Produktivitas Kerja Semakin Meningkat saat Bekerja dari Rumah

By Keke Naima - July 27, 2023

Lebih suka bekerja dari rumah atau ke kantor setiap hari? Sebagai seorang blogger, bekerja di rumah atau mana pun tentu bukan hal baru. Tetapi, bagi K'Aie termasuk hal baru. Tadinya ngantor tiap hari. Kebiasaan tersebut berubah sejak pandemi bahkan berlanjut hingga sekarang.

alasan bekerja dari rumah meningkatkan produktivitas

Saat ini, bekerja dari rumah sudah semakin umum. Tidak hanya untuk pekerja digital, tapi sudah mulai merambah ke beberapa sektor lain. Berawal dari pandemi COVID-19 yang membuat banyak perusahaan membuat kebijakan untuk menerapkan sistem kerja dari rumah (work from home). Bekerja dari rumah memang memberikan banyak keuntungan seperti fleksibilitas dan kenyamanan. Tetapi, juga memiliki beberapa tantangan yang perlu diatasi agar pekerjaan tetap efektif dan produktif.


Beberapa Alasan Bekerja dari Rumah dapat Meningkatkan Produktivitas


modem hkm n401 xl satu unlimited

Pandemi COVID-19 memang memaksa banyak perusahaan untuk menerapkan WFH. Tetapi, pasca pandemi, tren ini berlanjut di beberapa perusahaan dengan alasan fleksibilitas kerja. Salah satunya K'Aie, sampai sekarang gak ke kantor setiap hari. Ada beberapa alasan mengapa bekerja dari rumah dapat meningkatkan produktivitas, diantaranya:


Menciptakan Lingkungan Kerja yang Sesuai

Ada karyawan yang lebih suka bekerja dengan suasana tenang. Tetapi, ada juga yang suasana ramai pun gak masalah. Sayangnya, bila bekerja di kantor, kita gak bisa leluasa mengatur lingkungan kerja yang sesuai dengan mood. Kecuali, mungkin punya ruangan kerja sendiri. Bagi kita yang lebih nyaman bekerja dalam suasana tenang, mungkin akan mengalami kesulitan untuk fokus berkonsentrasi dengan kerjaan bila suasana kantornya ramai.


Hemat Waktu Perjalanan

Tua di Jalan. Begitulah istilah yang kerap dilontarkan karena lamanya waktu tempuh dari rumah ke kantor dan sebaliknya. Meskipun sudah adab beberapa alternatif transportasi umum, tetap aja terkadang waktu tempuhnya masih lumayan lama. Belum lagi harus berebutan dengan banyak penumpang lainnya. Bila bekerja dari rumah, tentu saja akan sangat menghemat waktu. Waktu yang biasanya dipakai untuk perjalanan bisa dipakai untuk sarapan lebih nyaman, menyiapkan pekerjaan hari itu, dan lain sebagainya.


Fleksibel dalam Mengatur Waktu

Untuk beberapa pekerjaan, bekerja dari rumah memang lebih fleksibel waktunya. Misalnya, sebagai blogger, gak harus kerja mengikuti jam kantoran. Chi sendiri lebih suka bekerja malam hari di saat berbagai aktivitas rumah tangga sudah selesai dikerjakan.


Tidak Terganggu dengan Berbagai Obrolan atau Aktivitas di Luar Pekerjaan

Manusia memang makhluk sosial. Mengobrol adalah salah satu aktivitas mengasyikkan yang dibutuhkan manusia. Tetapi, terkadang saking asiknya ngobrol malah kerjaan gak selesai. Belum lagi kalau diajak kegiatan lain di luar pekerjaan. Fokusnya bisa jadi pecah. Nah, kalau di rumah hal-hal seperti ini bisa dikurangi.


Tantangan Bekerja dari Rumah


modem hkm n601 xl satu unlimited

Bekerja dari rumah tidak otomatis meningkatkan produktivitas kerja. Ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi. Alih-alih meningkatkan, malah jadinya menurun bila gagal menghadapi tantangan tersebut. Apa aja tantangan saat bekerja dari rumah?


Tidak Disiplin dengan Waktu

Salah satu tantangan utama bekerja dari rumah adalah kesulitan memisahkan antara waktu kerja dan waktu pribadi, termasuk istirahat. Untuk pekerja kantoran, sebaiknya samakan waktu kerjanya dengan kerja dikantor. Sedangkan untuk jenis pekerjaan lain, misalnya blogger, waktunya memang lebih fleksible. Tetapi, bukan berarti bisa seenaknya. Tetap buat jadwal kerja dan pribadi, lalu berusaha untuk mematuhinya.


Kurangnya Pengawasan

Bekerja dari rumah membuat kita tidak bertemu langsung dengan rekan sekerja dan atasan. Hal ini, bisa membuat kita menjadi lengah. Merasa kurang diawasi, sehingga kerjanya lebih santai. Oleh karena itu, penting untuk memotivasi diri sendiri untuk tetap fokus dan produktif.


Tidak Memiliki Ruang Kerja di Rumah

Idealnya memang memiliki ruang kerja sendiri di rumah. Tujuannya untuk membantu menciptakan suasana kerja. Bekerja di kamar tidur, bisa jadigodaannya membuat kita ingin santai tidur-tiduran terus. Begitu pun dengan ruangan lain, mungkin akan terganggu dengan kehadiran anggota keluarga saat kita sedang bekerja. Tetapi, sebetulnya gak apa-apa juga tidak memiliki ruang kerja. Apalagi gak semua rumah punya area lebih. Asalkan kita tetap disiplin dan kerjasama juga dengan orang-orang di rumah,


Koneksi Internet Bermasalah

Masalah teknis seperti koneksi internet yang lambat dan perangkat yang tidak memadai juga bisa menjadi tantangan dalam bekerja dari rumah. Padahal bekerja dari rumah tentu tidak lepas dari internet, kan. Ya, semua komunikasi mulai dari WA, email, hingga online meeting semuanya membutuhkan internet. Kebayang dong terhambatnya kerjaan ketika internet di rumah sering bermasalah?


Memilih Modem Terbaik untuk Bekerja dari Rumah


tantangan bekerja dari rumah

Dunia digital yang semakin maju, kebutuhan akan akses internet tidak sekadar yang penting ada. Tetapi, internet yang cepat dan stabil semakin penting. Terlebih lagi, semakin banyak pekerjaan dan aktivitas yang dilakukan dari rumah. Maka, memilih modem yang tepat menjadi salah satu keputusan penting.

Pertama, perhatikan jenis layanan internet apa yang tersedia di area tempat tinggal masing-masing. Sangat penting untuk mengetahui hal ini, agar tidak sekadar memilih. Tapi, tau mana provider yang terbaik.

Kedua, perhatikan kecepatan internet yang dibutuhkan. Jika hanya membutuhkan internet untuk browsing dan email, maka kecepatan rendah mungkin sudah cukup. Tapi, rasanya untuk saat ini internet gak hanya untuk pekerjaan. Kita menggunakan internet juga untuk mendapatkan hiburan, misalnya menonton film di berbagai apps streaming, bermain game online, dan lain sebagainya. Makanya semakin butuh internet dengan kesepatan yang tinggi

Terakhir, pastikan untuk memilih modem dari merek yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Perhatikan juga fitur-fitur tambahan seperti kemampuan untuk menghubungkan beberapa perangkat secara bersamaan dan kemudahan pengaturan. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, kita dapat memilih modem yang tepat untuk kebutuhan bekerja dari rumah.


Tentang Modem HKM XL SATU Lite Unlimited


spesifikasi modem hkm xl satu lite unlimited

Modem HKMXLSATULiteUnlimited adalah perangkat modem nirkabel yang digunakan untuk mengakses internet dengan jaringan XL Axiata. Tentu kita juga tau kalau XL adalah salah satu provider yang ternama di Indonesia. Sudah memiliki reputasi baik dan selalu membuat inovasi yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.

Jadi gak salah, kalau memilih modem HKMXLSatuLiteUnlimited. Modem ini mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan internet cepat. Dengan paket unlimited bisa dinikmati sekeluarga di rumah. Mendukung berbagai aktivitas mulai dari bekerja, belajar, hingga menghadirkan banyak hiburan.

HKMXLSatuLiteUnlimited memiliki 2 produk modem yaitu HKM N401 dan HKM N601. HKM adalah merk ternama yang sudah terpercaya memproduksi berbagai modem berkualitas. Berikut adalah spesifikasinya:


alasan produktivitas kerja meningkat dengan bekerja dari rumah

High Speed LTE Cat 4 (HKM N401) dan Cat 6 (HKM N601)

Modem HKM N401 dengan teknologi LTE Category 4 menunjang kecepatan download hingga 150Mbps dan upload sampai 50Mbps.

Sedangkan, untuk modem HKM N601 didukung teknologi LTE Category 6 yang dapat menunjang kecepatan download hingga 300Mbps dan upload hingga 150Mbps.


Chipset ASR1803 (HKM N401) dan ASR1806 (HKM N601)

ASR1803 dan ASR1806 adalah chipset 4G yang mampu mengintegrasikan teknologi pita berbasis radio frekuensi dengan memori flash. Sehingga menghasilkan chipset low cost dan booting lebih cepat.


Exthernet LAN Port

Modem HKM N401 dilengkapi dengan 2x exthernet LAN port. Sedangkan modem HKM N601 dilengkapi dengan 4x exthernet LAN port. Keduanya mampu mentrasmit data dengan kecepatan hingga 100Mbps.


2x External Antenna Port

Hanya terdapat di modem HKM N601. Fungsinya untuk memperkuat sinyal WiFi secara menyeluruh dan menjadikan koneksi lebih stabil.


Dual Band WiFi

Modem HKM N601 didukung dual band WiFi frekuensi 2.4GHz dan 5GHz dengan frekuensi WiFi 5-802.11 b/g/n/ac.


Terhubung dengan banyak perangkat

Modem HKM N401 terhubung hingga 32 perangkat bersamaan. Sedangkan untuk modem HKM N601 hingga 64 perangkat. Dengan banyaknya jumlah perangkat, membuat modem ini tidak hanya cocok untuk digunakan di rumah. Tetapi, juga bisa untuk kantor, toko, atau lainnya.


Bayar Sesuai yang Dibutuhkan

Dengan XL SATU Lite, kita dapat menyesuaikan biaya internet sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Tidak ada pula kontrak berlangganan.


Harga

HKM N401 seharga Rp599ribu dengan internet rumah super cepat unlimited dan kuota bersama sebesar  50GB. HKM N601 seharga Rp1.099ribu mendapatkan internet rumah super cepat unlimited dan kuota bersama hingga 100GB.

Meskipun bekerjasama dengan XL, tetapi kedua modem ini juga unlock. Membuat penggunaannya semakin fleksible. Bisa digunakan simcard dari provider manapun. Sehingga bisa disesuaikan dengan provider mana yang lebih bagus di daerah masing-masing. Yuk, semakin siap dong bekerja dari rumah kalau modemnya sangat mendukung.

  • Share:

You Might Also Like

30 comments

  1. di LN banyak banget yang masih kerja dari rumah atau WFA mba, sayangnya di Indonesia semua udah kembali kerja ke kantor kayak biasa, padahal enakan kerja WFA atau WFH hahaa soalnya ga macet2an

    ReplyDelete
  2. Kerja dari rumah memang sebuah keuntungan sekaligus keuntungan tersendiri. Dengan internet memadai, banyak masalah bisa diatasi lebih mudah

    ReplyDelete
  3. kalau kerja di support sama konektivitas internet yang lancar jaya, pasti juga bakalan nyaman. Apalagi waktu awal pandemi dulu, aku harus WFH dan butuh banget yang namanya internet. Karena semua kerjaan diexport ke paperless semua.
    Aku sendiri termasuk pemakai XL dan favorit aku banget nih si XL, kecepatan oke apalagi kalau di kota kota besar

    ReplyDelete
  4. Modem dengan koneksi lancar menjadi salah satu amunisi para pekerja ya mbak. Termasuk sebagai blogger. Tanpa bantuan modem dengan koneksi lancar maka ngeblog pun makin tidak nyaman. Meski bekerja di rumah kalau didukung sambungan internet lancar pastinya hasilnya juga memuaskan.

    ReplyDelete
  5. Ini semacam langganan internet prabayar gitu ya? Dengan tidak berlangganan, jadi tidak memberatkan kita tuh pastinya. Jadi pemakaian bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan kita ya
    Bekerja pasti lebih semangat kalau di rumah sudah ada internet yang stabil

    ReplyDelete
  6. Oke juga ini, jadinya bayar internetnya sesuai dengan pemakaian ya. Berarti bisa memungkinkan tiap bulannya gak bakalan sama, dan bisa lebih terpantau internetnya digunakan untuk apa

    ReplyDelete
  7. Kerja dari rumah memang banyak tantangannya ya. Tapi juga banyak asyiknya. Yang paling menantang memang soal koneksi internet. Apalagi di daerah kayak aku. Lagi kejar deadline, eh internet lemot. Kesel jadinya. Kudu banget deh internet lancar dan ngebut.

    ReplyDelete
  8. Keren banget modem dari XL ini, bisa terhubung dengan 32 perangkat bersama. Yang punya usaha rumahan seperti tempat ngopi jadi gak perlu sambungan internet tambahan. Bayarnya sesuai kebutuhan pula.

    ReplyDelete
  9. Bekerja dari rumah memang ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing ya, Mbak. Selama ini saya juga menemukan semua kelebihan dan kekurangannya itu. Lama-lama akhirnya coba menyesuaikan diri aja dan menikmati semuanya. Yang penting bisa kerja dengan nyaman ya hehehe

    ReplyDelete
  10. Kalau buat blogger kayak aku yg jelas gak perlu dandan & hemat. Mungkin ada yg merasa lebih produktif di cafe. Tapi sayang juga kan, pendapatan selalu dipotong 50-100rb untuk bayar makanan & minuman, juga bbm. Enakan di rumah kalau aku sih.

    ReplyDelete
  11. Duh kalau koneksi internet bermasalah udah deeeh yaaa, males ngapa2in deh. Makanya kudui ada wifi atau minimal modem buat yang kerjaannya gak jauh2 dari dunia digital.
    Ini modem XL jenis baru ya mbak?
    Di depan perum tu kyknya beberapa kali liat mobil sales XL apa ya? Bisa tu ntr nanya2 ke sana kalau mau modemnya, kyknya udah ada jg mereka sediain layanannya.

    ReplyDelete
  12. Zaman sekarang lebih enak kerja di rumah ya. Dari pada harus bolak balik ke kantor. Apalagi kalau pekerjaannya lebih banyak gunakan akses internet aja. Kecuali kerja sebagai pelayanan publik yg wajib ketemu orang.
    XL main keren aja dengan XL SATU Litenya

    ReplyDelete
  13. Oh ini modem XL yang baru nih, katanya emang bagus dan bikin kerja dari rumah juga lancar (karena internet tersedia juga). Apalagi provider XL sekarang jaringannya juga sudah tersedia di mana-mana

    ReplyDelete
  14. Untuk harga Modem HKM XL SATU Lite Unlimited ini cukup terjangkau ya..
    Apalagi kalau keperluannya bisa dimanfaatkannya serumah.

    Dan ya..anehnya tuh kalau kerja di rumah, selesainya lama. Tapi kalau kerja di semacam cafee gitu, efisien dan lebih cepet selesai.

    hihihi..mungkin ada efek, kalo kelamaan nanti makin banyak ngabisin duid pesen ini dan itu, gitu kali yaa..

    ReplyDelete
  15. Sudah mulai masuk sekolah sudah harus banyak wi-fi-nya keluar, ini bayar sesuai dengan yang pemakaian tertarik banget aku mba

    ReplyDelete
  16. Kerja di rumah memang lebih nyaman, mbak. Hemat waktu, hemat transportasi, tapi harus pinter memenej kerjaan soalnya gak ada yang ngawasi. Susahnya kalau internet ngadat, gak tempat tebengan palingan melipir ke warkop terdekat

    Sebagai pengguna internet mobile modem jadi alat utama penunjang pekerjaanku.

    ReplyDelete
  17. Sama merasa lebih efektif ketika bekerja di rumah, ngga harus capek PP perjalanan pulang kantor. Tapi kadang kalau di rumah harus beres kerjaan rumah dlu baru bisa fokus kerja. Hehe. Waah ada Modem XL bagus ya bisa mendukung pekerjaan kita untuk internetan.

    ReplyDelete
  18. Kalau modemnya sekeren ini, kerja dari rumah bakalan lancar banget, terutama bagi para pekerja yamg membutuhkan koneksi internet dalam penyelesaian tugas2nya.

    ReplyDelete
  19. Ternyata XL keluarkan Modem yang begitu mengerti kebutuhan ya seneng deh nanti ga perlu cari2 hotspot lagi

    ReplyDelete
  20. Jadi tambah semangat kerjanya nih kalau pakai Modem Xl jaringan signal aman terkendali trus praktis bngt ya gk perlu pakai satu provider yang lainpun bsa sesuaikan saja sama.yang kita mau

    ReplyDelete
  21. Bener banget nih, kalau kerja di rumah tuh bisa gak kenal waktu. Makanya kadang atau sering jadi lebih capek ya, wkatu libur kebawa sama sikon kerjaan

    ReplyDelete
  22. aku lebih senang kerja dirumah, walaupun anak-anak pada nempel terus tapi lbih efisien diwaktu karena dijakarta macet berangkat dan pulang kerja menurut aku wasting time sekali. selama ada inet yang jaringannya mantap seperti Modem HKMXLSATULiteUnlimited, kerja dari rumah impian banget sih mba buatku

    ReplyDelete
  23. Nyaman banget kerja di rumah tuh..
    Semua ada.. mau makanan, ada. Minuman juga.. Cuma ya, perkara sambungan internet ini yang gak boleh banget terlewat. Kudu yang gercep dan terjangkau. Solutif banget ada Modem HKM XL SATU Lite Unlimited.

    ReplyDelete
  24. Wah modem HKMXLSATU lite Unlimited baru ya kak? Jadi akses internet dengan jaringan XL Axiata semakin lancar, kerjaan konten pun semakin berkibar. alhamdulillah

    ReplyDelete
  25. Berhubung orangtua tinggal sebelah daku lebih asik kerja dari rumah dan fleksibel buat bertugas ke luar, jadi bisa sekalian menjaga juga tapi cuan tetep mengalir hehe

    ReplyDelete
  26. Toss aku juga kerja dari rumah Mbak. Meskipun kadang banyak godaan haha. Akses internet yang andal pastinya jadi penentu kelancaran pekerjaan.

    ReplyDelete
  27. Semudah itu sekarang bekerja dari rumah karena dukungan Modem XL yang banyak banget keunggulannya, wajib punya nih dirumah

    ReplyDelete
  28. Mbaa, aku tim kerja dari rumah. Aduh, kalau jadi anker lagi dan barjibaku ngelewatin macetnya jalanan Jakarta, ngga kuat. Hihi. Kalau sesekali sih hayu, tapi kalau jadi makanan sehari hari, belum deh. Makanya senang banget kalau nemu internet yang tepat untuk support semua kerjaan yang diberesin dari rumah.

    ReplyDelete
  29. Modem XL sinyalnya nyampe cibitung ga yaa wkwkwk asli disini lemot banget sinyal jadi bete kan kalo kerjaan terhambat

    ReplyDelete
  30. Modem HKMXLSATULiteUnlimited ini sangat membantu ya mbak
    Bikin kerja di rumah makin peoduktif

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^