Sabtu, 13 Desember 2008

Imunisasi Hepatitis A

Chi pernah cerita kan kalo anak-anak itu gak ada takut-takutnya 'ma yang namanya obat, malah mereka termasuk yang doyan obat. Ke rumah sakit udah berasa piknik kayaknya buat mereka. Selalu aja girang..
Tadi pun begitu. Tadi pagi Chi bawa anak-anak ke rumah sakit. Nai mau di imunisasi hepatitis a. Nai udah tau mau di imunisasi dari 2 hari sebelumnya. Gak sengaja dia denger chi nelepon rumah sakit buat ambil nomer.
Naima : "Bunda, nelepon capa?"
Bunda : "Bunda telpon rumah sakit."
Naima : "Ima cakit bun?"
Bunda : "Enggak. Mau diimunisasi ajah.. Mau di suntik."
Naima : "Aciiikkk...!!"
Bunda : ?????
Sejak tau bundanya mau ngajak dia ke rumah sakit, hampir setiap saat dia tanya ke Chi.. "Bunda kapan kita ke lumah sakitnya?", "Di cuntik cakit ya bun?", "Ima nangisnya bental aja ya bun..."
Dia terus... aja nanya seperti itu. Gak cuma sekali tapi berkali-kali.. Walopun dia udah tau kalo di suntik bakal sakit, kayaknya gak ada tuh ekspresi takut ato gimana? Aneh deh.. Hehehe...
Bangun paginya pun semangat. Gak susah. Happy terus. Pas di ruang dokter juga gitu. Biasa aja. Emang sie dia agak sedikit meringis pas di suntiknya. Tapi ya gak apa-apa lah kalo kata Chi. Namanya di suntik kan sakit... Hehehehe.... Tapi abis itu ya udah. Cuek aja lagi.. Balik ke happy lagi.. Hihihi...
Mumpung lagi ke dokter Chi ceritain aja tentang masalah gondongan yang lagi menyebar di sekolahnya anak-anak (yang belum baca ceritanya bisa baca disini dan lanjutannya di sini).
Chi juga tanya kenapa kok anak-anak gak pernah di jadwalin untuk imunisasi MMR. Padahal setau Chi MMR itu salah satunya bisa mencegah gondongan. Dan banyak juga anak-anak yang seumuran Keke & Nai udah pada di imunisasi MMR.
DSAnya menjelaskan kalo dia gak menjadwalkan imunisasi MMR karena anak-anak udah dapat imunisasi campak. Jadi gak perlu MMR lagi. Cukup imunisasi MR aja (untuk gondongan & rubellanya). Itupun nanti aja pas umurnya 5 tahun.
Sampe rumah Chi langsung cari info tentang yang di jelasin DSA. Bener sie gak perlu imunisasi MMR lagi. Ternyata bener. Cukup imunisasi MR aja kalo udah di imunisasi campak.
Chi sendiri gak tau apa gondokan atau gondongan itu beda atau sama.. Cuma akhirnya Chi search juga... ternyata bener beda. Kalo gondokan itu akibat sering mengkonsumsi makanan yang kurang sehat atau kekurangan yodium. sementara kalo gondongan penyebabnya adalah virus & menular.
Oke deh... 'met wiken ya buat semua..:)
post signature

17 komentar:

  1. Bener2 Bunda yang teliti...
    [walau terkadang, orang yang terlalu teliti pasti dihantui was2 yang berlebih, tapi itu adalah konsekwensi]

    BalasHapus
  2. enak dong... klo anak2 mba Chie ngga ada yg takut disuntik or ke dokter, boleh sharing apa resepnya??
    anak2 ku sih.. ngga takut juga, cuman ngga se-happy ke2nai juga sih.. klo diajak ke dokter.

    BalasHapus
  3. Ke2Nai hebaaat!!! mau disuntik kok seneng bener...Papah Talith aja dah gede msh takut klo mau disuntik...hehehhhe

    BalasHapus
  4. wah hebat banget gak takut dicuntik...mau jadi dokter kali tuh hahhha..moga2 ada hubungannya..

    iya gondongan ma gondokan beda mom kalau gondokan kan di leher sedangkan gondongan dirahang/pipi dan bisa sembuh tanpa operasi..

    sehat terus ya ke2nai biarpun gak susah minum obat

    BalasHapus
  5. nai lucu banget ke rs kok seneng kayak mo piknik kekeke:p
    jadi di rs bisa sekalian kemahan gak sayang?
    pasang kemah dihalaman rs-nya bisa kali yah hihihi:p

    wah harus liat buku imun zikra lagi nih..
    kalo udah campak berarti tinggal mr aja yah bu?
    hihi baru tau daku:p

    BalasHapus
  6. wah... imunisasi hepatitis kan sakit... huhuhu... aku gak berani hiks... takut disuntik :(

    BalasHapus
  7. Aduhhh pinternyaaa anak2 Bunda :)
    Kalo anak2 gak rewel, orangtua jadi enteng ya..

    Thanks info2nya, Mbak..

    BalasHapus
  8. jadi gak kawatir ya bun klo mo disuntik gak ngrasa kasian anaknya nangis...btw campak tuh ada tahapannya gak?coz klo di RS Malang sini suka melebih2kan gitu loh...by-nya mahal pula...

    BalasHapus
  9. hihihihihi...lucu
    nggak takut ke dokter ato Rs itu bagus..

    BalasHapus
  10. wah...ebad euy naima gak takut disuntik!! sehat2 semua ya..jadi gak sering2 piknik ke rumah sakit

    BalasHapus
  11. wah... jadi bunda idaman nih sepanjang masa.... Hehehe, salam kenal yah!!! sukses selalu

    BalasHapus
  12. Klo gondongan setiap anak pasti kena kayaknya..disini juga lagi musim.

    BalasHapus
  13. Naimaaa...makannya apa sih, disuntik kok bisa seneng banget kikikik ajarin tante atuh

    BalasHapus
  14. hebad mau ke rumah sakit kok girang he he.. kalo i-an denger dokter aja dah ciut duluan he he termasuk emaknya juga he he he

    BalasHapus
  15. Wah pd pintar minum obat n disuntik y.... radith jg kl minum obat gampang tp kl da disuntik suka meringis sndr trs memble2 kyk mo nangis gt. he he he

    Two tumbs up d bwt bundanya :)

    BalasHapus
  16. Ih... hebat neh, Nai gak takut disuntik...
    Imunisasi anak emang kudu lengkap

    BalasHapus
  17. Makasih infonya bun...trnyata klo dah di campak gak perlu MMR lagi yaaa...siip dech klo gitu....

    wahh anak2nya hebat yaa...gak takut disuntik....klo ina kmrin disuntik campak nangis sebentar udah gitu dokternya dimarah2in heheheh.....

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge