Sabtu, 03 Mei 2008

Chi Pengen Anak Yang Mandiri Dan Kreatif

Yup dalam hal pendidikan Chi pengen mereka mandiri & kreatif, bebas menentukan masa depannya mereka.

Kalo diperhatiin masalah pendidikan selama ini, kayaknya persoalannya itu-itu aja ya... Biaya sekolah yang makin mahal, peraturan pemerintah ttg pendidikan yang katanya sih bikin kita yang sekolah jadi gak nyaman, dan yang terbaru (dan selalu ada tiap tahun pastinya) adalah masalah UN.

Duh pusing kalo mikirin itu semua. Kayaknya kita sekolah itu kan mau cari ilmu, tapi karena dipusingin & diribetin dengan masalah ini-itu kesannya jadi ribet banget. Bertahun-tahu kita sekolah, nasib kita hanya di pertaruhkan dalam 3 hari UN untuk mendapatkan ijazah. Bahkan stressnya itu gak cuma ketika waktu ujian aja, tapi ketika kita masuk di tingkat yang paling akhir (untuk SD kelas 6, SMP & SMU kelas 3) udah mulai tuh aura stressnya. Keliatannya dari orang tua yang making ngepush anak-anaknya, belom lagi ikut kursus bimbel. Padahal kalo dipikir kenapa juga kita harus bimbel ya kalo yang kita dapetin di sekolah udah cukup. Gak ngerti deh. Pada akhirnya semua ikut pusing, gak cuma para siswa tapi juga orang tua & guru-guru.

Kalo menurut Chi semua stress itu berawal dari adanya target-target yang mengikat (terlalu mengikat bahkan?). Ya salah satunya UN itu. Coba deh bayangin kalo kita gak lulus UN, yang malu gak cuma siswa tapi orang tua bahkan guru pun akan malu. Sebelum UN pun kita selalu di cekokin dengan target-target, seperti nilai ulangan harus bagus, harus naik kelas tiap tahun. Bahkan kalo pun kita tiap tahun naik kelas, selalu ada yang bertanya dapet ranking berapa? Untuk yang mendapat ranking 1 atau paling gak 10 besar teratas akan sangat bangga menjawabnya. Tapi kalo dapet urutan terbawah atau di tengah-tengah gimana, padahal kenyataannya dia tetep aja naik kelas kan? Tapi rasa bangganya itu berbeda kadarnya hanya karena berbeda rankingnya.

Chi gak mau anak-anak Chi dinilai seperti itu. Atau belajar hanya untuk supaya mereka naik kelas atau mendapatkan ijazah. Chi pengennya mereka mengerti sama semua hal yang pelajari. Karena dengan mengerti Chi merasa mereka akan lebih tau apa yang mereka mau. Makanya Chi pengen mereka lebih mandiri, sealu memikirkan worst case scenario dari sesuatu yang udah mereka pilih. Chi juga pengen mereka jadi anak yang kreatif, karena menurut Chi anak yang kreatif akan selalu melihat peluang dari segala kesusahan yang di hadapi. Liat aja sekarang ekonomi boleh aja lagi sulit, tapi sesulit apapun ekonomi pasti akan selalu ada orang-orang yang bertahan. Dan menurut Chi orang yang bertahan gak selalu orang yang berduit banyak tapi banyak juga yang bertahan adalah orang-orang yang kreatif

post signature

1 komentar:

  1. Setuju banget mba dengan tulisan ini mba, ngga cuma perlu lulus tapi harus bisa mandiri dan kreatif serta bersosialisasi tentunya :).

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge