Rabu, 15 Agustus 2012

Rendang Maknyusss

Rendang, Resep

Masakan padang termasuk salah satu favorit Chi. Yang langsung terbayang ketika menyebut nama masakan padang adalah rendang. Masakan yang memang gak ada matinya :)

Hobi memasak Chi sebetulnya baru di mulai ketika Chi menikah.. Mungkin karena dulu sehari-hari udah ada PRT yang bisa memasak dengan enak. Apalagi setiap wiken, Mamah selalu masak buat keluarga dengan rasa yang top markotop.. *Mamah gak memasak setiap hari karena kesibukannya di kantor saat itu... Mamah sendiri gak pernah minta anak-anaknya terutama anak perempuannya untuk belajar masak.. Jadi ya dulu Chi memang gak pernah masak..

Chi inget banget waktu masih pacaran sama K'Aie & main ke rumahnya, neneknya K'Aie ngajakin Chi ke dapur untuk bantuin masak. Dan Chi bener-bener keringet dingin waktu neneknya K'Aie minta tolong Chi ambilin ketumbar.. Waktu itu Chi belom bisa ngebedain ketumbar sama merica. Keliatannya sama-sama bulet buat Chi... Hahahhha... Dengan pedenya Chi sodorin, dan untung aja pilihan Chi tepat.. :p

Setelah Chi resign dari kantor & memutuskan jadi full time mom, Chi pun belajar memasak.. Walopun kami masih tinggal sama orang tua, tapi pengen aja bisa membuat masakan spesial untuk rumah tangga Chi sendiri.. Apalagi K'Aie juga pasti punya selera sendiri.. Contohnya K'Aie itu suka banget sama sayur kacang merah. Tapi kalo K'Aie sukanya yang resepnya pake gula merah & banyak rempah-rempah. Sementara di keluarga Chi, sayur kacang biasanya di sop bening aja.. Walopun K'Aie tetep suka, tapi Chi tentunya pengen bikin sayur kacang merah yang sesuai dengan selera K'Aie..

Seneng banget kalo hasil masakan bikin suami & anak-anak lahap makannya.. Kayaknya kepuasan lahir-batin... Diantara beberapa masakan ada masakan yang bikin Chi suka ketawa-ketawa kalo lagi bikin.. Nama masakannya itu Rendang..

Semua orang pasti tau dong yang namanya rendang. Tapi mungkin bingung kenapa Chi bisa sampe ketawa-ketawa.. Sebetulnya bukan rendangnya yang bikin Chi ketawa, tapi ngeliat ulahnya Nai..

Kalo Chi lagi masak rendang, apalagi setelah kuahnya mengental & aroma khas rendang itu tercium, Nai suka bolak-balik ke dapur untuk mendekati wajan.. Awalnya Chi gak ngerti sama ulah Nai. Bahkan ketika rendangnya udah matang, dia masih juga bolak-balik ke dapur untuk mencium wajan berisi rendang..

Bunda : "Nai, ngapain sih bolak-balik ke dapur terus?"
Nai : "Baunya itu loh buuunnn... Hmmmm enaaaaaaakkkk..."

Ternyata Nai suka banget sama aroma rendang. Dia bisa berkali-kali ke dapur untuk mencium aroma rendang.. Lucu aja Chi liatnya.. Makanya Chi suka ketawa-ketawa liat ulahnya Nai...

Nai sebetulnya gak kuat masakan pedes.. Malah sering nolak kalo masakan pake pedes.. Tapi khusus untuk rendang, wuiiiihhh bisa berkali-kali dia nambah makannya.. Walopun sambil heboh karena kepedasan. Jadi berkali-kali minum juga.. Antara kasian & lucu liat ekspresinya.. Chi suka minta dia untuk jangan makan rendang karena keliatannya Nai kepedesan banget.. Tapi Nai gak peduli, tetep aja kalo udah makan Rendang bisa berkali-kali lipat dia lahapnya...

Sekarang kalo masak rendang takaran cabe merahnya Chi kurangin aja.. Kasian juga liatnya kalo terus-terusan heboh makannya... Tapi kalo di kurangin berarti Nai tambah lahap lagi makannya :D

Yah itu sedikit pengalaman Chi tentang memasak.. Banyak sebetulnya, termasuk kegiatan fun cooking sama anak-anak.. Pokoknya buat Chi sekarang memasak itu fun *walopun paling males beberes peralatan yang kotor sesudahnya.. :D

O'ya untuk resep Rendang Mak Nyusss yang biasa Chi bikin bisa liat di postingan Chi "Rendang Spesial"

post signature

81 komentar:

  1. TApi sekarang dah tau kan mana ketumbar dan PEdes hehe...
    Woow Chi masak Rendaang ??
    Ahh Salut deahh, 4 jempoll..
    xixixi..

    Hmm Kayaknya enak banget sahur sama rendaang, bolehdok di kirim kemarii

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah dong teh, kalo gak tau juga beli yg udah jd bubuk aja kan di botolnya ada namanya... hehhehe...

      tukeran sm masakannya org bandung coret yaaaa... :D

      Hapus
  2. gini aja teh.. nanti belikan aja Nai parfum aroma rendang, biar dia gak bolak-balik ke dapur hehehe

    sukses Giveawaynya teh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl gitu harus sering2 bikin minyak klentik.. hehhe..

      Hapus
    2. masih belum selesai nih teh masak rendangnya?

      Hapus
  3. jangankan Nai, aku waktu masih di bawah kelas 4 SD selalu puasanya setengah hari karena nggak kuat nyium aroma rendang
    emang rendang yg masih setengah jering dan sefang harum2nya itu yg paling enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya setengah kering dan sedang harum2nya, he..he...

      Hapus
    2. wangi rendang itu emang enak bgt ya mbak.. Sy juga suka, wanginya mengundang selera makan..

      Hapus
    3. Rendang gitu loh hehehe....rasanya selangit :D

      Hapus
  4. Wah ini dia makanan kesukaan saya, selain gulai kepala kakap
    Bisa nambah terus makannya kalau pakai rendang
    Good, wanita gak bisa masak ya maliyuuuuu

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduuuhh itu gulai kepala kakap juga enak pakde... jadi pengen kapan2 bkin gulai kepala kakap :)

      Hapus
  5. Balasan
    1. tukeran sm cookies hiasnya pascal ya :)

      Hapus
  6. yayyyy.... kabur ah mau lari liat resep rendangnya dulu..............

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn kabur mbak, ini saya bawain resepnya.. hehe..

      Hapus
  7. slurrrppp...aku malah belum pernah berhasil bikin rendang.
    TFS resepnya ya mba..

    Btw lagi banyak yg ngadain GA yaa..semoga menang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebetulnya bumbunya gak susah, cuma kalo bikin rendang emang hrs py waktu santai yg panjang.. karena lama & gak bs sering2 di tinggal. ^^

      Hapus
  8. Ehem2. .
    Rendangnya menggiurkan gituu, pantes Nai mondar-mandir terus bolak balik ke dapur. :)

    idah juga masih bingung, mana mrica dan ketumbar.
    Yang jelas mrica lebih kecil ya, Teh. :D

    Untung gak bingung dengan yang nmanya garam. .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru ketumbar yg lebih. Ayo belajar ngebedain lagi... :D

      Hapus
  9. nai sama kaya aku.. suka rendang apalagi buatan ibuku :D

    aku pasti nambah dan bolak balik dapur juga persis kya nai waktu kecil..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Tania gimana mbak? Kl di masakin rendang bolak-balik juga ga? :D

      Hapus
  10. Rendang memang bukan hanya milik orang padang ya... di keluarga saya juga kalau saya masak rendang pasti deh buat bikin ramai suasana.
    Semoga sukses ya dengan GAnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rendang udah jd selera nasional kayaknya ya mbak.. Byk yg suka :)

      Hapus
  11. wah gak nolak rendangnya dikirim ke jogja mbak :D

    BalasHapus

  12. Aku suka pedes sejak pertama kali makan rendang, gambarnya itu lho Mbak, bikin perut bernyanyi-nyanyi riang. Sukses ya ikutan giveawaynya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi kl liatnya siang2 pas puasa ya :D

      Hapus
  13. jadi inget Devon, kalo ada masakan rendang mamanya.. gak mau berhenti makan

    sukses dengan GA-nya ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang mengundang selera makan bgt ya rendang itu :)

      Hapus
  14. Rendang emang mak nyus banget ...

    Dulu waktu saya kecil ...
    Saya suka makan langsung dari wajan bekas masak rendang ...

    Rendang mateng ... dituang ke wadah ...
    naaaa sisa-sisa bumbu di wajan itu dibersihkan dengan cara
    Nasi dimasukkan ke wajan ... aduk-aduk biar bumbunya merata ... lalu saya dan adik saya rame-rame makan dari sana.
    Itu tiada duanya Chi ...
    Tiada duanya !!!

    Salam saya Chi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sp skrg sy juga gitu om, kayaknya gak rela bgt ya sisa2 bumbu terbuang gitu aja di tempat cucian.. Emang enak sih ^^

      Hapus
  15. Makan rendang pake bumbu nya tok enakbanget apahlagi makan pake nasi pules yang anget wes bolak balik kedapur kyak nai tapi niar nambah nasi, hahahah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya biasanya kl dagingnya udah habis kan bumbunya suka masih tersisa byk. Gak sy buang krn emang enak buat tambahan makan sm nasi hangat ^^

      Hapus
  16. Aku juga sama Bunda, dulu sering ketukar2 antara ketumbar dan merica. Tapi sekarang udah bisa bedain dari harum aromanya. Btw, memang rendang ini nendang banget. Masakan segala cuaca. Tahan lama dan lezatnya daleeeeem banget. Mau dong dikirim ke Bogor hehe...Btw, kita jd bersaing neh di hajatan Mamito. Pokoknya nyam-nyam...makan terussss....laziiiis

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, untuk bulan puasa ini juga sy stok rendang.. Tahan lama. Bisa di taro di kulkas trus hangatin seperlunya aja...

      Pokoknya besaing yang nyam nyam yaaaa... :D

      Hapus
  17. wah jadi ngiler nih liat rendangnya..

    BalasHapus
  18. Eh, aku jg suka sayur kacang meraaaah, tapi biasanya aku mah bumbunya cuma irisan bawang merah, bawang putih sm daun bawang doang, pake gula merah yg banyak, euh, jadi kepengen heuheuheu

    Gudlak ngontesnya ya mba Chi ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl yg seleranya suami, sop kacang merahnya gak pernah sy kasih bawang merah.. Rempah2nya sy tambahin pala bubuk sm kayu manis.. Wangi kayu manisnya menggoda selera bgt ^^

      thx ya :)

      Hapus
  19. jadi masalahnya bukan pada peralatan masaknya
    tapi rasa malas nyuci peralatannya setelah masak

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengennya langsung di santap pak. males bgt kl harus cuci2.. hiihih..

      Hapus
  20. lihat gambar rendangnya sudah terasa enaknya

    BalasHapus
  21. waahhh..penampakannya menggugah selera..beruntungnya ke2 & naii py bunda yg jago masak ya.. #jd lapeeerr..

    terdftr bunda ke2 & nai..trimakasih ya sdh ikutan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. seneng aja mbak kl liat keke & nai lahap makannya.. makanya jd hobi :D

      Hapus
  22. Toossss.. aku juga baru maksain diri buat masak ya sejak nikah, hihihi..
    Ah Chi, rendangnya bikin mupeng ihhhhhhhhhhh.. >O<
    Moga sukses GA-nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dr yg maksain lama2 jd hobi ya :D

      thx ya mbak ^^

      Hapus
  23. nerima pesenan rendang ga? heheheh...

    BalasHapus
  24. Jangankan Nai mba... aku pun suka banget aroma rendang.... apalagi saat udah bener2 sudah matang dan siap santap. Duh ga sabar deh rasanya... disantap bersama nasi putih hangat, hm....nyam-nyam deh....

    salut deh dengan mba Chi yang jago bikin rendang... pasti menyambut lebaran nanti, rendang andalannya juga siap sedia mendampingi ketupat idul Fithri ya mba? :)

    eh iya, semoga menang ya mba Chi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. rendang selalu jadi makanan tetap lebaran mbak.. tapi kl lebaran bukan sy yg bikin rendangnya :D

      Hapus
  25. kayaknya bakal sama2 menulis tentang rendang nih buat ikutan kontes ini, hehehe ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. o'ya? pasti rendangnya mbak Dey juga enak deh ^^

      Hapus
  26. sama mbak, anakku juga ndak suka masakan pedes, suka berantem denganku kalo di piringnya dia melihat cabe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka gak mau makan ya kalo ada cabe.. Nai juga gitu.. Cuma rendang aja, makanan pedes yang dia mau makan ^^

      Hapus
  27. wah cerita belajar masaknya boleh jg. istriku jg lagi belajar masak. modalnya adalah buku 'kitab masakan' yang tebelnya mantap banget. tapi belum pernah bikin rendang. baru berhasil bikin bakmi jawa, nasi goreng dan mi goreng spesial.
    rendang kayaknya makanan favorit juga ya saat lebaran. di rumah saat ini lagi bikin rendang yang katanya untuk hidangan lebaran nanti. sama dengan nai, saya tadi juga mondar mandir ke dapur mencium maknyusnya rendang. sayangnya yang bikin bukan istri... wkwkwkw...

    BalasHapus
  28. langsung laper nih... rendang memang paling enak dengan nasi.. bisa nambah nih kalau makan pake rendang... hehehhe

    BalasHapus
  29. hadeuuuh itu fotonya bikin sakit hati aja
    kangen bener yang namanya rendang
    kapan ya bisa turun ke kota nyari warung padang.?

    BalasHapus
  30. Jangan kan Nai, kalau masak rendang siang-siang pas bulan puasa bisa bikin tetangga gila Mbak hehehe...Baunya itu lho yg benar2 gak nahan

    BalasHapus
  31. wah jd kangen rendang bikinan ibuk.. soalnya aku ga bs bikin sndri. Pernah nyoba bikin, tp hasilnya malah ga jelas rasanya.. nyerah ajalah.. haha..

    BalasHapus
  32. @mas walank : pokoknya rendang itu top bgt ya :)

    @mas kamal : semoga istrinya cpt bs masak rendang.. Jd tahun2 berikutnya menikmati hidangan lebaran rendangnya istri :)

    @mas applausr : dr anak kecil sp dewasa semua suka ya:)

    @rawins : aduuuuhhh jgn sakit hati dong.. Hihihi.. Semoga ada wkt utk bs turun ke warung padang ya :)

    @mbak Evi : bener2 menggoda bgt ya baunya :)

    @mbak covalimawati : ayo mbak coba lagi.. Jangan nyerah :D

    BalasHapus
  33. bukan hanya NAI saja yang suka rendang, saya juga suka....selamat berkontes GA ya...semoga semua jadi pemenangnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rendang emang maknyuss ya..banyak yg suka :)

      Hapus
  34. Hari ini pun aku makan rendang, tapi buatan Ibu Mertua :D Aku manalah bisa membuatnya :oops:

    Selamat hari raya Idul Fitri, Jeng, maafkan lahir dan batin. Salam untuk seluruh keluarga yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mbak, selamat hari raya idul fitri.. kalo lebaran sy juga rendangnya yg masak mamah mertua & tante saya.. hehhee...

      Hapus
  35. mbaaaa...
    halah...pake masak rendang segalaaaa...

    RM Makan padang atuh mbaaaa...harus difungsikan...hihihi...
    *penghasut*

    BalasHapus
    Balasan
    1. tutup biii kalo pas lebaran mah resto padangnya.... hehhehe... :D

      Hapus
  36. o ya...
    Selamat Lebaran yah mba :)
    Mohon maap lahir batiiiiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2.. big hug utk kayla & fathir ya :)

      Hapus
  37. jadi laper ngliat rendang, kayanya mantab banget tuh mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kalo kata anak2 & suami sy mah rasanya mantap.. hehhee...

      Hapus
  38. Bunda Ke2nai dan keluarga.. selamat idhul fitri...mohon maaf lahir batin...

    wah nai suka banget rendang ya..tampak sedaaap rendangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Nai suka bgt rendang padahal sebenernya dia gak suka pedes :D

      Hapus
  39. Hihi Hana juga mulai suka rendang. Meski pedes ditahan2 :). Tapi Bunda belum pernah bikin rendang sendiri nih. Will try deh kapan2 :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain pake bumbu ajaibnya bunda hana.. pasti mak nyuss juga deh :)

      Hapus
  40. kyaaaaaaaa.... tadi siang aku nyobain indomie rendang...
    maklum, nggak pernah nyobain rendang asli...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy malah blm pernah nyobain mie instant rasa rendang :D

      Hapus
  41. seperti nya memang bener bener yummy,
    semoga menang ya bu'

    kapan kapan main kesitu ah, buat incip2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus yummy dong ah, biar suami & anak2 suka.. hehehe... ayo main ke sini :D

      Hapus
  42. Hebat Chi, udah bisa bikin rendang yang bikin Nai bolak-balik tambah nasi...saya jadi pengen ngerasain deh ;)

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge