Chi pernah cerita kan kalo anak-anak itu gak ada takut-takutnya 'ma yang namanya obat, malah mereka termasuk yang doyan obat. Ke rumah sakit udah berasa piknik kayaknya buat mereka. Selalu aja girang..

Tadi pun begitu. Tadi pagi Chi bawa anak-anak ke rumah sakit. Nai mau di imunisasi hepatitis a. Nai udah tau mau di imunisasi dari 2 hari sebelumnya. Gak sengaja dia denger chi nelepon rumah sakit buat ambil nomer.

Naima : "Bunda, nelepon capa?"
Bunda : "Bunda telpon rumah sakit."
Naima : "Ima cakit bun?"
Bunda : "Enggak. Mau diimunisasi ajah.. Mau di suntik."
Naima : "Aciiikkk...!!"
Bunda : ?????

Sejak tau bundanya mau ngajak dia ke rumah sakit, hampir setiap saat dia tanya ke Chi.. "Bunda kapan kita ke lumah sakitnya?", "Di cuntik cakit ya bun?", "Ima nangisnya bental aja ya bun..."

Dia terus... aja nanya seperti itu. Gak cuma sekali tapi berkali-kali.. Walopun dia udah tau kalo di suntik bakal sakit, kayaknya gak ada tuh ekspresi takut ato gimana? Aneh deh.. Hehehe...
Bangun paginya pun semangat. Gak susah. Happy terus. Pas di ruang dokter juga gitu. Biasa aja. Emang sie dia agak sedikit meringis pas di suntiknya. Tapi ya gak apa-apa lah kalo kata Chi. Namanya di suntik kan sakit... Hehehehe.... Tapi abis itu ya udah. Cuek aja lagi.. Balik ke happy lagi.. Hihihi...

Mumpung lagi ke dokter Chi ceritain aja tentang masalah gondongan yang lagi menyebar di sekolahnya anak-anak.

Chi juga tanya kenapa kok anak-anak gak pernah di jadwalin untuk imunisasi MMR. Padahal setau Chi MMR itu salah satunya bisa mencegah gondongan. Dan banyak juga anak-anak yang seumuran Keke & Nai udah pada di imunisasi MMR.

DSAnya menjelaskan kalo dia gak menjadwalkan imunisasi MMR karena anak-anak udah dapat imunisasi campak. Jadi gak perlu MMR lagi. Cukup imunisasi MR aja (untuk gondongan & rubellanya). Itupun nanti aja pas umurnya 5 tahun.

Sampe rumah Chi langsung cari info tentang yang di jelasin DSA. Bener sie gak perlu imunisasi MMR lagi. Ternyata bener. Cukup imunisasi MR aja kalo udah di imunisasi campak.
Chi sendiri gak tau apa gondokan atau gondongan itu beda atau sama.. Cuma akhirnya Chi search juga... ternyata bener beda. Kalo gondokan itu akibat sering mengkonsumsi makanan yang kurang sehat atau kekurangan yodium. sementara kalo gondongan penyebabnya adalah virus & menular.

Oke deh... 'met wiken ya buat semua..:)