Beberapa hari sebelum tahun baru 2015...

Nai: "Bunda, ke 2015 berapa hari lagi?"
Bunda: "5 hari lagi."
Nai: "Jadi, 5 hari lagi kita puasa? Yeaaaay!"
Bunda: "Ya, enggak. 5 hari lagi itu masuk ke 2015, Nai."
Nai: "Iya, artinya kita bakal puasa, kan, 5 hari lagi?"
Bunda: "Enggak, dong. Puasa Ramadhan masih bulan Juni."
Nai: "Itu berapa lama lagi?"
Bunda: "Yaaa... Masih beberapa bulan lagi, lah."
Nai: "Yaaa... Masih lamaaaa.."

Setelah Chi tanya lebih lanjut, Nai berpikir kalau setiap ganti tahun berarti saatnya berpuasa. Dia semangat menyambut puasa karena menurutnya selama puasa itu banyak makanan enak. Dan, pastinya hampir tiap hari ada martabak manis dan martabak telur hahaha. Kesukaan ayah dan anak akan martabak, bikin buka puasa hampir setiap hari ada hidangan ini.
Insya Allah, puasa tahun ini akan menjadi puasa Nai yang ke-2. Nai memang baru mulai berpuasa tahun lalu. Langsung full dan bersemangat. Yang bikin dia bersemangat adalah adanya makanan pembuka berupa aneka camilan. Nai memang seneng ngemil kayak ayahnya.


Buah kurma juga suka dibawa Keke ke sekolah kalau lagi ada stoknya di rumah


Kalau Nai seneng ngemil camilan manis kayak ayahnya. Keke kayak bundanya. Lebih senang camilan gurih dan asin. Tapi, lebih seneng lagi makanan berat alias makanan utama. Buat Chi dan Keke, gak apa-apa, gak ada camilan. Yang penting ada makanan berat hehe. 1 lagi kesukaan Keke saat bulan puasa adalah buah kurma. Keke seneng banget sama kurma. K'aie dan Nai juga suka, walopun gak sesuka Keke. Cuma Chi yang gak suka. Senengnya, kalau bulan puasa dan hari raya islam, buah kurma gampang banget didapat. Kalau hari lain, agak jarang ada yang jual di dekat rumah.Jadi, walopun Chi gak suka, biasanya kalau buah kurma lagi mudah di dapat, Chi selalu stok buah kurma di rumah.

Kalau sampe sekarang ini penyemangat Nai untuk berpuasa adalah aneka camilan, buat Chi gak apa-apa. Namanya juga anak-anak. chi harus mengajarkannya bertahap. Setiap tahap, harus berusaha disyukuri. Baru punya niatan untuk berpuasa aja, udah seneng. apalagi kemudian anaknya mau melakukan. Nanti pelan-pelan, akan terus dijelaskan segala hal tentang berpuasa lebih dalam lagi. Pokoknya bertahap aja. Dulu Keke juga begitu. Lama-lama pemahaman dia tentang berpuasa juga semakin dalam.

Denger-denger, sih, libur kenaikan kelas tahun ini akan lumayan panjang karena disatuin sama libur puasa dan idul fitri. Tapi, Chi baru sebatas denger-denger aja. Belum ada keputusan resmi. Karena sekarang setiap libur, ngungsi ke rumah mertua, kayaknya Keke dan Nai bakal tambah kesenengan. Karena di sekitar rumah mertua banyak jajanan yang enak-enak. Siap-siap deh sama uang lebih, eh sama timbangan yang kemungkinan jarumnya makin ke kanan juga hihihi. Tapi, jangan sampe lupa juga untuk stok buah kurma buat Keke. Biar Keke semakin semangat puasanya :)