Rendang Maknyusss

Rendang, Resep

Masakan padang termasuk salah satu favorit Chi. Yang langsung terbayang ketika menyebut nama masakan padang adalah rendang. Masakan yang memang gak ada matinya :)

Hobi memasak Chi sebetulnya baru di mulai ketika Chi menikah.. Mungkin karena dulu sehari-hari udah ada PRT yang bisa memasak dengan enak. Apalagi setiap wiken, Mamah selalu masak buat keluarga dengan rasa yang top markotop.. *Mamah gak memasak setiap hari karena kesibukannya di kantor saat itu... Mamah sendiri gak pernah minta anak-anaknya terutama anak perempuannya untuk belajar masak.. Jadi ya dulu Chi memang gak pernah masak..

Chi inget banget waktu masih pacaran sama K'Aie & main ke rumahnya, neneknya K'Aie ngajakin Chi ke dapur untuk bantuin masak. Dan Chi bener-bener keringet dingin waktu neneknya K'Aie minta tolong Chi ambilin ketumbar.. Waktu itu Chi belom bisa ngebedain ketumbar sama merica. Keliatannya sama-sama bulet buat Chi... Hahahhha... Dengan pedenya Chi sodorin, dan untung aja pilihan Chi tepat.. :p

Setelah Chi resign dari kantor & memutuskan jadi full time mom, Chi pun belajar memasak.. Walopun kami masih tinggal sama orang tua, tapi pengen aja bisa membuat masakan spesial untuk rumah tangga Chi sendiri.. Apalagi K'Aie juga pasti punya selera sendiri.. Contohnya K'Aie itu suka banget sama sayur kacang merah. Tapi kalo K'Aie sukanya yang resepnya pake gula merah & banyak rempah-rempah. Sementara di keluarga Chi, sayur kacang biasanya di sop bening aja.. Walopun K'Aie tetep suka, tapi Chi tentunya pengen bikin sayur kacang merah yang sesuai dengan selera K'Aie..

Seneng banget kalo hasil masakan bikin suami & anak-anak lahap makannya.. Kayaknya kepuasan lahir-batin... Diantara beberapa masakan ada masakan yang bikin Chi suka ketawa-ketawa kalo lagi bikin.. Nama masakannya itu Rendang..

Semua orang pasti tau dong yang namanya rendang. Tapi mungkin bingung kenapa Chi bisa sampe ketawa-ketawa.. Sebetulnya bukan rendangnya yang bikin Chi ketawa, tapi ngeliat ulahnya Nai..

Kalo Chi lagi masak rendang, apalagi setelah kuahnya mengental & aroma khas rendang itu tercium, Nai suka bolak-balik ke dapur untuk mendekati wajan.. Awalnya Chi gak ngerti sama ulah Nai. Bahkan ketika rendangnya udah matang, dia masih juga bolak-balik ke dapur untuk mencium wajan berisi rendang..

Bunda : "Nai, ngapain sih bolak-balik ke dapur terus?"
Nai : "Baunya itu loh buuunnn... Hmmmm enaaaaaaakkkk..."

Ternyata Nai suka banget sama aroma rendang. Dia bisa berkali-kali ke dapur untuk mencium aroma rendang.. Lucu aja Chi liatnya.. Makanya Chi suka ketawa-ketawa liat ulahnya Nai...

Nai sebetulnya gak kuat masakan pedes.. Malah sering nolak kalo masakan pake pedes.. Tapi khusus untuk rendang, wuiiiihhh bisa berkali-kali dia nambah makannya.. Walopun sambil heboh karena kepedasan. Jadi berkali-kali minum juga.. Antara kasian & lucu liat ekspresinya.. Chi suka minta dia untuk jangan makan rendang karena keliatannya Nai kepedesan banget.. Tapi Nai gak peduli, tetep aja kalo udah makan Rendang bisa berkali-kali lipat dia lahapnya...

Sekarang kalo masak rendang takaran cabe merahnya Chi kurangin aja.. Kasian juga liatnya kalo terus-terusan heboh makannya... Tapi kalo di kurangin berarti Nai tambah lahap lagi makannya :D

Yah itu sedikit pengalaman Chi tentang memasak.. Banyak sebetulnya, termasuk kegiatan fun cooking sama anak-anak.. Pokoknya buat Chi sekarang memasak itu fun *walopun paling males beberes peralatan yang kotor sesudahnya.. :D

50 Comments

  1. TApi sekarang dah tau kan mana ketumbar dan PEdes hehe...
    Woow Chi masak Rendaang ??
    Ahh Salut deahh, 4 jempoll..
    xixixi..

    Hmm Kayaknya enak banget sahur sama rendaang, bolehdok di kirim kemarii

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah dong teh, kalo gak tau juga beli yg udah jd bubuk aja kan di botolnya ada namanya... hehhehe...

      tukeran sm masakannya org bandung coret yaaaa... :D

      Hapus
  2. gini aja teh.. nanti belikan aja Nai parfum aroma rendang, biar dia gak bolak-balik ke dapur hehehe

    sukses Giveawaynya teh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl gitu harus sering2 bikin minyak klentik.. hehhe..

      Hapus
  3. kirim kerumah ya rendangnya :)

    BalasHapus
  4. yayyyy.... kabur ah mau lari liat resep rendangnya dulu..............

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn kabur mbak, ini saya bawain resepnya.. hehe..

      Hapus
  5. slurrrppp...aku malah belum pernah berhasil bikin rendang.
    TFS resepnya ya mba..

    Btw lagi banyak yg ngadain GA yaa..semoga menang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebetulnya bumbunya gak susah, cuma kalo bikin rendang emang hrs py waktu santai yg panjang.. karena lama & gak bs sering2 di tinggal. ^^

      Hapus
  6. Ehem2. .
    Rendangnya menggiurkan gituu, pantes Nai mondar-mandir terus bolak balik ke dapur. :)

    idah juga masih bingung, mana mrica dan ketumbar.
    Yang jelas mrica lebih kecil ya, Teh. :D

    Untung gak bingung dengan yang nmanya garam. .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru ketumbar yg lebih. Ayo belajar ngebedain lagi... :D

      Hapus
  7. nai sama kaya aku.. suka rendang apalagi buatan ibuku :D

    aku pasti nambah dan bolak balik dapur juga persis kya nai waktu kecil..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Tania gimana mbak? Kl di masakin rendang bolak-balik juga ga? :D

      Hapus
  8. Rendang memang bukan hanya milik orang padang ya... di keluarga saya juga kalau saya masak rendang pasti deh buat bikin ramai suasana.
    Semoga sukses ya dengan GAnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rendang udah jd selera nasional kayaknya ya mbak.. Byk yg suka :)

      Hapus
  9. wah gak nolak rendangnya dikirim ke jogja mbak :D

    BalasHapus
  10. jadi inget Devon, kalo ada masakan rendang mamanya.. gak mau berhenti makan

    sukses dengan GA-nya ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang mengundang selera makan bgt ya rendang itu :)

      Hapus
  11. Rendang emang mak nyus banget ...

    Dulu waktu saya kecil ...
    Saya suka makan langsung dari wajan bekas masak rendang ...

    Rendang mateng ... dituang ke wadah ...
    naaaa sisa-sisa bumbu di wajan itu dibersihkan dengan cara
    Nasi dimasukkan ke wajan ... aduk-aduk biar bumbunya merata ... lalu saya dan adik saya rame-rame makan dari sana.
    Itu tiada duanya Chi ...
    Tiada duanya !!!

    Salam saya Chi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sp skrg sy juga gitu om, kayaknya gak rela bgt ya sisa2 bumbu terbuang gitu aja di tempat cucian.. Emang enak sih ^^

      Hapus
  12. Makan rendang pake bumbu nya tok enakbanget apahlagi makan pake nasi pules yang anget wes bolak balik kedapur kyak nai tapi niar nambah nasi, hahahah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya biasanya kl dagingnya udah habis kan bumbunya suka masih tersisa byk. Gak sy buang krn emang enak buat tambahan makan sm nasi hangat ^^

      Hapus
  13. Aku juga sama Bunda, dulu sering ketukar2 antara ketumbar dan merica. Tapi sekarang udah bisa bedain dari harum aromanya. Btw, memang rendang ini nendang banget. Masakan segala cuaca. Tahan lama dan lezatnya daleeeeem banget. Mau dong dikirim ke Bogor hehe...Btw, kita jd bersaing neh di hajatan Mamito. Pokoknya nyam-nyam...makan terussss....laziiiis

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, untuk bulan puasa ini juga sy stok rendang.. Tahan lama. Bisa di taro di kulkas trus hangatin seperlunya aja...

      Pokoknya besaing yang nyam nyam yaaaa... :D

      Hapus
  14. wah jadi ngiler nih liat rendangnya..

    BalasHapus
  15. Eh, aku jg suka sayur kacang meraaaah, tapi biasanya aku mah bumbunya cuma irisan bawang merah, bawang putih sm daun bawang doang, pake gula merah yg banyak, euh, jadi kepengen heuheuheu

    Gudlak ngontesnya ya mba Chi ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl yg seleranya suami, sop kacang merahnya gak pernah sy kasih bawang merah.. Rempah2nya sy tambahin pala bubuk sm kayu manis.. Wangi kayu manisnya menggoda selera bgt ^^

      thx ya :)

      Hapus
  16. waahhh..penampakannya menggugah selera..beruntungnya ke2 & naii py bunda yg jago masak ya.. #jd lapeeerr..

    terdftr bunda ke2 & nai..trimakasih ya sdh ikutan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. seneng aja mbak kl liat keke & nai lahap makannya.. makanya jd hobi :D

      Hapus
  17. Toossss.. aku juga baru maksain diri buat masak ya sejak nikah, hihihi..
    Ah Chi, rendangnya bikin mupeng ihhhhhhhhhhh.. >O<
    Moga sukses GA-nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dr yg maksain lama2 jd hobi ya :D

      thx ya mbak ^^

      Hapus
  18. nerima pesenan rendang ga? heheheh...

    BalasHapus
  19. Jangankan Nai mba... aku pun suka banget aroma rendang.... apalagi saat udah bener2 sudah matang dan siap santap. Duh ga sabar deh rasanya... disantap bersama nasi putih hangat, hm....nyam-nyam deh....

    salut deh dengan mba Chi yang jago bikin rendang... pasti menyambut lebaran nanti, rendang andalannya juga siap sedia mendampingi ketupat idul Fithri ya mba? :)

    eh iya, semoga menang ya mba Chi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. rendang selalu jadi makanan tetap lebaran mbak.. tapi kl lebaran bukan sy yg bikin rendangnya :D

      Hapus
  20. kayaknya bakal sama2 menulis tentang rendang nih buat ikutan kontes ini, hehehe ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. o'ya? pasti rendangnya mbak Dey juga enak deh ^^

      Hapus
  21. Hari ini pun aku makan rendang, tapi buatan Ibu Mertua :D Aku manalah bisa membuatnya :oops:

    Selamat hari raya Idul Fitri, Jeng, maafkan lahir dan batin. Salam untuk seluruh keluarga yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mbak, selamat hari raya idul fitri.. kalo lebaran sy juga rendangnya yg masak mamah mertua & tante saya.. hehhee...

      Hapus
  22. jadi laper ngliat rendang, kayanya mantab banget tuh mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kalo kata anak2 & suami sy mah rasanya mantap.. hehhee...

      Hapus
  23. Bunda Ke2nai dan keluarga.. selamat idhul fitri...mohon maaf lahir batin...

    wah nai suka banget rendang ya..tampak sedaaap rendangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Nai suka bgt rendang padahal sebenernya dia gak suka pedes :D

      Hapus
  24. seperti nya memang bener bener yummy,
    semoga menang ya bu'

    kapan kapan main kesitu ah, buat incip2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus yummy dong ah, biar suami & anak2 suka.. hehehe... ayo main ke sini :D

      Hapus
  25. Hebat Chi, udah bisa bikin rendang yang bikin Nai bolak-balik tambah nasi...saya jadi pengen ngerasain deh ;)

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^