Minggu, 29 Juli 2012

Pola Belajar Baru

Ketika Nai lulus TK, yang terbayang di pikiran Chi saat itu adalah bakalan punya me time yang banyak nih.. Panjangnya waktu belajar di SD nanti (untuk Nai sampai sekitar jam 1/2 1 siang & Keke sekitar jam 2.. Itu belom termasuk kalo mereka ikutan ekskul loh..), Chi udah mulai mikir bakalan ikut macem-macem kursus ketrampilan sebagai pengisi waktu selama anak-anak sekolah..

Tapi ternyata setelah mereka sekolah, Chi merasa waktu Chi sampai saat ini gak seleluasa ketika Nai masih TK.. Justru sekarang ini Chi jadi harus lebih ikut belajar lagi.. Chi harus menemukan pola belajar baru untuk Keke & Nai..

Keke

Pernah beberapa kali Chi cerita, termasuk di postingan yang lumayan baru "Menjadi Cerdas Dengan Gaya Masing-Masing" kalau mengajarkan Keke itu sudah tidak terlalu sulit karena sudah menemukan polanya..

Tapi ternyata saat ini pola belajar itu harus sedikit di ubah. Alasannya waktunya yang gak cukup.. Keke setiap hari pulang sekolah sampai menjelang sore.. Otomatis dia belajar lagi di rumah setelah lewat maghrib (Gak tega Chi kalau pulang sekolah langsung di suruh mengulang pelajaran lagi.. Biarkan istirahat dulu).

Setelah Chi baca-baka buku pelajarannya yang kelas 3, materinya wuuiiihh tambah banyak banget.. Akan banyak waktu kalau masih mengikuti pola belajar dia yang lama.. Belom lagi Nai pun ingin seperti kakaknya.. Belajarnya setelah maghrib.. Fokus sama dua anak dalam satu waktu akan sedikit merepotkan kalo gak segera di temukan caranya menurut Chi..

Selama ini Chi hanya fokus ke Keke, karena Nai waktu itu masih TK. Sekarang harus fokus ke dua anak sekaligus dengan gaya belajar yang berbeda.. Rasanya belom apa-apa udah kelenger duluan.. Menyerah?? Ya gak la yaaaawwww... Harus semangaaaaattt...



Mind Maping yang Chi buat untuk pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Materi tentang "Geografis Jazirah Arab". Kalo baca bukunya untuk materi ini ada berlembar-lembar halaman, tapi Chi rangkum menjadi 1 halaman saja dengan penuh warna agar menarik perhatian Keke.. Dan biasanya sesuatu yang menarik itu akan lebih mudah di ingat menurut Chi

Sekarang Chi sedang mencoba untuk ngajarin Keke seperti foto di atas.. Katanya sih itu pola belajar dengan mind mapping ya.. Chi pikir dengan membuat gambar seperti itu, Keke bisa membaca materinya sendiri & lebih mudah mengerti serta cepat menghapal ketimbang dia harus menghapal dari buku materi yang isinya hanya penuh dengan tulisan berwarna hitam tanpa warna lain & minim gambar..

Sampai saat ini masih Chi yang membuatkan gambarnya.. Alasannya karena Keke masih susah untuik diminta menulis panjang-panjang.. Jadi daripada nanti Chi harus "ribet" dengan Keke hanya karena urusan tulis menulis, sementara tujuan yang sebenernya malah gak tercapai. Jadi lebih baik untuk saat ini Chi yang mengalah.. Yang penting Keke bisa lebih mudah menghapal pelajarannya.. Nanti lah pelan-pelan akan Chi ajarin Keke cara bikin mind mapping

Resikonya dari ngebikinin Keke mind mapping adalah me time Chi akan terpakai.. Karena Chi biasanya bikin ketika anak-anak lagi sekolah.. Dan seperti yang Chi di paragraf awal, jadi merasa harus ikut belajar lagi *jadi inget pelajaran merangkum waktu sekolah.. Hihih.. Tapi demi anak-anak.. :D
Udah Chi terapin ke Keke.. Awalnya dia masih bingung.. Tapi alhamdulillah Keke memang cepat menangkap, sekarang dia mulai mengerti bagaimana cara membaca gambar-gambar dari mind mapping itu.. Kalo udah begitu, sambil Keke mempelajari mind mappingnya Chi punya waktu untuk mengajarkan Nai.. Jadi Chi tinggal berdiskusi dengan Keke setelah dia selesai membaca mind mapping yang udah di buat itu..

Nai

Awalnya Chi juga coba bikin mind mapping untuk Nai.. Tapi ternyata masih susah buat Nai.. Nai masih belom mengerti juga cara membacanya.. Yah mungkin masih terlalu kecil buat dia.. Jadi untuk sementara lupakan pola belajar pakai mind mapping untuk Nai.. Atau mungkin akan Chi coba membuat mind mapping dengan menggunakan banyak gambar? Belom dicoba sih tapi akan dipikirkan *mulai mikir, cari ide..

Jadi sepertinya Chi masih akan tetap dengan cara yang udah Chi jalanin sebelumnya. Dengan menari, menyanyi, menggambar, play pretend, dll. Chi pernah cerita tentang pola belajarnya Nai lumayan lengkap di postingan "Menjadi Cerdas Dengan Gaya Masing-Masing"


Chi memang bukanlah seorang pendidik dalam artian orang yang menempuh pendidikan formal untuk bidang pendidikan.. Chi hanyalah seorang bunda yang berusaha menjadi pendidik untuk Keke & Nai. Mencoba menjadikan sebuah dunia pendidikan yang saat ini terlihat berat menjadi terasa menyenangkan & ringan bagi Keke & Nai, sehingga tidak menjadi beban bagi mereka.. Berusaha untuk menyisipkan pendidikan karakter dari setiap materi pelajaran yang di dapat di sekolah yang teoritis, jadi tidak hanya terfokus pada nilai tapi ada yang lebih penting dari itu..

Ayo ah Nak kita harus semangat.. Dunia pendidikan kita memang miris, tapi jangan sampai kita menyerah.. Justru kita harus bisa menjawab tantangan-tantangan itu dengan cara kita.. Kita pasti bisa!!
post signature

61 komentar:

  1. Haiyaa kontes terus niyee bunda :D

    Semuga sukses dengan mind mapping nya niar juga pernah bikin gini, tapi sekarang belum bikin lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambil menyelam minum air.. kebetulan ada kontes & kebetulan ada tema postingan yg mau sy posting.. heheh..

      thx ya niar.. ayo bikin lagi mind mappingnya :)

      Hapus
  2. wah.. bunda yang sangat perduli dengan pendidikan putra-putrinya. Salut..

    BalasHapus
    Balasan
    1. thx ya.. setiap org tua pasti peduli deh sm pendidikan anaknya :)

      Hapus
  3. emak hebat nih. jadi kita juga harus ikut belajar lagi yaa. gutlak ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. jd kayak ikutan sklh lagi mak.. :D

      Hapus
  4. Ikutan ah...sukses ya Bunda...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mas, nanti sy bw kesana.. thx ya :)

      Hapus
  5. good luck ya, pikiran kita sama ternyata bisa punya waktu me time ternyata salah besar hahaha. tapi ikut seneng juga sih bisa mengikuti anak belajar

    BalasHapus
  6. Apapun caranya belajar memerlukan keseriusan tanpa mengabaikan waktu untuk tetap santai atau bermain lho jeng.
    mau ikutan ach, siapa tahu cocok
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pakde, sy setuju.. tp skrg jam main itu lumayan minim mengingat jam sekolah yg panjang.. Utk mensiasatinya sy selalu berusaha cari pola2 belajar yg ramah utk anak2.. Membuat kurikulum yg berat jd terasa ringan.. Syukur bisa seperti terlihat bermain padahal mereka lagi belajar..

      Salam hangat juga dr Bekasi :)

      Hapus
  7. Saya malah pusing lihat mind mappingnya.

    Mungkin kalo nggak dibikin melingkar seperti itu melainkan berurut per poin, lebih mudah (bagi saya).

    BalasHapus
    Balasan
    1. awal2nya sy juga pusing.. tp stlh dipraktekin bbrp kali termasuk cara berurut per poin itu kalo untuk sy & Keke kayaknya emang cocokan yg model begitu

      Hapus
  8. mind mapping..?
    seperti teori fish bone nih.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah kurleb seperti itu.. mirip2 lah.. ^^

      Hapus
  9. mind mappingnya menarik mbak

    BalasHapus
  10. hebat bunda.. harus belajar banyak nih dr bunda, mumpung thifa belom skolah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga belajar banyak dr siapapun.. bisa jd dr mbak Rahmi juga :)

      Hapus
  11. Pola belajar tiap anak memang berbeda. Semoga sukses kontesnya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuuuppp.. betuull itu... thx ya :)

      Hapus
  12. woow...saluuut, bunda ! anak-anak hebat akan lahir dari didikan ibu yang hebat...

    BalasHapus
  13. Subhanallah, asik nih, ntar kalau Nadya udah masuk SD, bisa berguru ke Chi. Ya Chi, ya? *kedipkedip* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi.. ada tarifnya loh mbak... *becanda ding :D

      Hapus
  14. wah heubat deh si bunda,pantes ya ke2nai pinter2...good luck ya kontesmya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faiz & Dzaky juga gak kalah pinternya.. thx ya mbak :)

      Hapus
  15. wuiih hebat deh Chi metodenya.. Aku aja baru tau kalo ada metode mind mapping.. :D kemana aja yak aku nih...;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemanaaa... kemana... kemanaaaa... :p

      Hapus
  16. wah ... bunda keren ... aku naru tau loh ada metode seperti ini ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat Sinna juga bs loh pk metode ini buat belajar :)

      Hapus
  17. sepakat mba Chi, 'mengajari' itu mau ga mau ya harus belajar lg ya.
    Gudlak ngontesnya, dan semoga pola belajar baru untuk Keke dan Nai sukses ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jd ikutan sklh lagi.. pdhl pengennya mah santai2 ya.. hehhe... thx ya rin :)

      Hapus
  18. whuah si Bunda ngontes terus nih... gutlak ya Bund :) hihi kalau aku malah belajar bikin mind mapping dari anak2 yg udah lebih pinter duluan. Ke2Nai pasti bangga punya bunda keren n smart ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkt kelas 2, gurunya Keke pernah ngajarin mind mapping.. Makanya dia gak kaget sih pas sy kasih itu.. Tinggal ngelancarin cara membacanya mapnya aja..

      Hapus
  19. Mind Map ... Tony Buzan ...
    ini memang paten ... !

    kadang kala saya kalo lagi ngajar ...
    ya cuma membawa satu lembar contekan mind map ...
    daripada bawa buku tebel ... tidak praktis

    Mind Map menurut saya memang usefull ...

    salam saya Chi

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan satu lagi ...
      mungkin kalo ditambah gambar atau klipping dari majalah akan lebih banyak membantu ...

      dan mungkin juga ... pokok pikirannya di pecah-pecah ... sehingga tidak terlalu kompleks

      garis hubungnya ... rada meliuk juga saya rasa akan membantu ...

      Salam saya Chi

      Hapus
    2. setuju om, memang membantu bgt.. Contohnya kyk yg di foto itu.. Kalo baca bukunya kayaknya berlembar2 udah ngantuk duluan mau bacanya.. Tp sy ringkas jd 1 halaman yg sy coba bikin menarik..

      Terima kasih untuk sarannya yg polanya supaya gak terlalu kompleks itu ya om.. Nanti sy coba deh..

      Utk gambar sy juga lagi coba pikirkan nih om.. terutama utk Nai.. Mungkin dg bahasa gambar dia jadi bisa ikutan baca mind map..

      Salam kembali dr saya :)

      Hapus
  20. kerennn boleh copy ahh nanti itu caranya yah hehehe

    BalasHapus
  21. Tulisannya benar2 keren Bunda.
    Mapping, cara yang sangat tepat untuk mengatur pola belajar.
    Kalau aku dulu dikasih flowchart atau turunan kegiatan sama Mamahku. :)

    Lho, ini kontes ya? :D
    Selamat ngontes Bunda, semoga menang. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tp harus di sesuaikan dg anak2nya juga.. Kl Nai kayaknya msh blm nemu kliknya utk metode mind map ini

      Thx ya :)

      Hapus
  22. Dapet ilmu buat nanti kalo udah nikah dan punya anak, hihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip.. salah satu alternatif pola belajar ya :D

      Hapus
  23. insya Allah deh dua keponakan saya ini gampang nyantolnya teh.. sekarang masalahe emake sabar ora ngajarin, apalagi sama Nai hahaha.

    saran saya kasih stimulus pisang goreng aja teh, dijamin deh

    sukses buat kontesnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia uncle.. rasanya sy pengen gigit pisang goreng kalo lg susah ngajarin.. hehehe..

      Hapus
  24. wuih...ok juga tuh idenya, tp untuk anak pertama dan ketiga saya rada sulit menerapkannya. semoga sukses ya kontesnya, sayang euy baru tahu hari ini dan ternyata deadlinenya kemarin....ga jadi ngikut deh....hiks...hiks...hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang tiap2 anak suka beda2 sih mas pola belajarnya.. anak sy yg kedua juga blm dpt nih kliknya utk mind map..

      sy juga kalo gak mampir ke blognya bang aswi kayaknya bakal ketinggalan ini kntes :)

      Hapus
  25. Saya jg pernah baca ttg mind mapping yg berhasil diterapin ke anak-anak, tapi ya itu dibutuhkan orgtua yg aktif dan disiplin utk melakukannya. Beneran salut sama Mama Ke2nai yg mau meluangkan waktu utk "belajar lagi", entar kalo anakku udah sekolah pengen juga seperti mama Ke2nai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hrs rajin di praktekin juga mbak.. Sy udah py bukunya dr lama, tp gak ngerti2 kl cuma di baca.. Setelah di praktekin baru tau manfaatnya.. :D

      Hapus
  26. Waa...keren nih pola belajar mind mapping nya... salut buat bunda satu ini yg selalu serius dalam mendalami pendidikan buat putra-putrinya ini!
    Semoga sukses juga di kontesnya ya...

    BalasHapus
  27. good job Chie...
    ttg mind mapping utk kayla, dari dulu masih tersimpan di benak aja Chie, belum sempat (atau emang nggak disempatin ya...)tertuang dalam "karya nyata" kayak Chie, salut banget dech...
    bisa buat motivasi aku nih...makasih ya Chie...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak mulai di coba utk kayla

      Hapus
  28. Balik lagi ke sini, ternyata comment saya gak masuk..huaaa..

    Mak Nyus Mbak metodenya, jadi sejarah bisa lebih menarik dan gak bikin bosen. Mudah utk mengingatnya juga tentunya..saya dulu kalau pelajaran sejarah sering ngantuk...untungnya guru sejarah ingat ttg saya bukan karena saya pernah ngantuk pas pelajaran sejarah...hehehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh kemana itu komen yaaa.. :D

      hihiih... sy juga suka ngantuk kl lagi di sekolah mbak :D

      Hapus
  29. wahh keren nii mind mappingnya.. bisa jadi rujukan :)
    tapi kalu mo gambarin letak geografis.. peta.. jazirah atawa yg laennya.. knp gag sekalian gambar dan bukan hanya garis2 en tulisan mbak?!!? sapa tau ajja dari anak yg beda, salah satunya bertipe visual.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sempet kepikiran utk pake yg bergambar.. Tp sempet bingung gimana ya bikin gambar jazirah arab... hehehe... Kayaknya emang harus cari2 lg di internet.. thx buat masukannya ya :)

      Hapus
  30. wah mb chi itu gaya belajarku jaman kuliah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan kepake utk segala umur ya :)

      Hapus
  31. Seperti biasa nice sharing bun, smoga manfaat buat yang lain dan bisa menang kontes juga ya. Btw menang gak ini? Hihi bagus banget loh menurut aku :)

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge