Friday, February 26, 2021

Resep Sop Bola-Bola Tahu

Resep Sop Bola-Bola Tahu - Musim hujan sudah tiba. Sedihnya di beberapa daerah terkena banjir karena curah hujan yang ekstrim. Diperparah lagi dengan kondisi lingkungan yang semakin gak bersahabat dengan bumi. Luas hutan semakin berkurang, masih banyak yang buang sampah sembarangan, permasalahan tata guna lahan, dan banyak faktor lainnya. 
 
 resep-sop-bola-bola-tahu

Kesedihan semakin bertambah karena saat ini juga sedang dalam kondisi pandemi COVID-19. Sungguh ujian kesabaran bagi kita semua. Terutama bagi teman-teman yang merasakan langsung dampak banjir, tanah longsor, dan lain sebagainya. Semoga aja cobaan segera usai, kesehatan tetap terjaga, dan untuk harta yang rusak/hilang akan diganti lebih baik. Aamiin Allahumma aamiin.

Sekarang kita bahas kuliner di saat musim hujan aja, ya. Bawaannya pengen makan melulu kalau lagi hujan. Chi paling sering bikin bakso atau steamboat. Mentok-mentok ya mie instan kuah hehehe.

Kali ini, Chi mau berbagi resep sop bola-bola tahu. Resep yang praktis. Cocok juga buat teman-teman yang tidak mengkonsumsi bahan-bahan hewani. Yuk kita bikin! 
 
 resep-minyak-bawang

Bahan-Bahan:

  • 2 buah tahu cina, dihaluskan dengan garpu atau penghalus kentang
  • 4-5 sdm tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • Air
  • 3-4 lembar jamur kuping, rendam di air hangat kemudian cincang halus *optional
  • Bawang merah goreng 
  • Kaldu bubuk jamur atau kaldu ayam *optional
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • 1 bonggol sawi putih, potong-potong

 

Bahan-Bahan Minyak Bawang:
 
  1. 1/2 buah bawang bombay
  2. 4 siung bawang putih, digeprek
  3. 1 batang daun bawang
  4. Minyak goreng

 

Cara Membuat: 

  1. Panaskan minyak, kemudian masukkan seluruh bahan minyak bawang
  2. Setelah harum, saring minyak dan masukkan ke toples kaca yang bersih dan steril
  3. Tunggu hingga minyak dingin kemudian tutup rapat
  4. Bahan-bahan minyak bawang sisihkan sebentar. Jangan dibuang
  5. Masukkan tahu cina, jamur kuncing, dan bawang goreng ke dalam wadah. Aduk rata
  6. Tambahkan telur, kaldu bubuk instan, dan garam. Aduk rata kembali
  7. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga tercampur rata dan koreksi rasa. Bisa tambahkan garam atau kaldu bubuk lagi bila masih kurang berasa
  8. Didihkan air
  9. Masukkan sedikit demi sedikit tahu yang sudah dibentuk bola-bola
  10. Angkat dan tiriskan bola-bola tahu yang sudah mengambang
  11. Didihkan air kembali di panci yang lain
  12. Masukkan bahan-bahan minyak bawang
  13. Masukkan bola-bola tahu dan sawi putih 
  14. Tambahkan garam, gula pasir, dan bubuk kaldu instan. Koreksi rasa
  15. Matikan api dan sajikan hangat

 

Catatan:
 
  1. Untuk sop-sop bola tahu memang menggunakan ampas dari bahan-bahan minyak bawang. Nanti minyak bawangnya bisa dipakai untuk membuat berbagai olahan lainnya seperti mie ayam, nasi goreng, telur dadar, dan lain sebagainya
  2. Bila kuahnya tidak ingin berminyak, tambahkan bawang putih yang sudah digeprek dan daun bawang ke dalam air mendidih
  3. Wajib menggunakan tepung tapioka. Chi pernah mengikuti salah satu resep yang tanpa tapioka. Begitu direbus, bola-bola tahunya langsung ambyar menjadi butiran debu
  4. Sebaiknya bola-bola tahu dimasukkan terakhir. Berbarengan dengan sayur atau sesaat ketika akan disantap.
  5. Coba rebus 1-2 butir bola-bola tahu dulu hingga mengambang. Setelah itu coba kekenyalannya. Kalau dirasa masih kurang, bisa ditambahkan tapioka lagi ke dalam adonan
  6. Ketika merebus bola-bola tahu jangan masukkan dalam jumlah banyak. Agar tidak saling menempel
  7. Jamur kuping kering ukuran kecil, tetapi bila direndam di air hangat akan melebar
  8. Bila tidak suka jamur kuping, bisa diganti dengan wortel, daun bawang, daging ayam cincang, atau lainnya. Hanya tahu pun gak masalah
  9. Chi biasanya mencampur rata semua bahan menggunakan tangan. Bukan pakai sendok atau apapun
 
tekstur-bola-bola-tahu
 
Meskipun menggunakan tapioka, tekstur bola-bola tahu tidak sekenyal bakso. Tetap akan berasa lebih lembut. Makanya menikmati sop bola-bola tahu memang paling enak saat masih hangat. 
 
Teksturnya yang lembut juga bisa menjadikan Sop Bola-Bola Tahu sebagai menu MPASI. Bisa hilangkan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk instannya bila teman-teman tidak berkenan. Diganti dengan bahan perasa lainnya. Meskipun sebetulnya dalam takaran yang pas penggunaan garam dan gula pasir untuk MPASI gak apa-apa.
 

Resep ini bisa menghasilkan bola-bola tahu yang jumlahnya lumayan banyak. Biasanya Chi bagi 2. Sisanya disimpan di kulkas dalam wadah yang tertutup rapat. Jadi kalau ingin membuat sop bola-bola tahu lagi tinggal siapin kuah dan sayurnya.

tips-merebus-bola-bola-tahu

Kadang-kadang gak semuanya Chi buat jadi bola-bola tahu. Sebagian bahan diolah kembali menjadi tofu egg roll. Ini idenya dari chicken egg roll Hokben. Hanya ayamnya diganti dengan tahu. 

Selain hidangan yang nikmat di saat musim hujan, sop bola-bola tahu juga bisa dijadikan menu sahur. Insya Allah sebentar lagi memasuki bulan Ramadan. Biasanya kalau sahur gak pengen makan yang terlalu berat. Nah, teman-teman bisa coba bikin ini, deh.
Keke Naima
Keke Naima

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

48 comments:

  1. Asik, asiikk, ini resep ramah Ibu RumTang nih :D
    Gampil cara bikinnya ya Mak, dan budget-friendly
    mau coba ahh, supaya pas Ramadan makin lancar jaya masaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikinnya pun cepet, Mbak. Bisa dijadiin stok juga

      Delete
  2. Nah, kalo hujan tuh bawaannya memang laperan, pengin makaaaan terus haha. Cocok nih sup bola-bola tahu buat musim hujan, disantap anget2, enaak! Aku pernah buat, tapi bola tahunya digoreng dulu, kapan-kapan mau cobain yg langsung direbus seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sempat kepikiran pengen sesekali digoreng. Kapan-kapan saya cobain versi yang gorengnya :)

      Delete
  3. Wah, sup bola tahu anget-anget dinikmati saat di rumah apalagi hawanya lagi dingin begini. Di tempat saya lagi agak hujan-hujan begitu. Pastinya enak banget dinikmati kuliner berkuah dengan rasa gurih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, di sini juga kadang-kadang hujan masih suka turun

      Delete
  4. Jadi ngiler lihat bola-bola tahu :)
    jam krusial pas lagi baca ini..jam 4 sore

    ReplyDelete
  5. Minyak bawang, saya baru kenal ini mbak. Jadi pengen coba bikin juga. Sekalian sama bola-bola tahunya. Emang tepung tapioka itu berfungsi untuk mengikat ya kalau adonan tahu. Kalau nggak pakai tepung tapioka, ambyar deh

    ReplyDelete
  6. Hadududuu..lihat bola2 tahu sop jam segini jadi mau sarapan itu atulaah. Masih ada stok ga ato boleh kirimin sini. Buatnya gampang banget, tapi lebih enak kalo dibuatin chi hahhaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, tuh. Saya juga maunya dibuatin hehehe

      Delete
  7. Wah, makasih resepnya, Mba. Keluargaku penggemar tahu. Kadang suka bingung mau diapain lagi tahunya biar variatif. Eh, nemu resep ini. Apalagi lagi musim hujan begini, cocok banget nih...

    ReplyDelete
  8. Enak nihhh pas bingung mau diapain tahu putih di kulkas eh mbak Chi kasih ide cemerlang..pas bahan lainnya juga ada di rumah..

    ReplyDelete
  9. Sop bola2 tahu nikmaat ini mbaaa, kuah gini aku suka. Bola tahu aku seringnya digoreng nih mba. Ambyar klo tanpa tepung yaa, noted.
    minyaknya dibuat olahan mie ayam, jadi mauuu hahaaa

    ReplyDelete
  10. Pas banget nih untuk comfort food di kala musim hujan, pakai bahan tahu yang memang bakal disukai banyak orang yaa, enaknya karena ini pakai tahu sutra jadi lebih lembut yaa bola2 tahunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak. Buat MPASI juga bisa karena teksturnya lembut

      Delete
  11. tampak enak dan kayaknya juga ga terlalu sulit ya mbak. Aku sering buat bakso karena bisa aku campur sayuran di adonan baksonya.
    Habisnya anakku masih belum oke makan sayur mbak. Jadi salah satu trik adalah nyelip2in sayur di aneka makanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang kok, Mbak. Bahan-bahannya juga gak banyak

      Delete
  12. Ngeces enak banget mba, pengen bikin juga ah kapan-kpaan
    dapet resep ini heheeh.

    ReplyDelete
  13. wahh sop bola bola tahu ini emang enak mbak
    segar dan sehat, cocok buat hidangan saat buka puasa nanti ya mbak...
    izin atm resepnya ya mbak

    ReplyDelete
  14. Wah enak nih. Aku belom pernah nyicip dan belom pernah bikin. Nyontek resepnya aaah. Salah satu menu lain dari tahu.

    ReplyDelete
  15. waah Chi rajin sekali. Saya malah jarang sekali mengolah bola bola menggunakan tahu. Mentok hanya kubikin pepes.

    Diingat ingat resepnya dah semoga bisa mengolah tahu menjadi bola bola tahu dengan kuahnya

    makasih banyak ya, Chi resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suka segala pepes. Tetapi, malas ngebungkusnya hehehe

      Delete
  16. Loh sop bola tahu itu pake jamur juga Chi? Aku engga, cuman tahu dihancurkan, kasih daun bawang dan ayam

    Nanti aku coba pake jamur deh. Makasihhh ini resepnya oke banget buat dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu bebas sih, Mbak. Bisa pakai wortel, daun bawang, tahu aja, atau apapun. Sesuai selera masing-masing :)

      Delete
  17. Oh..karena pakai tambahan tepung tapioka, jadi banyak jadinya yaa, kak...
    Ini ada takarannya atau feeling aja pas nyampurin tepung vs tahu china?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu saya tulis 4-5 sdm tapioka. Bisa ditambahkan atau dikurangi. Tergantung mau seperti apa kenyalnya

      Delete
  18. Wah bisa nih saya buat pas hujan-hujan. Cocok banget cuaca dingin makan sop bola tahu yang hangat.

    ReplyDelete
  19. Aaah asiiik
    Aku jadi punya resep weekend yang bisa kumasak sama anak
    Buat weekend-nya ga sendu karena ga bisa keluar rumah

    ReplyDelete
  20. Anak-anak Dunia Biza adalah penyuka bakso, namun di tempat kami sekarang entah kenapa baksonya semuanya dikasih merica, anak-anak ndak suka pedas. Resep ini solusi banget nieh Mba... bisa praktik sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sanyang banget jadi gak bisa dikonsumsi anak, ya

      Delete
  21. bola-bola tahunya bisa jadi banyak ya. Enak ini lagi hujan sarapan sop bola tahu hangat.

    Btw, kalau disimpan lagi di kulkas bisa tahan berapa lama ya? tahu kan mudah kecut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak pernah nyetok lama. Paling gak sampai seminggu juga udah habis

      Delete
  22. Wah bisa disimpan nih resep mba Keke aku pernah lihat masakan Korea /cina yang kalau masak daun bawang akarnya tidak dibuang ternyata memang gitu ya.

    ReplyDelete
  23. Menarik sekali ya Mbk, jadi mau juga nyobain buat menu makanan anak-anak usai belajar daring nanti .

    ReplyDelete
  24. kalau aku kemarin bikinnya bola tahu krispi mba. resepnya sama aja tapi waktu goreng aku masukkan dalam tepung roti

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^