yang bikin capek, kayaknya terbayar banget dengan mandi air hangat.. Kadang suka pengen berlama-lama.. Tapi nanti bisa-bisa ketinggalan kegiatan menyenangkan lainnya nih.. ^^


Makan.. Makan... Makan... dan Makan...


Untuk dieters, lupakan dulu diet kalo lagi nginep di tanakita ya.. Karena selalu ada makanan di tanakita.. Apalagi udara kan dingin, bawaannya pengen makan terus.. Lagian mending makan lah, daripada masuk angin..

Awalnya keluarga Bandung mau bawa macam-macam makanan untuk selama kemping. Tapi Chi bilang kalo urusan makanan itu udah di sediain sama Rakata.. Pokoknya kalo nginep di sana kita tinggal bawa diri & perlengkapan pribadi aja.. Ya kalo mau bawa cemilan atau pop mie aja..

Ini makanan yang disediain tanakita selama kita camping kemaren


Makan Siang (day 1)

Nasi putih, ayam goreng, tempe goreng tepung, teri kacang, gado-gado, sayur asem, sambel terasi, lalapan, kerupuk udang & lengkeng


Gorengan

Pas kita main flying fox, kita di suguhin juga aneka gorengan.. Tapi gak ke foto gorengan, keburu masuk perut. Hihihi..


Makan sore

Cuankie.. Pas banget deh.. Cuaca mulai dingin, cuankie pun datang.. Racikan Chi adalah, pedas, manis.. Chi nambah sampe 2 kali.. Sebetulnya sih masih pengen nambah, cuma malu ah.. Kesannya kok rakus amat.. Haha..


Makan Malam

Menunya nasi putih, ayam bakar, kakap asam manis, perkedel tahu, capcay, sop kimlo, sambal terasi, sambal rawit, kerupuk udang, semangka


Marshmallow & Jagung Bakar

Bakar marshmallow kemudian di lanjut sama makan jagung bakar


Pisang Keju

Dan penutup makan malam adalah pisang keju.. Bener-bener kenyang.. Hihihi... Yang tukang makan aja sampe bilang, kapan tidurnya nih kalo di sediain makan terus.. Tapi tetep aja makan & semuanya tandas.. Haha..


Pancake

Pagi hari untuk para krucil di sediakan pancake.. Yang menyenangkan, pancakenya bikin sendiri.. Ada pemandunya dari crew rakata. Aktifitas ini menyenangkan untuk anak-anak karena seperti main masak-masakan..


Sarapan

Sarapannya kami di suguhi nasi goreng putih, nugget, mie goreng, emping, jeruk. Tapi kali ini Chi cuma fotoin mie gorengnya aja.. Padahal Chi makan yang lain juga.. Hihihi..


Gorengan

Gorengan sebelum makan siang kami di suguhi Combro.. Hmmm... Nyam.. Nyam..


Makan Siang (day 2)

Menunya nasi putih, gepuk, bakwan jagung, tumis tahu, tumis ikan asin jambal, sambel terasi, sop ayam, sop labu siam, kerupuk udang, lengkeng.


Pesta Duren

Emang sempurna deh makan-makannya karena sebelum pulang kita makan duren dulu sampe puas.. Hahaha..


Air putih, Air panas, Kopi, Teh, Gula, Creamer

Kalo ini stoknya gak terbatas. Jadi silahkan sepuasnya. Karena gak terbatas, perut-perut karet kami masih sanggup beberapa kali makan pop mie plus cemilan loh.. Hehe..


Pulang..


Perpisahan itu suka berat ya.. Rasanya masih pengen nginep lagi. Apalagi liburan masih ada 1 hari lagi. Tapi ya kita udah harus pulang..

Keke & Nai mah udah biasa deh, mereka gak suka perpisahan. Jadi suka uring-uringan kalo mau pisah sama sodara-sodaranya..

Insya Allah kalo masih di kasih umur panjang & rejeki kita ketemu & jalan-jalan lagi ya..

Sebagai penutup, kenalin dulu ya sama keluarga besar Chi.. Keluarga besar Alm. Bapak Embang Soelaeman



Keterangan: Yang wajahnya diblur atau diberi ikon bunga karena sekarang sudah berhijab :)

Continue Reading
12 comments
Share:

Friday, January 20, 2012

SDnya Naima

Bulan Juli nanti, Nai bakalan jadi anak SD.. Bener-bener gak berasa ya, tau-tau Nai udah mau SD aja.. Berarti Chi udah gak ada anak lagi di TK nih.. Wuaaaahhh... makin tua berarti.. Hehe..

Berbeda dengan Keke, untuk urusan nyari SDnya Nai gak repot.. Kalo dulu dari Keke masih di TK A aja Chi udah hunting SD.. Karena bener-bener gak mau salah pilih..

Kalo Nai sih udah gak nyari-nyari lagi.. Pilihannya langsung ke Al-Alzhar Syifa Budi. Sekolah yang sama dimana Keke sekarang sekolah..

Kenapa udah gak nyari-nyari lagi? Karena menurut Chi & K'Aie sekolahnya Kek sekarang udah termasuk bagus.. Friendly & program-programnya juga bagus. Yang jelas Chi liat sejauh ini Keke masih happy, gak ada beban.. Itu penting banget buat Chi. Karena sekolah sekarang kan katanya bikin stress.. Tapi sejauh ini Chi liat Keke masih asik-asik aja.. Jadi Chi berharap Nai pun akan seperti Keke..
Urusan memilih sekolah udah beres.. Sekarang tinggal nyiapin Nai supaya siap ikut tes masuk.. Bulan depan Nai bakal ikut tes masuk.. Tegang nih bundanya... Jedag jedug jeder rasanya.. Hehe.. Moga-moga Nai keterima.. Amiin..

Kalo Nai dah keterima kayaknya udah tenang deh.. Tinggal mikirin bayar-bayarannya yang nyaris 20 juta.. Duuhhh.. sekolah sekarang udah kayak biaya kuliah Chi jaman dulu.. Hihi... Dapet diskon sih 10% kalo ada kakaknya yang sekolah disana.. Yah lumayan lah, itu uang diskonan bsa buat belanja.. Teteeeeuuuppp emak-emak mah mikirnya belanja.. Wkwkkw... :p

Tetep semangat belajarnya ya Nai.. Insya Allah Nai bisa... ^^

Continue Reading
4 comments
Share:

Tuesday, January 17, 2012

Lo - Gue

Chi lupa sejak kapan Chi berbahasa "lo-gw" dengan teman sepantaran. Yang jelas sih sejak SD, karena dengan teman-teman SD Chi selalu berbahasa "lo-gw". Cuma mulai SD kelas berapanya, Chi sama sekali gak inget..

Dengan teman SMP pun begitu.. Yah mungkin karena SD & SMP Chi dulu di Jakarta (daerah Jakarta Pusat) jadi kayaknya "lo-gw" itu kesannya wajar yaa...

Pas SMA, Chi sekolah di Bandung. Di Bandung, Chi gak ber"lo-gw" tapi jadi "saya-kamu". Kuliah balik lagi ke Jakarta, dan mulai ber"lo-gw" lagi. Ketika masuk dunia kerja ganti lagi. Untuk teman kerja yang sepantaran tetap ber"lo-gw". Tapi untuk rekan kerja yang senior Chi membahasakan diri dengan "aku-mbak/mas/pak/bu"

Pertanyaannya sekarang, ngapain juga sih Chi bikin postingan kayak gini? Jadi ceritanya akhir-akhir ini Chi lagi ngamatin Keke..

Chi perhatiin sepupu Keke yang seumuran sama Keke, kadang-kadang sudah mulai membahasakan dirinya dengan "lo-gw". Begitu juga dengan teman-teman sepantaran Keke di lingkungan rumah. Sudah pada mulai menggunakan bahasa "lo-gw". Jadi suka kepikiran aja, apa emang sekarang ini saatnya Keke udah mulai berbahasa "lo-gw"? Tapi Chi sendiri dengernya kok masih risih ya kalo Keke udah mulai ber"lo-gw" di usia sekarang.

Keke sendiri? Dia sampai saat ini masih menggunakan bahasa "aku-kamu". Alhamdulillah teman-teman sekolahnya di Al-Azhar pun semua begitu. Masih berbahasa "aku-kamu". Bahkan Keke itu kan temannya ahamdulillah banyak di sekolahnya.. Gak cuma dengan teman seangkatan, tapi juga dengan kakak-kakak kelas.. Kalo Chi perhatiin kakak-kakak kelasnya pun bahasanya masih "aku-kamu". Keke sendiri ke kakak kelas manggilnya kakak sebagai pengganti kata kamu.

Kayaknya Chi seneng deh kalo sampai saat ini Keke gak menggunakan bahasa "lo-gw" dulu.. Mending kayak sekarang aja dulu "aku-kamu". Ntar aja ya Ke, tunggu SMP kalo Keke mau ber "lo-gw". Hihihi...

Continue Reading
No comments
Share:

Thursday, January 12, 2012

Raport Keke

Sabtu 24/12 kemarin Keke terima raport semester 1. Untuk pertama kalinya sejak anak-anak mulai sekolah, kali ini bukan Chi yang ambil raportnya Keke tapi ayahnya (ini juga pertama kalinya K'Aie ambil raport anak).


Kebetulan di hari dan jam yang sama sekolahnya Nai juga ngadain acara hari ibu. Acaranya cerdas cermat kerjasama antara ibu-anak. Nai kepengen banget ikutan. Jadi ya setelah di timbang-timbang, Chi akan nemenin Nai ke sekolah. Karena acara di sekolahnya kan khusus ibu & anak (kali ini bapak-bapaknya gak boleh ikutan). Sementara kalo di sekolah Keke yang ambil raport boleh ayah atau ibunya.. Padahal Chi juga pengen banget ikut ke sekolah Keke.. Karena hari itu juga gak cuma terima raport tapi ada acara culture day. Ada pensi, ada bazaar. Tapi yang sebetulnya pengen Chi liat itu pakaian-pakaiannya.. Karena hari itu tema culture daynya adalah kebudayaan sunda, jadi semua murid & orang tua di minta datang ke sekolah dengan memakai baju daerah dari Jawa Barat.. Unik juga.. Baru kali ini ambil raport pake baju daerah.. Hehe...

Keke, sendiri karena gak punya celana hitam, akhirnya pake jeans, kaos putih, sarung sama peci. Kalo K'Aie sih standar aja celana panjang sama kemeja batik..

Pulang dari acara hari ibu, Keke & ayahnya udah ada di rumah..
Keke : "Bunda, Keke ranking 2"

Bunda : "Alhamdulillah"

Keke : "Kok bunda alhamdulillah? Kan Keke turun rangkingnya?" *Waktu raport bayangan Keke dapet ranking 1*

Bunda : "Kan bunda sering bilang sama Keke, kalo bunda memang seneng kalo anak-anak bunda rankingnya pada bagus. Tapi yang bunda lebih liat itu usahanya.. Suka belajar gak? Sama nilainya bagus-bagus gak.. Bunda liat Keke kan tiap hari udah belajar, berarti udah ada usaha.. Sekarang tinggal bunda liat nilainya.. Menurut Keke nilai di raportnya bagus-bagus gak?"

Keke : "Bagus sih.."

Bunda : "Ya kalo gitu bunda tinggal bilang alhamdulillah kan? Kalo bisa dipertahankan, syukur-syukur bisa ditingkatkan lagi ya nak.."

Setelah Chi liat raportnya, nilainya memang bagus-bagus.. Kalo kata K'Aie selisihnya dengan yang ranking 1 itu 3 angka.. 2 angka di Bahasa Inggris & 1 angka di olahraga..

O'ya beberapa hari sebelum terima raport Keke tanya, boleh gak kalo dia ranking 1 hadiahnya minta PS3. Chi bilang kalo saat ini keinginannya untuk dapet PS3 ditunda dulu aja.. Karena Nai kan mau masuk SD dan kalo dia keterima di sekolahnya Keke berarti harus ngeluarin biaya yang lumayan. Alhamdulillah Keke ngerti.. Pas dapet ranking2, dia sempet tanya lagi berarti dia gagal ya dapet PS3.. Chi bilang aja yang penting Keke berusaha sebaik-baiknya aja dulu.. Insya Allah kalo nilai Keke bagus terus, dan rejekinya ada PS3 bisa di beliin.. Sabar aja ya Ke :)

Ini foto raportnya Keke.. Alhamdulillah bagus-bagus.. :)


Continue Reading
2 comments
Share:

Friday, January 6, 2012

Pelit

Lagi koleksi2 foto.. Ketemu foto ini, di foto tepat di hari ulang tahun Nai 1 tahun yang lalu (12 Mei 2011).

Ini bukan goodie bag, tapi bekel Nai waktu main sore di taman depan rumah.. Gini deh kelakuan Nai kalo lagi dateng pelitnya.. Di bekel itu tertulis "Makanan Naima, Jovita gak boleh minta". Wkkwkw...



Continue Reading
No comments
Share: