Sunday, December 30, 2018

Resolusi 2019? Hmmm ... Apa, Ya?

menentukan resolusi 2019

Resolusi 2019? Hmmm ... Apa, Ya?


Sebetulnya, Chi gak pernah bikin resolusi apapun. Pengen ini, pengen itu pastinya ada aja setiap saat. Tapi, suka gak mau aja dibuat jadi resolusi. Apa mungkin khawatir jadi terlalu kecewa kalau gak kesampaian? Bisa jadi begitu.

Bisa juga malah jadi kayak berayt menjalankannya. Contohnya tentang diet. Dari dulu selalu diniatin pengen diet supaya berat bada turun dan badan jadi lebih bugar. Tetapi, gagal melulu. Selalu ada alasan untuk mengatakan, "Diet dimulai esok." Giliran Chi menjalankan dengan santai malah berhasil.

Resolusi Happy 2019


resolusi, happyone, asuransi

Lah, katanya malas bikin resolusi? Ya, tapi gak apa-apa deh kali ini coba bikin hehehe

happyMe

Life is like a roller coaster. It has its ups and downs. But, it's your choice to scream or enjoy the ride

Entah quote milik siapa itu, tetapi Chi setuju. Apalagi di tahun 2018 ini sepertinya makin merasakan kayak naik roller coaster yang lain daripada yang lain. Banyak rezeki di tahun ini, banyak cobaan pula di tahun ini. Alhamdulillah.

Dengan segala kejadian di tahun 2018, memang gak selalu bikin Chi tertawa. Cerita menangis hingga berhari-hari pun ada. Semuanya silih berganti hingga penghujung tahun 2018. Udahlah, nanti malah jadi curcol, bukan Chi banget hahaha.

Intinya sih Chi hanya berharap tahun 2019 lebih banyak tertawa dan sedikit menangis seperti di tahun-tahun sebelum 2018. Membuat diri sendiri lebih bahagia. Itu aja, sih.

happyTrip

Pengen lebih sering jalan-jalan lagi bersama suami dan anak-anak di tahun 2019. Kapan? Ke mana? Hmmm ... Belum tahu.

happyEdu

Tahun 2019, Keke akan menghadapi UNBK. Semoga Keke bisa menyelesaikan ujiannya dengan baik. Hasilnya pun baik dan dapat diterima di sekolah pilihan. Aamiin.

happyHome

Pertengahan tahun 2018, kami pindah rumah. Tapi, perasaan sampai sekarang gak beres-beres rumahnya. Masih aja berantakan sana-sini huahahha. Kebanyakan mager kayaknya. Semoga tahun 2019, barang-barang di rumah lebih tertata lagi. Mungkin gak ya bisa instagramable gitu interiornya? 😁

Berasuransi dengan happyOne.id


[Silakan baca: Rumus Kebahagiaan Komplit dari Asuransi Astra happyOne.Id]

happyMe, happyTrip, happyEdu, happyHome, kayaknya familiar banget ya nama-nama ini? Yup! Bener banget! Sebetulnya itu 4 produk yang ada di asuransi happyOne.id. Tapi, cocok juga kan ya kalau dijadiin resolusi?

Nah, kalau memiliki asuransi yang lengkap dengan harga terjangkau udah jadi resolusi atau belum? Kalau belum, coba deh di tahun 2019 nanti pilih happyOne.id yang merupakan produk asuransi Astra ini. 

Asuransinya lengkap banget. Ada happyMe (asuransi kecelakaan diri) yang untuk melindungi diri sendiri, happyTrip (asuransi perjalanan) karena mungkin saja ada drama saat melakukan traveling, happyEdu (asuransi santunan pendidikan) untuk jaminan pendidikan anak, dan happyHome (asuransi kebakaran) yang akan melindungi rumah kita dari terjadinya FLEXAS (Fire, Lightning, Explosion, Impact of Aircraft, Smoke).

asuransi astra, happyme, happyhome, happytrip, happyedu

Teman-teman bisa memilih asuransi tersebut sesuai kebutuhan. Tetapi, bila ingin memiliki semuanya juga boleh banget. Pastinya mau pilih semua atau enggak, cukup dengan oneID. Seluruh perlindungan hingga riwayat polis sudah ada di ID tersebut.

[Silakan baca: happyOne.id, Asuransi Astra dengan Premi Mulai Rp399 Ribu]

Customer service-nya? 24 jam! Coba aja teman-teman nelpon ke 1 500 112 di jam yang kira-kira sepi, misalnya tengah malam atau dini hari gitu. Buktikan kalau CSnya memang bener 24 jam. Kalau iya, berarti memang benar siap membantu kita semua kapan pun dan di mana pun. Dari mulai memberikan informasi hingga melayani klaim.

Jadi udah pas banget ya kalau asuransi happyOne.id dimasukkan sebagai salah satu resolusi 2019? Yuk!

Continue Reading
34 comments
Share:

Friday, December 28, 2018

Tips Meninggalkan Rumah Agar Tetap Aman Saat Liburan

tips meninggalkan rumah agar tetap aman saat liburan

Tips Meninggalkan Rumah Agar Tetap Aman Saat Liburan


Papah: "Chi, jalan jam berapa ke Bandung?"
Chi: "Paling nanti abis makan siang, Pah."

Saat itu suasana Hari Raya Idul Fitri. Papah dan mamah sudah jalan duluan ke Bandung sejak 2 hari sebelum lebaran. Chi sekeluarga baru jalan ke Bandung di Lebaran hari pertama, setelah makan siang. Papah menelpon buat buat minta tolong bawain televisi baru yang rencananya mau diberikan untuk keluarga di Bandung.  Jadi sebelum ke Bandung, kami mampir dulu ke rumah orang tua buat ambil tv.

Libur dan mudik memang sesuatu yang menyenangkan. Tetapi, mengingat akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk waktu yang cukup lama, tentunya harus ada persiapan agar rumah tetap aman. Nah, apa aja sih persiapannya?

Beberapa Tips Agar Rumah Tetap Aman Saat Ditinggalkan

 

tips, rumah aman, liburan


Pastikan Semua Pintu dan Jendela Terkunci dan Tertutup Rapat

Pintu dna jendela bisa menjadi jalan utama dari masuknya pencuri. Makanya penting banget untuk memastikan semuanya tertutup rapat dan terkunci. Beberapa tahun lalu, pernah kami lupa menutup rapat salah satu jendela di lantai atas. Memang bukan pencuri yang masuk, tetapi tikus! Udah gitu pakai mati pula di karpet. Ugh! Itu baunya lama banget baru hilang. 😹

Pasang CCTV

Sudah beberapa tahun ini, kami pasang portable CCTV di rumah. Jadi selama masih ada akses internet, kami bisa memantau beberapa bagian rumah melalui smartphone.

Melapor ke Satpam

Papah sempat bilang kalau nanti kami sudah mengambil tv, semua lampu dimatikan. Chi sempat heran dengan permintaan papah. Bukankah kalau semua lampu dimatikan, berarti saat malam rumah kami kemungkinan akan gelap sendirian? Blok di mana orang tua Chi tinggal memang kebanyakan non muslim. Jadi, biasanya hanya sedikit yang mudik saat Lebaran.

Kata Papah, satpam di blok yang minta seperti itu. Lebih baik terlihat gelap sendiri saat malam daripada lampu terlihat menyala sendirian saat siang. Hmmm ... Mungkin ada benarnya, ya. Kabarnya pencuri juga belum tentu bekerja di malam hari.

Etapi, kondisi seperti ini gak bisa dipukul rata ke semua orang, ya. Sebaiknya memang melapor ke satpam atau hansip lingkungan. Minta tolong supaya rumah dijaga selama kita mudik. Dan bertanya juga gimana baiknya supaya tetap aman.

Cek Semua Alat Elektronik.

Pastikan semua alat elektronik dalam keadaan dicabut listriknya. Ya, beberapa alat elektronik mungkin gak mungkin dicabut seperti kulkas karena ada makanan di dalamnya. Pompa di kolam ikan juga tidak kami matikan supaya ikan tetap hidup. Tetapi, selain itu semua harus dicabut.

Pernah juga kejadian beberapa tahun lalu, Chi lupa cek ricek alat elektronik sebelum mudik. Ternyata, komputer belum dimatikan. Selama berhari-hari menyala membuat hard disk jadi rusak dan gak bisa diperbaiki sampai sekarang. Hilang deh semua foto Keke dari mulai lahir hingga berusia 2 tahun. Penyesalan terbesar Chi sampai sekarang. 😭

Gak hanya alat elektronik, selang tabung gas juga harus dicabut. Alat elektronik yang gak dicabut listriknya juga dicek dulu kondisinya. Tujuannya untuk meminimalkan risiko terjadi kebakaran.

[Silakan baca: 5 Tips Mempersiapkan Liburan Bersama Keluarga]

Lindungi Rumah dengan happyHome


Pernah mengalami peristiwa kebakaran rumah? Duh! Mudah-mudahan jangan pernah mengalami, ya. Tetapi, saya waktu kecil pernah mengalami sampai beberapa kali.

Waktu itu kami masih tinggal di gang yang cukup padat penduduk di salah satu lokasi di Jakarta Pusat. Alhamdulillah, rumah kami gak ikut terbakar. Tetapi, bisa membayangkan bagaimana paniknya setiap kali ada peristiwa kebaran terjadi? Apalagi pernah lokasi kebakarannya tuh rumah tetangga tepat di belakang rumah.

Pernah juga, sekitar pukul 1-2 dinihari, tante menelpon Chi. Katanya, rumah tetangga yang tepat di depan kebakaran. Mana rumah om dan tetangga saling nempel temboknya. Jadi memang udah sangat dekat. Tetapi, api menjalar ke samping, sehingga rumah om saya pun selamat.

Nah, sedihnya dari peristiwa kebakaran tuh, biasanya sumber masalah dari satu rumah, tetapi yang korban bisa lebih dari 1 rumah. Mana membangun rumah juga pastinya butuh biaya yang tidak sedikit. Belum lagi kalau timbul kerugian tambahan. Mulai kepikiran gak untuk memiliki asuransi kebakaran?

Asuransi happyOne.id dari Astra memiliki salah satu produk untuk membuat kita menjadi lebih nyaman dengan rumah sendiri. Produk ini akan memberikan proteksi atas risiko kebakaran dari rumah yang kita tempati.

happyhome, asuransi kebakaran

Nama produknya adalah happyHome. Asuransi ini tidak hanya memberikan penggantian atas risiko kebakaran yang terjadi. Tetapi, juga memberikan beberapa manfaat tambahan lain. Tergantung dari jenis mana yang teman-teman pilih. Karena asuransi ini ada 2 yaitu, happyHome Fit dan happyHome plus

happyOne.id memang memiliki banyak pilihan produk. Silakan teman-teman pilih sesuai kebutuhan. Pilih semua juga boleh. Pastinya mau pilih 1 atau semua pun cukup dengan OneID. Semua perlindungan hingga riwayat polis sudah bisa teman-teman dapatkan.

[Silakan baca: happyOne.id, Asuransi Astra dengan Premi Mulai dari Rp399 Ribu]

Klaimnya mudah karena bisa beberapa channel. Proses membuat polisnya pun sama mudahnya. Via internet juga bisa. Yuk, mulai pikirkan untuk melindungi rumah dari sekarang.

happyone, perlindungan rumah agar aman

Continue Reading
19 comments
Share:

Wednesday, December 26, 2018

NIVEA #SentuhanIbu - Meningkatkan Bonding Ibu dan Anak dengan Dongeng Pohon Impian

manfaat mendongeng, nivea, sentuhan ibu

NIVEA #SentuhanIbu - Meningkatkan Bonding Ibu dan Anak dengan Dongeng Pohon Impian


Seseorang rekan pernah cerita ke Chi kalau cerita dongeng yang paling dia sukai adalah Cinderella. Hmmm ... Gak aneh sebetulnya. Banyak sekali yang suka dengang cerita Cinderella, kan? Kisah seorang putri cantik yang memiliki ibu tiri dan 2 saudara tiri yang jahat. Tetapi, happy ending karena menikah dengan pangeran tampan dari sebuah kerajaan.

Tetapi, tunggu dulu! Bukan itu alasan kenapa teman Chi menyukai kisah Cinderella. Dia pun berpendapat sama, kalau kisah Cinderella yang selama ini banyak sekali orang tau memberikan sebuah imajinasi yang indah. Tetapi, yang membuatnya sangat menyukai Cinderella adalah karena ibunya paling sering mendongengkan kisah ini saat dia masih kecil.

Masih terbayang di dalam benaknya bagaimana intonasi dan ekspresi ibunya saat mendongeng. Sehingga meskipun berpuluh bahkan ratusan kali diceritakan dongeng yang sama pun tidak pernah membuatnya bosan. Kedekatan saat mendongeng setiap malam yang membuatnya suka dnegan Cinderella meskipun ceritanya sendiri sudah hapal di luar kepala.

Chi jadi terkesan dengan ceritanya Teringat kalau mendongeng juga pernah menjadi aktivitas rutin saat waktu tidur bagi Keke dan Nai ketika mereka masih kecil. Chi jadi berharap kalau aktivitas tersebut akan menjadi salah satu kenangan terindah bagi mereka.

Manfaat Mendongeng Bagi Anak


Mendongeng memang bisa mendapatngkan banyak manfaat. Bonding atau ikatan batin antara ibu dan anak bisa semakin erat dengan aktivitas mendongeng. Manfaat lainnya adalah kosa kata anak bisa semakin meningkat, ada pesan moral yang disampaikan, dan lain sebagainya.

Imajinasi anak juga semakin berkembang dengan aktivitas mendongeng. Anak jadi mengenal berbagai karakter. Kelak hal ini juga bisa mempengaruhi kemampuan sosialnya.

NIVEA #SentuhanIbu Dongeng Pohon Impian


dongeng pohon impian, nivea sentuhan ibu

Pada tanggal 22 Desember 2018 di Ciputra Artpreneur Theater, NIVEA menggelar drama musikal dengan  judul "Dongeng Pohon Impian." Drama musikal ini merupakan bagian dari kampanye NIVEA #SentuhanIbu yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas kebersamaan antara ibu dan anak.

Drama musikalnya yang digelar dalam 2 jadwal pertunjukkan yaitu pukul 14.00 dan 19.00 wib berjalan dengan sukses. Drama musikal ini juga tidak menjual tiket on the spot karena sudah sold out.

Saat Keke dan Nai masih kecil, mereka pernah beberapa kali diajak nonton drama musikal. Selalu saja terlihat antusiasme penonton yang cukup tinggi. Makanya, Chi gak heran kalau drama musikal yang digelar NIVEA pun sold out. Ada pesta kostum juga serta berbagai permainan. Juga ada penampilan dari Nora dan Naura menyanyikan beberapa lagu. Udah kebayang kan tuh seperti apa kerennya drama musikal ini.

"Saya sangat bangga dapat menjadi bagian dari pertunjukkan istimewa ini, karena NIVEA #SentuhanIbu: Dongeng Pohon Impian diangkat dari cerita orisinil dan sarat makna tentang sentuhan kasaih sayang ibu kepada anak. Cerita mendalam, tata panggung penuh warna, kostum unik, dan lagu-lagi ceria akan membawa penonton memasuki dunia imaji yang tak terlupakan," ujar Nurul Susantono, Sutradara.

Sehari sebelum drama musikal digelar, para awak media dan blogger diundang untuk menghadiri peluncuran buku cerita NIVEA #SentuhanIbu: Dongeng Pohon Impian. Buku ini diadaptasi dari drama musikal dengan judul yang sama.

drama musikal, dongeng

Pada media day saat itu, dipertontonkan juga 2 cuplikan dari drama musikal yang akan digelar. Adegan pertama tentang seorang ibu yang menceritakan dongeng kepada anaknya sebelum tidur. Adegan kedua menceritakan tentang Angan, seorang anak yang kesepian karena ibunya, Imaji, selalu sibuk dengan kedai jamunya yang selalu ramai dengan pelanggan.

Baru 2 cuplikan aja, udah berasa banget kerennya. Tadinya, Chi mau ngajakin Nai nonton drama musikal ini. Sayangnya, Keke dan ayahnya harus ke Sentul untuk persiapan balap motor. Jadi, Chi dan Nai di rumah karena ada papah mertua yang sedang sakit.

[Silakan baca: Belajar Menjadi Pembalap Motor di 43 Racing School]

buku dongeng pohon impian, bonding ibu anak

Kabar gembira, NIVEA juga meluncurkan buku tentang dongeng ini. Jadi bagi teman-teman yang belum sempat menonton drama musikalnya, tetapi bisa mendongeng dengan kisah yang sama.

"Buku ini akan tersedia di toko buku Gramedia terdekat pada awal tahun 2019. Kami berharap melalui drama musikan dan buku ini, NIVEA dapat terus menginspirasi para ibu dalma memaksimalkan manfaat mendongeng dna memperkuat ikatan dengan si kecil," ujar Arum Nurhandayani, Brand Manager NIVEA Creme, PT Belesdorf Indonesia.

Ikatan batin tentu saja tidak akan terjalin begitu saja saat mendongeng. Harus ada sentuhan dari ibu, rangkul si kecil saat mendongeng, ajak si kecil untuk ikut aktif saat mendongeng, dan lain sebagainya. Nah, di buku ini juga diberikan 1 kemasan kecil NIVEA Creme. Bisa banget tuh mendongeng sambil memberikan creme ke tubuh si kecil. Lakukan berbagai sentuhan lembut yang membuat si kecil semakin merasa nyaman.

Harapan Chi, aktivitas mendongeng akan semakin banyak dilakukan para ibu. Semoga juga drama musikal NIVEA akan terus digelar setiap tahun.

aktivitas mendongeng, kebersamaan ibu anak

Continue Reading
13 comments
Share:

Tuesday, December 25, 2018

Pentingnya Asuransi Pendidikan bagi Anak

asuransi pendidikan anak

Pentingnya Asuransi Pendidikan bagi Anak


"Chi, ini Naima nangis melulu. Udah dibujukin macam-macam juga gak berhenti nangisnya."

Cukup lama Chi dna mamah saling telponan. Sesekali ngobrol di WA. Chi juga udah ngebujukin Nai, tetapi gak berhasil. Dia hanya mau 1 hal. Pengen bundanya ada di situ sekarang juga. Tentu aja gak bisa. Saat itu, Keke dna Nai lagi di Bali. Sedangkan Chi di Bekasi. Andai aja ada pintu ajaib Doraemon, pasti udah langsung ke sana.

Itu kejadian 5 tahun yang lalu. Tepatnya bulan Oktober 2013. Papah dan mamah pengen liburan ke Bali. Tentu aja kami sekeluarga diajak. Tetapi, K'Aie ada rapat Wanadri di Bandung. Keke pengen ikut ke Bali. Nah, yang agak kaget sebetulnya keputusan Nai. Dia belum pernah sekalipun pergi tanpa orang tua. Tetapi, saat itu, dia ngotot pengen ikut Keke ke Bali.

[Silakan baca: Antara Bekasi, Bali, dan Bandung]

Tinggal Chi yang bingung pilih yang mana. Pengen ikut anak-anak, tetapi juga pengen pacaran sama K'Aie. Kapan lagi gitu, lho. Sejak punya anak, rasanya belum pernah berduaan. Lumayan kan tuh bisa pacaran selama 3 hari 2 malam.

Awalnya lancar, malah tiap kali Chi telpon, anak-anak suka agak menolak karena lagi asik main. Kalau pun menelpon paling sebentar aja maunya. Begitu masuk malam terakhir, baru deh Nai rewel. Kalau dia udah nangis, susah buat dibujuk, kecuali sama ayah atau bundanya.

Sejak itu, Nai gak mau lagi pergi menginap kalau gak ada bunda. Waktu diajakin liburan lagi sama kakek, nenek, dan om-nya, Nai hanya mau kalau bunda ikut. Padahal tadinya K'Aie sempat agak malas liburan ke Singapore. Chi pun gak masalah kalau K'Aie gak mau. Itu artinya, kami diberi kesempatan untuk pacaran lagi hehehe.

manfaat asuransi pendidikan

Akhirnya, kami mengalah demi Nai. Ikut jalan-jalan ke Singapore. Kami sempat berpisah di Sentosa Island. Anak-anak main di Universal Studio Singapore bersama seluruh anggota keluarga. Hanya Chi dan K'Aie yang memilih keliling Sentosa dan suka dengan Imbiah Lookout.

Walaupun hanya terpisah sekian jam, tetapi obrolan via WhatsApp jalan terus. Beberapa kali Chi tanya anak-anak ke papah. Duh begitu kali ya jadi ibu. Cuma pisah sebentar aja, anaknya ditanyain terus. Atau hanya Chi aja yang kayak begini? Padahal kalau pergi sama kakek dan neneknya, insya Allah, aman.

Pentingnya Asuransi Santunan Pendidikan


happyone, asuransi astra, jaminan pendidikan anak

Sejak punya anak, pikiran memang kebanyakan tentang anak, termasuk tentang pendidikan. Tau sendiri lah ya biaya pendidikan zamna sekarang seperti apa. Makanya sejak anak-anak lahir, kami udah mikirin kira-kira jaminan pendidik anak yang seperti apa yang diinginkan. Kami pun memilih asuransi pendidikan.

[Silakan baca: Rumus Kebahagiaan Komplit dari Asuransi Astra happyOne.id]

Nah, sekarang ada asuransi menarik yang juga berkaitan dengan pendidikan anak. Namanya happyEdu dari happyOne.id. Tentunya sebagai orang tua berharap akan terus bisa membiayai sekolah anak hingga selesai. Tetapi, bagaimana bila terjadi sesuatu kecelakaan yang membuat orang tua harus dirawat atau atau bahkan wafat?

happyEdu akan memberikan santunan pendidikan bagi anak bila tertanggung utama meninggal dunia. Manfaat lainnya adalah diberikan santunan meninggal dunia atau cacat akibat kecelakaan, satunan rawat inap, santunan pemakanan, atau tunjangan kehilangan pendapatan karena cacat.

Periode asuransi selama 1 tahun dengan nilai premi Rp100 ribu s/d Rp180 ribu. Masih cukup terjangkau. Bahkan happyEdu Micro preminya lebih terjangkau lagi yaitu Rp10 ribu s/d Rp50 ribu. Usia anak yang ditanggung berumur 1-21 tahun.

asuransi santunan pendidikan

Proses di happyOne dari mulai pengajuan polis hingga klaim sangat mudah. Teman-teman tinggal buka websitenya dan daftar via internet. Tersedia juga layanan customer service 24 jam di 1500 122. Bila sewaktu-waktu teman-teman ingin menanyakan perihal asuransi tersebut dengan lebih jelas, bisa menelpon ke nomor tersebut.

[Silakan baca: happyOne.id, Asuransi Astra dengan Premi Mulai dari Rp399 Ribu]

Continue Reading
22 comments
Share:

Thursday, December 20, 2018

Resik-V Manjakani Whitening, Salah Satu Kunci Keharmonisan Keluarga

resik v manjakani, kunci keharmonisan rumah tangga

Resik-V Manjakani Whitening, Salah Satu Kunci Keharmonisan Keluarga


“Pokoknya nih kalau udah menikah nanti Chi gak mau ribut urusan uang! Malesin banget deh ngeributin duit!”

Lebih dari 15 tahun lalu, sebelum kami menikah, Chi pernah berkata seperti itu ke K’Aie. Menurut Chi, uang itu seringkali gak mengenal teman atau saudara. Kalau udah jadi masalah bisa sampai ribut bahkan putus hubungan. Nah yang begini bikin Chi khawatir bisa merusak keharmonisan keluarga.

Berkomunikasi dengan Pasangan Itu Ada Seninya


Kenyataannya? Pernahlah ada beberapa kali kami ribut urusan keuangan. Ya biasanya Chi duluan yang suka ribet. Terutama kalau lagi banyak kebutuhan. Padahal ya selama ini K’Aie selalu berusaha memenuhi kebutuhan kami. Tetapi, Chi aja yang memang suka cerewet dan heboh duluan.

Kalau udah begini memang penting banget mengolah komunikasi. Kalau yang satu lagi panas, maka yang satu harus lebih tenang. Ya memang harus ada seni mengolah komunikasi biar hubungan suami istri tetap langgeng meskipun diterpa masalah.

Tidak hanya soal keuangan. Ada aja masalah dalam keluarga. Ya namanya juga menyatukan dua kepala dengan pikiran yang berbeda. Kadang-kadang hal sepele pun bisa jadi ribut. Tetapi, nanti juga cekikikan berdua kalau lagi pada waras hehehe.

Kami memang memiliki karakter yang bertolak belakang. Bisa dibilang kadang-kadang gak mudah menyatukan 2 karakter ini. Tetapi, bukan berarti gak bisa. Alhamdulillah, sampai saat ini pernikahan kami sudah berjalan 15 tahun lebih dan semoga terus berlanjut. Aamiin.

Tips Berkomunikasi Dengan Pasangan

  1. Cari waktu yang tepat untuk berbicara 
  2. Menjadi pendengar yang baik 
  3. Jangan selalu menentukan menang dan kalah ketika berdiskusi 
  4. Meluangkan waktu sejenak keluar rumah berdua saja tanpa anak-anak 
  5. Rutin melakukan pillow talk

Istri Resik, Keluarga Pun Harmonis


tips rumah tangga harmonis, istri resik

“Ngapain sih berhenti kerja? Nanti di rumah dasteran doang, lho.”

Dulu, saat Chi memutuskan untuk resign, salah seorang teman pernah berkata seperti itu. Chi cuma nyengir aja karena gak tau harus menjawab apa. Pastinya sih gak mungkin dasteran karena sampai sekarang memang gak punya daster.

Tetapi, bukan tentang pakai daster atau enggak. Tantangannya kalau udah di rumah adalah apakah Chi akan tetap menjaga kebersihan badan atau malah jadi malas? Waktu masih kerja kantoran kan udah pasti setiap hari mandi dan berpenampilan yang pantas supaya enak dilihat. Nah, kalau di rumah kan kadang-kadang suka mager banget. Ngaku lah kadang-kadang suka ada malas mandinya.

Meskipun K’Aie buka tipe suami penuntut yang istrinya harus tampil begini begitu saat di rumah, Chi berusaha menjadi istri yang resik, lah. Gak enak juga kan kalau suami pulang kantor, tapi istri mau bau asem? Ssst! Gak hanya kebersihan badan, lho. Daerah kewanitaan juga harus dijaga kebersihannya.

Sudah menikah atau belum, daerah kewanitaan memang harus dijaga supaya tetap bersih dan sehat. Bila tidak, organ ini mudah terinfeksi dengan virus dan bakteri. Apalagi saat haid, bis alebih rentan lagi. Tentunya kita tau berbagai keluhan pada organ kewanitaan seperti keputihan, gatal, dan lain sebagainya. Bahkan bisa mempengaruhi kesuburan hingga keharmonisan hubungan dengan suami.

Alasan Memilih Resik-V Manjakani Whitening Kebersihan untuk Pembersih Kewanitaan yang Aman.


khasiat manjakani, resik v

Suka perhatiin juga gak kalau di sekitar pangkal paha warnanya lebih gelap dibandingkan area lain? Padahal area itu biasanya tertutup. Tapi, kok malah bisa lebih gelap? Ternyata penyebabnya adalah gesekan antar paha, iritasi kulit karena bakteri, atau pengaruh hormon.

Pengennya cuek sama hal ini. Siapa juga yang bakal lihat. Etapi, suami bakal lihat, ding hehehe. Ya meskipun suami juga gak masalahin hal ini, tapi dari perempuan sendiri kan biasanya suka pengen maksimal. Kalau area lain udah terawat, kenapa bagian ini harus dilewatkan? Sekalian lah dirawat biar semakin percaya diri.

Tetapi, mengingat area kewanitaan memang sensitif, Chi mulai mencari rekomendasi pembersih kewanitaan. Harus yang aman, jangan sampai salah memilih. Tanya sana-sini hingga cari juga dari berbagai sumber di internet. Dan akhirnya Chi mengetahui tentang Resik-V Manjakani Whitening.

Mengandung Bengkoang Pilihan dan Manjakani Asli Persia

Chi sudah mengetahui keunggulan bengkoang sejak dulu. Banyak produk kecantikan yang menggunakan bengkoang. Keunggulah bengkoang memang tidak hanya untuk memutihkan, mencerahkan, dan menghilangkan flek hitam. Tetapi, juga mampu mengencangkan kulit.

Manjakani asli Persia juga kaya akan tannin yaitu sejenis antioksidan untuk anti mikroba/bakteri. Manjakani juga sudah dipercaya seama berabad-abad dapat mengencangkan otot kewanitaan.

Sudah Teruji Secara Klinis

Selain melihat kandungannya, indikato lainnya ketika memilih produk pembersih kewanitaan yang dipercaya adalah sudah teruji secara klinis. Berdasarkan uji riset terhadap 200 pengguna feminine hygine, Resik V sudah terbukti 2x lebih mencerahkan dan mengencangkan.

Halal

Sebagai seorang muslimah, Chi juga mencari tau bagaimana merawat daerah kewanitaan menurut islam. Ketika mengetahui ada produk feminine hygine yang halal, Chi senang banget. Lebih tenang ketika menggunakannya.

Pakai Resik-V Manjakani Whitening juga praktis. Kalau daerah kewanitaan sudah tidak lagi menjadi masalah, rasa percaya diri istri juga jadi lebh meningkat. Istri juga jadi lebih bahagia. Suami juga senang kalau istrinya bahagia. Jadi ada hubungannya kan Resik-V Manjakani Whitening sebagai salah satu kunci keharmonisan rumah tangga yang sakinah.

Continue Reading
75 comments
Share:

Wednesday, December 19, 2018

Berhijrah Bersama Sasha, Pasta Gigi Halal yang Mengandung Siwak

bersiwak, sasha, pasta gigi mengandung siwak asli

Berhijrah Bersama Sasha, Pasta Gigi Halal yang Mengandung Siwak

Foto milik @hijabinfluencersnetwork

“Chi, kamu makin cantik pakai kerudung! Pas pula mulainya di Tahun Baru Hijriah!”

Saat itu, Chi hanya tersenyum karena sejujurnya gak sengaja dibikin pas dengan tahun baru hijriah juga. Bahkan Chi juga gak kepikiran kalau berkerudung adalah salah satu langkah berhijrah.

Niatan Chi berhijrah hanya karena capek sama rambut sendiri. Punya badan kurus *Yup! Dulu Chi mah kurus, bahkan cungkring*, tetapi rambut tebal dan ikal membuat banyak orang bilang kalau Chi keberatan rambut. Bahkan sering juga dibilang kalau Chi jadi kelihatan kayak singa saat rambutnya sedang diurai. Ngeselin banget kan omongan kayak gitu.

Satunya-satunya cara supaya gak dapat omongan kayak gitu hanyalah dengan mengikat rambut atau dipotong sependek mungkin. Tapi, kan Chi bosan kalau gak banyak pilihan. Makanya, Chi memilih pakai kerudung aja. Apalagi saat itu berkerudung dengan dimodelin begini begitu lagi ngetrend banget. Chi pikir, kalau gak bisa menata rambut, setidaknya bisa menata kerudung.

Singkat cerita, pengalaman berhijab Chi gak selalu berjalan mulus. Awalnya masih suka lepas-pasang. Lama-lama mulai konsisten berhijab. Tadinya, suka dimodelin macam-macam, sekarang sudah jauh berkurang. Keinginan Chi sekarang ini adalah ingin berhijab syar’i.

Apakah dengan mulai berhijab artinya Chi sudah berhijrah?

Makna Berhijrah bagi Umat Muslim



Dari sisi bahasa, hijrah berarti memutuskan / meninggalkan.

Jumat (30/11) bertempat di The Hook, Jakarta, Sasha dan Hijab Influencers Network mengadakan blogger gathering dengan tema “Memaknai Hijrah Dalam Kehidupan Muslimah”. Saat ini, berhijrah seperti menjadi suatu trend. Semakin banyak muslim dan muslimah di Indonesia yang menggaungkan hijrah. Mulai dari masyarakat biasa hingga artis. Chi pun beberapa kali berdiskusi tentang hijrah ini dengan K’Aie.

Dalam konteks yang lebih luas, hijrah berarti meninggalkan sesuatu yang buruk menuju ke arah yang baik sesuai dengan ketentuan Allah SWT. Islam adalah agama yang sempurna. Semua aspek kehidupan seorang muslim/muslimah ada peraturannya, termasuk untuk hal yang dianggap sepele sekalipun. Dalam Al-Qur’an pun kata hijrah tertulis hingga 31x berarti jangan dianggap main-main.

Berhijrah bukan berarti menjadikan kita tidak toleran. Hijrah tidak harus dilakukan secara ekstrim. Berhijrah adalah suatu proses yang harus dilakukan secara berkesinambungan.

Berhijrah Hingga Akhir Hayat


Seorang muslimah yang mulai berkerudung sering dianggap sudah berhijrah. Begitu pun dengan muslim yang mulai memanjangkan jenggot. Menurut Ummu Balqis – founder @bengkel_diri, writer, dan fashion designer -, memang tidak ada yang salah dengan anggap tersebut. Itu kan artinya sedang proses berhijrah sesuai ketentuan Allah SWT. Tetapi, seharusnya berhijrah tidak berhenti sampai di situ.

Lulu Elhasbu – Hijab Influencer, Fashion Designer & Enterpreneur -, memberikan pendapat yang senada dengan Ummu Balqis. bahwa berhijrah seharusnya proses berkesinambungan kea rah yang lebih baik hingga akhir hayat. Lulu sudah berhijab sejak kecil, tetapi hanya bersifat formalitas. Sejak kecil, Lulu belajar di sekolah Islam yang memang mengharuskan berhijab.

Hingga pada saat memasuki bangku kuliah, Lulu ingin melepas jilbab. Selama setahun tidak berjilbab, Lulu merasa ada sesuatu yang hilang. Timbul rasa yang tidak aman dalam hatinya. Sepulang dari umroh, Lulu mulai berhijab kembali dan merintis profesi sebagai model.

Godaan untuk membuka kembali jilbab kerap datang. Dari mulai memakai jibab yang asal-asalan mulai belajar bagaimana berhijab yang benar. Pakaian yang tadinya masih pendek mulai dipanjangkan. Semua memang butuh proses. oleh karena itu, Lulu mengatakan penting sekali untuk terus menggali ilmu yang baik saat berhijrah. Jangan sekadar ikut trend, tetapi tidak mempelajari ilmunya.

Semua aspek harus terus diperbaiki. Mulai pasang mind set bahwa hidup itu untuk beribadah. Selalu bawa Allah SWT dalam setiap aktivitas yang kita lakukan. Lakukan hal wajib terlebih dahulu, setelah itu lakukan yang sunnah. Salah satu sunnah Rasulullah SWT adalah bersiwak.

Bersiwak dengan Sasha Pasta Gigi Halal


pasta gigi halal, siwak asli

Semakin banyak umat muslim yang peduli dengan halal dan haram suatu produk. Setiap akan membeli sesuatu selalu dilihat apa sudah ada logo halal atau belum. Tidak sebatas dalam memilih makanan dan minuman. Produk lain seperti pasta gigi pun akan membuat kaum muslim menjadi nyaman saat sudah berlogo halal. Apalagi kalau pasta giginya mengandung siwak.

“Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhaan bagi Rabb”. [Hadits shahih riwayat Ahmad, Irwaul Ghalil no 66). [Syarhul Mumti’ 1/120 dan Taisir ‘Alam 1/62]

Apabila kita ingin menjadi seorang muslim/muslimah yang baik, tentu saja seharusnya mengikuti sunnah rasullullah. Apa yang menjadi perkataan, perilaku, dan lain sebagainya dari Nabi Muhammad SAW sebaiknya diikuti.

“Barang siapa yang mencontohkan jalan yang baik di dalam Islam, maka ia akan mendapat pahala dan pahala orang yang mengamalkannya setelahnya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun. Dan barang siapa yang mencontohkan jalan yang jelek, maka ia akan mendapat dosa dan dosa orang yang mengerjakannya sesudahnya tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun.” (HR. Muslim: 2398)

Tetapi, mengapa setidaknya di Indonesia ini jarang terlihat orang bersiwak? Padahal banyak umat muslim yang sudah tau kalau bersiwak merupakan sunnah nabi. Rasulullah SAW sangat menyukai aktivitas bersiwak. Bahkan menjelang akhir hayat, rasullullah sempat bersiwak.

Ada beberapa orang yang mengatakan kalau mendapatkan kayu siwak di Indonesia ini agak sulit. Pendapat ini benar adanya. Chi pernah bertanya ke beberapa orang, termasuk ke K’Aie, katanya kalau mau cari siwak harus di toko tertentu.

Masyarakat yang sudah terbiasa membersihkan gigi dengan sikat dan pasta juga bisa menjadi salah satu alasan keengganan untuk bersiwak. Chi bersyukur dan senang banget karena sekarang ada Sasha, pasta gigi halal yang mengandung siwak asli.

Apakah tetap bisa dikatakan sesuai sunnah apabila menggosok gigi tetap menggunakan sikat meskipun pastanya mengandung siwak? Memang apa sih kandungan siwak?

Siwak atau miswak merupakan akar atau ranting pohon Salvadora Persica. Batangnya berwarna coklat dengan bagian dalam putih. Tekturnya lunak dan basah, bagian putihnya berserat, dan aromanya segar.

Rasulullah pernah membersihkan gigi dengan menggunakan jarinya. Oleh karena itu, Ummu Balqis mengatakan bahwa itu bisa dijadikan indikasi kalau membersihkan gigi bukan dengan siwak masih diperbolehkan.

Tetapi, tentunya ada alasan lain kenapa siwak sangat dianjurkan yaitu kandungannya yang sangat bermanfaat untuk kebersihan dan kesehatan gigi serta gusi. drg. Annisa R. Amalia, Sp.KGA, mengatakan kalau WHO sangat menyarankan dan mengakui kandungan siwak.

pasta gigi halal di indonesia

Siwak mengadung berbagai mineral alami yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan plak, mencegah gigi berlubang, serta memelihara kesehatan gusi.

Danti Nastiti – Asistant Brand Manager Sasha – mengatakan bahwa Sasha merupakan pasta gigi halal pertama di Indonesia yang mengandung serpihan siwak asli. Sasha tidak mengandung alkohol atau bahan lain yang berasal dari hewan.

Sasha toothpaste memiliki 2 varian yaitu:
  1. Sasha toothpaste anti bacterial – pasta giginya mengandung serpihan siwak asli dan ekstrak daun sirih yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab plak dan bau mulut. Nafas juga menjadi lebih segar dan tahan lama. 
  2. Sasha toothpaste whitening – pasta gigi mengandung serpihan siwak asli, lemon, dan garam ini memberikan perlindungan ganda dan membuat gigi menjadi lebih putih

Chi sudah mencoba keduanya. Sasha toothpaste anti bacterial lebih berasa herbalnya dibandingkan yang whitening. Tetapi, tetap suka dengan keduanya. Setelah bersikat, gigi menjadi lebih kesat dan di mulut juga segar.

Kedua varian ini tersedia dalam ukuran 65 gr dan 150 gr. Beberapa toko swalayan seperti Tip Top, Borma, dan lain sebagainya sudah tersedia. Tetapi, teman-teman juga bisa beli secara online.

Yuk, kita terus berhijrah. Jangan pernah berhenti berhijrah hingga menutup usia. Semoga apa yang kita lakukan terus ke arah yang lebih baik. Aamiin.

Waktunya hijrah!
Foto milik @hijabinfluencersnetwork

Sasha Halal Tooth Paste

Instagram : @sashaindonesia
Facebook : Sasha Pancaran Aura Islami

Continue Reading
82 comments
Share:

Makanan Rumahan (Belum Tentu) Sehat

tips makanan rumahan sehat

Makanan Rumahan (Belum Tentu) Sehat


Saat ini banyak yang menganjurkan untuk memasak makanan rumah. Beberapa orang malah sudah menjadi menu rumahan sebagai lifestyle bergaya hidup sehat. Tetapi, masakan rumahan itu belum tentu sehat bagi tubuh, lho. Kok, bisa?

Tentu saja bisa. Salah satu jawabannya adalah dari sisi kebersihan. Oleh karena itu pada hari Sabtu (8/12) bertempat di Hotel Monopoli, Kemang, Jakarta, Chi dan beberapa blogger diundang oleh Nestlé Indonesia untuk brunch yang berfaedah karena membahas tentang keamanan makanan dengan tema "Don't Let Good Food Go Bad".


Begitu datang ke lokasi acara, Chi langsung suka banget dengan dekorasinya. Lucu banget! Udah semacam diajak piknik yang seru. Tapi, ya gak hanya itu, tentunya temanya juga sangat menarik. Apalagi Chi kan juga sehari-harinya memasak untuk keluarga. Penting banget untuk tahu bagaimana mengolah masakan rumahan yang tepat.

Tips Agar Mengolah Masakan Rumahan Tetap Sehat


menyimpan makanan kemasan

Mbak Eka Herdiana, Corporate Nutritionist Nestlé Indonesia, yang menjadi narasumber pertama di acara ini mengatakan bahwa berdasarkan laporan di Dinas Kesehatan pada tahun 2017 masalah food safety ini menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) ke-2 setelah difteri. Banyak kejadian keracunan makanan di masyarakat yang justru terjadi di level rumah tangga. Oleh karena itu memang penting banget bagi kita mengetahui bagaimana mengolah makanan yang benar.

tips menyimpan sayur dan buah

Kebersihan dan Pengolahan Makanan

Sebelum memasak, jangan lupa untuk cuci tangan terlebih dahulu. Sekadar cuci tangan tidaklah cukup, tetapi harus dikeringkan. Tangan yang basah masih mengandung jutaan kuman. Cuci tangan pada saat memasak juga bisa lebih dari sekali. Misalnya, setelah mengolah daging, kita harus cuci tangan kembali saat mau mengolah sayur/buah.

Semua perlengkapan memasak juga harus dibersihkan kembali sebelum dipakai. Saat disimpan, kita kan gak tau apakah semua peralatan tersebut dihinggapi cicak, kecoa, atau binatang lainnya. Bisa juga raknya disimpan di tempat yang kurang bersih.

Peralatan memasak juga harus dipisah. Bedakan alat memasak untuk mengolah daging dengan sayur/buah. Termasuk membedakan pisau yang akan dipakai. Idealnya minimal punya 2 pisau dan 2 talenan di rumah. Satu untuk sayur dan buah, satu lagi untuk daging/ikan. Kalau enggak punya 2? Harus dicuci dulu setiap kali dipakai untuk mengolah bahan lain.

Buah dan sayur wajib dicuci sebelum diolah. Buah yang dianggap mengandung lilin, sebaiknya direndam dulu dalam keadaan utuh. Jangan direndam setelah dipotong, nanti vitaminnya akan terbuang. Kalau daging memang sebaiknya diolah tanpa dicuci. Tetapi, lihat tempat belinya juga. Kalau merasa kurang higienis, bisa dicuci sebentar, dikucuri air jeruk nipis, dan harus langsung diolah.

Bedakan masakan yang sudah dimasak dan masih segar. Jangan disatukan di satu wadah. Memasak makanan juga harus sampai benar-benar matang. Apalagi kalau memasak ayam. Wajib sampai matang. Lalu bagaimana dengan steak bila dimasak medium rare? Kalau untuk daging masih bisa dikonsumsi dengan berbagai tingkat kematangan tertentu. Kita juga masih bisa mengkonsumsi sashimi. Tetapi, pastikan kondisi ikannya segar pada saat dikonsumsi

Telur, cream, susu, serta makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut jangan dibiarkan terlalu lama di suhu ruangan. Simpan di dalam kulkas. Makanan yang diolah tentu saja jangan langsung dimasukkan ke kulkas dalam keadaan panas. Tunggu hingga dingin baru dimasukkan ke kulkas.

Bila kita sedang sakit, sebaiknya tidak memasak. Dikhawatirkan virus  penyakit akan mengkontaminasi makanan. *part ini bikin Chi senang karena itu artinya bisa delivery order 😂

tips menyimpan susu dan olahannya

Penyimpanan Makanan

Sekarang, lagi trend yang namanya food preps. Memang jadinya praktis, tetapi belum tentu sehat kalau cara menyimpannya gak tepat. Sekarang bagaimana  cara penyimpanan yang tepat?

  1. Makanan hewani yang masih segar dan bersih, bisa langsung disimpan di kulkas. Tempatkan di wadah tertutup dan aman. Bila hanya ingin disimpan sebentar (dalam hitungan jam setelah beli), bisa ditempatkan di chiller. Bila disimpan dalam waktu lama, simpan di freezer.
  2. Masa penyimpanan ayam utuh lebih lama daripada ayam fillet. Ayam utuh belum banyak pori-pori yang belum terbuka karena masih dilindungi oleh kulit. Sehingga masih kecil kemungkinan terkontaminasi. 
  3. Daging yang disimpan di freezer dan akan diolah, sebaiknya disimpan di chiller dulu. Bisa juga diturunkan lagi ke bagian lain di kulkas. Dan jangan pernah mencairkan daging dengan cara merendam di air karena berpotensi besar untuk masuknya bakteri.
  4. Makanan matang juga bisa ditempatkan di kulkas. Tetapi, pastikan dalam keadaan dingin terlebih dahulu sebelum disimpan.
  5. Wadah penyimpanan yang baik adalah terbuat dari kaca atau plastik. Jangan menggunakan wadah dari stainless steel.
  6. Beri label dari setiap wadah agar kita tahu sudah berapa lama makanan tersebut disimpan.
  7. Kulkas yang kondisi baik biasanya suhunya stabil. Tetapi, sering buka-tutup kulkas juga bisa mempengaruhi suhu. Isi kulkas yang terlalu penuh juga bisa mempengaruhi suhu
  8. Jangan menyimpan makanan dalam kondisi terbuka. Harus dalam keadaan tertutup. Makanan bisa terkontaminasi makanan lain atau malah sebaliknya. Misalnya bila kita menyimpan seledri dan jeruk dalam keadaan terbuka di kulkas. Biasanya wangi jeruk akan berubah menjadi wangi seledri.
  9. Menyimpan sayuran setelah dibersihkan, langsung dibungkus dengan kertas. Disarankan menggunakan kertas koran karena bisa menjaga kelembapan. Tetapi, sayuran tetap gak bisa tahan lama. Jadi, jangan beli dalma jumlah banyak sekaligus.
  10. Masakan homemade harus diperhatikan pembuatan dan packingnya. 
  11. Menyimpan telur sebaiknya di pintu kulkas yang khusus tempat telur. Bagian kecil (runcing) ada di bawah untuk menjaga kuning telur tetap bertahan. Bila kulkas tidak memiliki tempat telur, bisa menyimpan telur di rak kulkas menggunakan tempat telur dari karton. Ketika akan diolah, sebaiknya pastikan dulu apakah telur masih segar atau tidak. Bisa dengan cara memecahkannya di wadah terlebih dahulu.

Menyimpan makanan di kulkas memang harus diperhatikan penempatannya. Mana makanan yang sebaiknya disimpan di freezer, chiller, rak, hingga pintu. Untuk rak dan pintu, semakin ke atas biasanya suhunya semakin dingin.

tips menyimpan makanan matang

Membaca Label Masa Simpan Makanan/Minuman

Perhatikan juga label makanan yang berhubungan dengan masa simpan, ya. Jangan sampai salah mengartikan.

  1. Expired Date - Makanan/minuman yang dikonsumsi gak boleh lebih dari tanggal expired. Udah harus dibuang bila lewat dari tanggal expired.
  2. Best Before - Kita masih bisa mengkonsumsi makanan/minuman yang sudah lewat dari tanggal yang tecantum di keterangan best before. Hanya saja kualitas sudah menurun. Tetapi, lihat kondisi makanan/minuman juga, ya. Bila dirasa udah gak bagus, mendingan buang aja.
  3. Bake On - Biasanya ada di produk roti atau kue. Bake on adalah tanggal makanan tersebut di produksi. Biasanya masa simpannya sekitar 7 hari dari tanggal bake on. Tergantung bagaimana kita menyimpan juga. Bisa jadi sebelum 7 hari sudah berjamur.
  4. Ada beberapa produk yang tidak ada keterangan masa simpan seperti gula dan garam. Bisa gunakan feeling, lihat tekstur, cium baunya, dan lain sebagainya. Bila dirasa udag kurang bagus, jangan dipakai lagi.
  5. UHT / Pasteurisasi - Pasteurisasi harus disimpan di chiller. Bedanya dengan UHT, bertahan lama di suhu ruang asalkan belum dibuka. Kalau sudah dibuka, maka harus segera dihabiskan. Bila dimasukkan ke kulkas juga gak bisa lama bila sudah dibuka.

[Silakan baca: Nestlé Kembali Menggelar Kampanye 'Ayo Bangun Indonesia 2018' - Awali Hari dnegan Sarapan Sehat]

Bagaimana Nestlé Indonesia Tetap Menjaga Kualitas Keamanan Pangan yang Diproduksi?


nestum, salad buah, yogurt, sarapan

Walaupun selalu atau sering membuat masakan rumahan, tetapi pastinya kita juga akan membeli produk makanan atau minuman pabrikan. Nestlé Indonesia merupakan salah satu produsen makanan yang sudah sangat dikenal di Indonesia. Rasa berbagai produknya yang memang enak tentu sudah pasti menjadi alasan utama. Tetapi, sangat penting juga untuk mengetahui bagaimana proses produksi di pabrik Nestlé Indonesia.

Nestlé Indonesia sudah ada secara resmi di Indonesia sejak tahun 1873. Produknya adalah SKM Tjap Nona. 100 tahun kemudian (1973), Nestlé Indonesia membangun pabrik pertama di Indonesia, tepatnya di Jawa Timur. Nestlé Indonesia terus berkembang dan membangun berbagai pabrik. Hingga tahun 2018 jumlah karyawan sudah mencapai ribuan dan hampir semua produk Nestlé yang beredar di Indonesia merupakan hasil produksi pabrik di Indonesia. Semua produknya pun halal.

Menjaga kualitas makanan dan minuman yang diproduksi menjadi tujuan utama. Tidak hanya secara lokal, tetapi juga global. "Meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat," ujar bapak Iwan Utama, Head of Quality Management Nestlé Indonesia.

Ada 4 Kebijakan Nestlé dalam Menjaga Kualitas Pangan secara global yaitu:

Product Safety and Full Compliance

Nestlé menjamin bahwa semua produk yang dihasilkan sudah memenuhi kaidah keamanan pangan dan peraturan yang berlaku untuk produksi makanan dan minuman

Preference and Consistency

Produk yang dihasilkan juga harus disukai konsumen. Aman saja tidak cukup kalau konsumen berpendapat rasanya gak enak. Rasa produk yang dihasilkan juga harus konsisten.

Zero Defects and No Waste

Sangat diusahakan untuk meminimalkan kerusakan dan pemborosan pada saat proses produksi. Bila produksi tidak efisien, maka akan mengeluarkan biaya produksi yang mahal

Everybody's Commitment

Menjaga kualitas di Nestlé tidak hanya menjadi tanggung jawab bagian produksi. Tetapi, seluruh karyawan ikut berperan untuk menjaga kualitas tersebut.
 Setiap NestlĂ© akan mengeluarkan suatu produk, semuanya berawal dari konsumen. Apa yang diinginkan oleh konsumen? Tujuannya supaya produk dihasilkan memang sesuai dengan keinginan konsumen. Cara mengetahuinya adalah dengan melakukan berbagai riset, misalnya dari sisi bahan baku, teknologi, dan lain sebagainya.

Untuk pemilihan bahan baku, dimulai dari pemilihan supplier. Ada proses seleksi yang ketat dalam pemilihan supplier. Para supplier akan diberikan edukasi berupa pelatihan dan pendampingan tentang bahan baku yang berkualitas. Dimulai dari pemilihan bahan baku dan banyak tahapan lainnya hingga distribusi, diharapkan akan menghasilkan produk makanan atau minuman yang berkualitas dengan rasa yang enak sesuai harapan konsumen.

Dalam kemasan produk makanan dan minuman biasanya ada berbagai macam keterangan, seperti expired date, kandungan gizi, nomor BPOM, dan lain sebagainya. Tetapi, pernah atau tahu gak maksud dari dicantumkan kode produksi?

Kalau kita menemukan produk yang bermasalah dan melaporkan ke customer service biasanya akan ditanya kode produksi. Karena dari kode produksi akan memudahkan dicek. Kapan produk tersebut diproduksi, apa aja kandungannya, hingga siapa operator yang memproduksi produk tersebut. Jadi, belum tentu seluruh produk tersebut bermasalah, ya. Bisa jadi hanya yang memiliki kode produksi sama saja

Jadi, mengolah makanan rumahan memang menjadi bagian dari gaya hidup sehat. Tetapi, harus diperhatikan pengolahan dan penyimpanannya, ya. Jangan sampai malah jadinya tidak sehat.

[Silakan baca: DANCOW EXCELNUTRI+ - Bunda, Dukung Si Kecil Bebas Bereksplorasi, Yuk!]

Continue Reading
30 comments
Share:

Monday, December 17, 2018

Resep Tim Ikan Nila Oryza Grace

resep ikan, tim ikan nila, oryza grace,

Resep Tim Ikan Nila Oryza Grace


Beberapa hari lalu, Chi melihat ada yang share resep telur ceplok crispy di Instagram. Jadi, telur ceplok dicelupkan ke tepung crispy, kemudian digoreng kembali. Chi belum pernah coba, tetapi udah bisa ngebayangin rasanya. Ya, paling sama aja kayak telur ceplok biasa hanya ada tekstur kriuk.

Sore hari, Chi buka IG lagi. Kali ini, ada yang share tahu goreng crispy. Tahu putih dipotong kotak kecil, dicelupin ke tepung crispy, kemudian digoreng. Udah pasti akan menghasilkan tahu goreng dengan tekstur crispy.

Meskipun kuliner Indonesia sangat kaya ragam, tetapi yang namanya gorengan gak pernah mati. Peminatnya sangat banyak. Makanya tukang gorengan bisa dengan mudah ditemukan. Tetapi, di sisi lain, kita juga tau bahayanya kalau kebanyakan makan gorengan. Apalagi kalau lihat minyaknya sudah berwarna gelap. Pastinya udah gak bisa dibilang minyak goreng sehat.

[Silakan baca: Resep Ayam Goreng Bawang Putih]

Tim Ikan Nila Merah


minyak bekatul, minyak dedak, tim ikan nila

Kalau untuk masakan rumah, Chi udah mulai mengurangi gorengan. Kalaupun harus menggunakan minyak, diusahakan memakai sedikit saja. Jadi, bukan masakan deep fried gitu. Sesekali aja membuat gorengannya.

Chi lagi pengen banget makan tim ikan kakap. Lagi keingetan sama papah yang memang suka masakan ditim. Baik itu tim ikan atau tim ayam. Kalau ke resto Chinese, menu tim pasti selalu yang harus diorder.

Tadinya pengen tim ikan kakap. Tetapi, di pasar lagi gak ada kakap berukuran kecil. Kira-kira yang seekornya berukuran 500 gr. Jadinya Chi ganti ke ikan nila, deh.

[Silakan baca: Resep Sambal Asam Udeung Aceh (Sambal Ganja)]

Bahan-bahan:
  • 1 ekor ikan nila merah berukuran 400-500 gr. Bersihkan. 
  • 1 buah jeruk nipis
  • garam
  • 5 buah cabai rawit keriting
  • Daun bawang, diiris tipis dan miring. Banyaknya tergantung selera, ya
  • 1/2 buah bawang bombay, diiris tipis
  • 3-4 siung bawang putih, dicincang
  • Jahe secukupnya, diiris korek api
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdt gula pasir
  • minyak goreng Oryza Grace untuk menumis

Cara Membuat:
  1. Bersihkan ikan. Kemudian lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan untuk beberapa sehat.
  2. Cuci kembali ikan. Setelah itu, diletakkan di wadah kaca
  3. Panaskan kukusan
  4. Setelah kukusan panas, masukkan ikan beserta wadahnya. Tutup kukusan dan tim ikan selama 5 menit
  5. Setelah 5 menit, angkat wadah ikan. Buang airnya
  6. Campur saus tiram, minyak wijen, dan gula pasir dalam satu wadah
  7. Tuang minyak goreng dalam wajan. 
  8. Setelah minya panas, masukkan bawang bombay dan putih. Aduk-aduk hingga harum
  9. Masukkan jahe dan cabe merah. Aduk-aduk
  10. Tuang saus campuran ke dalam wajan. Tambahkan air. Aduk hingga mendidih
  11. Setelah semua bahan di dalam dalam wajan mendidih, tuang ke dalam wadah yang berisi ikan
  12. Taburkan daun bawang di atasnya
  13. Tim kembali selama 20 menit
  14. Sajikan

Setelah kukusan panas, masukkan ikan

Buang airnya, setelah ikan dikukus. Abaikan penampakan daun bawang. Itu letaknya di bawah wadah 😁

Tumis bawang putih dan bawang bombay terlebih dahulu

tim ikan, nila merah, minyak bekatul, minyak dedak

Catatan:
  1. Ikan nila ada yang merah dan hitam. Kalau untuk ditim, Chi sarankan pakai ikan nila merah karena dagingnya lebih banyak. Pilih ukuran yang lumayan besar, sekitar 400-500 gr
  2. Untuk taburan di atas ikan bisa diganti dengan wortel yang diiris korek api, daun ketumbar, atau peterseli juga boleh. Kalau Chi gak akan pakai peterseli atau daun ketumbar karena memang gak suka 😁
  3. Bumbunya juga boleh diganti atau ditambahkan. Misalnya mau ditambahkan merica hitam. Bebas ajaaa ...
  4. Cabe merah pun bisa diganti dengan cabe rawit. Tetapi, karena Chi lagi berhenti sementara makan pedas, makanya pakai cabe keriting aja.
  5. Air yang ditambahkan ke dalam saus disesuaikan dengan selera untuk banyaknya, ya 

[Silakan baca: Resep Beef Bulgogi]

Healthy Oil Oryza Grace Rice Bran Oil


manfaat minyak bekatul, oryza grace rice bran oil, tips kecantikan

Karena pelan-pelan mulai belajar untuk lebih peduli lagi dengan hidup sehat, jadi untuk masakan ini Chi pakai Oryza Grace Rice Bran Oil.

Rice bran oil adalah minyak ekstrak murni dari bekatul atau dedak. Bekatul berasal dari bagian terluar beras (kulit ari) yang dihasilkan dari proses penggilingan kedua.

Chi masih ingat banget, zaman masih sekolah, setiap kali inget dedak pasti ingat bebek. Bukan karena punya bebek, tetapi di pelajaran sekolah kan diajarkan begitu. Dedak adalah makanan bebek. Kenyataan juga di masyarakat kita masih banyak yang menganggap bekatul atau dedak hanya untuk pangan ternak. Padahal ya bekatul sebetulnya memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan

Minyak Goreng yang Aman untuk Kesehatan

Saat teman-teman memilih minyak goreng, pernah gak mencari tahu tentang titik asap? Tadinya, Chi gak pernah tau tentang hal ini. Setelah menggunakan rice brand oil jadi mulai tau apa itu titik asap. Dan minyak dedak ini titik asapnya tertinggi dibandingkan minyak lainnya yaitu 254Âș Celsius.

Ketika kita memasak, saat minyak mulai panas di wajan akan terlihat asap. Itu biasanya kalau titik asap minyak lebih rendah dari wajan. Jadi, saat wajan mulai panas, maka asap pun akan keluar. Bila sampai berasap, minyak tak jenuh pada minyak bisa berubah jadi minyak jenuh. Tentunya akan tidak baik bagi kesehatan karena berisiko meningkatkan kolesterol LDL dalam darah.

Tetapi, kalau minyak bekatul kan titik asapnya lebih tinggi dari panasnya suhu wajan. Sehingga ketika wajan mulai panas, minyak bekatul tidak mengeluarkan asap. Dipakai sampai 3x pemakaian untuk menggoreng pun warnanya hanya berubah sedikit.

Kayak Antioksidan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Rice bran oil mengandung gamma oryzanol yang mengandung antioksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas. Gamma oryzanol juga berfungsi untuk mengurangi pengurangan kolesterol jahat. Oleh karenanya dapat meminimalkan risiko terkena berbagai penyakit kronis seperti jantung, kanker, stroke, dan lain sebagainya. Kandungan oryzanol dalam rice bran oil juga suka diolah ke dalam berbagai suplemen karena dianggap mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Rahasia Kecantikan Alami

Ternyata minyak bekatul ini tidak hanya untuk masakan. Tetapi, bisa juga dipakai untuk merawat kulit. Chi juga baca dan menonton ulasan tentang minyak ini di blog atau YouTube.

Teman-teman pernah tangannya berlumuran minyak goreng? Kalau Chi sering, terutama saat mau mengolah masakan yang menggunakan cabe dalam jumlah banyak. Biar tangan gak jadi panas, Chi harus melumurkan tangan dengan minyak goreng bersih terlebih dahulu. Tangan yang berlumuran minyak goreng sebetulnya bikin gak nyaman. Membersihkannya juga gak cukup dengan air. Harus dikasih sabun kemudian dicuci hingga bersih.

Makanya Chi sempat merasa aneh ketika mengetahui kalau minyak bekatul bisa dipakai untuk membersihkan make up hingga skincare. Tetapi, karena penasaran, Chi pun mencoba. Tentu aja gak langsung dioles ke wajah. Chi oleskan di punggung tangan dulu.

Ternyata tidak membutuhkan waktu lama, minyak bekatul ini menyerap. Kulit juga jadi berasa lebih lembap. Saat Chi mencuci tangan, gak harus pakai sabun juga gak masalah. Sama aja kayak pakai pelembap.

Setelah cocok dengan uji coba ke punggung tangan, Chi mulai mengoleskan ke wajah sebelum tidur. Dioleskan juga ke bibir, akar rambut, serta beberapa bagian kulit yang kering. Alhamdulillah, aman aja. Kulit malah jadi terasa lebih lembap.

Ya memang kesan awalnya aneh ketika minyak goreng sehat dipakai untuk perawatan kulit. Tetapi, di beberapa negara maju memang healthy oil ini sudah dipakai untuk beberapa produk kecantikan. Jadi, kenapa tidak? Mengkonsumsi makanan sehat sekaligus kulit juga terawat, yakan.

[Silakan baca: Resep Beef Pepper Rice untuk Menu Hari Raya Iduladha]

Oryza Grace Rice Brand Oil


Website: https://oryzagrace.com/
IG: @oryzagrace
FB: @ricebranoil
YouTube: Oryza Grace RiceBran Oil

Continue Reading
50 comments
Share:

Friday, December 14, 2018

Resep Praktis Menu Harian dengan Bumbu Masak Instant MamaSuka

mamasuka, menu harian, resep, bumbu masak instant

Resep Praktis Menu Harian dengan Bumbu Masak Instant MamaSuka


Pekerjaan rumah tangga mana yang jadi favorit? Kalau Chi biasanya akan menjawab memasak. Tetapi, beneran memasak, ya. Soalnya kadang-kadang persiapannya suka bikin malas. Pengennya kayak di acara masak gitu. Segalanya udah disiapin di meja dan tinggal dimasak aja hehehe.

Walaupun gak begitu suka persiapannya, tetapi tetap aja Chi kerjain. Abis siapa lagi yang mau ngerjain. Biar semangat, Chi ngebayangin suami dan anak-anak akan senang menyantap masakannya.

Kadang-kadang Chi juga pakai bumbu instan. Misalnya hari ini harus ke luar rumah karena suatu urusan. Pagi-pagi udah masak dulu supaya keluarga tetap bisa makan makanan rumahan. Buat menghemat waktu, Chi pakai bumbu instan. Atau bisa aja kan sewaktu-waktu lagi gak enak badan. Nah, masak pakai bumbu instan juga jadi solusi. Biar gak berlama-lama di dapur. Jadi lebih banyak istirahat

Makanya, Chi selalu menyetok bumbu masak instan di rumah. Lagipula, bumbu masak instan termasuk yang tahan lama. Simpan saja di lemari, sewaktu dibutuhkan tinggal dikeluarkan.

3 Resep MamaSuka Bumbu Khas Indonesia


resep chef billy kalangi, bumbu instant mamasuka

Banyak produk MamaSuka yang Chi pakai. Tidak sebatas bumbu masak instant saja. Tepung, saus, makanan pembuka, dan lain sebagainya juga Chi suka.

Kali ini, Chi mau berbagi resep praktis menggunakan MamaSuka bumbu khas Indonesia. Bungkusnya yang berwarna putih langsung menarik perhatian karena terlihat clean. Tetapi, yang paling bikin Chi tertarik adalah Billy Kalangi. Chi langsung berpikir kalau ini semacam signature recipe dari MamaSuka.

Ada 7 varian MamaSuka Bumbu Khas Indonesia yaitu ayam goreng, gulai, nasi goreng, opor, rendang, soto ayam, dan sambal balado. Pas banget jumlahnya 7. Bisa buat menu masakan selama 1 minggu, nih.

MamaSuka bumbu khas Indonesia berbentuk bubuk dengan tekstur yang kering dan tidak lengket (kadar air di bawah 3%). Dengan pemrosesan seperti ini membuat bakteri pembusuk sulit tumbuh. Ada logo halal tentu saja menjadi alasan lain kenapa Chi memilih MamaSuka. Alasan lainnya adalah cukup menggunakan 1 bungkus, sudha bisa untuk sekeluarga.

Resep Opor Ayam MamaSuka

opor ayam mamasuka, resep masakan

Bahan-bahan:
  • 1 ekor ayam, potong 8 atau 10
  • 1 bungkus MamaSuka Opor
  • Kencur secukupnya, ulek halus/kasar
  • 250 gr belimbing wuluh
  • 1 buah tomat, dipotong 8
  • Santan dari 1 butir kelapa

Cara Membuat:
  1. Campurkan seluruh bahan ke dalam panci. Aduk sebentar hingga tercampur rata
  2.  Masak dengan api kecil atau sedang hingga matang
  3. Sajikan

Catatan:
  1. Kental atau cairnya santan tergantung selera. Ada yang suka opor dengan santan yang kental. Tetapi, ada juga yang tidak
  2. Menurut Chi, bumbu opor dalam 1 bungkus MamaSuka ini sudah komplit rasanya. Termasuk rasa asin. Jadi jangan terburu-buru menaburkan garam supaya gak keasinan. Cicipi dulu setelah matang. 
  3. Kencur, belimbing wuluh, dan tomat hanyalah pelengkap. Supaya cita rasanya semakin komplit. Bila tidak ingin pakai pun cukup dengan 1 bungkus MamaSuka Opor aja udah pas rasanya.

Dulu, Chi gak suka opor, lho. Kalau mamah masak opor, pasti gak dimakan. Bukan karena gak suka masakan mamah, tapi mau opor ayam buatan siapapun juga gak akan Chi makan karena memang gak suka. Sampai suatu hari, Chi makan di salah satu rumah makan di pasar dengan menu ayam bakar. Rasanya enak dan kata yang jual ayamnya pakai bumbu opor, trus dibakar. Sejak itu, Chi kalau makan opor ayam selalu digoreng atau dibakar dulu.

Tapi, kan, ribet juga kalau harus selalu digoreng atau dibakar. Lebih tepatnya malas, sih. Udah tau kalau udah jadi opor pasti bisa langsung disantap. Ini malah cari ribet hehehe. Jadinya, Chi mulai cobain makan opor. Lama-lama suka juga dengan opor. Tetapi, sesekali kalau mau rasa yang bervariasi memang masih suka dibakar atau digoreng. Atau bisa juga dijadikan campuran untuk nasi goreng. Seperti resep di bawah ini.

cara membuat opor ayam
bahan opor ayam
resep opor ayam 
Setelah diberi bumbu MamaSuka, warna santan jadi agak kecoklatan
 

Resep Nasi Goreng Bakso dan Ayam MamaSuka

nasi goreng bakso ayam mamasuka

Bahan-bahan:
  • 6 butir bakso diiris tipis
  • 2-3 potong ayam opor, disuwir kasar
  • 3 porsi nasi dingin
  • 1 bungkus MamaSuka Nasi Goreng
  • Minyak goreng

Cara Membuat:
  1. Panaskan minyak goreng
  2. Masukkan ayam dan bakso. Aduk-aduk
  3. Tuangkan nasi dan bumbu. Aduk rata
  4. Matikan api dan sajikan

Catatan:
  1. Untuk pelengkap bebas saja, sesuai selera. Bisa bakso, ayam, udang, telur, atau lainnya. Kebetulan masih ada sisa opor ayam, makanya Chi jadikan pelengkap nasi goreng.
  2. Untuk membuat nasi goreng, bagusnya pakai nasi yang sudah dingin. Malah lebih enak lagi kalau nasinya pera alias gak terlalu pulen.
  3. Salah satu bahan yang ada di MamaSuka Nasi Goreng ini adalah kecap bubuk. Tetapi, bila teman-teman merasa warnanya kurang coklat, bisa ditambahkan lagi kecap manis sedikit.
  4. Untuk rasa, menurut Chi udah pas. Gak perlu ditambah garam lagi.

Nasi goreng memang salah satu menu yang gak ada matinya, deh. Untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam juga enak. Apalagi kalau pakai bumbu masak yang praktis begini. Gak perlu waktu lama, nasi goreng enak sudah bisa dihidangkan.

resep nasi goreng bakso ayam
cara membuat nasi goreng

Resep Ayam Goreng MamaSuka

resep ayam goreng mamasuka

Bahan-bahan:
  • 1 ekor ayam, potong 8 atau 10
  • 1 bungkus MamaSuka Ayam Goreng
  • 1-2 buah asam kandis
  • 4 lembar daun jeruk, buang tulang dan sobek-sobek
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • gula merah secukupnya
  • 500 ml air 
  • Minyak goreng

Cara Membuat:
  1. Masukkan semua bahan ke dalam panci
  2. Ungkep dengan api kecil hingga matang
  3. Goreng dengan minyak panas
  4. Sajikan

Catatan:
  1. Komposisi dalam sebungkus MamaSuka Ayam Goreng cukup mirip dengan bumbu ayam goreng yang biasa Chi bikin. Ada lengkuas, gula, kunyit, ketumbar, bawang putih, sereh, dan jahe. Bedanya pada bumbu masak instan ini gak pakai bawang merah. Chi sempat kepikiran untuk menambahkan bawang merah. Tetapi, gak jadi karena pengen cobain dulu bumbu ayam goreng tanpa bawang merah. 
  2. Meskipun di komposisinya sudah ada gula, tetapi Chi tambahkan lagi dengan gula merah. Supaya ayam gorengnya jadi agak manis gitu. Kalau teman-teman gak mau ada rasa manis pada ayam gorengnya, gak usah ditambah gula lagi, ya

resep ayam goreng
cara membuat ayam goreng
bumbu ungkep ayam goreng

Menu ayam goreng juga termasuk yang gak ngebosenin, ya. Anak-anak umumnya pun bisa dengan mudah suka ayam goreng. Kalau lagi bingung masak apa, Chi tinggal bikin ayam goreng aja. Nanti tinggal tambahin tumis sayur atau bikin sambal. Udah bakal lahap deh makannya.

Buat yang hanya memiliki sedikit waktu untuk memasak, bumbu instan begini bisa jadi solusi. Ya, apalagi kalau tinggal di kota besar kayak Jakarta. Kadang-kadang waktu udah habis di jalan. Pagi-pagi udah harus berangkat, pulang ke rumah udah malam. Mau masak dengan bumbu yang komplit udah merasa ribet duluan.

Atau bisa juga kayak Chi. Pagi-pagi suka gak ada ide untuk bekal sekolah anak-anak. Kalau ada bumbu instan begini memang menolong banget. Bisa memasak dalam waktu singkat dan enak, lho. Mari makan!

MamaSuka


Website: www.mamasuka.com
YouTube: MamaSuka Indonesia
Instagram: @mamasukaindonesia
Fanpage: @mamasukaindonesia

    Continue Reading
    53 comments
    Share: