Kira-kira 2 minggu yang lalu waktu Chi sekeluarga lagi di Bandung, pas malming kami (minus Keke yang lebih milih di rumah main sama sodara-sodaranya) pesen makanan di Pizza Hut, Istana Plaza..

Waktu lagi duduk-duduk di kursi tunggu, Chi mendengar sedikit percakapan antara salah seorang pelayan perempuan yang sedang berdiri di depan pintu masuk dengan sepasang suami istri yang sedang menunggu pesanannya datang..

Gak tau awal mula pembicaraannya gimana, Chi cuma denger pelayan itu bilang kalo dia sebetulnya seorang mahasiswi di salah satu universitas swasta yang terkenal di Bandung.. Pekerjaan di resto hanyalah pekerjaan sambilan alias magang. Cari kegiatan positif di waktu senggang sambil bisa mendapatkan penghasilan.. Dia cerita kalo teman-temannya pun banyak yang melakukan hal yang sama dengan dirinya..

Mendengar cerita itu ingatan Chi jadi mundur ke masa lalu, ke jaman kuliah.. Orang tua Chi gak pernah mengijinkan anak-anaknya untuk cari-cari kerja magang.. Buat mereka anak sekolah ya sekolah aja tugasnya.. Hanya itu sih alasannya, gak ada alasan lain.. Walopun si anak sudah menjadi mahasiswi. Tapi tetep gak di ijinin.. Padahal temen-temen Chi saat itu juga ada yang sempet ikutan magang, bahkan K'Aie pun dulu waktu kuliah sering kerja magang di sela-sela waktu kuliahnya.. Ah tapi setiap orang tua pasti punya alasan masing-masing kan yang terbaik untuk anak-anaknya...

Dan gara-gara denger cerita si pelayan itu juga, Chi tergelitik untuk ngomongin magang sama K'Aie..

Chi : "Yah, kalo anak-anak udah gede nanti.. Katakanlah udah pada kuliah. Trus mereka minta ijin ke kita untuk kerja magang boleh gak?"
K'Aie : "Boleh.."
Chi : "Serius? Beneran? Gak apa-apa tuh yah?"
K'Aie : "Kenapa juga harus dilarang.. Yang penting bener aja kerjaannya & gak ganggu sekolahnya"
Chi : "Iya sih yaaa.."

Itu memang hanya obrolan ringan.. Keke & Nai sendiri kan masih kecil-kecil.. Masih terlalu jauh kalo bicarain tentang kuliah.. Jadi kemungkinan keadaan atau pedapat berubah itu bisa terjadi..

Tapi gak tau deh Chi kok kayaknya seneng aja denger jawabannya K'Aie.. Kayaknya magang emang bagus juga ya.. Si anak jadi lebih mandiri, hitung-hitung dia belajar kerja juga kan... Dan K'Aie juga dulu kan sering magang jadi tau banget pasti manfaatnya..

Ada yang pernah ngerasain magang juga sewaktu masih kuliah? Gimana rasanya? Enak gak?