Resep Sop Bola-Bola Tahu - Musim hujan sudah tiba. Sedihnya di beberapa daerah terkena banjir karena curah hujan yang ekstrim. Diperparah lagi dengan kondisi lingkungan yang semakin gak bersahabat dengan bumi. Luas hutan semakin berkurang, masih banyak yang buang sampah sembarangan, permasalahan tata guna lahan, dan banyak faktor lainnya. 
 
 resep-sop-bola-bola-tahu

Kesedihan semakin bertambah karena saat ini juga sedang dalam kondisi pandemi COVID-19. Sungguh ujian kesabaran bagi kita semua. Terutama bagi teman-teman yang merasakan langsung dampak banjir, tanah longsor, dan lain sebagainya. Semoga aja cobaan segera usai, kesehatan tetap terjaga, dan untuk harta yang rusak/hilang akan diganti lebih baik. Aamiin Allahumma aamiin.

Sekarang kita bahas kuliner di saat musim hujan aja, ya. Bawaannya pengen makan melulu kalau lagi hujan. Chi paling sering bikin bakso atau steamboat. Mentok-mentok ya mie instan kuah hehehe.

Kali ini, Chi mau berbagi resep sop bola-bola tahu. Resep yang praktis. Cocok juga buat teman-teman yang tidak mengkonsumsi bahan-bahan hewani. Yuk kita bikin! 
 
 resep-minyak-bawang

Bahan-Bahan:

  • 2 buah tahu cina, dihaluskan dengan garpu atau penghalus kentang
  • 4-5 sdm tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • Air
  • 3-4 lembar jamur kuping, rendam di air hangat kemudian cincang halus *optional
  • Bawang merah goreng 
  • Kaldu bubuk jamur atau kaldu ayam *optional
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • 1 bonggol sawi putih, potong-potong

 

Bahan-Bahan Minyak Bawang:
 
  1. 1/2 buah bawang bombay
  2. 4 siung bawang putih, digeprek
  3. 1 batang daun bawang
  4. Minyak goreng

 

Cara Membuat: 

  1. Panaskan minyak, kemudian masukkan seluruh bahan minyak bawang
  2. Setelah harum, saring minyak dan masukkan ke toples kaca yang bersih dan steril
  3. Tunggu hingga minyak dingin kemudian tutup rapat
  4. Bahan-bahan minyak bawang sisihkan sebentar. Jangan dibuang
  5. Masukkan tahu cina, jamur kuncing, dan bawang goreng ke dalam wadah. Aduk rata
  6. Tambahkan telur, kaldu bubuk instan, dan garam. Aduk rata kembali
  7. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga tercampur rata dan koreksi rasa. Bisa tambahkan garam atau kaldu bubuk lagi bila masih kurang berasa
  8. Didihkan air
  9. Masukkan sedikit demi sedikit tahu yang sudah dibentuk bola-bola
  10. Angkat dan tiriskan bola-bola tahu yang sudah mengambang
  11. Didihkan air kembali di panci yang lain
  12. Masukkan bahan-bahan minyak bawang
  13. Masukkan bola-bola tahu dan sawi putih 
  14. Tambahkan garam, gula pasir, dan bubuk kaldu instan. Koreksi rasa
  15. Matikan api dan sajikan hangat

 

Catatan:
 
  1. Untuk sop-sop bola tahu memang menggunakan ampas dari bahan-bahan minyak bawang. Nanti minyak bawangnya bisa dipakai untuk membuat berbagai olahan lainnya seperti mie ayam, nasi goreng, telur dadar, dan lain sebagainya
  2. Bila kuahnya tidak ingin berminyak, tambahkan bawang putih yang sudah digeprek dan daun bawang ke dalam air mendidih
  3. Wajib menggunakan tepung tapioka. Chi pernah mengikuti salah satu resep yang tanpa tapioka. Begitu direbus, bola-bola tahunya langsung ambyar menjadi butiran debu
  4. Sebaiknya bola-bola tahu dimasukkan terakhir. Berbarengan dengan sayur atau sesaat ketika akan disantap.
  5. Coba rebus 1-2 butir bola-bola tahu dulu hingga mengambang. Setelah itu coba kekenyalannya. Kalau dirasa masih kurang, bisa ditambahkan tapioka lagi ke dalam adonan
  6. Ketika merebus bola-bola tahu jangan masukkan dalam jumlah banyak. Agar tidak saling menempel
  7. Jamur kuping kering ukuran kecil, tetapi bila direndam di air hangat akan melebar
  8. Bila tidak suka jamur kuping, bisa diganti dengan wortel, daun bawang, daging ayam cincang, atau lainnya. Hanya tahu pun gak masalah
  9. Chi biasanya mencampur rata semua bahan menggunakan tangan. Bukan pakai sendok atau apapun
 
tekstur-bola-bola-tahu
 
Meskipun menggunakan tapioka, tekstur bola-bola tahu tidak sekenyal bakso. Tetap akan berasa lebih lembut. Makanya menikmati sop bola-bola tahu memang paling enak saat masih hangat. 
 
Teksturnya yang lembut juga bisa menjadikan Sop Bola-Bola Tahu sebagai menu MPASI. Bisa hilangkan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk instannya bila teman-teman tidak berkenan. Diganti dengan bahan perasa lainnya. Meskipun sebetulnya dalam takaran yang pas penggunaan garam dan gula pasir untuk MPASI gak apa-apa.
 

Resep ini bisa menghasilkan bola-bola tahu yang jumlahnya lumayan banyak. Biasanya Chi bagi 2. Sisanya disimpan di kulkas dalam wadah yang tertutup rapat. Jadi kalau ingin membuat sop bola-bola tahu lagi tinggal siapin kuah dan sayurnya.

tips-merebus-bola-bola-tahu

Kadang-kadang gak semuanya Chi buat jadi bola-bola tahu. Sebagian bahan diolah kembali menjadi tofu egg roll. Ini idenya dari chicken egg roll Hokben. Hanya ayamnya diganti dengan tahu. 

Selain hidangan yang nikmat di saat musim hujan, sop bola-bola tahu juga bisa dijadikan menu sahur. Insya Allah sebentar lagi memasuki bulan Ramadan. Biasanya kalau sahur gak pengen makan yang terlalu berat. Nah, teman-teman bisa coba bikin ini, deh.