SMK ORA et LABORA Didukung Saratoga Cetak Lulusan Terampil dan Siap Kerja

By Keke Naima - July 26, 2021

SMK ORA et LABORA Didukung Saratoga Cetak Lulusan Terampil dan Siap Kerja - Setelah lulus SMP, baiknya lanjut ke SMA dan SMK?

SMK ORA et LABORA Didukung Saratoga Cetak Lulusan Terampil dan Siap Kerja
 
Bagi kami, memikirkan pendidikan ibaratnya menyiapkan grand design. Sejak mengandung anak pertama sudah mulai memikirkan dan menghitung biaya pendidikan hingga perguruan tinggi. Pendidikan ibarat investasi bagi kami. Gak bisa dipersiapkan dengan mendadak.
 
Persiapan yang panjang bukan berarti kami mengatur pilihan anak. Justru kami membebaskan. Tetapi, harus tau alasannya. Makanya, kami selalu melibatkan anak-anak sejak masih memilih sekolah TK. Tentu saja disesuaikan dengan kemampuan berpikir anak di usianya. 
 

 

SMK Tidak Lagi Dipandang Sebelah Mata


keunggulan lulusan smk dibandingkan sma

Zaman dulu memilih SMK sepertinya sesuatu yang aneh. Bahkan dipandang sebelah mata. Seolah-olah, SMK hanyalah pilihan terakhir kalau gak dapat SMA. 

Tetapi, stigma tersebut semakin terkikis di zaman sekarang. Sudah banyak yang memilih SMK karena kesadaran bukan keterpaksaan. Ketika Keke dan Nai lulus SMP, beberapa orang tua sudah yakin anaknya akan lanjut ke sekolah vokasi. Beberapa sepupu Chi pun ada yang memilih SMK. 

Pelajaran di SMK lebih banyak praktek daripada teori. Bahkan mereka mengikuti praktek kerja langsung. Para siswa SMK memang diharapkan sudah memiliki ketrampilan ketika lulus. Bahkan siap untuk bekerja.
 
[Silakan baca: SMA atau SMK?]


Saratoga Mendukung Penuh SMK ORA et LABORA


lulusan smk ora et labora terampil dan siap kerja

SMK sudah mengalami banyak perbaikan kualitas pendidikan. Adanya sinergi antara sekolah vokasi dengan dunia industri juga ikut memperbaiki citra SMK di mata masyarakat.

Salah satunya adalah PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (Saratoga) yang memberikan dukungan penuh kepada Sekolah Menengah Kejuruan ORA et LABORA (SMK OeL) Kompetensi Keahlian Teknik Pembangkit Listrik. Bagi Saratoga, investasi dalam bidang pendidikan sangat penting. Diharapkan masyarakat yang berkualitas dapat berkontribusi secara aktif dalam pendidikan nasional.

Tahun ini, SKL OeL melakukan pelepasan kelulusan untuk angkatan pertama. Para lulusan ini kemudian akan menjalankan program kerja di beberapa perusahaan ternama di Indonesia.

"Kami bersyukur dan bangga, SMK ORA et LABORA menjalankan kelulusan angkatan pertama. Program pembelajaran selama tiga tahun ditambah satu tahun praktik kerja, mampu membekali para siswa dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri. Terbukti lulusan sekolah ini telah diterima di perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi baik di sektor energi maupun non-energi," ujar Lany D. Wong, Direktur Keuangan Saratoga.
 
saratoga mendukung penuh smk ora et labora
 
SMK ORA et LABORA menghadirkan para pengajar yang kompeten dan kredibel di bidangnya dari Swiss German University. Sedangkan untuk pelatihan teknis kelistrikan, SMK OeL menggandeng Central Industrial Technology Entreprise (CITE), sebuah lembaga berbasis industri dan berorientasi sosial yang teruji di dunia.

Sandi Rahaju, Ketua Yayasan ORA et LABORA berharap bahwa kurikulum di sekolah ini dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran lulusan SMK di Indonesia. Menurut data Badan Pusat Statistik pada bulan Februari 2021, lulusan SMK mendominasi jumlah pengangguran sebesar 11,45%.
 
Kami bersyukur sejumlah perusahaan menerima anak-anak kami untuk melakukan praktek kerja industri. Kolaborasi antara lembaga Pendidikan dan sektor swasta menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa Pendidikan vokasi berhasil dengan baik,” tegas Sandi.

Bangga rasanya melihat para lulusan SMK semakin berkualitas, ya. Para lulusannya tidak hanya memiliki ketrampilan. Tetapi, juga sudah siap kerja. Generasi ini diharapkan dapat merealisasikan visi Indonesia Emas 2045. 

Sekarang semakin gak ragu, kan, pilih SMK? Bila tertarik dengan bidang kelistrikan, bisa memilih SMK ORA et LABORA, nih.
 

  • Share:

You Might Also Like

30 comments

  1. Nah ini yg dibutuhkan banyaaakkk generasi muda Indonesia
    SMK nih banyak peminat, ya
    karena bisa siap kerja ye kan
    Apalagi ini didukung saratoga, keren banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga banyak generasi muda Indonesia yang cemerlang, ya

      Delete
  2. Sekolah yang mencetak siswa siap kerja nih, jadi kalaupun nggak masuk universitas udah punya skill

    ReplyDelete
  3. Anakku barusan magang di pembangkit listrik yg sebagian karyawannya lulusan smk kelistrikan. Bidang ini banyak dibutuhkan. Harus ada yg membantu membuka cakrawalanya spt saratoga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Listrik kelihatannya akan selalu dibutuhkan ya, Mbak

      Delete
  4. Iya ya dulu tuh kalau masuk SMK image-nya langsung jelek padahal SMK buat menyiapkan lulusannya untuk siap kerja. Keponakanku juga masuk SMK jurusan IT gitu. Sekarang pilihan jurusan SMK juga makin beragam mengikuti perkembangan kebutuhan perusahaan.

    ReplyDelete
  5. Bukan lip service, sih. Memang aku lihat sendiri skill lulusan smk itu memang lebih siap kerja dan bisa diandalkan.

    ReplyDelete
  6. Saat ini memang SMK menjadi pilihan bagi siswa siswi yang lulus SMP. Ya, betul banget kalau memang di SMK ada praktik kerja Industri jadi siswa SMK dapat gambaran bagaimana situasi dan kondisi dunia kerja sesuai jurusan masing-masing.

    ReplyDelete
  7. SMK memang menjadi pilihan yang bagus saat ini ya, mau kuliah lagi bisa, mau langsung kerja bisa. JAdi siswa dibekali dengan keahlian siap tempur di dunia kerja

    ReplyDelete
  8. Bener, dulu masuk SMK dipandang sebelah mata. Sekarang malah banyak yang masuk SMK ya, apalagi jika sudah tau minat dan bakatnya. Anak temenku ada yang masuk SMK bagian tata boga karena memang suka masak.

    ReplyDelete
  9. justru saya merasa kagum lho sama anak lulusan SMK yang punya skill dan siap kerja karena sudah dibekali banyak pengetahuan. Serunya di SMK Ora et Labora ini belajar Kompetensi Keahlian Teknik Pembangkit Listrik dan didukung oleh guru yang kompeten. Bagus nih infonya makasih mba

    ReplyDelete
  10. Kalau sekarang SMK tuh malah keren banget ya Mbak. Lebih fokus ke bidang tertentu dan mudah disalurkan ke sektor pekerjaan khusus.

    ReplyDelete
  11. bagus nih SMK nya yaa mbaa.. memang SMK sekarang tuh jadi idaman juga. ngga lagi dipandang sebelah mata karena lulusannya juga banyak yang berkualitas

    ReplyDelete
  12. Suka bgd sama SMK ora et Labora ini. Begitu lulus, sudah bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan2 yang ternama pula. Kalau kayak gini biasanya pembelajaran di SMK ini bisa membuat lulusannya memenuhi standar tenaga kerja perusahaan ternama tersebut.

    ReplyDelete
  13. Salah satu keunggulan SMK itu ya siswanya terampil2 ya mba karena kebanyakan praktek ketimbang materi. Tapi kalau setelah SMK masih mau lanjut kuliah lagi juga lebih bagus mbaa.. persaingan dunia kerja ketat bingit sekarang.. jenjang pendidikan sangat diperhatikan..

    ReplyDelete
  14. Iya banget, kak Chie.
    Aku dulu saat kuliah punya 2 temen yang asalnya dari SMK. Ilmunya mantap banget, gak canggung sama sekali saat di laboratorium. Jadi ini pentingnya skills yang dibekali teori yang mantap.

    ReplyDelete
  15. SMK memang lebih siap bekerja di lapangan ya Mbak. Pilihan yang eltepat nih sekolah di sini fasilitas nya juga lengkapnya.

    ReplyDelete
  16. alhamdulillah kalau ada dukungan real dari industri yang sesuai dengan bidang keahlian ya mbak, jadi lulusan SMK langsung bisa disalurkan dan langsung bisa bekerja sesuai dengan keahliannya

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^