Selasa, 12 Agustus 2008

Keke Bosan Sekolah

Udah beberapa hari ini ada sedikit perubahan sama Keke. Perubahan yang kurang bagus. Dia kayak kurang semangat lagi sekolah, terus kalo di sekolah gak mau masuk kelas lagi. Pengennya di temenin sama bunda. Chi yakin pasti ada sesuatu, apalagi gurunya bilang kalo Keke beberapa hari terakhir drop banget semangat belajarnya. Pelajaran mewarnai hanya di coret-coret asal aja. Bahkan ada beberapa pelajaran yang dia sama sekali gak mau kerjain. Gurunya sendiri bingung kenapa karena Keke itu dari awal selalu semangat kalo di kelas, malah gurunya pernah bilang kalo ngajar Keke tuh seneng karena Keke anak yang pintar. Apapun yang di ajarin cepet nangkepnya..

Chi makin yakin pasti ada sesuatu sama Keke. Udah coba di tanya beberapa kali, tapi tiap di tanya Keke cuma keliatan murung dan GTM. Sampe kemarin gurunya Keke kasih liat hasil pelajaran Keke yang asal-asalan itu sama yang tidak mau di kerjakan sama sekali. Begitu melihat pelajarannya Keke, dalam Chi rasa Chi tau apa letak masalahnya Keke. Tapi waktu itu Chi gak mau langsung cerita ke gurunya. Karena Chi pengen Kekenya dulu yang cerita ke Chi, ada apa sebenernya?

Pulang sekolah Chi coba tanya dia baik-baik, sambil Chi kasih liat hasil pelajarannya. Ternyata Keke malah nangis. Udah gitu dia nangisnya gak meraung-raung. Tapi matanya aja yang keliatan basah, trus dianya sendiri berusaha untuk mengusap-usap air matanya.

Kalo nangisnya kayak gitu biasanya sie memang ada masalah yang lumayan berat buat Keke. Untuk nanganin Keke tuh susah-susah gampang. Apalagi kalo dia lagi ada masalah. harus bener-bener dari hati ke hati, sama sekali gak boleh ada maksa apalagi pake bada tinggi kalo gak mau dia melakukan GTM.

Bunda : "Ada apa nak? Kok keliatannya sedih?"
Keke : "Keke gak mau sekolah lagi Bun.."
Bunda : "Loh kok tiba-tiba gak mau sekolah? Ada apa sie Nak?"
Keke : "Pokoknya Keke gak mau sekolah lagi! Mendingan sekolah di rumah aja. Keke lebih seneng di ajarin sama bunda daripada sama bu guru!"
Bunda : "Iya tapi kenapa? Keke pernah di marahin bu guru? (Keke menggeleng). Atau bu guru galak ya sama Keke? (Keke menggeleng lagi). Lalu apa dong?"
Keke : "Pokoknya Keke gak mau sekolah lagi, pengen belajar di rumah aja. Lagian kan bunda udah janji kalo Keke bakalan sekolah di rumah!"
Bunda : "Iya Bunda janji, tapi kan Bunda juga bilang nanti kalo Keke udah masuk SD. Sekarang kenapa Ke... pasti ada penyebabnya nih tiba-tiba Keke mogok. Karena kemarin-kemarin bu guru bilang Keke pinter kok.."

Bukannya menjawab Keke malah membenamkan wajahnya ke bahu Chi. Kalo kayak gini yang harus Chi lakukan adalah tutuop mulut untuk sementara waktu. Kalo Chi terus maksa, selembut apapun nada chi dia pasti bakal marah. Kalo lagi di benamin gitu wajahnya, kadang dia cuma diem tapi kadang jadi nangis yang kedengerannya sedih... banget. Kali ini Keke cuma diem..

Sore harinya sehabis main di taman, Chi mulai ajak dia ngobrol lagi. mumpung lagi ceria siapa tau aja dia mau terbuka..

Awalnya sie masih berusaha untuk tutup mulut. Tapi gak berapa lama, Alhamdulillah Keke mau terbuka juga.

Keke : "Keke itu bosen bunda. Bunda coba liat deh pelajaran Keke. Itu... aja yang di pelajarin! Di ulang-ulang terus! Bosen Keke! Kalo di ulang-ulang mending Keke gak usah sekolah deh!!"
Bunda : "Iya bunda sebenernya udah tau kok kalo Keke itu bosen. Chi gini deh Ke.. Keke itu kan sekolah, yang namanya sekolah pasti punya peraturan. Nah Keke harus menepati aturan itu. Salah satunya Keke harus mau di suruh belajar apapun yang diminta sama guru."
Keke : "Iya.. tapi kalo belajarnya di ulang-ulang terus Keke kan bosen Bun! Keke kan udah bisa, jadinya bosen!"
Bunda : "Ya sekarang gini deh... Keke tetep aja kerjain tugas yang bu guru kasih. Karena Keke udah bisa, Keke yang cepet aja selesainnya. Tapi jangan asal, harus bener. Nanti kalo udah selesai, Keke minta tugas lagi sama bu guru. Tugasnya yang Keke sukain, misalnya menggambar, berhitung pokoknya yang Keke suka deh. Gimana?"

Sebetulnya pembicaraannya lebih panjang dari itu. Tapi kira-kira gitu deh intinya. Alhamdulillah pada akhirnya Keke mau nurut. Emang sie baru janji.. tapi Chi sie tetep positif thinking aja. Berharap siapa tau dia memang menepati janjinya. Kalo gak ya Chi akan ingetin terus.

Kalo udah merasa bisa menguasai sesuatu Keke gak mau di suruh ngulang. Chi anggap ini kelemahan. Chi takut keengganan dia untuk mengulang dengan alasan udah bisa pada akhirnya membuat dia jadi menyepelekan masalah. Eamng sie Chi seneng dengan rasa ingin taunya yang tinggi, tapi kalo lantas dia jadi menyepelekan hal yang udah dia ketahui ya jangan juga.. Berarti ini PR buat Chi & Kak aie gimana caranya membuat keke lebih tekun lagi.

Inget aja waktu masih di PG. Gurunya di PG pun bilang kalo pelajaran mengulang biasanya Keke lebih memilih tiduran di pojokan. Dia ngotot gak mau ikutan belajar dengan alasan udah bisa & bosen. Makanya gak heran hari-hari terakhir di PG menjelang terima raport, Keke keliatan drop banget semangatnya. Balik ke awal lagi gak mau masuk kelas & nempel terus sama bundanya.

Hari Ini

Masuk sekolah seperti biasa telat. Banyak maunya nie, terlambat terus jadinya :) tapi pas jam istirahat, chi liat Keke keluar dari kelas dengan wajah yang ceria lagi. "Pasti di kelsnya happy nie" Chi langsung berpikir gitu.

Bunda : "Hei Ke! Belajar apa hari ini?"
Keke : "Bunda.. Keke hari ini belajar menggunting layang-layang. Trus diwarnai deh!"

Pada saat itu Chi langsung berpikir Keke pasti seneng dengan pelajaran ini. Karena di rumah dia memang agak jarang untuk kegiatan menggunting. Dan yang Chi yakin lagi nada & gaya bicaranya beda. Ya namanya sama anak sendiri. Ketauan deh mana nada & gaya bicara dia lagi sedih, seneng, marah, dll.

Sambil nungguin Keke istirahat Chi ngobrol sama gurunya Keke. Chi ceritain semua yang hasil pembicaraan kami kemarin. O'ya kemarin itu Chi juga sempet berpikir untuk menghentikan sementara kegiatan belajar Keke di rumah. Bukannya apa-apa, kalo di liat apa yang Keke pelajari di rumah & di sekolah memang keliatan jauh ketinggalan yang di sekolah. Gak heran kalo Keke merasa bosan. Jadi dengan memberhentikan kegiatan belajar di rumah, Chi berharap dia akan makin semangat di sekolah karena selalu merasa mendapat ilmu baru. Cuma masalahnya, Chi merasa sayang banget kalo harus meninggalkan kegiatan belajar di rumah. Apalagi Keke sendiri menyenangi kegiatan itu. Dia selalu minta "belajar yuk bun..". Lagian kalo gak di biasain belajar di rumah Chi takut nantinya dia jadi kebablasan. Di rumah jadi males belajar. Padahal ke depannya kan Chi niat mau HS buat anak-anak.

Ayahnya punya saran, gimana kalo materinya di samain sama di sekolah? Mungkin di awal-awal Keke akan teriak bosen. Tapi tugas kami untuk membujuk & mengarahkan dia untuk selalu mengerjakan tugasnya walaupun merasa udah bisa. Pekerjaan yang gak mudah nie :)

Chi ceritai itu juga ke bu gurunya. Tapi Chi juga minta ke gurunya kalo Keke mau mengerjakan tugasnya untuk diberi tugas lain yang kira-kira dia suka biar dia gak merasa bosan.

Bu Dewi (guru Keke) setuju. Bu Dewi menjelaskan kalo selama ini dia memang masih liat dulu sejauh apa perkembangan murid-muridnya. Makanya dia masih ngulang pelajaran yang di PG. Trus Bu Dewi memang belum memberi tambahan tugas untuk anak-anak yang terlihat sudah mempu menyelesaikan pelajaran. Alasannya kebanyakan anak baru di kasih tugas segitu aja udah pada bilang cape, jadi bu Dewi khawatir kalo dia nambah tugas lagi murid-muridnya pada makin ngeluh. Ujung-ujung nanti orang tuanya pada protes lagi.

Ya udah akhirnya setelah ngobrol-ngobrol lumayan panjang tadi Bu Dewi mau ngasih tugas tambahan buat Keke selama Kekenya gak keberatan dan tugas utamanya selesai. Hmm... mungkin gak akan selesai sampai sini aja. Tapi bolehlah untuk kali ini Chi sedikit bernapas lega. Alhamdulillah...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge