Jumat, 16 Mei 2014

Welcome, Baby X! Hi, Baby Ary!


Seperti apa rasanya, melihat kehadiran seorang bayi yang baru saja dilahirkan? Kita ikutan bahagia biasanya.Trus, bagaimana kalau yang lahir itu adalah seekor lumba-lumba? Sama aja. Seneng lihatnya dan merasa beruntung :)

Hari Kamis, 8 Mei 2014 lalu, Chi dan anak-anak datang ke acara press conference menyambut kelahiran baby dolphin serta launching club Dolphi dan club Doki. Kebetulan hari itu Keke libur karena anak SMP kan lagi UAN, jadi Nai aja yang izin. Etapi, sebelum bawa Keke-Nai, Chi konfirmasi dulu ke salah seorang contact person dari pihak Ancol tentang boleh bawa anak atau enggak. Dan, ternyata dibolehin.

Di acara press conference tersebut, Bapak Sunarto, manajer operasional Ocean Dream menjelaskan bahwa pada tanggal 28 Maret 2014 telah lahir seekor lumba-lumba dari seekor induk bernama Puji. Oiya, banyak yang masih salah kaprah menyebut ikan lumba-lumba. Padahal lumba-lumba bukan termasuk ikan, tapi mamalia.

Tubuhnya memang mirip ikan, mungkin itu yang menyebabkan banyak orang menyebutnya ikan lumba-lumba. Padahal dari bentuk ekor aja berbeda, lho. Kalau ikan itu ekornya bergerak ke kiri-kanan ketika bergerak. Sedangkan lumba-lumba, ekornya bergerak naik-turun.

Karena termasuk mamalia, lumba-lumba mirip manusia untuk proses bernapas dan berkembang biak. Nah, karena kunjungan minggu lalu tentang menyambut kelahiran bayi lumba-lumba, jadi Chi obrolin tentang proses melahirkan dan menyusui lumba-lumba, ya. Hah?! Menyusui juga? Iya, kan sama kayak manusia. Tapi, Chi juga gak tau menyusuinya kayak gimana. Belom pernah lihat :D

Baby X, lumba-lumba yang baru lahir itu mempunyai 'ayah-bunda' bernama Rio dan Puji. Dinamakan baby X (Chi yang kasih nama baby X) karena lumba-lumba ketika lahir belum langsung ketahuan kelaminnya makanya sama pihak Ocean Dream belum dikasih nama.

Lumba-lumba mengandung bayi selama 13 bulan lamanya. Tanda-tanda seekor lumba-lumba akan melahirkan, antara lain:
  1. Ketidakstabilan nafsu makan
  2. Periaku induk Puji semakin aktif seperti melompat-lompat di atas permukaan air
Lumba-lumba juga mengalami kontraksi ketika mendekati waktunya melahirkan. Ekor bayi lumba-lumba juga mulai terlihat dari vagina sang induk. Yup! Berbeda dengan kelompok mamalia lainnya, dimana kalau lahir adalah kepala lebih dahulu. Kalau lumba-lumba yang keluar duluan duluan adalah ekornya (fluke).

Seketika air kolam yang jernih berubah menjadi merah pekat ketika bayi lumba-lumba telah lahir. Bayi yang baru lahir, reflek berenang naik ke permukaan untuk menghirup nafas pertama. Kemudian sang induk dengan sigap menggiring sang bayi berenang mengitari kolam.

Bayi lumba-lumba juga diberi ASI, lho. Untuk menjaga kualitas ASI, sang induk selalu diberi asupan gizi yang berkualitas oleh tim kesehatan Ocean Dream

Setelah mendengarkan penjelasan, kami pun diajak 'menjenguk' baby X. Kenapa menjenguk? Karena pengunjung umum, dilarang memasuki area ini. Ibaratnya seperti memasuki sebuah rumah sakit, hanya yang berkepentinganlah yang diperbolehkan berkunjung.

Terdiri dari 2 kolam berukuran lumayan besar dan dalam. Kolam pertama berisi baby X dan induknya yang selama kami di sana terus berada dibawah alias tidak/jarang muncul ke permukaan. Didampingi induknya, baby X terus berenang mengelilingi kolam.

 Kalau ini kolam yang diisi baby Ary dan induknya. Mungkin karena usianya udah 15 bulan, baby Ary terlihat beberapa kali muncul ke permukaan.

Kolam di sebelahnya yang berukuran sama diisi oleh baby Ary dan induknya. Chi gak tau siapa nama induknya. Baby Ary adalah lumba-lumba jantan berusia 15 bulan. Baby Ary dan Baby X mempunyai 'ayah' yang sama, yaitu Rio. Tapi lahir dari 'bunda' yang berbeda.

Bunda : "Namanya Ary, kayak nama ayah, ya Nai."
Nai      : "Beda, Bundaaaa.. Kalau ayah itu kan A-R-I-E, tapi kalau baby dolphin namanya A-R-Y!" *Nai kayaknya gak rela nama ayahnya disamain :p
Bunda : "Iya, deeehhh.. Tapi, semoga baby yang baru lahir itu betina, ya. Trus dinamain Myra."
Nai      : "Huuuu... maunya Bundaaaa..."

Kami tidak berlama-lama di sana. Karena katanya kasihan nanti baby dolphin dan induknya, bisa gak istirahat kalau kelamaan dikunjungi. Hmmm... bener-bener kayak berkunjung ke rumah sakit, ya. Setidaknya, kami beruntung karena bisa melihat langsung. Apalagi buat Keke dan Nai, pengetahuan baru juga buat mereka. *Berharap siapa tahu kalau baby X udah ketahuan kelaminnya bakal diundang lagi :D

Acara selanjutnya adalah makan siang, kemudian dilanjutkan dengan menonton underwater theater. Saat menonton pertunjukkan underwater theater, sudah dibuka untuk umum. Kalau hari kerja sudah dipastikan kebanyakan kunjungan sekolahan yang datang.

Selesai menonton pertunjukkan underwater theater, Chi pun berpisah dengan teman-teman dari Blogger Reporter Indonesia. Gak langsung pulang, sih. Tapi, menonton berbagai pertunjukkan yang ada di Ocean Dream dulu.

Ocean Dream (dulu bernama Gelanggang Samudra) itu kayaknya gak bosen untuk dikunjungi. Apalagi kalau jalan sama anak-anak. Keseruan jalan-jalan di sana, Chi posting nanti, ya. Tapi, buat yang suka banget berkunjung ke Ocean Dream, mendingan beli tiket Dolphi card, deh.

Ocean Dream adalah kawasan rekreasi dengan konsep edutainment. Ocean Dream juga menjadi kawasan konservasi ex-situ lumba-lumba (dolphinarium). Bentuk kepedulian Ancol untuk lumba-lumba yang mulai terancam kepunahan.

Dolphi card adalah kartu keanggotaan untuk Ocean Dream. Cukup membayar Rp120.000,00 kita sudah berhak bermain ke Ocean Dream selama setahun penuh. Mau main setiap hari juga boleh.

Mau lebih lengkap lagi? Beli juga, Doki card, kartu keanggotaan untuk Atlantis Water Adventure. Harganya sama kayak Dolphi card. Dan, kita mau berenang setiap hari selama setahun, silakan ajaaa.

Liburan sekolah sebentar lagi. Belum punya rencana? Gimana kalau ke Ancol aja. Jangan lupa beli Dolphi card dan Doki card. Kan, setelah libur kenaikan kelas ada juga libur-libur lainnya seperti libur hari raya, semesteran, tahun baru, dan lain-lain. Kalau udah punya kartu keanggotaan, tinggal bayar sekali aja. Irit! :)


post signature

34 komentar:

  1. Jadi kepengin main ke Ocean Dream Lagi nih Mba, tapi sulit kali ya masuk ke kolam baby dholpin lagi ? he.,,, he,, he,,

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. nunggu diundang lagi kalau gitu hehe

      Hapus
  2. Hemat ya mak chi kalau punya kartunya

    BalasHapus
  3. asyiiiknya yang ke Ocean Dream...seru ya maaak :D....and Dolphins...love them...cute banget soalnyaaa...

    BalasHapus
  4. Kirain siapa yang lahir Mbaaa... Sekarang model tiket Ancol gitu ya, bisa dipakai setahun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, gak cuma ocean dream. Atlantis dna dufan juga begitu :)

      Hapus
  5. Wah seru bisa liat Baby Dolphin. Terakhir ke Gelanggang Samudra itu 3 tahun lalu. Anak-anak suka dengan makhluk-makhluk air berukuran jumbo itu.
    btw, baca judulnya, aku kira Nai mau punya adik. Hehehehe...

    BalasHapus
  6. Pengen ketemu lumba-lumbaaa..Smoga 1 hari bs ke Ocean Dream \^o^/

    BalasHapus
  7. Iiihhh... seneng banget bisa lihat kelahiran lumba2 :)

    BalasHapus
  8. aku pengen tuh mak ngajak arya liat lumba-lumba. tapi jarang banget ada lumba-lumba di jatim :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukannya di Taman Safari Surabaya ada lumba2, Mak? :)

      Hapus
  9. bawa kado nggak tuh, waktu nengokin baby X kemarin? hehe..

    BalasHapus
  10. Kalau ada video pas lahirannya gitu, pasti seru ya, Mba. Tiba2 kolah memerah. :)
    Semoga jadi Baby Myra, ya. :D

    BalasHapus
  11. Wahhh, keren bun bisa liat lumba-lumba lahiran. Kemarin sempet juga aku liat di Taman Safari tapi atraksi lumba-lumba aja :D

    BalasHapus
  12. wah asyik tau gitu aku ikutan ya kalau boleh bawa anak :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ikutan kita kopdar lagi, deh :)

      Hapus
  13. asyik dan seru ya chi, dpt pengetahuan juga buat keke dan nai

    BalasHapus
  14. Seru ya... belakangan pingin banget ke Ancol setelah Miswa ngajak diving di akuariumnya sea world.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik kyknya diving di sea world, ya :)

      Hapus
  15. seru banget nih sepertinya mak,, :)

    BalasHapus
  16. Wuaahhh... sudah ada kartu tahunan juga ya kayak DuFan...

    BalasHapus
  17. nanti aqiqahan diundang lagi ga ya? xixixi....:))

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge