Kamis, 09 Juli 2009

Mengenal Angka Dan Berhitung


Nai udah lumayan lancar berhitung.. Paling hitungan 1-10 sih udah lancar.. Tapi untuk mengenal angka dia masih suka salah-salah..

Tadinya chi mau ngajarin dengan cara yang sama seperti waktu Chi ngajari Keke.. Angka 1 itu seperti tongkat, angka 2 seperti bebek, dll. Tapi kayaknya kurang berhasil untuk Nai.. Kayaknya harus cari cara lain.. Salah satunya adalah ide dari ayahnya dengan mencoret-coret lantai..

Cara lain adalah Chi menulis di atas kertas, angka yang besar-besar.. Untuk langkah awal chi mulai dengan angka 1, 2 dan 3. Pertama-tama Chi mengenalkan satu persatu angkanya..

Langkah kedua Chi minta Nai menekan angka yang Chi minta.. Misalnya kalo Chi bilang "mana angka 2?", nah nanti jari-jarinya Nai memencet angka yang di maksud seolah-olah anagka itu adalah sebuah bel..

Kalo jawabannya bener, maka bel itu akan bunyi.. Kalo enggak Chi aka pura-pura pingsan.. Hehehehe... Ternyata Nai suka sama permainan ini.. Akhirnya setelah beberapa kali di ulang dan kesalahan yang dia lakukan makin berkurang bahkan akhirnya selalu benar, chi pun lalu mencoba memvariasikannya..

Chi kasih worksheet (lihat foto di atas..). Di worksheet itu ada pelajar berhitung & melingkari angka sesuai dengan hasil hitungannya.. Untuk berhitung, seperti yang chi udah tulis di atas dia udah lancar.. Apalagi kalo cuma berhitung 1-3 dia udah lanar banget.. Tapi pas nunjuk angkanya nih yang rada deg-degan.. bisa gak ya, atau jangan-jangan malah lupa lagi..Chi coba dengan permain 'bel' tadi. Jadi setelah berhitung dengan benar, Chi minta dia menunjukkan angka yang di maksud, setelah itu baru dia lingkarin.. Alhamdulillah ternyata kali ini dia berhasil.. semunanya bener.. Berarti mulai mengenal angka selanjutnya nih, yaitu angka 4..

post signature

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge