NIVEA Lip Crayon - Mengatasi Kecemasan Gen Z Saat Pandemi

Beberapa orang mengatakan punya anak remaja di saat pandemi itu lebih enak karena gak ribet dengan PJJ. Biasanya anak-anak seusia Keke dan Nai dianggap sudah lebih mandiri. Bisa belajar sendiri.

Padahal enggak juga, lho. Setiap hari, wali kelas akan mengumumkan nama siswa yang belum masuk kelas atau ngumpulin tugas di WAG orang tua. Beberapa siswa ada yang terlambat masuk sesekali. Kayak Keke pernah karena kesiangan bangun. Nai juga pernah terlambat mengumpulkan tugas karena koneksi internet. Tetapi, beberapa nama siswa sampai Chi hapal karena selalu aja disebutkan belum masuk kelas atau kumpulin tugas.

mengatasi kecemasan gen z saat pandemi covid-19

NIVEA Lip Crayon - Mengatasi Kecemasan Gen Z Saat Pandemi



Selama pandemi, permasalahan pada anak gak sebatas tentang belajar daring. Di awal pandemi, Chi pernah cerita sempat marah besar ke Keke karena memberontak. Tetap ngotot ingin main dengan teman-temannya. Untung aja bisa dicegah dan mau menurut sama orang tua. 
 
Tetapi, juga bukan hal mudah meredakan moodnya yang sempat turun naik karena merasa kebebasannya terbelenggu gara-gara pandemi. Dia lagi senang-senangnya main dengan banyak teman, nongkrong di coffee shop, ngeband, jadi ketua angkatan club photography, balap motor, dan lain sebagainya. Eh, tau-tau semua itu harus berhenti.

 
 

Pengaruh Pandemi Terhadap Kesehatan Mental Generasi Z

 
nivea lip crayon

Kamis (1/10), Chi mengikuti online press conference NIVEA Lip Crayon. Pada acara ini, salah seorang narasumbernya adalah Saskhya Aulia Prima M.Psi, Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga. Membahas tentang hubungan sosial yang positif dan bermakna di saat pandemi, khususnya bagi Gen Z. Menarik banget karena Keke dan Nai, termasuk ke dalam generasi ini.

Menurut Wikipedia, Generasi Z adalah generasi yang lahir dalam rentang tahun 1995 sampai dengan tahun 2010.
 
Pandemi masih belum jelas kapan berakhir. Harapan hanya sebentar, ternyata sampai sekarang masih juga harus di rumah. Pilihannya hanyalah bagaimana bisa tetap bertahan di masa pandemi ini tanpa stress. 

kebutuhan interaksi sosial di masa pandemi

Pada umumnya, anak generasi Z saat ini masih dalam usia yang sangat produktif. Kegiatannya sangat banyak. Kebutuhan sosialisasi dengan teman-teman pun sedang tinggi-tingginya. Ketika semua itu harus di-stop, tentu bukanlah hal yang mudah.

Banyak anak gen Z yang merasa kesepian di saat pandemi. Komunikasi dengan teman memang bisa dilakukan secara virtual. Tetapi, tetap saja seperti merasa ada yang kurang. Apalagi kalau hubungan anak dengan orang tua kurang baik. Maka, anak akan semakin merasa kesepian dan tertekan di saat pandemi ini.

Meskipun saat ini era digital. Tetap aja belum bisa menggantikan hubungan bertatap muka. Karena pada saat ketemu akan ada kontak mata, bisa melihat langsung ekspresi lawan bicara, dan lain sebagainya.

Berinteraksi sosial adalah kebutuhan dasar otak manusia. Interaksi sosial bisa membuat kita menjadi bahagia, marah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, hubungan sosial yang bermakna bisa membuat perasaan bahagia. Juga bisa memberikan imunitas pada tubuh.

cara mengelola kesehatan mental saat pandemi

Situasi saat ini bisa mengganggu kesehatan mental. Gak selalu berarti ada penyakit kejiwaan. Ketika ada rasa kesepian atau stress itu sudah berarti ada mental yang harus diperbaikin kesehatannya. Berikut beberapa tip agar kesehatan mental tetap terjaga selama pandemi COVID-19.

Mempertahankan dan Meningkatkan Healthy Lifestyle

"Kapan ya pandemi berakhir?"
 
Pertanyaan seperti itu susah untuk dijawab. Malah jadinya nanti semakin stress.

Healthy lifestyle adalah sesuatu yang bisa kita kontrol. Mulai mengatur pola makan dan konsumsi asupan yang bergizi. Lakukan beberapa aktivitas. Jauhkan dari berbagai pikiran yang bisa membuat kita semakin stress.


Usahakan untuk Tetap Berkegiatan dan Menjaga Penampilan Seperti Biasa

Berdandan seperti saat mau pergi kerja meskipun sedang work from home ternyata bisa mempengaruhi mood, lho. Jadi tetap bisa semangat melakukan aktivitasnya.

Selain itu, ketika mayoritas aktivitas menjadi serba online, kita jadi lebih peduli dengan penampilan diri sendiri. Melihat wajah sendiri di layar hp atau laptop, bisa menimbulkan turunnya rasa percaya diri kalau merasa tampilannya kurang enak dilihat.


Menjaga Rutinitas

Menjaga rutinitas juga bisa menjauhkan dari stress. Daripada terus mikirin kapan pandemi berakhir. Mendingan mulai susun rutinitas. Setidaknya kita tau, mulai bangun tidur hingga tidur malam, ada aktivitas apa aja yang akan dikerjakan. 
 
Memiliki rutinitas juga menimbulkan rasa aman. Karena setidaknya ada beberapa hal yang bisa diprediksi.


Be Kind to Yourself

Bisa dibilang ini me time. Jangan terlalu sibuk dengan kerjaan. Meskipun itu dengan alasan supaya gak ingat pandemi terus.

Kita juga butuh istirahat. Butuh menyenangkan diri. Kalau terlalu diforsir dengan kerjaan malah jadinya stress juga. Sesekali bertanya ke diri sendiri. Bagaimana kabarnya? Apakah masih baik-baik saja?


Mempertahankan Hubungan Persahabatan

Pandemi bukan berarti menjadi jauh dari siapapun. Apalagi dengan sahabat. Tetap saja lakukan komunikasi. Saling bertanya kabar atau lakukan kegiatan bersama secara virtual.
 


#TwoStayConnected with NIVEA Lip Crayon


#twistayconnected with nivea lip crayon

"Kok muka saya di IG live begini, ya?"

Selama pandemi memang tetap bisa bersosialisasi melalui virtual. Tetapi, berhadapan dengan screen  di mana kita bisa melihat diri sendiri seperti sedang berkaca, ternyata bisa juga menimbulkan insecure. Untuk menghilangkan rasa tidak nyaman tersebut, kita bisa kok dandan tipis-tipis supaya penampilan terlihat lebih fresh ketika harus online.

Goldi Rumawas, Brand Executive NIVEA Face & Lips, mengatakan "untuk membantu konsumen Indonesia dalam merawat dan mempercantik salah satu tampilan bibir, NIVEA meluncurkan NIVEA Lip Crayon. Produk ini diluncurkan untuk para wanita yang membutuhkan pewarna bibir yang dapat melembapkan. Terdiri dari 2 warna intens yang tahan lama yaitu Poppy Red dan Coral Crush.  Produk terbaru NIVEA ini terbuat dari natural oil sehingga dapat melembapkan bibir dan aman dipakai sehari-hari."
 
2 manfaat nivea lip crayon

NIVEA Lip Crayon ini memiliki 2 manfaat. Warnanya yang intens seperti memakai lipstik. Serta berfungsi juga sebagai lipcare karena kandungannya yang melembapkan bibir.
 
Bentuknya yang seperti crayon memudahkan untuk dipakai. Gak perlu pakai kuas atau alat bantu lain udah langsung terbentuk sempurna di bibir. Warnanya juga langsung terlihat tanpa harus dipulas berkali-kali. 

Ada aroma manis yang tercium saat sedang mengulas lip crayon ini ke bibir. Enak banget wanginya! Gak berasa berat juga. Pastinya bener-bener melembapkan.

Bertepatan dengan peluncuran NIVEA Lip Crayon, NIVEA melakukan juga mengadakan kampanye #TwoStayConnected. Kampanye ini melakukan social experiment kepada 2 sahabat terpilih dengan diberikan 36 pertanyaan menarik.

Tujuannya untuk lebih mengenal lagi sosok sahabat yang kita miliki. Apalagi sekian lama tidak bertatap muka. Harapannya agar persahabat bisa semakin erat, semakin sering berkomunikasi, serta membuat diri sendiri menjadi lebih bahagia karena tidak merasa sendiri.

Kampanye #TwoStayConnected ini cocok banget dipraktekkan untuk Gen Z yang memang sedang tinggi kebutuhan bersosialisasinya. Tetapi, tidak harus ke sahabat juga. Coba juga deh lakukan komunikasi ini ke orang-orang terdekat lainnya.

kandungan nivea lip crayon yang melembapkan bibir

Chi kasih NIVEA Lip Crayon ini ke Nai karena dia juga mulai suka berdandan. Kebanyakan produk yang dia pakai saat ini dari NIVEA karena aman untuk kulitnya.

Pada saat sekolah, dia memang tidak berdandan. Cukup menggunakan sunscreen dan pelembap. Tetapi, ketika bersosialisasi dengan teman-temannya di luar jam sekolah, Nai mulai berdandan tipis-tipis.

Saat sekarang sedang di rumah aja, Nai pun sesekali masih suka berdandan. NIVEA Lip Crayon ini cocok banget buat remaja seperti Nai. Warnanya tidak mencolok. Juga menjaga bibir tetap lembap.

2 shades nivea lip crayon

Harga satuan produk ini Rp67.500,00. Tetapi, pada tanggal 4 Oktober 2020, dalam rangka Shopee Super Brand Day, NIVEA Lip Crayon diluncurkan secara eksklusif. Harganya menjadi Rp73.400,00 per dual set.
 


Flow Activity Bersama Sahabat

 
tips tetap bersosialisasi dan menjaga kesehatan mental bersama teman-teman

Generasi Z biasanya juga kreatif. Ada aja aja idenya untuk tetap bisa connected dengan teman-teman secara virtual. Masih ingat saat menjelang hari raya banyak yang saling mengirimkan hampers? Cara lainnya adalah melakukan flow activity seperti membuat kerajinan tanaman, memasak, atau olahraga bersama sahabat secara virtual.
 
Melakukan kegiatan bersama gak harus selalu yang rutin. Biasanya juga bikin seseruan dengan sahabat melakukan sesuatu yang baru. Biar merasa ada rasa menantang yang seru.
 
Jangan lupa juga untuk saling menanyakan kabar ke sahabat, ya. Kadang-kadang kita suka terlalu fokus sama urusan dunia. Tetapi, lupa untuk saling menanyakan kabar.

Penting banget menjaga diri sendiri tetap waras di masa ini. Berikut beberapa ide supaya bisa tetap sehat, bahagia, dan berhubungan dengan yang lain.


Video Call

dandan tipis-tipis saat video call

Pastinya tetap jaga komunikasi, ya. Ketawa-tawa, cerita yang seru, dan lainnya bersama teman-teman. Dandan juga bisa bikin kita tambah semangat. Kalau malas dandannya, cukup tipis-tipis aja. Cukup pakai NIVEA Lip Crayon juga udah bisa mengubah penampilan, deh.

Chi juga percaya kalau dandan bisa menambah mood. Seringkali dianggap kayak lagi sakit atau baru bangun saat vidcall dengan wajah polos tanpa riasan. Kadang-kadang anggapan begini suka bikin baper juga. Begitu dikasih pulasan lipstik tipis aja udah bisa mengubah penampilan. 


36 Questions That Lead to Love

emotional check-in question

Dr. Arthur Aron, seorang Profesor di bidang psikologi dari Stony Book University, New York, membuat beberapa pertanyaan yang bisa dilakukan kepada sahabat atau orang terdekat. Biar bisa lebih mengenali sisi masing-masing. Apalagi selama pandemi ini 'kan sekian lama bisa tidak saling kontak.

Screenshot di atas memang agak baku ya bahasanya. Kita bisa lebih luwes lagi. Juga masih banyak pertanyaan yang bisa digali. Emotional Check-in Questions gak harus dilakukan hanya kepada sahabat. Bisa juga kok ke yang lain. Bahkan ke diri sendiri.


Virtual Flow Activity 

virtual flow activity

Yuk, bikin berbagai kegiatan seru. Ajak juga sahabat melakukan kegiatan bersama. Misalnya membuat DIY kit dari Pola Studio ini. Merangkai bunga kering untuk dijadikan hiasan.

Kebetulan Nai buat sendiri. Sesuatu yang baru bagi Nai merangkai bunga kering seperti ini. Bisa juga ajak sahabatnya untuk melakukan kegiatan yang sama. Gak harus ketemuan. Bikinnya di rumah masing-masing, tetapi saling komunikasikan secara virtual. Seru kan, ya!
 
[Silakan baca: Nai dan Hobi Baking]

So, bukan berarti di saat pandemi ini kondisi Generasi Z baik-baik aja. Bisa jadi mereka termasuk yang paling rentan. Tetapi, bukan berarti gak ada solusinya, kok. 
 
Sebagai orang tua, kita bisa lebih mendekatkan diri kepada mereka. Saatnya memperbaiki quality time. Pahami dunia mereka, supaya Generasi Z merasa nyaman saat harus di rumah saja.

Stay Health, Stay Happy, Stay Connected!

Posting Komentar

42 Komentar

  1. Ya ampun ini permasalahan Mpo banget .bibir pada kelupas karena kering. Bibir Mpo kelupas tapi bahaya juga loh kalau ditarik lapisan kulitnya. Bisa kanker. Serem

    Alhamdulillah ada produk Nivea nih. Patut di coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Mpo. Daripada dikelupasin mending pakai lip care NIVEA aja

      Hapus
  2. Kalau aku baca di grup kelas Pascal, yang belum mengumpulkan tugas itu namanya itu-itu aja sih kalau pun ada nama lain karena ada kesalahan atau memang berhalangan aja.
    Walaupun di rumah aja anak juga butuh berkomunikasi sama temannya walaupun lewat virtual.
    Ngomongin pelembab bibir Nivea udah dari dulu aku pakai tapi lip crayon ini belum pernah pakai, enak juga ya kalau wangi & ada warnanya gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya kan. Suka ada anak yang itu-itu aja yang kesebut.

      Sama, saya juga suka pakai pelembap bibir NIVEA. Tapi, kalau pakai Lip Crayon jadi lebih lengkap

      Hapus
  3. Aku tu suka banget sama produknya Nivea, dari jaman SMA. Penasaran banget ini sama lip crayonnya Nivea. Eniwe, pandemi ini emang merubah segalanya ya. Semoga anak-anak muda bisa tetap semangat meski geraknya dibatasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. NIVEA memang legend. Saya udah akrab dengan produk ini sejak kecil

      Hapus
  4. Wow, mbak Myra pakai Lip Crayon Nivea jadi makin awet mudah euy :) Produk ini selain mempercantik juga melembabkan ya. Harganya cukup terjangkau dengan manfaatnya buat bibir kita. Iya ya unik bentuknya kayak crayon pas di-zoom nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi terima kasih banyak, Mbak. Saya langsung suka dengan Lip Crayon. Karena memang praktis dan gak bikin bibir kering

      Hapus
  5. NIVEA ini skincare paporit aku, Mbaaa

    Apalagi kalo traveling ke daerah panas.
    Wah, ada produk lip crayon, ofkorrss mupeng buat beli :D

    BalasHapus
  6. Bener mbak, meski acara2 yg digelar virtual, tetap ya harus tampil kece...
    Pasti kece klo pake LIP care NIVEA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya cocok dengan NIVEA Lip Crayon. Udah langsung mantul penampilan hehehe

      Hapus
  7. Wow, warna lipstiknya bagus mba. Aku pun kalo milih lipstik pasti mempertimbangkan soal warna, kelembaban baru soal harga deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kalau asal murah trus bikin bibir jadi bermasalah juga gak nyaman ya, Mbak

      Hapus
  8. Nivea Lip Cream, bisa buat emak dan anak gadis sekaligus, ya. Saya penasaran sama produk Nivea ini.

    BalasHapus
  9. Jadi mudah pakenya ya Nivea Lip Crayon ini. Dan selain untuk mempercantik bibir juga untuk melembabkan (menyehatkan) ya.. auto mupeng deh saya, hehehe.
    Btw kebayang deh masa awal-awal pandemi, para abege yang banyak kegiatan sekolah kaya apa jengkelnya harus di rumah terus. Tapi ya gimana lagi, harus dibiasakan sih yaa dengan kondisi ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi double manfaat. Iya, Mbak. Harus bisa terima . Tetapi, tentunya harus diupayakan supaya gak stress

      Hapus
  10. kita masuk generasi apa ya mba hehehehe.. btw, aku suka produknya nih.. membantu jaga kelembaban bibir bangeet

    BalasHapus
  11. Iya Teh, kita aja sebagai orang tua di rumah terus rentan stress apalagi anak-anak ya apalagi generasi Z ya. Cuma bisa berdoa semoga pandemi segera berakhir. Ngomong-ngomong Nivea Lip Creamnya menggoda Teh, cocok banget ya buat remaja juga. Dan cocok juga nih buat ibu-ibu yang dandannya pengen natural kayak aku. Jadi pengen coba beli aku, soalnya bibir aku kering, Nivea Lip Cream tinggi ya pelembabnya dibandingkan lipstik jadi cocok banget buat aku nih

    BalasHapus
  12. Warnanya terang gak bikin pucat di bibir ya, cocok nih buat kita yang sering ikutan webinar, zoom meeting dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penampilan langsung terlihat lebih segar kalau pakai Lip Crayon

      Hapus
  13. Cantik banget ya warna-warna nivea lip crayon ini... Harga spesialnya cuma pas launching aja kah? Sekarang gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum lihat ke Shopee lagi. Tetapi, kadang-kadang suka ada promo

      Hapus
  14. Senangnya punya anak remaja tapi juga harus semakin aktif menjaga komunikasi yaa..kak Myr.
    Senangnyaa...bisa bareng nak gadis memakai lip crayon dan Nivea.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup! Menjaga supaya mereka gak terus stress selama di rumah

      Hapus
  15. hihihii bener juga ya mba .. kadang suka lupa buat dandan kalau zoom meeting padahal tetap penting ya biar lebih seger.. ANiwei warnanya soft banget mba enak diliat. cocok buat generasi X, Y, dan emaknya juga.. Hiihii yg Z bentar lagi deh baru cocok... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalau gak boleh di-off videonya hehehe

      Hapus
  16. Nivea Lip Crayon ini selain sebagai lip balm tapi ada warnanya yang alami bikin bibir merona trus mood jadi terjaga baik sepanjang sehari

    BalasHapus
  17. Setuju banget terutama ketika sampai di bagian ini:

    "... berdandan seperti saat mau pergi kerja meskipun sedang work from home ternyata bisa mempengaruhi mood, lho. Jadi tetap bisa semangat melakukan aktivitasnya!"

    Y-E-S!

    ... dan Nivea Lip Crayon, menyempurnakannya ya Chi!

    BalasHapus
  18. Untungnya zaman sekarang ada teknologi komunikasi yang udah maju ya mbak? Jd ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan teknologi itu.
    Aku dah pakai lip crayon Nivea ini, gampang diaplikasikan ke bibir dan warnanya soft aku suka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dulu kayaknya harus surat-suratan hahaha

      Hapus
  19. I'm a Nivea product user, but I haven't tried lipstick yet. if you go to the minimarket want to take a closer look at this product. the color is also uplifting

    BalasHapus
  20. Gegara artikel para blogger jadi terhasut nih mbak beli Nivea crayon hihi anakku juga sudah mulai rewel bosan di rumah huhu jadi kudu kita beri pengertian terus agar sabar dan tetap semangat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Terhasut yang positif berarti hahaha

      Hapus
  21. Masalahnya, anakku kelas 1 ga ada zoom ga ada kenal mba. Kalau begitu gmn ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di artikel ini sebetulnya membahas tentang Gen Z yang lebih rentan terkena stress saat pandemi. Secara khususnya lagi tentang anak perempuan Gen Z karena mengulas NIVEA Lip Crayon.

      Kalau kelas 1 SD gak termasuk Gen Z. Menurut saya, di saat pandemi begini, usia anak kelas 1 SD lebih manfaatin sebaik-baiknya untuk bonding dnegan orang tua dulu aja. Zoom bisa untuk belajar kalau memang diminta. Kalaupun belum kenal, ya sekadar buat belajar aja

      Hapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^