5 Tips Mempersiapkan Liburan Bersama Keluarga - Keke Naima

Minggu, 09 Desember 2018

5 Tips Mempersiapkan Liburan Bersama Keluarga

liburan bersama keluarga besar

5 Tips Mempersiapkan Liburan Bersama Keluarga


🎤 Libur tlah tiba ... Libur tlah tiba ... Hore! Hore! Horeeee! 🎶

Setiap kali musim liburan sudah di depan mata, lagu Tasya Kamila, mantan penyanyi cilik, selalu terngiang-ngiang. Horeeee, libuuuurrr!

Bakalan ke mana liburan kali ini? Di rumah aja atau jalan-jalan? Di dalam kota atau luar kota? Sendirian atau ramai-ramai? Baru merancang liburan aja rasanya udah asik banget, ya.

Sejak dulu, Chi bukan tipe solo traveler. Takut nyasar kalau jalan sendirian hahaha. Apalagi setelah punya anak, makin gak kepengen deh jalan sendirian. Nah, Chi mau berbagi tips  bagaimana mempersiapkan liburan bersama keluarga.

[Silakan baca: Tips Menghadapi Musim Hujan]

5 Tips Persiapan Liburan


tips mempersiapkan liburan keluarga

1. Mendiskusikan Rencana Liburan Bersama-sama

Namanya juga pergi beramai-ramai, tentunya semuanya harus nyaman. Jangan egois dan gak mikirin orang lain. Saat anak-anak masih bayi dan batita, tentu aja belum bisa diajak diskusi. Tetapi, kan sebagai orang tua juga pastinya tau, jalan-jalan seperti apa yang nyaman bagi anak. Setiap anak, bahkan sesama sodara kandung pun, bisa punya kenyamanan yang berbeda-beda.

Selama sekian tahun, kami jalan-jalan di kota aja kayak nge-mall atau makan di resto. Kalaupun camping, pilihnya yang glamping. Setelah anak-anak agak gedean, baru deh kami mulai jalan-jalan yang lebih bervariasi lagi, termasuk naik gunung. Pokoknya mau ke manapun jalan-jalannya harus berdasarkan keputusan bersama.

2. Menyusun Rencana Keuangan

Ini juga penting banget pastinya. Apalagi Chi bukan tipe solo traveler kan, ya. Jadi biaya yang harus disiapkan tentunya lebih banyak. Kalau naik transportasi umum seperti kereta atau pesawat, tentunya harus dikali 4 biayanya. Belum lagi biaya makan, penginapan, dan lain sebagainya. Udah bukan dobel lagi hitungannya. Apalagi kalau anak-anak udah mulai gede kayak begini.

3. Membuat Itinerary yang Ramah Keluarga

Setelah diputuskan akan pergi ke mana, tentunya perlu menyusun itinerary. Harus lihat kondisi seluruh anggota keluarga juga, lho. Contohnya kayak waktu kami sekeluarga besar berlibur ke Singapore. Buat keluarga kecil kami, itinerary yang disusun adik Chi memang seru dan asik. Tetapi, bagi mamah dan papah terlalu padat. Orang tua kami memang senang banget karena seru. Hanya saja mereka juga jadi terlalu kecapekan kalau padat begitu. Jadi, memang harus dilihat dengan siapa aja kita jalan-jalannya.

4. Mempersiapkan Barang Bawaan

Kalau perginya menggunakan kendaraan pribadi, Chi lebih leluasa membawa barang. Bisa lebih banyak yang dibawa, meskipun kadang-kadang K'Aie suka agak protes kalau dirasa kebanyakan bawaan. Tetapi, kalau perginya naik transportasi umum, tentunya harus banyak pertimbangan. Contohnya saat naik pesawat kan juga ada batasan maksimum. Daripada nanti bermasalah, mendingan dipertimbangkan deh apa aja yang mau dibawa.

5. Siapkan Asuransi Perjalanan

Tadinya, Chi gak pernah kepikiran tentang hal ini. Kalaupun ada asuransi ya dari tiket transportasi yang dibeli aja. Kan, biasanya udah sekalian ada asuransi, tuh. Sejak mengenal happyTrip, Chi jadi berpikir tentang pentingnya membuat asuransi perjalanan.

[Silakan baca: happyOne.id, Asuransi Astra dengan Premi Mulai Rp399 Ribu]

happyTrip, Asuransi Perjalanan yang Membuat Jalan-Jalan Menjadi Semakin Nyaman


happytrip, happyone, asuransi perjalanan

Yakin banget deh gak ada yang berharap terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat sedang berjalan-jalan. Mana ada yang berharap terjadi kecelakaan saat sedang ingin bersenang-senang? Tetapi, prinsip asuransi itu kan seperti sedia payung sebelum hujan. Kalaupun terjadi sesuatu, setidaknya ada yang nilai pertanggungan yang akan didapat.

Sesuatu yang tidak diinginkan saat traveling tidak hanya sebatas kecelakaan saja. Tetapi, bisa juga terjadi kasus kehilangan barang pribadi, keterlambatan bagasi, ketinggalan transportasi berikutnya karena keterlambatan keberangkatan, dan lain sebagainya.

Dengan happyTrip dari happyOne.id, kita bisa mendapatkan nilai pertanggungan bila ada kejadian seperti itu. Preminya juga cukup murah dan bisa menjangkau banyak kalangan. Perjalanannya juga gak sebatas domestik, tetapi juga yang ke luar negeri.

Coba teman-teman cek website happyOne.id atau bisa juga baca beberapa tulisan Chi yang ada di blog ini untuk informasi lebih lanjut, ya. Selamat menikmati liburan!

[silakan baca: Rumus Kebahagiaan Komplit dari Asuransi Astra happyOne.id]

asuransi perjalanan, tips mempersiapkan liburan

57 komentar:

  1. Bener banget mbak, nomer 1, Mendiskusikan Rencana Liburan Bersama-sama. Agar semua happy...

    BalasHapus
  2. yang penting budget nya ada dulu yaa..
    biar gak pusyingg pulang liburan kantong bolong.. ehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi saya perginya sekeluarga. Bujet bisa dikali 4 hehehe

      Hapus
  3. anak2 ngajak liburan tapi masih galua karena aku dan suami ga dapat ijin cuti dari kantor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin kegiatan yang menyenangkan di rumah aja, Mbak :)

      Hapus
  4. Dengan happytrip, jln2 jd lbh tenang ya, meski tentu berdoanya sih selalu lancar ya

    BalasHapus
  5. Baru tau ada happyOne, jadi kepikiran jg pake happyone kalau jalan2 luar kota/luar negeri

    BalasHapus
  6. Soal bawa barang aku juga maunya banyak yg dibawa makanya gak bisa kl mengandalkan ransel aja, maklum anak koper :-D

    Bener kl jalan2 sekeluarga harus happy semua gak egois nurutin satu orang aja, nah kemarin ke Badnung semua jawabannay terserah jadi bingung.

    BalasHapus
  7. betul ya mba sekarang sih perlu asuransi perjalanan jadi tertarik pengen cobain happyone :)

    BalasHapus
  8. Ternyata cakupan HappyTrip banyak juga ya mbak, bukan cuma kecelakaan saja....

    BalasHapus
  9. Diskuai dan menyusun itinerary itu bagian paling seru kalau mau liburan. Yang bikin pusing pasti kalau udh ngomongin budgeting :D

    BalasHapus
  10. Mempersiapkan liburan bersama keluarga tuh gampang-gampang susah. Suami minta ke satu tempat, Anak anak minta ke tempat lain, kita juga pengen ke tempat lain. Haha. Makanya memang paling tepat deh membahasnya bersama keluarga :)

    BalasHapus
  11. Budgeting itu penting banget ya mba, jangan sampe pulang liburan keuangan bocor sana sini karena ga disiplin soal budget.

    BalasHapus
  12. Kalau liburan dan jalan jalan sama orang tua, itinerary juga harus didiskusikan dengan baik ya mbk. Takutnya yang tua kecapean, kasihan.

    BalasHapus
  13. Setuju banget sama beberapa tips di atas. Awalnya aku kira happytrip ini cuma cocok untuk para traveler. Tapi ternyata happy trip cocok untuk semua orang.

    BalasHapus
  14. bener banget mbak, selama ini kalau liburan keluarga perencanaannya selalu kurang dan malah berasa 'kurang maksimal' hahaha

    BalasHapus
  15. Asuransi perjalanan itu penting banget deh, biar liburannya jadi lebih tenang, meminimalkan drama juga hehehe
    Sudah sering kepoin happy one, emang beneran bikin happy tuh :)

    BalasHapus
  16. keren bgt destinasi wisatanya. ini di mana?

    BalasHapus
  17. Yang penting rencana keuangannya benar2 disusun. Takutnya malah bokek dan pusing selepas liburan. Haha

    Juga asuransi. Di jalan, siapa yg tahu apa yg terjadi

    BalasHapus
  18. jalan2...pasti yg dipikirkan tentang keuangannya. yang lain bisa mengikuti. kalau jalan2 bajet pas2an, ada aja yg bikin jalan2 ga kondusif. bete2an, ambek2an, hahha...malah jadi rusuh.

    BalasHapus
  19. aku liburan desember ini ga kemana2 :D
    bajet dah ludes buat liburan tahun ini hihihi

    BalasHapus
  20. Lengkap sudah tips persiapan liburannya Mbak Myr. Tinggal packing aja nih kayaknya.emang kalau jalan bareng keluarga banyak yang harus dipertimbangkan ya

    BalasHapus
  21. Bener nih mba, salah satu rencana yang wajib dipilirkan adalah soal budget, karena tanpa budget yang proporsional, nggak jadi seneng-seneng deh

    BalasHapus
  22. Aku kalau liburan sama keluarga lebih banyak ribetnya. Maklum keluarga besar. Kudu lebih banhak persiapan deh

    BalasHapus
  23. Zaman masih lajang, kalau mau jalan2 nggak pakai banyak mikir. Sekarang sudah berkeluarga dan punya anak semuanya jadi serba perlu banyak pertimbangan. Terutama budget nih penting banget, soalnya berkaitan sama kenyamanan semua orang dalam perjalanan liburan.

    BalasHapus
  24. Setuju banget nih sama semua tipnya.
    Terutama poin 1, mendiskusikan rencana liburan biar semua happy menikmatinya

    BalasHapus
  25. Perjalanan liburan keluarga jadi menyenangkan dengan adanya rencana . 5 tips ini sangat membantu untuk di terapkan

    BalasHapus
  26. Aku pun kalo pergi berempat, jadi harus dihitung bener2 kebutuhan untuk traveling. Beda lagi kalo bareng keluarga besar suami, harus dikali dikali lipatkan juga. Tapi seneng sih pergi traveling sekeluarga.

    BalasHapus
  27. Aku kalo liburan bareng klg semuanya disusun rapi. Persiapan dana juga tempat tujuan harus diputuskan bareng

    BalasHapus
  28. Serunya klo liburan emang hrs bareng kluarga besar ya Mak.. Makin rame, makin bragam maunya, makanya wajib bgt diomongin dl

    BalasHapus
  29. Wah asyik banget ya bisa jalan2 bareng keluarga ..sudah lama ga bisa komplit krn si sulungnya jauh...heu..

    BalasHapus
  30. Liburannya seru banget mbk, aku belum keluar nih, jadi pengen menikmati liburan dengan keluarga juga

    BalasHapus
  31. Kalau sudah asuransi tambah nyaman ta mba traveling.. aplg happy one.id lengkap covernya

    BalasHapus
  32. Di zaman kayak sekarang mah, liburan juga perlu asuransi ya. Berbagai risiko siap menghadang. Dan happyTrip ini salah satu asuransi yang menggoda. Manfaatnya berguna banget, preminya juga murah

    BalasHapus
  33. Aku mulai terbiasa dengan membuat jadwal selama liburan.
    Dulu-dulu...sukanya ke manapun kaki melangkah dan berhenti di mana, berarti itu tujuan liburan kita.

    Tapi ternyata, liburan tanpa perencanaan itu bener-bener gak worthed.

    BalasHapus
  34. Sekarang ga hanya asuransi jiwa aja ya yang penting, asuransi perjalanan juga penting dimasukan ke list persiapan.

    BalasHapus
  35. Liburan bareng keluarga memang seru ya tapi mesti banyak yang dipersiapkan juga, terutama asuransi perjalanan karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi selama liburan ya

    BalasHapus
  36. Iya nih kurangnya aku yang blm adalah menyiapkan asuransi perjalanan. Dan parahnya aku baru tahu kalo ada asuransi tersebut. :(

    BalasHapus
  37. Setuju, akupun melakukan tips2 di atas mba. Dan yg pasti riset kecil tentang lokasi wisata yang ramah anak :)

    BalasHapus
  38. Tipsnya oke banget, Teh Chi. Biasanya perencanaan sebelum liburan yang teteh ulas ini mah aku banget. Apalagi suami tipikal yang berencana.

    BalasHapus
  39. Pokoknya anak-anak diajak diskusinsejak awal ya mba.. aku juga begitu. Kita pernah liburan mengikuti isi buku sejarahnya Bo tentang perbudakan di Amerika. Seruuu

    BalasHapus
  40. Hati makin tenang ya bila saat jalan2 dengan keluarga udah ada proteksi perjalanan kayak gini. Duh jadi inget, musim liburan ini ternyata keluargaku nggak kemana2 nih, si ayah lagi banyak deadline.

    BalasHapus
  41. Makasih tipsnya manfaat banget buat aku yg lagi nyusun rencana liburab brg keluarga

    BalasHapus
  42. Asuransi perjalanan zaman skrng jg termasuk kebutuhan ya, soalnya traveling itu udah kyk kebutuhan wajib jg. Apalagi kalau bepergiannya jauh2 dan bawa keluarga, butuh perlindungan asuransi.

    BalasHapus
  43. Saya jg pengen banget deh Mbak bisa liburan keluarga, tp setelah dihitung2 klo naik pesawat jatuhnya lumayan bikin manyun, hihihih. Secara pengennya keluar Sulawesi jg gtu jd klo emang mau ngetrip kudu nabung yg kencang dari jauh hari, heheh. Dan penting banget ini ya masukkan poin asuransi perjalanan juga biar semua bisa tenang :)

    BalasHapus
  44. Asyik ya jika ada asuransi perjalanan kek gini. Liburan juga tenang

    BalasHapus
  45. Emang penting sih punya asuransi perjalanan seperti ini utk kondisi tak terduga ya

    BalasHapus
  46. Ini tips yang patut diterapkan, secara Mbak Chi sudah biasa liburan bersama keluarga sejak anak-anak masih kecil-kecil ya. Sekarang rasanya lebih mudah ya karena anak2 sudah pada ngerti mempersiapkan yang bisa mereka persiapkan malah bisa diajak diskusi pula :)

    BalasHapus
  47. Asuransi perjalanan itu penting bingits bagi traveller ya kk, sbg wadah perubahan untuk lebih baik dan proteksi diri ya

    BalasHapus
  48. Saat traveling asuransi perjalanan kadang dilupakan. Padahal manfaatnya banyak ya. Untuk antisipasi dan proteksi kejadian yang tak terduga.

    BalasHapus
  49. Asuransi perjalanan ini sangat penting banget ya mba, kalau ingin mempersiapkan liburan. Biar tenang juga.

    BalasHapus
  50. Tiosnya aasuk banget buat aku nih mba insya Allah bukan ini mau jalan2 keluarga, hehe.

    BalasHapus
  51. Aku senang kalau travelling keluarga itu jadi tambah harmonis. Kalau di rumah terus kan jadi jenuh.

    BalasHapus
  52. Liburan akhir tahun ini sifatnya dadakan banget sampai kami nggak planning mau ke mana. Akhirnya sedikit kacau karena kurang persiapan. Bener juga sih, sedekat apapun acara liburannya, baiknya memang ada persiapan seperti ini.

    BalasHapus
  53. Liburan bareng keluarga emang selalu menyenangkan yah mbak, aku seneng banget bacanya tiap perjalanan jadi terasa makin seru.

    BalasHapus
  54. Selalu suka liat kekompakan keluarga mba Myra. Seru aja kesemuanya bisa saling memahami apalagi utk urusan jalan2. Prepare utk asuransinya juga tampaknya patut utk dipersiapkan

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^