Featured Post

Bebas Nyeri Sendi Saat Mendaki dengan VIOSTIN DS

Kelihatan gagah, ya. Padahal aslinya sendi lutut terasa nyut-nyutan berkali-kali hehehe. Tapi sekarang udah ada solusinya. Baca aja cer...

Rabu, 22 Februari 2017

Beras Kencur ala Nai

beras kencur, jamu, resep, minuman 
Beras kencur ala Nai. Yang difoto ini adalah percobaan kedua. Setelah yang pertama gagal karena bukannya jadi minuman malah jadi bubur πŸ˜„

Ini bukan postingan baru. Aslinya postingan ini ada di blog Dapur KeNai. Tapi setelah beberapa kali menimbang, Chi memutuskan untuk mengunci blog itu dan memindahan resepnya ke sini. *Nanti ajalah Chi cerita kenapa memutuskan dikunci* 😊

Keke dan Nai suka dengan jamu. Untuk yang satu ini beda banget dengan bundanya yang gak suka jamu hehehe. Chi cuma suka jamu Tolak Angin aja. Itupun cuma merk tertentu πŸ˜‚ Gak semua jamu mereka suka juga, sih. Paling yang dikira rasanya masih nyaman di lidah mereka aja seperti jamu beras kencur.

Karena Nai suka masak, diapun ingin bikin jamu beras kencur sendiri. Chi udah bilang mending beli aja. Mbok jamu juga rutin lewat rumah. Tapi Nai gak mau. Dia kekeuh pengen bikin jamu beras kencur. Gurunya siapa lagi kalau bukan YouTube? Berbagai vlog tentang cara membuat beras kencur pun dia pelajari. Dan ini resepnya.

Bahan:
  • Beras *kira-kira 2 genggam tangan orang dewasa* dicuci bersih, kemudian direndam selama 1 jam
  • 6 buah kencur
  • 1,5 blok gula merah
  • Air. *Chi lupa berapa takarannya 😁. Pokoknya 1 resep ini, jadi 3 cangkir beras kencur
Cara membuat:
  1. Tiriskan beras yang sudah direndam selama 1 jam
  2. Sangrai beras dengan api kecil hingga kering. Jangan sampai gosong, ya
  3. Blender beras hingga menjadi bubuk
  4. Ulek kencur hingga cukup halus
  5. Sisir gula merah
  6. Rebus air hingga mendidih
  7. Masukkan kencur, 3 sdm bubuk beras, dan gula merah
  8. Masak hingga gula larut
  9. Matikan api.
  10. Segera saring air rebusan. Jangan tunggu sampai dingin
  11. Beras kencur siap diminum
 Tip:
  • Setelah direbus, harus segera disaring. Karena kalau menunggu dingin, akan mengental seperti bubur *Air rebusan menyerap ke nasi kalau dibiarkan dingin*
  • Takaran beras juga jangan kebanyakan. Untuk resep ini, cukup 3 sdm bubuk beras saja. Dipercobaan pertama, Nai menggunakan 200gr beras dan 1 buah kencur. Hasilnya, malah jadi bubur nasiπŸ˜€
  • 2 genggam beras bisa jadi lebih dari 3 sdm bubuk beras. Simpan saja sisanya di tempat kering yang tertutup rapat
  • Warna beras kencur bisa pucat, bisa juga coklat. Tergantung dari warna gula merah yang dipakai
  • Pemakaian gula juga tergantung selera. Nai suka yang rasanya manis, jadi dia agak banyak memberi gula merahnya
  • Untuk resep ini, setelah disaring, kira-kira jadi 3 cangkir 

13 komentar:

  1. Seger banget teh, saya juga hobi ngeberas kencur palagi yang manis, karena kan biasanya ada yang hambar tu klo di mbok2 jamu

    BalasHapus
  2. Anak-anak baru suka sinom doank... Hehe, karena aku dan ayah mereka gak begitu suka jamu. Hehe

    BalasHapus
  3. fav juga! seleranya sama. suka beras kencur. enak :D tapi belom pernah nyoba bikin sendiri

    BalasHapus
  4. wah nai keren, kita lebih beli jamu bude langganan nih, enak bingits jamunya.

    BalasHapus
  5. Waduh, Nai kok keren sekali sih bisa bikin beras kencur segala!
    Tante pesen satu lah! *plak*

    BalasHapus
  6. wah rajin sekali bikin sendiri, aku inget ibuku juga rajin bahkan bikin bedak dingin dari beras kencur

    BalasHapus
  7. Nai keren banget sih mba.. Masakannya bukan yg model2 gampang lagi :D. Aku kalah telak kayaknya kalo lomba masak ama dia :p..

    Beras kencur termasuk yg aku sukaaa bgt. Tp kalo bikin sendiri, mnding ga deh.. Bakal ga karuan sepertinya :D

    BalasHapus
  8. Wah harus coba bikin juga nih supaya tetap fit di musim hujan. :D

    BalasHapus
  9. suka banget dengan jamu beras kencur. Dulu tinggal beli aja tapi sekarang penjual jamu udah gak pernah datang lagi. Kayaknya bikin aja deh...

    BalasHapus
  10. Wah, bagus nih resepnya. Bisa dicoba di rumah :D

    BalasHapus
  11. ini rajin banget mba aku masih mengandalkan the power mbok jamu hahhaha aku aja tiap hari bikinin kunyit sama telor ayam uda nyerah mba hahaha ahirnya milih yg praktis πŸ˜‚πŸ€£

    BalasHapus
  12. Aku ga suka jamu. Segelas aja ngabisin ya lamaaa sampai suami ngomel hahaha

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge