liburan bersama keluarga besar

5 Tips Mempersiapkan Liburan Bersama Keluarga - 🎤 Libur tlah tiba ... Libur tlah tiba ... Hore! Hore! Horeeee! 🎶

Setiap kali musim liburan sudah di depan mata, lagu Tasya Kamila, mantan penyanyi cilik, selalu terngiang-ngiang. Horeeee, libuuuurrr!

Bakalan ke mana liburan kali ini? Di rumah aja atau jalan-jalan? Di dalam kota atau luar kota? Sendirian atau ramai-ramai? Baru merancang liburan aja rasanya udah asik banget, ya.

Sejak dulu, Chi bukan tipe solo traveler. Takut nyasar kalau jalan sendirian hahaha. Apalagi setelah punya anak, makin gak kepengen deh jalan sendirian. Nah, Chi mau berbagi tips  bagaimana mempersiapkan liburan bersama keluarga.

[Silakan baca: Tips Menghadapi Musim Hujan]


5 Tips Persiapan Liburan


1. Mendiskusikan Rencana Liburan Bersama-sama

Namanya juga pergi beramai-ramai, tentunya semuanya harus nyaman. Jangan egois dan gak mikirin orang lain. Saat anak-anak masih bayi dan batita, tentu aja belum bisa diajak diskusi. Tetapi, kan sebagai orang tua juga pastinya tau, jalan-jalan seperti apa yang nyaman bagi anak. Setiap anak, bahkan sesama sodara kandung pun, bisa punya kenyamanan yang berbeda-beda.

Selama sekian tahun, kami jalan-jalan di kota aja kayak nge-mall atau makan di resto. Kalaupun camping, pilihnya yang glamping. Setelah anak-anak agak gedean, baru deh kami mulai jalan-jalan yang lebih bervariasi lagi, termasuk naik gunung. Pokoknya mau ke manapun jalan-jalannya harus berdasarkan keputusan bersama.


2. Menyusun Rencana Keuangan

Ini juga penting banget pastinya. Apalagi Chi bukan tipe solo traveler kan, ya. Jadi biaya yang harus disiapkan tentunya lebih banyak. Kalau naik transportasi umum seperti kereta atau pesawat, tentunya harus dikali 4 biayanya. Belum lagi biaya makan, penginapan, dan lain sebagainya. Udah bukan dobel lagi hitungannya. Apalagi kalau anak-anak udah mulai gede kayak begini.


3. Membuat Itinerary yang Ramah Keluarga

Setelah diputuskan akan pergi ke mana, tentunya perlu menyusun itinerary. Harus lihat kondisi seluruh anggota keluarga juga, lho. Contohnya kayak waktu kami sekeluarga besar berlibur ke Singapore. Buat keluarga kecil kami, itinerary yang disusun adik Chi memang seru dan asik. Tetapi, bagi mamah dan papah terlalu padat. Orang tua kami memang senang banget karena seru. Hanya saja mereka juga jadi terlalu kecapekan kalau padat begitu. Jadi, memang harus dilihat dengan siapa aja kita jalan-jalannya.


4. Mempersiapkan Barang Bawaan

Kalau perginya menggunakan kendaraan pribadi, Chi lebih leluasa membawa barang. Bisa lebih banyak yang dibawa, meskipun kadang-kadang K'Aie suka agak protes kalau dirasa kebanyakan bawaan. Tetapi, kalau perginya naik transportasi umum, tentunya harus banyak pertimbangan. Contohnya saat naik pesawat kan juga ada batasan maksimum. Daripada nanti bermasalah, mendingan dipertimbangkan deh apa aja yang mau dibawa.


5. Siapkan Asuransi Perjalanan

Tadinya, Chi gak pernah kepikiran tentang hal ini. Kalaupun ada asuransi ya dari tiket transportasi yang dibeli aja. Kan, biasanya udah sekalian ada asuransi, tuh. Sejak mengenal happyTrip, Chi jadi berpikir tentang pentingnya membuat asuransi perjalanan.

[Silakan baca: happyOne.id, Asuransi Astra dengan Premi Mulai Rp399 Ribu]


happyTrip, Asuransi Perjalanan yang Membuat Jalan-Jalan Menjadi Semakin Nyaman


happytrip, happyone, asuransi perjalanan

Yakin banget deh gak ada yang berharap terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat sedang berjalan-jalan. Mana ada yang berharap terjadi kecelakaan saat sedang ingin bersenang-senang? Tetapi, prinsip asuransi itu kan seperti sedia payung sebelum hujan. Kalaupun terjadi sesuatu, setidaknya ada yang nilai pertanggungan yang akan didapat.

Sesuatu yang tidak diinginkan saat traveling tidak hanya sebatas kecelakaan saja. Tetapi, bisa juga terjadi kasus kehilangan barang pribadi, keterlambatan bagasi, ketinggalan transportasi berikutnya karena keterlambatan keberangkatan, dan lain sebagainya.

Dengan happyTrip dari happyOne.id, kita bisa mendapatkan nilai pertanggungan bila ada kejadian seperti itu. Preminya juga cukup murah dan bisa menjangkau banyak kalangan. Perjalanannya juga gak sebatas domestik, tetapi juga yang ke luar negeri.

Coba teman-teman cek website happyOne.id atau bisa juga baca beberapa tulisan Chi yang ada di blog ini untuk informasi lebih lanjut, ya. Selamat menikmati liburan!

[silakan baca: Rumus Kebahagiaan Komplit dari Asuransi Astra happyOne.id]


asuransi perjalanan, tips mempersiapkan liburan