tips meninggalkan rumah agar tetap aman saat liburan

Tips Meninggalkan Rumah Agar Tetap Aman Saat Liburan - Papah: "Chi, jalan jam berapa ke Bandung?"
Chi: "Paling nanti abis makan siang, Pah."

Saat itu suasana Hari Raya Idul Fitri. Papah dan mamah sudah jalan duluan ke Bandung sejak 2 hari sebelum lebaran. Chi sekeluarga baru jalan ke Bandung di Lebaran hari pertama, setelah makan siang. Papah menelpon buat buat minta tolong bawain televisi baru yang rencananya mau diberikan untuk keluarga di Bandung.  Jadi sebelum ke Bandung, kami mampir dulu ke rumah orang tua buat ambil tv.

Libur dan mudik memang sesuatu yang menyenangkan. Tetapi, mengingat akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk waktu yang cukup lama, tentunya harus ada persiapan agar rumah tetap aman. Nah, apa aja sih persiapannya?


Beberapa Tips Agar Rumah Tetap Aman Saat Ditinggalkan

 

tips, rumah aman, liburan


Pastikan Semua Pintu dan Jendela Terkunci dan Tertutup Rapat

Pintu dan jendela bisa menjadi jalan utama dari masuknya pencuri. Makanya penting banget untuk memastikan semuanya tertutup rapat dan terkunci. Beberapa tahun lalu, pernah kami lupa menutup rapat salah satu jendela di lantai atas. Memang bukan pencuri yang masuk, tetapi tikus! Udah gitu pakai mati pula di karpet. Ugh! Itu baunya lama banget baru hilang. 😨


Pasang CCTV

Sudah beberapa tahun ini, kami pasang portable CCTV di rumah. Jadi selama masih ada akses internet, kami bisa memantau beberapa bagian rumah melalui smartphone.


Melapor ke Satpam

Papah sempat bilang kalau nanti kami sudah mengambil tv, semua lampu dimatikan. Chi sempat heran dengan permintaan papah. Bukankah kalau semua lampu dimatikan, berarti saat malam rumah kami kemungkinan akan gelap sendirian? Blok di mana orang tua Chi tinggal memang kebanyakan non muslim. Jadi, biasanya hanya sedikit yang mudik saat Lebaran.

Kata Papah, satpam di blok yang minta seperti itu. Lebih baik terlihat gelap sendiri saat malam daripada lampu terlihat menyala sendirian saat siang. Hmmm ... Mungkin ada benarnya, ya. Kabarnya pencuri juga belum tentu bekerja di malam hari.

Etapi, kondisi seperti ini gak bisa dipukul rata ke semua orang, ya. Sebaiknya memang melapor ke satpam atau hansip lingkungan. Minta tolong supaya rumah dijaga selama kita mudik. Dan bertanya juga gimana baiknya supaya tetap aman.


Cek Semua Alat Elektronik

Pastikan semua alat elektronik dalam keadaan dicabut listriknya. Ya, beberapa alat elektronik mungkin gak mungkin dicabut seperti kulkas karena ada makanan di dalamnya. Pompa di kolam ikan juga tidak kami matikan supaya ikan tetap hidup. Tetapi, selain itu semua harus dicabut.

Pernah juga kejadian beberapa tahun lalu, Chi lupa cek ricek alat elektronik sebelum mudik. Ternyata, komputer belum dimatikan. Selama berhari-hari menyala membuat hard disk jadi rusak dan gak bisa diperbaiki sampai sekarang. Hilang deh semua foto Keke dari mulai lahir hingga berusia 2 tahun. Penyesalan terbesar Chi sampai sekarang. 😭

Gak hanya alat elektronik, selang tabung gas juga harus dicabut. Alat elektronik yang gak dicabut listriknya juga dicek dulu kondisinya. Tujuannya untuk meminimalkan risiko terjadi kebakaran.

[Silakan baca: 5 Tips Mempersiapkan Liburan Bersama Keluarga]


Lindungi Rumah dengan happyHome


Pernah mengalami peristiwa kebakaran rumah? Duh! Mudah-mudahan jangan pernah mengalami, ya. Tetapi, saya waktu kecil pernah mengalami sampai beberapa kali.

Waktu itu kami masih tinggal di gang yang cukup padat penduduk di salah satu lokasi di Jakarta Pusat. Alhamdulillah, rumah kami gak ikut terbakar. Tetapi, bisa membayangkan bagaimana paniknya setiap kali ada peristiwa kebaran terjadi? Apalagi pernah lokasi kebakarannya tuh rumah tetangga tepat di belakang rumah.

Pernah juga, sekitar pukul 1-2 dinihari, tante menelpon Chi. Katanya, rumah tetangga yang tepat di depan kebakaran. Mana rumah om dan tetangga saling nempel temboknya. Jadi memang udah sangat dekat. Tetapi, api menjalar ke samping, sehingga rumah om saya pun selamat.

Nah, sedihnya dari peristiwa kebakaran tuh, biasanya sumber masalah dari satu rumah, tetapi yang korban bisa lebih dari 1 rumah. Mana membangun rumah juga pastinya butuh biaya yang tidak sedikit. Belum lagi kalau timbul kerugian tambahan. Mulai kepikiran gak untuk memiliki asuransi kebakaran?

Asuransi happyOne.id dari Astra memiliki salah satu produk untuk membuat kita menjadi lebih nyaman dengan rumah sendiri. Produk ini akan memberikan proteksi atas risiko kebakaran dari rumah yang kita tempati.


happyhome, asuransi kebakaran

Nama produknya adalah happyHome. Asuransi ini tidak hanya memberikan penggantian atas risiko kebakaran yang terjadi. Tetapi, juga memberikan beberapa manfaat tambahan lain. Tergantung dari jenis mana yang teman-teman pilih. Karena asuransi ini ada 2 yaitu, happyHome Fit dan happyHome plus

happyOne.id memang memiliki banyak pilihan produk. Silakan teman-teman pilih sesuai kebutuhan. Pilih semua juga boleh. Pastinya mau pilih 1 atau semua pun cukup dengan OneID. Semua perlindungan hingga riwayat polis sudah bisa teman-teman dapatkan.

[Silakan baca: happyOne.id, Asuransi Astra dengan Premi Mulai dari Rp399 Ribu]

Klaimnya mudah karena bisa beberapa channel. Proses membuat polisnya pun sama mudahnya. Via internet juga bisa. Yuk, mulai pikirkan untuk melindungi rumah dari sekarang.


happyone, perlindungan rumah agar aman