Featured Post

Antara Kopi Hijau, Diet, dan Antioksidan

Chi pernah bercerita di blog kalau K’Aie adalah seorang pecinta kopi. Setelah bangun tidur, aktivitas yang pertama kali dilakukan adalah ...

Jumat, 26 Mei 2017

Tip Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips

Tip Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips

Sehari sebelum puasa (26/5) dan screenshot di atas adalah obrolan Chi bersama K'Aie dan anak-anak. Kira-kira teman-teman pernah mengalami percakapan seperti itu, gak? Kalau dari beberapa teman yang komentar di status FB Chi itu yang udah jadi ibu memiliki pengalaman yang sama πŸ˜‚

Menyusun menu memang bukan perkara mudah. Dimasakin itu-itu aja nanti pada bosan. Tapi gonta-ganti menu pun belum tentu pada suka. Padahal K'Aie dan anak-anak bukan termasuk yang pemilih banget urusan makan. Meskipun begitu bukan berarti gak ada drama-dramanya.

Akhirnya setelah jawaban gak tau dan terserah, Keke bilang kalau dia pengen makan ayam goreng tepung untuk sahur tapi langsung Chi tolak. Bikin ayam goreng tepung itu susah-susah gampang. Kalau apinya kegedean, tepungnya matang duluan padahal ayamnya masih mentah. Dibiarin lebih lama maka tepungnya gosong. Sebaliknya kalau apinya kekecilan kayaknya lama banget ngegorengnya. Perasaan gak mateng-mateng.

Kebayang kan mata masih sepet karena ngantuk trus harus berlama-lama nungguin ayam goreng tepung matang. Iya kalau terus matangnya, kalau enggak bisa-bisa sahur ma telor ceplok aja. Atau gimana kalau Chi kesiangan bangun? Mikirnya aja udah ribet duluan. Akhirnya permintaan Keke ditolak 😁

Jadinya masak ayam goreng mentega dan sayur sop. Masaknya hari ini, dimakan buat sahur besok. Setidaknya kalau kesiangan bangun tinggal dihangatkan. Gak pake lama prosesnya. Praktis banget, kan?

Apakah yang praktis itu sehat? Chi akan terus berusaha menyajikan makanan sehat bagi keluarga. Dan sepertinya semua ibu akan selalu berusaha seperti itu. Tapi apakah makanan yang disajikan benar-benar sehat? Lalu bagaimana dengan porsinya? Terkadang kita sendiri lupa atau malah belum tahu tentang hal ini.

Apalagi kalau membahas menu selama Ramadhan. Pada saat berbuka pengennya segala dimakan sampai akhirnya malas beraktivitas karena kekenyangan dan mengantuk. Giliran sahur, makannya malas-malasan karena masih mengantuk. Jadinya selama berpuasa juga merasa malas beraktivitas karena lemas.

Tip Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips
"Indikator keberhasilan puasa adalah berat badan menjadi ideal. Yang gemuk akan turun dan yang kurus akan naik berat badannya. Glukosa darah dan tekanan darah stabil. Puasa akan membuat kita menjadi semakin aktif dan produktif, pemikiran positif, dan emosional semakin baik," ujar Rita Ramayulis DCN, M.Kes.
Senin, 15 Mei 2017, Philips Indonesia mengundang rekan media dan blogger untuk hadir di acara Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips. Acara ini menghadirkan narasumber Rita Ramayulis DCN, M.Kes, seorang nutrisionis yang sudah menulis berbagai buku tentang gizi, diet untuk berbagai pernyakit, serta mengatur pola makan sehat. Juga sebagai narasumber di salah satu acara tentang makanan di salah satu televisi swasta.

Tip Ramadan Sehat dan Praktis

Dari sudut ahli gizi, puasa merupakan salah satu proses detoksifikasi. Selama kurang lebih 14 jam beberapa organ pencernaan beristirahat karena tubuh tidak mendapatkan asupan makan dan minum. Hal ini memberikan kesempatan untuk beberapa organ tubuh melakukan regenerasi dan juga penurunan radikal bebas.

Porsi makanan dan minuman setiap hari pada saat puasa dan tidak sebetulnya tidak ada perbedaan. Yang membedakan hanyalah waktunya. Bila di luar bulan Ramadan, waktu kita untuk makan dan minum lebih panjang. Sedangkan selama bulan Ramadan cukup sempit, hanya pada saat berbuka dan sahur. Sehingga perlu lebih diatur lagi pola makan saat berpuasa.

Setiap orang memiliki kebutuhan kkal yang berbeda tergantung dari berat badan, tinggi badan, serta aktivitas sehari-hari. Usia juga mempengaruhi, untuk di atas 40 tahun tidak lagi mencari berat badan ideal tapi hitungannya berat badan normal. Ibu Rita memberikan contoh seorang perempuan berusia 42 tahun, tinggi badan 154 cm, berat badan 58 kg, dan aktivitas sehari-hari adalah pegawai juga ibu rumah tangga. Dari data tersebut setelah dihitung maka kebutuhan energinya adalah 1.600 kkal.

1.600 kkal ini dibagi ke dalam beberapa menu makan dalam sehari *bukan untuk sekali makan, ya*, yaitu
  • 3,5 porsi karbohidrat. Untuk karbohidrat, per porsinya kira-kira 1 telapak tangan
  • 5 porsi protein. 1 porsi protein, ukurannya adalah 1 telapak tangan
  • 3 porsi sayur. 1 porsi kira 2 telapak tangan yang disatukan *seperti sedang berdo'a*
  • 3 porsi buah. 1 porsinya kurang lebih 1 genggam tangan kiri
  • 5 porsi minyak. Untuk 5 porsi minyak kurang lebih banyaknya 1 jempol
  • 2 sdm gula. Ukuran normal bukan munjung, ya
Membahas tentang minyak, biasanya saat berpuasa konsumsi minyak kita semakin banyak. 1 makanan biasanya mengandung 1/5 minyak. Sekarang kalau dalam 1 porsi makanan terdiri dari nasi uduk, mie goreng, 1 buah bakwan, 1 potong ayam goreng, dan 1 potong tempe goreng berarti sudah ada 5 porsi minyak untuk sekali makan saja. *Padahal kalau buka puasa, makan gorengan aja gak cukup 1, ya. Duh! Beneran harus mulai merubah kebiasaan, nih.

Berbuka Puasa

Jangan lupakan cairan. Yang pertama kali kehilangan saat berpuasa adalah cairan dan elektrolit tubuh. Maka ketika waktunya berbuka harus segera menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang terlebih dahulu. Kemudian naikkan kadar glukosa darah menjadi stabil, apalagi menjelang berbuka kadar glukosa darah mulai turun.
Dari Salman bin Amir radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Bila kalian berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma, karena kurma itu barakah. Kalau tidak ada kurma, maka dengan air, karena air itu mensucikan. (HR. Abu Daud dan At-Tirmizy)
Dari sudut ahli gizi pun berbuka puasa dengan kurma sangat dianjurkan. Kurma sangat dianjurkan untuk berbuka puasa karena mengandung
  • Zat gula, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang berpadu menjadi satu
  • Serat
  • Mikronutrien seperti kalium dan potasium.
  • Betakaroten dalam bentuk vitamin A
  • Serta beberapa mineral dan vitamin lain
Berbukalah dengan yang manis. Sering banget kan ya kita mendengar kalimat itu. Kalau kemudian kurma digantikan dengan teh manis apakah cocok? Ternyata tidak. Karena dalam 1 gelas teh manis hanya mengandung sukrosa. Tidak ada kandungan lain dalam teh manis yang bisa menyamakan kandungan dalam kurma.

Kandungan sukrosa hanya membuat gula darah naik secara drastis tetapi dengan cepat akan turun lagi. Itulah pentingnya ada perpaduan glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Gula darah yang naik akan dibuat stabil dengan perpaduan ini. Bila tidak ada kurma, bisa digantikan dnegan buah lain seperti semangka atau pisang.

Tip Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips

Setelah shalat maghrib, dilanjut dengan makan malam. Untuk yang memiliki berat badan ideal, menggunakan prinsip piring makanku. Sedangkan yang memiliki berat badan berlebih menggunakan prinsip piring makan T.

Biasanya setelah shalat taraweh kita gak mau makan lagi karena khawatir gemuk. Tetapi ahli gizi justru menganjurkan untuk makan lagi. Alasannya kalau hanya menyantap menu berbuka kemudian makan malam, kebutuhan untuk tubuh belum sepenuhnya terpenuhi. Biasanya tubuh masih membutuhkan vitamin, mineral, dan protein. Tetapi jangan mengkonsumsi karbohidrat lagi karena sudah cukup bahkan berlebih. Teman-teman bisa mengkonsumsi omelette isi sayur, capcay, oseng tempe dan kacang panjang, salad dengan yogurt, dan lain-lain asalkan jangan karbohidrat. Kelebihan karbohidrat menjelang tidur akan membuat oksigen berada di sekitar lambung. Sehingga pada saat sahur, otak akan sulit untuk dibuat sadar. Kita pun jadi malas untuk sahur.

Sahur

Prinsip makan sahur yang harus diketahui sebagai berikut
  • Memenuhi kebutuhan energi dna zat gizi. Pilih sumber energi yang dicerna lebih lama dan bertahap agar perut terasa kenyang lebih lama.
  • Pilih protein yang rendah lemak. Protein yang tinggi lemak akan membuat organ tubuh mencerna lebih keras. Akhirnya tubuh juga menjadi cepat lelah. Makanan yang digoreng termasuk yang tinggi lemaknya.
  • Cairan dan elektrolit harus terpenuhi
Untuk karbohidrat, kita bisa memilih yang berserat tinggi misalnya beras merah. Bila tida suka beras merah karena teksturnya, masih bisa dicampur dengan beras putih. *Kalau di rumah biasanya mencampur beras merah dengan agar-agar.

Sayur pada saat sahur sebaiknya yang mengandung air tinggi banyak seperti sop. Buah pun pilih yang kaya akan air seperti melon. Agar kebutuhan cairan pada saat sahur terpenuhi.

Peran Dapur Inovasi Philips Selama Ramadan

Bapak Yongky Sentosa, Head of Personal Health Philips Indonesia mengatakan bahwa hidup sehat adalah langkah utama untuk menjaga kesehatan. Lebih lanjut dikatakan bahwa seluruh produk Philips mendukung gaya hidup sehat.

Melalui inovasi dapur Philips lahir berbagai produk yang mendukung hidup sehat tetapi juga mengerti kebutuhan masyarakat saat ini terutama yang tinggal di perkotaan. Masyarakat di perkotaan umumnya memiliki mobilitas yang sangat tinggi dengan waktu yang terbatas. Membuat menu sehat untuk pribadi dan keluarga bisa dirasa memakan waktu dan ribet bila tidak didukung peralatan yang bisa diandalkan.

Peralatan dapur Philips memang memegang peranan dalam menyiapkan menu Ramadan. Pernah gak mau sahur tapi lupa masak nasi. Pasti rasanya nyesek πŸ˜‚. Chi belum pernah, seringnya pas buka puasa tapi belom masak nasi hehehe.
Tip Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips
Kalau menggunakan Philips Fuzzy Logic rice cooker, teman-teman udah gak khawatir lagi. Waktu menanaknya bisa disetting. Misalnya malam sebelum tidur, kemudian disetting slow cook supaya saat matang saat sahur. Rice cooker ini juga memiliki kontrol fuzzy logic, suatu mekanisme pemanas terkomputerisasi dan pengontrol suhu agar hasil memasak optimal dengan program berbeda. Panci 5-lapis setebal 1,5 mm ini juga akan membuat panas lebih merata dan rasa nasi menjadi lebih enak.

Tip Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips 
Bola-bola ayam sayur yang renyah dan energize juice yang segar

Di acara ini juga diadakan demo masak. Seluruh peserta yang hadir juga diberi kesempatan untuk mencoba membuat hidangan Ramadan praktis. Sehat karena bahan-bahannya bergizi dan diproses dengan baik. Praktis karena hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Menu yang kami buat ada 2 yaitu, Bola-Bola Ayam Sayur dan Energizer Juice.
Tip Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips
Bola-bola ayam sayur biasanya dikenal sebagai salah satu menu gorengan. Padahal menurut Rita Ramayulis sebaiknya menghindari gorengan terutama pada saat sahur. Gorengan akan membuat tubuh cepat lelah saat berpuasa karena organ tubuh harus mencerna lebih keras. Tetapi pada saat itu kami memprosesnya menggunakan Philips Air Fryer.

Prinsip menggoreng adalah memasak makanan di dalam penggorengan menggunakan minyak yang banyak. Menumis bukan termasuk menggoreng. Apalagi bila menggunakan Air Fryer tentunya bukan termasuk menggoreng karena tidak menggunakan minyak sama sekali. Makanya boleh banget mengkonsumsi bola-bola ayam sahur untuk sahur, apalagi ayam yang digunakan tanpa kulit berarti rendah lemak.

Gampang banget bikin bola-bola ayam sayur karena tinggal mencampurkan semua bahan kemudian dibentuk bola. Berbeda banget dengan proses menggoreng di mana kita harus terus memperhatikan dan sesekali mengaduk supaya makanan tidak gosong. Kalau menggunakan air fryer tinggal disetting waktunya trus tutup, deh. Sambil menunggu matang kita mengerjakan hal lain seperti membuat juice.
Tip Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips
Blender Philips udah terkenal kualitasnya. Setidaknya Chi sudah merasakan punya blender Philips yang awet bertahun-tahun. Sekarang makin canggih aja blendernya. Selain mudah dibersihkan juga memiliki beberapa tombol multiple speed. Blender Philips yang kami pakai saat itu juga tidak akan menyala bila belum ditutup dengan benar. Jadi gak bakal khawatir isinya akan muncrat ke mana-mana.

 
Ini juga bisa termasuk menu sehat dan praktis. Bisa buat berbuka puasa atau sahur, nih 😊

Mumpung sudah memasukin bulan Ramadan, nih. Sudah terbayang mau menu masak praktis Ramadan yang seperti apa untuk sahur dan berbuka puasa? Chi mulai ada rencana, sih. Tapi jadi makin semangat mengikuti saran ibu Rita untuk hidup sehat. Ya siapa tau setelah Ramadan, berat badan Chi bisa turun beberapa kilo dan badan pun jadi lebih bugar. Pas teman-teman juga ingin sehat, kan? 😊


Info lebih lanjut

Philips Indonesia

Website: http://philips.to/HomeLivingID
Fanpage FB: Philips Home Living ID
Twitter: @Philips_ID

20 komentar:

  1. Momen Ramadhan seharusnya memang saat yang tepat untuk detoksifikasi ya, mbak Myra. Semoga Ramadhan kali ini kita lebih sehat, lebih baik dan lebih berkah. Aamiin :)

    BalasHapus
  2. Aku sampai skarang pakai blender Philips dan memang awet banget mba. Hihii. Bener mb, jadi emak-emak tuh nggak mudah buat menyiapkan makanan. Aalagi pas sahur dan buka puasa.. HIhii. Makasih sudah mengingatkan mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blender Philips di rumah saya juga awet banget. Sama-sama. Semoga tetap semangat menyiapkan sahur, ya :)

      Hapus
  3. Itu gimana hitungannya ya bisa ketemu angka 1600kkal? Maklum, kepo...

    Baru tau saya kalo peran teh manis anget untuk berbuka, gak sama dengan kurma, justru lebih bagus makan kurma. Memang Sunnah Rosululloh itu menyehatkan ya mba...

    Cukup sulit juga ya menghitung kebutuhan gizi setiap harinya, apalagi di bulan puasa, tapi setidaknya artikel ini sudah ikut membantu dengan penjelasan yang cukup lengkap...

    Nice sharing mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada hitungannya tapi saya pun masih agak bingung. Memang sebaiknya konsultasi dengan ahli gizi.

      Hapus
  4. Air fryer itu bikin mupeng yaa. Sehat menggoreng tanpa minyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, masaknya pun bisa sambil ditinggal :)

      Hapus
  5. tanya Mba : 3,5 itu nasi Porsi sehari atau Sekali makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. porsi makan sehari. Kalau dalam sehari 3 x makan, tinggal dibagi 3 aja

      Hapus
  6. Untuk sahur bagus yg model sop gitu ya Chi? Suamiku lbh suka yg tumis2 nih klo sahur. Kudu ubah mindset ya klo gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya biar mengkonsumsi airnya juga banyak

      Hapus
  7. Nah.. Sesudah mendengar bahwa kurma buat berbuka lebih sehat...

    sementara selama ini puluhan tahun minum teh panas manis tu semacam keharusan!

    Aku mulai membuat infused water kurma loh Mom Chi, katanya bagus banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah coba, Mbak. Kayaknya menarik juga, nih. Thx, ya :)

      Hapus
  8. *nyari-nyari merk philips di rumah. Ah, mixer dan bohlam LED merk philips. hihihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rumah saya juga kayaknya banyak produk Philips :D

      Hapus
  9. Punya Philips ini memang asyik banget, bikin ramadan jadi happy. Masak pun praktis dan sehat.

    BalasHapus
  10. kesempatan untuk perbaiki pola makan kita jugaaa nih mbaa...selamat puasaaa yaaa :). Makanannya enak-enak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup! Smeoga kita semakin sehat setelah berpuasa, ya. aamiin

      Hapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge