Minggu, 12 April 2015

Bunda, Sebentar Lagi Kita Puasa?

Beberapa hari sebelum tahun baru 2015...

Nai: "Bunda, ke 2015 berapa hari lagi?"
Bunda: "5 hari lagi."
Nai: "Jadi, 5 hari lagi kita puasa? Yeaaaay!"
Bunda: "Ya, enggak. 5 hari lagi itu masuk ke 2015, Nai."
Nai: "Iya, artinya kita bakal puasa, kan, 5 hari lagi?"
Bunda: "Enggak, dong. Puasa Ramadhan masih bulan Juni."
Nai: "Itu berapa lama lagi?"
Bunda: "Yaaa... Masih beberapa bulan lagi, lah."
Nai: "Yaaa... Masih lamaaaa.."

Setelah Chi tanya lebih lanjut, Nai berpikir kalau setiap ganti tahun berarti saatnya berpuasa. Dia semangat menyambut puasa karena menurutnya selama puasa itu banyak makanan enak. Dan, pastinya hampir tiap hari ada martabak manis dan martabak telur hahaha. Kesukaan ayah dan anak akan martabak, bikin buka puasa hampir setiap hari ada hidangan ini.

Insya Allah, puasa tahun ini akan menjadi puasa Nai yang ke-2. Nai memang baru mulai berpuasa tahun lalu. Langsung full dan bersemangat. Yang bikin dia bersemangat adalah adanya makanan pembuka berupa aneka camilan. Nai memang seneng ngemil kayak ayahnya.

Buah kurma juga suka dibawa Keke ke sekolah kalau lagi ada stoknya di rumah

Kalau Nai seneng ngemil camilan manis kayak ayahnya. Keke kayak bundanya. Lebih senang camilan gurih dan asin. Tapi, lebih seneng lagi makanan berat alias makanan utama. Buat Chi dan Keke, gak apa-apa, gak ada camilan. Yang penting ada makanan berat hehe. 1 lagi kesukaan Keke saat bulan puasa adalah buah kurma. Keke seneng banget sama kurma. K'aie dan Nai juga suka, walopun gak sesuka Keke. Cuma Chi yang gak suka. Senengnya, kalau bulan puasa dan hari raya islam, buah kurma gampang banget didapat. Kalau hari lain, agak jarang ada yang jual di dekat rumah.Jadi, walopun Chi gak suka, biasanya kalau buah kurma lagi mudah di dapat, Chi selalu stok buah kurma di rumah.

Kalau sampe sekarang ini penyemangat Nai untuk berpuasa adalah aneka camilan, buat Chi gak apa-apa. Namanya juga anak-anak. chi harus mengajarkannya bertahap. Setiap tahap, harus berusaha disyukuri. Baru punya niatan untuk berpuasa aja, udah seneng. apalagi kemudian anaknya mau melakukan. Nanti pelan-pelan, akan terus dijelaskan segala hal tentang berpuasa lebih dalam lagi. Pokoknya bertahap aja. Dulu Keke juga begitu. Lama-lama pemahaman dia tentang berpuasa juga semakin dalam.

Denger-denger, sih, libur kenaikan kelas tahun ini akan lumayan panjang karena disatuin sama libur puasa dan idul fitri. Tapi, Chi baru sebatas denger-denger aja. Belum ada keputusan resmi. Karena sekarang setiap libur, ngungsi ke rumah mertua, kayaknya Keke dan Nai bakal tambah kesenengan. Karena di sekitar rumah mertua banyak jajanan yang enak-enak. Siap-siap deh sama uang lebih, eh sama timbangan yang kemungkinan jarumnya makin ke kanan juga hihihi. Tapi, jangan sampe lupa juga untuk stok buah kurma buat Keke. Biar Keke semakin semangat puasanya :)

post signature

48 komentar:

  1. Asyiiiiikkkkk mo ada libur panjang...pengen #lostfocus...

    Tahun kmr nadia masih setengah hari si mak moga2 aja tahun ni bisa full..tapi ga maksain lah sebisa dia aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk yang saya nantikan juga sebetulnya libur panjangnya :D

      Semoga Nadia bisa full, ya :)

      Hapus
  2. Nai juga udah siap-siap niih mau puasa..semoga dilancarkan ya maak ibadah kita aamiin

    BalasHapus
  3. saya sama navaro juga suka banget ngemil mbak. tapi ayahnya gak suka ngemil. sukanya makanan berat aja. jadi stok cemilan dirumah habis untuk berdua aja nih. hihi

    Buah favorit nai sama tante sama nih. kurma :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, asik dong jadinya ngemilnya cuma berdua :D

      Hapus
  4. Puasa kurang afdol kalo ga ada kurma ya.. Hihihi

    BalasHapus
  5. waah baca postingan ini jadi ngebayangin juga nantinya puasa sama keluarga sendiri..
    semoga sehat2 walafiat ya sampai di pertemukan dengan Ramadhan tahun ini. aamiin
    qiahladkiya.com

    BalasHapus
  6. Hihihi Nai kayak suamiku, sukanya camilan.
    Mba, kalau bulan puasa, belanjaan malah bengkak ya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, beneerr. Malah banyak yang dibeli :D

      Hapus
  7. Mak Myra rajin banget bawain bekal pake dihias. Mdh2an nular nih ke aku. Hihihihi..
    eniwei, pinter amat si Nai langsung puasa fulll. Caranya gmiana itu mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. demi anak, Mak hehe

      Rasanya saya pernah menulis tentang mengajarkan anak puasa di blog ini. Bisa dicari di kolom search :)

      Hapus
  8. dua bulan lagi puasa :)
    ciri2 ramadan udah deket ya itu, banyak iklan sirup di tv...

    BalasHapus
  9. Pertengahan Juni sudah puasa ya
    Perlu aklimatisasi agar nggak kaget, puasa sunah sebelum Juni
    Mantap tuh masakannya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  10. Keluarga kami penggemar berat kurma, Mak. Apalagi kalo Ramadhan. Kalo ga ada kurma, ga meriah hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti bisa stok kurma banyak ya hehe

      Hapus
  11. Gak sabar ya Nai mau puasa aja. Myr itu yang di atas nasi apa? pete? :)

    BalasHapus
  12. waaa liburaaan... etapi anakku blm skolah yak. Hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk nikmatin sepuas2nya kalau anak belum sekolah, Mak :p

      Hapus
  13. Puasa sebentar lagi... AsiKkkk

    BalasHapus
  14. Aku juga klo puasa seneng makan kurmanya, di sini kurma ada klo puasa doang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. di supermarket biasanya ada kurma, kan?

      Hapus
  15. si ncit sama ncip belum puasa juga udah susah makan. pada kuat seharian ga makan minum. makanan dihias kaya di foto juga udah, ini itu udah tetep aja susah
    faktor keturunan dari bapaknya kali ya..?
    eh, padahal bapaknya jarang puasa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah. lho trus pengen anaknya jarang puasa juga? :)

      Hapus
  16. ga kerasa ya mak,,udah mau puasa lagi...mudah2an sampai usia ke Ramadhan...

    BalasHapus
  17. Ih toosss sama Keke,
    kita pecinta kurma ya, Kekeee! Ada kurma yang sedang aku suka, kemaren dibawain sama bang Dho pulang umroh yg kecil kecil bulat warna hijau.

    BalasHapus
  18. widih, sehat2 amat ya makanannya.
    bergizi semua...

    BalasHapus
    Balasan
    1. daripada beli obat. Mending buat beli makanan sehat :)

      Hapus
  19. Suatu usaha yang perlu diapresiasi oleh khususnya ibu-ibu dalam mengajarkan anak berpuasa. Salut benar dengan cara yang ibu lakukan, sehingga anaknya bisa full puasa sebulan penuh. Ga terasa, puasa sudah tinggal 2-3 bulan lagi... hampir puasa, dan menyambut puasa kembali...

    Salam dari Blogger Kediri

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, puasa sebentar lagi. Salam kembali. Terima kasih sudah mampir

      Hapus
  20. Bentonya bikin ngiler Chi..

    BalasHapus
  21. nai hebat baru pertama kali puasa sudah bisa full

    BalasHapus
  22. sabar nai puasa tinggal 1 bulan lagi, semoga puasa kali ini nai full lagi

    BalasHapus
  23. sebentar lagi akan bertemu dengan bulan suci ramadhan *hore
    pasti senang anak2 kalo bnyk jajanan.

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge