Featured Post

Antara Kopi Hijau, Diet, dan Antioksidan

Chi pernah bercerita di blog kalau K’Aie adalah seorang pecinta kopi. Setelah bangun tidur, aktivitas yang pertama kali dilakukan adalah ...

Rabu, 03 Mei 2017

[Tip] Cara Mengatasi Panas di Tangan Karena Cabe

Cara Mengatasi Panas di Tangan Karena Cabe

Udah hampir 2 minggu Chi terkena batuk dan pilek. Awalnya batuk dulu, setelah agak reda trus pilek mulai masuk sampe sekarang ๐Ÿ˜“

Kalau lagi batuk dan pilek, biasanya Chi suka bikin sambal jahe. Salah satu khasiat jahe kan bisa meringankan batuk atau pilek. Jahe akan membuat tubuh menjadi hangat dan memicu keluarnya keringat. Tapi Chi gak berani kalau cuma makan jahe aja. Makanya suka dibikin sambal jahe.

Cara bikinnya gampang. Jahe, bawang merah, cabai rawit merah, dan garam digerus kasar. Sambal jahe dimakan dengan nais hangat. Lauknya bebas. Tapi yang pasti setelah makan sambal jahe biasanya badan agak lebih enak dan keringat bercucuran.

Minggu lalu, Chi bikin sambal jahe lagi. Kadang setiap kali selesai bikin sambal, tangan Chi jadi panas. Chi pernah baca, katanya supaya tangan gak panas, sebelum pegang cabe sebaiknya tangannya dioleh minyak sayur atau minyak zaitun dulu. Tapi Chi gak pernah lakukan karena selalu lupa. Lagipula kalaupun tangan jadi panas, biasanya gak pernah lama.

Hanya saja, minggu lalu tumben lumayan lama. Dari siang sampe maghrib, panasnya gak juga berkurang. Udah gitu rasanya panas banget. Chi sampe gak tahan dan mulai browsing di Google tentang berbagai tip mengatasi panas di tangan karena cabe.

Beberapa tip Chi cobain, tapi semuanya gagal! Ya bukan berarti Chi bilang kalau semua tip itu gak bener, lho. Mungkin kebetulan gak cocok aja ma Chi. Ini beberapa cara yang udah Chi cobain.

Siram atau rendam dengan air dingin. Cara ini langsung berhasil selama tangan berada di air. Begitu tangan udah gak di air, saat itu juga panas langsung datang lagi. Udah agak lama direndam, tetep aja panas datang lagi begitu tangan udah gak di air. Kalau kelamaan direndam, nanti tangan Chi jadi keriput, dong.

Disiram pakai susu atau yogurt. Mminum susu atau yogurt memang berhasil buat ngilangin rasa pedas di mulut. Tapi tangan yang terasa panas? Gak berhasil sama sekali hehehe. Tetep aja panas akan seketika datang begitu gak disiram susu atau yogurt. Sayang ah kalau terus dibuang-buang, mendingan buat diminum.

Cuci tangan dengan sabun pencuci piring. Katanya sih sabun pencuci piring lebih efektif menghilangkan panas di tangan daripada pakai sabun biasa. Tapi gak berhasil sama Chi. Ya, meskipun sampe sekarang Chi lebih sering cuci tangan pake sabun pencuci piring hehehe.

Olesi minyak sayur. Gak berhasil juga, tuh. Padahal Chi sampe berkali-kali coba. Tangan malah jadi lengket. Trus dicuci deh pake sabun pencuci piring. Tetep aja tangan masih panas lagi.

Semua tip di atas Chi cobain gak cuma sekali. Tapi berkali-kali dan selalu gagal. Lewat maghrib, Chi mulai kesel karena panas di tangan gak juga berkurang. Ada juga nyarain buat tidur aja nanti begitu bangun udah hilang deh panasnya. Ya tapi gimana bisa tidur kalau tanga rasanya panas kayak gitu.

Chi pun coba cara lain. Sebetulnya udah gak berharap bakal berhasil. Ya, udah siap-siap bakal nangis kalau sampe gagal lagi ๐Ÿ˜‚

Direndam di air hangat. Selain susu atau yogurt, air hangat juga bisa membantu menghilangkan rasa pedas dengan cepat. Tapi kalau tangan yang panas, apakah akan berhasil? Ternyata bisa! Tapi, merendam tangan yang panas di air hangat rasanya luar biasa alias sakit hehehe.

Sebelum direndam, Chi sentuh dulu airnya dengan tangan kiri. Suhunya gak terlalu panas. Masih kuat lah buat berendam. Tapi begitu tangan kanan yang lagi panas dimasukkin, rasanya jadi berkali-kali lipat panasnya. Di salah artikel yang Chi baca, katanya direndam sekitar 1 menit setelah itu tangan diangkat sebentar trus rendam lagi. Begitu terus sampai panasnya hilang.

Chi gak kuat kalau sampe 1 menit. Paling cuma sekitar 20-30 detik aja. Gemeteran rasanya menahan panas. Setelah beberapa kali direndam, angkat, rendam, angkat, panasnya berangsur menghilang. Alhamdulillah. Chi seneng banget.

Kapok gak makan atau bikin sambel? Enggak, lah. Karena sambel justru bikin nafsu makan semakin bertambah *Lupakan diet kalau lagi makan sambal ๐Ÿ˜„

30 komentar:

  1. Jadi pengen makan sama sambal dan ikan asin, nikmat kayaknya deh. *laper*

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanan yang gak pernah bikin bosan, ya :D

      Hapus
  2. ini sambelnya menggoda banget deh Mbak haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi bikin tangan saya jadi panas :D

      Hapus
  3. Iya sya sering begitu, panas ditangan.., awalnya dulu pakai air es..
    ga hilang2,,

    ternyata caranya pakai air hangat 1 menit ya.,
    oke lain kali nyambel dulu baru colek ke tangan.,, siip artikel bagus bgt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Pake air dingin hilangnya cuma sesaat. Abis itu panas lagi

      Hapus
  4. klo lagi batpil, aku prefer minum teh jahe aja mak, belum pernah bikin sambel jahe

    tips ngilangin panas gegara cabe kudu dicoba nih, suka khilaf klo udah ketemu sambal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga cukup rutin minum air rebusan jahe merah meskipun gak lagi batpi

      Hapus
  5. Sambelnya enak, tapi aftereffect bikin sambelnya yg bikin gengges ya, Mb. Klo aku pas males ngulek bikinnya sambel yg dirajang trus ditumis aja. Nah, klo pas bikin balado yg hrs bersihin biji cabe tuh yg sering bikin tangan jd panas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang juga suka saya tumis dulu. Tapi karena ini lagi batuk jadi memang menghindari minyak berlebih

      Hapus
  6. Tos mbk, aku jg pakek air hangat bt ngilangin efek panas stlh berinteraksi sm cabe, :)

    BalasHapus
  7. lihat sambal jadi mau amkan itambah ikana sin sedap. makasih tipsnya

    BalasHapus
  8. Akhirnya dapet tips yg simple buat ngilangin panas gara2 cabe, sering vanget aku mba kepanasan gtu pernah sama baking soda jg tetep gal ngefek, nanti kalo kena panas lagi mau coba pake air anget deh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya walaupun rasanya agak nyeri ke tangan saat dicelupin :D

      Hapus
  9. Aku sering nih ngalamin tangan panas karena makan sambal. Tapi nggak kapok dan selalu ngerasa panas akan hilang sendiri. Apakah udah kebal ya :p

    BalasHapus
  10. sambalnya ituuuuu nantangin banget buat dimakan ... heeee

    BalasHapus
  11. Aku yang doyan nyambel wajib terapin trik ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesama orang Sunda mah harus suka sambal hehehe

      Hapus
  12. sudah kepanasan kena cabe direndam di air panas pulak... tp kl buat ngilangin rasa panasnya ternyata ampuh maka cara ini pantes dicoba lah ya

    BalasHapus
  13. seperti kepedesan juga bisa diredakan dengan air hangat, jadi menghilangkan panas akibat cabe di tangan juga bisa dengan air hangat rupanya

    BalasHapus
  14. Baru tau juga ternyata jahe bisa dibikin sambel.. BTW, itu susunya sayang ya diguyur ke tangan, jadi kebuang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kan namanya juga usaha untuk menghilangkan panas di tangan

      Hapus
  15. Wah boleh juga tipsnya, siapa tahu nanti juga mengalami. Saya juga suka Mbak makan jahe untuk meringankan gejala mau flu, tapi biasanya saya rebus dan airnya dicampur dengan teh. Kalau bikin sambal terus terang belum pernah, karena saya tak begitu suka pedes-pedes.

    BalasHapus
  16. Tangan aku hari ini kena cabe. Dan rasanya panas bangettttt.. mau tidur juga gabisa. Trs aku coba pake es batu gamempan malah panasnya nyebar gitu. Aku pake air hangat udh lumayan hilang cuma masih ada panasnya di telapak tangan. Pas bangun tidur ga panas tp pas bersentuhan dengan tangan yg lain jd panassss lagi :(

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge