Featured Post

Ruang Paling Favorit di Rumah

“Panas banget sih kamar mu!” Untuk kesekian kalinya papah berkata seperti itu kalau ke kamar kami. Chi paling cuma senyum aja atau nyen...

Selasa, 25 Juli 2017

Berbagi Buku untuk Indonesia di Hari Anak Nasional

Berbagi Buku unruk Indonesia di Hari Anak Nasional

Sudah 2 minggu proses beberes rumah berlangsung. Saat sedang menata ulang kamar, Chi menemukan 1 buku yang sudah lama dicari. Lupa menyimpan trus baru ketemu lagi saat sedang beberes rumah.

Buku seri Detektif Cilik - Hawkeye Collins & AmMy Adams. Teman-teman tau buku yang Chi maksud? Kemungkinan besar yang seangkatan ma Chi tau tentang buku ini, ya. Buku seri ini jadi salah satu favorit sejak kecil hingga sekarang.

Buku ini menceritakan tentang 2 detektif cilik dengan berbagai misteri yang mereka pecahkan. Menariknya buku ini tidak hanya bercerita tetapi juga mengajak para pembacanya untuk membantu memecahkan misteri. Nanti pembaca akan menemukan jawaban dari berbagai misteri tersebut di halaman terakhir. Tapi sebelum ngintip jawabannya memang lebih seru kalau mencoba ikut memecahkan dulu. Seru, kan?

Rasanya dulu ada beberapa buku seperti ini selain Detektif Cilik. Ada seri Bermain Bersama Lima Sekawan. Ada beberapa buku lain yang Chi lupa serinya apa tapi sama serunya untuk dibaca. Jadi kangen banget sama buku-buku seperti ini.

Kalau zaman sekarang seperti Chi belum menemukan buku seperti ini. Atau memang ada tapi Chi gak tau, ya? Walaupun begitu buku zaman sekarang lebih banyak pilihannya. Ilustrasinya pun sangat bagus. Chi aja masih suka baca buku anak-anak meskipun Keke dan Nai sudah menjelang remaja, lho. Abis suka dengan ilustrasi dan ceritanya.

Sayangnya belum banyak anak Indonesia yang bisa menikmati buku-buku bagus ... 😞

Bulan Maret lalu Chi pernah mengajak teman-teman ikut berdonasi dalam rangka menumbuhkan minat baca anak di seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh BCA. Silakan baca tulisannya di "Buku Tetap Menjadi Jendela Dunia."

Minat baca anak-anak Indonesia sebetulnya tinggi tapi ketersediaan bukunya yang minim. Menurut Bapak M. Syarif Bando, Kepala Perpustakaan Nasional RI, UNESCO menetapkan bahwa 1 orang membaca 2 bahan bacaan. Sedangkan kondisi di Indonesia, 1 bahan bacaan ditunggu oleh 52 orang.

 
Penyerahan #BukuUntukIndonesia di Lampung
* Keterangan: foto milik BCA

Alhamdulillah, untuk periode pertama (15 Maret -  15 Juni 2017), gerakan "Berbagi Buku Untuk Indonesia" ini mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat Terkumpul dana sebesar Rp1,05 Miliar dari periode pertama. Dana tersebut akan diwujudkan dalam bentuk buku oleh BCA dan akan didonasikan ke 104 sekolah penerima di 60 titik di Indonesia.

Pemberian donasi ini diselenggarakan di SD Negeri 7 Gadingrejo, Pringsewu, Bandar Lampung, Jumat (21/07). Hadir dalam acara donasi adalah Bapak Santoso (Direktur BCA), Bapak Sapto Rachmadi (Senior Vice President Corporate Social Responsibility BCA), dan bapak Soeharjo Moeliadi (Kepala KCU BCA Bandar Lampung). Beberapa buku bacaan secara simbolis diberikan kepada 7  Kepala Sekolah SD Negeri, yakni SD Negeri 7 Gadingrejo, SDN 2 Banjarsari Metro Utara, SDN 3 Bumi Waras, SDN 5 Bumi Waras, SDN 3 dan 4 Sukaraja, dan SDN 4 Gunung Terang. Turut menyaksikan diantaranya adalah bapak Sulpakar (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung), Yekti Budi Utami (Ka UPT Pendidikan Bandar Lampung), Tri Parwoto (Kepala Dinas Pendidikan Kab Pringsewu), dan Sumarju Saeni (Kepala Dinas Sosial Bandar Lampung)

Pada saat yang berasamaan, pemberian donasi #BukuUntukIndonesia juga serentak dilaksanakan di 5 kota. Kelima kota tersebut yaitu Banda Aceh mewakili Sumatera, Garut mewakili Jawa, Singkawang mewakili Kalimantan, Makassar dan Manado mewakili Sulawesi, dan Kupang mewakili Indonesia Bagian Timur.
Animo masyarakat yang tinggi terhadap gerakan berbagi ini, BCA akan melanjutkannya hingga akhir tahun 2017. Teman-teman bisa ikut berdonasi di www.bukuuntukindonesia.com atau melalu cabang BCA terdekat.
Yuk, kita ikut berdonasi. Apalagi bulan Juli ini ada Hari Anak Nasional. Berikan kado terbaik untuk anak-anak Indonesia. Buku adalah salah satu kado terbaik bagi mereka. Tingginya minat baca di masyarakat bisa mempengaruhi kemajuan suatu negara, lho. Tentunya kita semua ingin Indonesia semakin maju, kan?
“Terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi menyukseskan gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia dan mempercayakan BCA sebagai perpanjangan tangan dalam berbagi kebaikan. Mari kita terus ciptakan akses yang luas kepada anak-anak di daerah untuk memperoleh buku bacaan yang dapat membuka wawasan mereka terhadap dunia yang tanpa batas dan menuju kehidupan yang sejahtera,” ujar bapak Santoso.

34 komentar:

  1. Sekarang semakin banyak kegiatan berbagi buku ya mak,alhamdulillah.....biar anak2 makin cinta membaca buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, semoga kegiatan seperti ini, anak-anak Indonesia semakin cinta dengan buku

      Hapus
  2. saya dulu bacanya lima sekawan dan karangan enid blyton. untungnya semua masih dalam kondisi terawat jd bisa di wariskan ke anak2 saya heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi gak perlu beli lima sekawan lagi, ya :)

      Hapus
  3. Budaya membaca buku sepertinya semakin tergeser dengan digital. So menurut saya sangat penting kegiatan semacam ini agar aktivitas membaca buku semakin ramai kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya perlahan digital menggeser budaya membaca. Padahal budaya membaca kita aja masih jadi PR banget.

      Hapus
  4. Aku koleksi Hawkeye & Amy mba, ada beberapa buku.. Sampe inget2 dulu oinjem-pinjeman sama temen di SD.. :) Kalo koleksi buku aku dapet warisan dari kakakku.. hehe.. Sekarang aku sama suami jg suka beli buku-buku buat anak-anak.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun kalau ajak anak-anak ke toko buku kayakya lebih semangat :)

      Hapus
  5. Hawkeye dan Amy...itu buku favorit jaman dulu...ah jadi kangen. Rasanya baca buku dan baca di ponsel beda. Tapi minat baca tumbuh itu dulu yang terpenting ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga lebih suka baca buku seperti ini daripada e-book

      Hapus
  6. Iya mba..biar anak2 gemar membaca..daripada ngegame kekerasaan. Btw, kayaknya aku kenal novel itu..seangkatan trio detektif sama lima sekawan sepertinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu memang novel jadu. Sayangnya sekarang udah gak ada :)

      Hapus
  7. Semangat membaca buku memang harus dilakukan denga berbagai cara ya mba. Dan aku setuju jika berbagi buku ini bisa jadi pilihan yang tepat. Smoga makin banyak yang semangat membaca ya :)

    BalasHapus
  8. baca ini jadi ingat mimpi membuka perpustakaan anak. Lumayan stok buku anak di rumah udah banyak.

    BalasHapus
  9. Aaghhhhhhhh buku fav ku jg ituuu :D. Seringnya sih aku gagal mecahin misteri si hawkeye dan ami mba :p. Ini buku g ada cetak ulangnya yaaa.. Kalo lima sekawan ama 4 sekawan kan ada tuh.. Sama novel STOP aku g prnh nemu lg :( ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sayangnya buku ini gak ada cetak ulangnya

      Hapus
  10. Ternyata membaca buku sangat penting untuk memperluas pengetahuan sang anak. Karena buku adalah jendela ilmu dimana anak2 bisa memahami dan menyampaikan cerita, kesan dan pesan juga apa yang telah dibaca.

    nurazizahkim.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dan kebiasaan membaca harus dimulai sejak dini

      Hapus
  11. berbagi memang harus, dan itu kewajiban kita kalo memiliki sesuatu :v

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah kegiatan seperti ini makin banyaaaak... semoga minat baca anak semakin tinggi di Indonesia...

    BalasHapus
  13. Masya Allah sampai 1 miliar buat donasi buku, nggak nyangka masyarakat bisa tinggi animonya buat nyumbang tuk buku

    BalasHapus
  14. Semoga dengan adanya CSR ini, buku dapat terdistribusikan dengan baik terutama di wilayah terpencil ya.

    BalasHapus
  15. Setuju banget buku kado terbaik. :)
    Jadi diingatkan nih untuk berbagi buku. Walau Hari Anak udah lewat, momen berbaginya nggak boleh kelewat. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup! Berbagi buku tidak harus di Hari Anak Nasional :)

      Hapus
  16. Setuju bangeet mbaaa.. aku punya buku bejibun! ((((Bejibun)))) hehehehe... aku punya cita-cita buka taman bacaan untuk anak-anak di rumah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pulang dari US bakal bawa banyak buku ya :)

      Hapus
  17. Syukuuur klo udh banyak orang yg tumbuh kesadaran bagi2 buku. Secara anak2 butuh ilmu seperti ini

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge