Thursday, April 28, 2011

Kartinian

Kartinian

Tadi pagi, sekolahnya Nai adain kartinian. Acaranya gak di sekolah, tapi di lapangan futsal deket sekolah.

Beberapa minggu sebelumnya beberapa orang tua murid di undang rapat untuk ngerencanain mau bikin apa di hari kartini. Waktu itu terpilih 2 opsi yaitu, permainan tradisional antara ibu-anak dan fashion show di metropolitan mall dengan menggunakan baju-baju dari bahan daur ulang. Suara terbanyak memutuskan acaranya adalah permainan tradisional antara ibu-anak.

Chi tadinya diminta jadi perwakilan kelas bareng temen Chi untuk menghubungi orang tua murid lain perihal acaranya. Tapi karena waktu itu kondisi Chi lagi gak fit banget, malah lagi masa sedih jadi kayaknya Chi mengundurkan diri aja jadi panitia. O'ya sebelumnya terima kasih banyak ya untuk semua teman-teman yang udah kasih atensi. Chi gak bisa kasih apa-apa kecuali ucapan terima kasih & berdo'a semoga selalu di berikan yang terbaik untuk temen-teman semua. Aamiin..

Dress codenya batik. Nai kepengen pake kebaya favoritnya, Ya udah gak-apa, lagian rok batiknya juga tinggi belahannya jadi dia bebas lari-larian. Untungnya lagi tanpa janjian dulu salah seorang sohibnya juga ngotot pengen pake kebaya (kata mamanya) jadi Nai ada temennya deh ^^

Dan tadi pagi acaranya pun dimulai.. Jam 8 pagi. Sebelum di mulai orang tua di kasih kartu daftar permainan. Ada 5 permainan, yaitu ular naga, do mi ka do, tom & jerry, cublak-cublak suweng, temprak.


Pembukaan


Acara pertama di awali dengan nyanyi ibu kita kartini bersama-sama. Kemudian di susul dengan tarian bersama-sama di pimpin sama guru-guru sekolah. Lagunya cublak-cublak suweng. Setelah itu Ada tarian lagi, berpasang-pasangan antara ibu-anak (kita tinggal ikutin tarian beberapa pasang ibu-anak di depan).


Galasin/Gobak Sodor

Ini game eksibisi. Yang main cuma beberapa ibu-ibu. Ini game pembukaan sebelum game-game lainnya di mulai. Chi gak ikutan. Tapi seru liat ibu-ibu main galasin. Ternyata ada juga yang gak tau caranya. Lupa lagi atau udah beda generasi? Hihihi...


Ular naga

Pilihan pertama chi & nai adalah ular naga. Sengaja pilih ulah naga, karena salah satu sobat Nai yaitu Naura ikut ular naga. Maksudnya biar Nai semangat. Dan benar ternyata. Nai yang tadinya nempel terus sama Chi jadi lumayan semangat setelah bareng Naura dan satu lagi Keysha kalo gak salah.

Lucu waktu pas bagian ambil anak buah, Nai dan temen-temennya pada ngacir kemana-mana bukannya ngikutin kepala. Yang penting gak di tangkep. Wkwkkwkw....


Cublak-cublak Suweng

Kalo di permainan ini anak & ibunya di pisah. Jadi ibu-ibu sama ibu-ibu, anak-anak sama anak-anak. Kayaknya untuk ibu-ibu agak susah ya nungging kalo giliran jaga. Hehehe...


Temprak/Engklek

Yang pertama main itu anaknya. Kalo anaknya kalah, baru ibunya. Nai bilang gak bisa main engklek. Ya kayaknya dia belom biasa ya.. Setelah 1 kali di pegangin tangannya sama bu guru, akhirnya Nai bisa juga sendiri :)


Tom & Jerry

Sebelum permainan di mulai, para peserta nyanyi cang kacang panjang dulu.. Halah ternyata Chi & Nai kebagian jadi tikus euy... Dan sayangnya juga sebentar jadi tikus udah ketangkep sama kucing. Hihihiih..


Do Mi Ka Do

Di area ini Chi & Nai gak main karena waktunya udah habis.. Sayang juga yaaa.. Tapi ya gak apa-apa deh 4 permainan juga udah bikin Nai seneng kok :)


Penutup


Kita diminta untuk kumpul lagi. Ibu-ibunya pake topeng, disuruh munggungin anak-anak. Kemudian anak-anak di kasih bunga dari kertas sama miss-missnya dan diminta untuk mencari bunda-bundanya untuk kemudian ngasih bunga ke bundanya masing-masing. Setelah ketemu, kita sama-sama nyanyi lagu Bunda & lagu kemesraan

Selesai acara kita dapet makanan dan goodie bag. Asiiikkk.. Secara keseluruhan acaranya nyenengin, cuma sayangnya kenapa di adain di hari kerja. Biasanya sekolah kan ngadain acara keluarga di hari sabtu. Kalo hari kerja gini, ayahnya anak-anak jadi gak bisa cuti. Dan karena gak di temenin K'Aie jadinya Chi kesulitan untuk dokumentasiin. Abis ribeut kalo sambil main trus harus motret juga.

Foto-foto yang cuma seuprit juga belom di masukin ke blog ini, abis belom di upload. :D

Sunday, April 17, 2011

Merubah Negatif Jadi Positif

Merubah Negatif Jadi Positif

Yang Bikin Sedih


* Nai orangnya easy going, tapi dia itu kalo ada masalah suka gak mau cerita. Malah kadang dia suka pura-pura tidur tapi sebetulnya air matanya keluar.. Kalo ditanya dia sringnya bilang gak apa-apa sambil nyengir khas Nai & ngusap-ngusap air mata

* Keke lebih terbuka.. Tapi ada kalanya juga di pendem. Waktu tau Chi sakit dia itu cuek.. Cuma dia lampiasin dengan galak ke adeknya. Tanpa sebab adeknya di marahin, di cubit, dll. Pokoknya adeknya di bikin nangis terus, padahal adeknya gak kenapa.. Pas ditanya dia melengos aja.. Kalo udah kayak gini Chi tau kalo ada suatu masalah yang dia pendam.. Dan untungnya dia masih lebih terbuka.. Malamnya pas tidur, Chi liat dia nangis sesenggukan di balik guling. Pas Chi tanya, dia langsung bilang "bunda jangan sakiiiiiittttt"...

* Hari jum'at kemaren gurunya bilang kalo udah beberapa hari Keke itu pendiam banget. Sering melamun di sekolah. Padahal biasanya dia termasuk yang cerewet di sekolah. Anaknya ceria.. Gurunya tanya ada apa ya? Chi pada saat itu cuma bilang mungkin Keke lagi cape.. Tapi feeling Chi mengatakan kayaknya Keke masih sedih :(

* Pengobatan kayaknya gak ada yang satu suara.. Dokter A bilang kalo kanker stadium berapapun harus diangkat payudaranya, gak harus kemoterapi. Sementara dokter B bilang pengangkatan payudara tergantung stadium. Kalo baru stadium awal cukup kemo, kecuali kalo udah stadium 3 keatas baru pengangkatan payudara. Belom lagi saran-saran lain.. binguuuunnggg... :(

* Rambut adalah mahkota wanita.. Tapi pernah gak terpikir, kalo suatu saat payudara kita terancam untuk diangkat? Bagaimana reaksi kita sebagai wanita? Chi bukan bermaksud berpikir yang vulgar-vulgar. Tapi ya para wanita biasanya mengerti laaaahhhh...

* Kanker? Apa yang terpikirkan ketika mendengar kata kanker? Serem? Kematian? Yahhh semua itu sempet menakutkan untuk Chi...


Yang Bikin Kuat (mengubah energi Negatif)



* Dukungan dari mana-mana.. Alhamdulillah begitu tau Chi sakit banyak do'a & bantuan yang mengalir.. Kalo kata mamah itu rejekinya Chi.. Berarti banyak yang sayang sama Chi.. Alhamdulillah ya Allah

* K'Aie itu termasuk suami yang adem.. Gak terlalu banyak berekspresi dengan kata-kata.. Jangan harap deh K'Aie akan memberi kata-kata motivasi. Hahah... Tapi dari apa yang K'Aie lakukan selama ini, perhatian-perhatian K'Aie dan selalu siaga ketika Chi lagi kesulitan.. Bener-bener luar biasa.. K'Aie selalu siap dengan joke-jokenya. Pokoknya sekarang Chi gak boleh banyak pikiran & kerja yang berat-berat. Love youuuu honey :)

* Anak-anak juga yang bikin Chi kuat.. Celotehan-celotehan mereka, perhatian-perhatian mereka.. Bunda pasti kuat nak.. Insya Allah :)

* Selama ini Chi suka kepengen banget pindah rumah.. Alasannya sih sederhana, masa' udah nikah masih tinggal sama orang tua.. Makanya walopun masih sama orangb tua Chi selalu ngerjain semua urusan rumah tangga sendiri.. Gak enak ah ngerepotin orang tua walopun mereka gak keberatan. Tapi alhamdulillah ternyata ada hikmahnya juga masih tinggal sama orang tua. Mamah telaten banget ngerawat Chi. Papah juga walopun sehari-hari ngantor tapi kan selalu kasih support & do'a.. Terima kasih banyak ya Mah, Pah :)

* Kata Mamah, coba untuk bersyukur atas cobaan ini.. Dengan di kasih cobaan ini kita jadi lebih ingat sama Allah. Dan kita harus bersyukur karena mungkin kita sedang di uji untuk naik kelas..

* Mamah juga bilang jangan sesekali berpikir sakit = meninggal karena semua orang pasti meninggal. Kadang orang yang keliatan sehat bisa aja tiba-tiba meninggal. Tapi orang yang terlihat sakit malah umurnya panjang. Yang penting kita terus berdo'a & berusaha aja. Chi pikir mamah bener banget. Kenapa Chi harus berpikir yang serem-serem? Jalanin aja lah.. Malah mungkin bagus diberi cobaan karena kita jadi siap-siap untuk meningkatkan iman kita :)


Keputusannya Adalah.....


Seperti yang Chi tulis di atas karena banyaknya alternatif penyembuhan kayaknya pilihan Chi untuk saat ini adalah dengan terapi herbal dulu. Pilihan Chi ini tentunya bikin seneng Keke & Nai. Mereka happy banget ketika tau bundanya gak jadi operasi. Langsung jingkrak-jingkrak. Heheh..

Konsultasi ke dokter tetep Chi jalanin, tapi untuk operasi kayaknya gak dulu deeeeehhhh... Lagian gak ada yang berani jamin kalo di operasi langsung sembuh. 50 : 50 antara sembuh total & bibit kanker muncul lagi di tempat lain :(

Kenapa Chi pilih pengobatan herbal karena Chi gak mau operasi. Setelah banyak masukan & juga hasil gugling banyak pengobatan herbal yang bagus.. Untuk saat ini pengobatan herbal yang Chi jalani adalah dengan meminum rebusan daun sirsak.. Katanya ini bagus banget malah jauh lebih daripada kemoterapi. Selain itu Chi juga konsumsi buah sirsak secara rutin setiap hari.

Tapi banyak yang bilang kalo memilih pengobatan herbal itu kuncinya sabar. Emang gak secepet kalo di operasi jadi kita harus sabar gak secepet pengobatan medis.. Tapi paling gak bisa menahan penyebaran kanker, malah mungkin akan sembuh. Insya Allah

Pernah baca juga tentang terapi tertawa.. Katanya kalo tertawa otak kita memproduksi hormon apa gitu deh (lupa :p). Nah hormon itu bisa menyembuhkan sakit kita termasuk kanker.. Berarti bener kalo ada yang bilang sakit atau sembuh itu juga tergantung sugesti kita... Oke deeeehhh kalo gitu kita happy.. happy ajaaa. Gak mau banyak pikiran. Lagian mending tertawa daripada nagis terus. Lagian Chi masih banya kegiatan normal yang bisa Chi lakukan. Jadi ya santai ajaaaaa... ?Gak usah terlalu di pikirin :)

Apa itu artinya Chi gak berusaha kalo menolak operasi? Kalo Chi sih gak menganggap seperti itu.. Berdoa & melakukan pengobatan herbal kan juga usaha.. Selalu bersikap santai (terapi tertawa) kan juga usaha..

Ya semoga apa yang Chi pilih ini gak salah... Do'ain yaaa :)

Wednesday, April 13, 2011

Naiiiiii.... Hiks....

Naiiiiii.... Hiks....

Sebetulnya lagi sedih.. Ceritanya sekitar 3 bulan terakhir ini Chi tuh gampang sakitan. Sakit batpil sih. Tapi biasanya cuma 2-3 hari juga sembuh, ini lama sekali. Ada demamnya juga. Malah pernah ya waktu kena batuk Chi sampe gak bisa bangun (gerak sedikit aja sakit) karena semua tulang sakit banget. Harus minum pain killer dulu baru agak berkurang..

Sempet ngobrol sm K'Aie kenapa ya akhir-akhir ini kok Chi sakitan. Padahal dulu jaraaaaaang banget. K'Aie mungkin sekarang cuaca lagi gak bagus. Ya mungkin juga sih..

Nah udah sekitar 3 minggu ini (maaf) payudara Chi sebelah kiri bengkak & berair. Ada benjolan cukup besar. Bikin badan meriang..

K' Aie udah berkali-kali nyaranin ke dokter. Tapi Chi takuuuuutttt... Di bayangan udah serem-serem banget..

Akhirnya tadi pagi Chi beraniin diri untuk periksa di hermina bekasi ke dr bedah onkologi. Dan ternyataaaa.. Harus operasi :(. Ya pas denger itu langsung lemes & nangis lah.. Takuuuuttt :(

Kok bisa ya Chi kena?? Padahal Chi gak ngerokok, menyusui juga, di keluarga gak ada keturunan, bahkan Chi jarang banget jajan sembarangan, di rumah juga gak pernah pake msg. Kalo kata dokter sih penyebabnya itu sebetulnya banyak banget. Gak hanya yang kita tau dari info-info di majalah, dll.

Termasuk jinak atau ganas? Belom di ketahui.. Dokter bilang (chi juga udah cari second opinion dan jawabannya sama) rontgent udah gak di perlukan. Krn rontgent kan untuk tau ada benjolan atau enggak. Nah ini kan benjolannya udah keliatan banget, besar (ukuran 7cm x 6,5cm). Mammograph apalagi, dilarang banget. Alasannya kan gak tau itu tumor jinak atau ganas. Yang di khawatirkan kalo ganas, sinar dari mamograph malah bisa bikin tumornya menyebar..

Tapi dokter 1 & ke-2 kasih jawaban yang cukup melegakan. Tumornya belum masuk ke jaringan getah bening. Kalo udah masuk kesana, udah bakal lain ceritanya...

Jalan satu-satunya ya harus di operasi. Mengangkat tumor. Nanti tumornya di periksa. Kalo ternyata jinak ya udah cukup pengangkatan tumor aja. Kalo ternyata ganas nanti diliat udah stadium mana. Kalo baru stadium 1 aja sih katanya payudara gak perlu sampai di angkat. di kemoterapi aja cukup. Do'ain ya, semoga ini cuma tumor jinak... Aamiin.. Walopun dokternya udah bilang kemungkinan besar sih ganas kalau lihat dari diameter benjolan dan gejala. *Lemeeeesss

Waktu pertama kali denger sih Chi nangis terus. Kaget & takut banget. Tapi setelah di kuatin sama keluarga & teman, terutama dari suami tercinta alhamdulillah kayaknya Chi berani deh operasi. Insya Allah.. Malah Chi udah bisa ketawa-ketawa lagi.

Tapi barusan aja temen Chi salah seorang pakar pengobatan alternatif menyarankan untuk tidak operasi dulu.. Dia cerita tentang pengamalan dia yang pernah terkena kanker getah bening dan sekarang udah sembuh total..

Dari pengalamannya waktu kena kanker biasanya dokter suka langsung menyuruh operasi. Tapi sebaiknya kita sebagai pasien minta di cek lab dulu. Nanti pas bagian hormon kanker kita lihat apakah hormon kanker kita masuk ke dalam nilai rujukan atau tidak. Kalo belom (walopun hanya selisih 0,01) di sarankan jangan. Karena angka selisihnya itu yang mungkin bisa jadi bibit kanker selanjutnya. Tapi kalo udah masuk ke angka rujukan ya baru silahkan operasi.

Selama belum masuk ke angka rujukan, biasanya dokter akan memberi obat untuk mengendalikan hormon. Dan biasanya sih gak akan bikin selisih angka hormon lebih besar, tapi justru akan memperbaiki hormon kita. Cuma kuncinya ya harus sabar.. Harus rajin minum obat.

Yah Chi jadi rada bingung juga nih harus ambil keputusan yang mana. Tapi kayaknya ambil saran temen Chi dulu apa ya?? (bingung juga sih yang dokter & pakar alternatif dua-duanya temen baik. Hehe..)

Cuma tiba-tiba aja Nai ngomong gini (Nai ngomongnya sambil nangis)..

Nai : "Kalo bunda di rawat, yang temenin ima sholat di rumah siapa??"

Waaaaaa.... Bunda jadi mewek lagi nihhh... Hiks... :(

Thursday, April 7, 2011

Kelamaan

Kelamaan

Nai itu kosa katanya udah banyak yang lancar. Cuma kadang penyusunannya suka bikin bingung, malah kadang gak tepat.. Tapi akhirnya seringkali lucu. Kayak 2 hari yang lalu, dia ngobrol sama kakek-neneknya..

Nai : "Mamah kok cepet banget sih mudanya".
Mamah : "Maksudnya?"
Nai : "Mamah kok gak kayak bunda. Kalo bunda kan mudanya lama, kalo mamah tuanya yg kelamaan"
Mamah : "Oh itu maksudnya. Tapi yang penting mamah cantik kan?"
Nai : "Justru itu karena tuanya kelamaan, jeleknya juga jadi kelamaan".
Abah : "Hahahha.... Kalo abah gimana Nai? Ganteng dong?"
Nai : "Enggak ah. Abah sama kayak mamah"

Dan seperti biasa dia jawab sambil cuek & cengengesan. Sementara Abah & Mamah ngakak. Heheh...