Featured Post

Antara Kopi Hijau, Diet, dan Antioksidan

Chi pernah bercerita di blog kalau K’Aie adalah seorang pecinta kopi. Setelah bangun tidur, aktivitas yang pertama kali dilakukan adalah ...

Selasa, 22 Agustus 2017

Resep Ayam Goreng Bawang Putih

Resep Ayam Goreng Bawang Putih
Ayam goreng bawang putih dan teman-temannya. Menu 'perusak' diet yang sempurna 😂

Pertama kali Chi bikin ini atas permintaan K'Aie. Jadi bukan dari googling resep. Caranya sangaaaaatttt mudah.  Bahannya pun cuma 4 yaitu ayam *udah pasti lah ya 😁*, bawang putih, garam, dan minyak goreng.

Kalau bikin ayam goreng ini, Chi suka sekaligus 2 ekor. Sekalian buat stok beberapa hari. Apalagi kalau lagi kesiangan bangun buat nyiapin bekal. Menu ini tinggal goreng aja. Lumayan lah ada stok buat beberapa hari. Tapi bukan berarti setiap hari makan ayam, ya. Diselingin juga sama menu lain.

Langsung aja Chi kasih resepnya, ya. *Dibaca juga bagian catatannya ya supaya bawangnya gak hangus

Bahan:
  • 2 ekor ayam broiler, masing-masing dipotong 8 bagian
  • 1,5 genggam bawang putih, ukuran campur besar dan kecil
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng
Cara membuat:
  1. Bersihkan ayam, kemudian tiriskan
  2. Kupas bawang putih, cuci, lalu diparut *menggunakan parutan keju
  3. Campurkan ayam, bawang putih, dan garam. Aduk hingga rata sambil ditekan-tekan daging ayamnya
  4. Diamkan minimal 30 menit, lalu goreng dengan api sedang hingga ayam matang dan berwarna kecoklatan
Catatan:
  • Untuk bawang putih, Chi gak pernah menghitung berapa siung. Pokoknya dikira-kira aja. Biasanya sih 1,5 genggam. Memang lumayan banyak pakai bawang putihnya
  • Bawang putih bisa dicincang halus, digeprek, diulek, atau diparut. Dari 4 cara itu Chi lebih suka diparut karena rasa bawangnya lebih menyerap ke ayam. Bawang putihnya pun bisa digoreng dan dijadikan taburan.
  • Biasanya daging ayam akan berlumuran bawang putih bila bawangnya diparut. Bersihkan dulu sebelum digoreng *cukup disingkirkan dengan tangan, gak perlu dicuci*
  • Daging ayam perlu dibersihkan dulu sebelum digoreng karena bawang lebih cepat matang daripada ayam. Saat menggoreng pun diperhatikan bila ada bawang yang terbawa bisa diangkat kalau terlihat sudah kecoklatan.
  • Bawang putih parut bisa digoreng sebagai taburan.
  • Bila ingin ada taburan bawang putih, utamakan menggoreng bawang dulu baru ayam. Supaya bawangnya masih terlihat bersih
Catatan tambahan *setelah membaca beberapa komen*
  • Pengaturan api memang harus pas. Api yang terlalu besar akan mengakibatkan bagian luar lekas matang, sedangkan dalamnya masih mentah. 
  • Kalau bagian luar sudah kecoklatan tapi belum yakin apakah dalamnya juga matang, biasanya Chi masukin oven sekitar 3-4 menit. *Tapi biasanya jarang terjadi, sih
  • Diungkep juga bisa. Kalau diungkep dulu, waktu menggorengnya lebih cepat. Kalau kelamaan ayamnya jadi kering. *Kalau Chi sih lebih suka gak diungkep dulu karena tekstur ayam tetap lembab, mirip kayak ayam goreng tepung
  • Untuk menghilangkan bau bawang putih yang menempel di tangan, setelah tangan dicuci bersih kemudian taburkan sedikit kopi bubuk. Gosok-gosok ke tangan lalu bila hingga bersih. Kopi efektif meninggalkan bau yang gak enak di tangan *gak hanya bawang putih
Hari raya lalu, Chi bikin ayam goreng bawang putih juga. Praktis tinggal goreng usai sholat Ied 😋

40 komentar:

  1. Enak nih, dicocol sambel huhhah nan nikmat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalau ada nasi putih hangat :D

      Hapus
  2. wah, resepnya lengkap banget...

    BalasHapus
  3. gampang banget ini resepnya ga perlu diungkep y mba langsung goreng cess :)

    BalasHapus
  4. Mbak..kalau aku sering aku ungkep ayam pakai bawang putih + jahe+ sereh, digiling semua. Trus aku simpan buat stok kalau mau makan tinggal goreng hihi, simpel kan ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diungkep juga bisa. Nati waktu menggorengnya jadi lebih singkat karena saya gak dan anak-anak gak suka ayam yang terlalu garing :)

      Hapus
  5. Jadi gak usah masak diungkep gitu ya ayamnya? Langsung goreng aja. Tangannya bau bawang putih gak, Chi? Aku suka rasa masakan pakai bawang putih tapi gak suka baunya bawang putih mentah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya lebih suka gak diungkep, Mak. Tangan udah pasti bau bawang putih. Biasanya kalau tangan ada baunya, saya suka bersihin pakai bubuk kopi

      Hapus
    2. oh gitu ya caranya buat ngilangin bau bawang putih! Oke noted! Ayamnya favorit iniii, aku sering juga bikin ayam bawang putih ^^

      Hapus
    3. Gak hanya bau bawang putih. Bau apapun, kalau dikasih bubuk kopi biasanay cepat hilang

      Hapus
  6. Tanpa direbus dulu ya mba.. ? Tapi bisa matang sempurna kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau apinya pas, bisa matang sempurna. Tapi kalau gak yakin, bisa coba tip yang saya berikan. Masukin ke oven sekitar 3-4 menit. Nanti matang sempurna tanpa bikin bagian luarnya gosong

      Hapus
    2. Ini juga menarik perhatian saya lho. Sebab kadang-kadang ayam yang saya goreng itu tidak matang dalamnya. Sampai-sampai terpaksa saya rebus dulu ayamnya sebelum goreng. Ternyata rahasianya di apinya ya? Sayang saya tidak begitu paham menentukan volume api yang pasm

      Hapus
  7. kunjungan pagi kawan trmakasih banyak infonya. semoga hari ini lebih baik dari hari yang kemari Amin

    BalasHapus
  8. wah gampang banget ya resepnya, mbak. bisa dicoba nih kapan-kapan

    BalasHapus
  9. wah enak langsung digoreng
    sama perkedel jagung duh

    BalasHapus
    Balasan
    1. asa ada sambalnya, sama apapun enak :D

      Hapus
  10. Mau coba ah! Makasih mbak!! Sekalian resep yg lainnya ya share juga 😁

    BalasHapus
  11. kelihatannya mantap nih di lidah aku ingin coba resepnya, fotonya bikin ngences
    makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikinnya juga gampang banget, kok :)

      Hapus
  12. Aku jd pingin nobain mbil dicowel sambel yg dicobek itu teh , mantabbb

    BalasHapus
  13. Waah...praktis juga ya, gak usah pake banyak bumbu, gak usah diungkep juga. Boleh nih, dicoba

    BalasHapus
  14. Waaaaah saya banget tuh kalo lagi malas ngulek, pake parutan keju... Hihihi

    BalasHapus
  15. Sambelnya sangat menggoda, makan besar tanpa sambel tak ada artinya. Hahaha... sambel tetep no.1 :)

    BalasHapus
  16. misalnya kalau ndak pake bawang putih gimana, rasanya pasti beda sih...cuman bawang putihnya ini yang terlalu banyak, set dah sampai 1.5 genggam...ndak kebanyakan itu mbak, saya copas resepnya ya,..buat di praktekan..cuman bawang putihnya ini, soalnya saya sekeluarga tidak menyukai bawang putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selera kan susah untuk diperdebatkan, Mas. Setiap orang bisa memiliki selera berbeda. Kalau merasa kebanyakan, bisa dikurangi sesuai dengan selera. Gak suka dengan bawang putih juga bis adiganti dengan bahan lain meskipun rasanya akan berbeda. Disesuaikan saja dengan selera masing-masing

      Hapus
  17. Anak-anakku sukaaa banget ayam goreng mba.. biasanya aku ngg ketinggalan ketumbar dan laos biar enak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaau pakai ketumbar biasanya saya buat bumbu kuning :)

      Hapus
  18. Sambelnya ngabisin nasi tuh mbak, sedaaaap menggodaaa, hahahaa

    BalasHapus
  19. Waaah praktis banget. Aku termasuk yg selalu mengungkep krn takut dalamnya masih kelihatan merah2nya. Mau coba ini ah, save time banget.

    BalasHapus
  20. saya biasanya pakai bawang putih dan garam ini kalo lagi bikin tempe atau tahu goreng aja..belum pernah bikin untuk ayam..terima kasih sharing nya ya mbak, jadi nambah referensi kalo mau bikin ayam goreng

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge