Tips Menjaga Keluarga Dari Virus Corona

Ketika virus corona masih sebatas berita di media, belum masuk Indonesia, Chi masih agak tenang. Ya memang ada sedikit kecemasan karena wabah ini sudah ada di banyak negara. Tetapi, boleh juga kan berharap kalau di Indonesia pandemi ini tidak terjadi?

tips menjaga keluarga dari virus corona

Tips Menjaga Keluarga Dari Virus Corona


Tenaaang ... tenaaaang ...

Begitu yang Chi katakan kepada diri sendiri ketika wabah akhirnya masuk ke Indonesia. Masih berusaha sepositif mungkin berpikir kalau virus ini akan segera enyah. Saat itu, Chi berpikir sudah banyak negara yang kena, jadi masyarakat Indonesia pasti bisa belajar dari kejadian tersebut. Apalagi mau Ramadhan. Tentunya pengen dong bisa tetap merasakan suasana berpuasa seperti tahun-tahun sebelumnya.

[Silakan baca: Tips Menyambut Ramadhan di Saat Pandemi COVID-19]

Tetapi, ketenangan Chi mulai goyah ketika semakin banyak saja jumlah pasien positif COVID-19 di Jakarta. Duh, bagaimana ini?

Yang bikin Chi sedih adalah saat memikirkan nasib anak-anak. Ada rasa gak tega banget karena mereka harus merasakan seperti ini. Padahal Keke dan Nai sebetulnya santai aja. Malah mereka kesenengan tuh bisa belajar di rumah. Sampai belum pada pengen balik ke sekolah lagi hehehe.

Meskipun Keke dan Nai santai, hati seorang ibu tetap saja menjerit. Pengennya kan mereka bisa tetap beraktivitas normal. Berkegiatan di sekolah. Apalagi Nai baru aja ditunjuk jadi ketua panitia acara lomba Pakibra di sekolah. Di mana acaranya akan diadakan secara nasional. Tentu aja ini merupakan kesempatan emas baginya. Dan karena pandemi ini terancam gagal. Kalaupun diundur tahun depan, ya kemungkinan Nai udah lulus SMP.

Selain gak rela melihat Keke dan Nai yang harus merasakan masa pandemi, Chi juga marah dengan orang-orang yang ignorant. Himbauan physical distancing seperti benar-benar diabaikan oleh mereka yang tidka memiliki empati. Tetap saja berkumpul untuk kesenangan pribadi. Duh, kapan bisa putusnya rantai penularan kalau begini?

[Silakan baca: Tips Menjelaskan Pandemi Virus Corona Kepada Remaja]


Cari Informasi Melalui Halodoc


aplikasi kesehatan halodoc

Lama-lama marah hanya bikin Chi cape hati. Harus mulai cari tau tentang virus corona. Apa bedanya dengan flu? Penularannya bagaimana? Risikonya apa saja? Banyak banget yang ingin Chi ketahui tentang COVID-19.

Tetapi, konten kesehatan tuh termasuk yang banyak hoax. Baru diumumin kalau virus corona masuk Indonesia aja udah banyak yang beropini begini dan begitu. Kadang-kadang beritanya bikin panik. Makanya udah paling bener deh cari dari sumber terpercaya.

Halodoc adalah aplikasi kesehatan yang memberikan solusi terlengkap dan terpercaya bagi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Setiap kali Chi googling informasi tentang kesehatan, situs Halodoc menempati urutan teratas. Lama-lama bikin penasaran aja. Ternyata, banyak artikel tentang kesehatan di sana yang sumbernya terpercaya dan mudah dipahami oleh masyarakat awam.

Chi pun mulai download aplikasinya. Beneran lengkap layanan yang ada di aplikasi Halodoc. Bahkan juga update dengan permasalahan saat ini yaitu tentang pandemi COVID-19.

chat dengan dokter di aplikasi kesehatan
Masih ada beberapa spesialis kedokteran lain yang bisa chat di Halodoc

Di masa pandemi ini, mau keluar rumah rasanya udah kayak ke medan perang. Segala perlengkapan untuk proteksi diri harus komplit. Paling was-was kalau pengen konsultasi ke dokter. Di Halodoc, teman-teman bisa konsultasi secara online, lho. Di sini pun bisa beli obat tanpa harus ke apotek.

Penasaran tentang virus corona?

informasi covid 19 halodoc

Di Halodoc tidak hanya banyak artikel yang akan menjelaskan tentang virus corona. Teman-teman juga bisa periksa COVID-19 untuk diri sendiri dan keluarga. Nanti akan diberikan sejumlah pertanyaan. Bisa juga melakukan rapid test dengan perjanjian.

Beneran lega deh kalau ada aplikasi dan situs seperti ini. Ya ini salah satu tips menjaga keluarga dari virus corona. Mencari informasi tentang kesehatan memang gak boleh asal-asalan, ya. Kesehatan bukan hal main-main. Semoga pandemi segera berlalu dna kita semua tetap sehat. Aamiin

58 comments

  1. Aku sering pakai Halodoc ini terutama untuk kirim2 obat dr rumah sakit. Plus aku juga sesekali suka pakai fitur chat the expert sama dokternya itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti udha berasa banget manfaatnya kalau sering pakai, ya

      Hapus
  2. mulai dari kita sebagai orangtua terutama seorang ibu ya mba buat jaga keluarga dalam masa pandemi covid19

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu jadi garda terdepan untuk keluarga

      Hapus
  3. Iya selama pandemi, flu dan batuk serta demam itu bikin pikiran ikutan ruwet, deg deg ser dan lain sebagainya

    mau ke apotek beli obat sederhana juga ga bisa, warung pada tutup juga, hiks hiks, untung ada halodoc ya Chi, obatnya tepat, konsultasi dokter juga tepat, obatnya bsia dianterin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang mau keluar juga agak ngeri, Mbak

      Hapus
  4. Ke Indomaret apa perlengkapan tempurnya lengkap, dan kek diuber2 kunti.
    Apalagi kalo ke dokter di RS yaa, makin kek diuber2 ribuan kunti.

    Untung jaman now ada Halodoc yang ga perlu pake perlengkapan tempur, cukup gerakan jarimu dan kuota mencukupi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw iya bener, Mendingan online aja deh sekarang

      Hapus
  5. salfok sama maskernya... kiyut pisan :D
    ada aplikasi halodoc membantu banget ya di masa isolasi ini. ga usah deg2an berobat ke rumah sakit, bisa via aplikasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setidaknya untuk penanganan pertama sudah ada solusinya

      Hapus
  6. Halodoc ini kecintaaan bangeeett
    karena memang banyak fiturnya yg berfaedah
    apalagi bisa konsul dokter online

    BalasHapus
  7. Ada banyak cara ya, memang kalo bisa menjamin ngak kemana2 better lakukan rapid test tapi kalo kek aku nih masih mikir sih mau tes gituan, soalnya masih ngantor eui

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya justru kalau masih beraktivitas sebaiknya coba rapid test, ya? Kalau ternyata tanpa disadari sudha terpapar virus bagaimana?

      Hapus
  8. Aplikasi halodoc ini so far menurut saya paling lengkap ya, Mak. Saya juga pakai, suka baca artikel kesehatan di sana. Ada juga konsultasi dokter gratis, belanja vitamin pun bisa.

    BalasHapus
  9. wah bisa daftar rapid tes lewat Halodoc. Udah lama saya nggak membuka aplikasi Halodoc di handphone, ternyata fiturnya sudah bertambah, menyesuaikan dengan perkembangan kondisi yang ada. Keren nih pengembangnya, cepat tanggap dengan kebutuhan masyarakat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Mbak. Semakin komplit menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat

      Hapus
  10. Sekarang halodoc makin keren ya sudah bisa booking rapid test.. aku udha pakai halodoc dari jaman sebelum hamil dulu, baca baca artikel kehamilan dan bayi

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena sekarang banyak yang membutuhkan rapid tes

      Hapus
  11. Betul mbak sempat stres dengan berita hoax Corona yang simpang-siur jadi mending unduh aplikasi HaloDoc untuk dapat informasi kesehatan terpercaya, bisa konsultasi online pula ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. percaya hoax malah semakin menurunkan imun

      Hapus
  12. Aku baru aja instal nih halodoc. Soalnya bingung nih,lagi pandemi gini malah anak ama suami ngeluh sakit. Mau ke dokter malah bikin was2. Btw biaya konsultasinya mahal nggak sih?

    BalasHapus
  13. Sepakat banget untuk nggak asal-asalan nyari informasi kesehaatan. BUkannya bikin tenang malah bikin panik. Halodoc ini terbaik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan bisa berdampak gak baik juga untuk kesehatan

      Hapus
  14. Halodoc sangat responsif terhadap perubahan ya hingga ketika pandemi corona terjadi langsung membuat update tentang berbagai hal yang berhubungan dengan Covid 19.

    BalasHapus
  15. Makin inovatif ya HaloDoc ini, sekarang bisa juga tes rapid yah, makin memudahkan yah.

    BalasHapus
  16. Menjaga kesehatan itu sangat perlu sekali ya apalagi buat keluarga semoga kita sehat selalu

    BalasHapus
  17. Deg2an ya mba takut napa2 masalah covid ini. Cuma takut mis positif trus jadi ga bis ketemu keluarga :"(((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya berusaha gak mikir ke sana karena pasti sedih banget

      Hapus
  18. Bener loh info seputar Kesehatan itu selalu menempatkan Halodoc di halaman pertama. SElama ini udah suka baca artikel kesehatan di sana. Apalagi aku sebelum pandemi udah sering nyari info seputar kesehatan. Terutama sejak suamiku kena serangan jantung, ngecek kandungan obat dari dokter aja langsung buka daftar obat di Halodoc.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kan. Paling mudah cari info kesehatan lewat Halodoc

      Hapus
  19. Iya nih, di awal-awal corona masuk Indonesia, luar biasa gelombang informasi seputar virus ini. Ada yang hoax juga tentunya, malah makin bikin panik. Kudu pintar-pintar ya pilih web terpercaya untuk urusan kesehatan. Penting juga instal aplikasi halodoc gini untuk tahu informasi update seputar kesehatan yang tak akan menyesatkan kita.

    BalasHapus
  20. Kalau mau cari berita tentang corona yang bisa dipertanggungjawabkan memang sebaiknya lihat di aplikasi Halodoc ya...

    BalasHapus
  21. Aku tadinya masih agak lsow, Bengkulu masih zona hijau. tapi akhir Maret lalu, berubah jadi merah. MUlai juga waspada, semoga kita bisa tenang ya Mba, kalo galau baik juga konsul ke halodoc aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh, kan. Tetap waspada ya, Mbak. Semoga kita semua sehat. Aamiin

      Hapus
  22. Saya juga jengkel sama org2 yang ignoran gtu :(
    Padahal bahaya mengancam nyawa tapi herannya nyawa mereka tu kdng emang kyk kucing banyak :(
    ya akhirnya hanya bis amelindungi diri dan keluarga, gak ikut2an santuy dengan cari info di web atau apps terpercaya kyk halodoc ini ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan nyawa yang terancam belum tentu mereka yang ignorant. Tapi, karena ulah mereka, nyawa orang lain bisa terancam

      Hapus
  23. moga 2 segera berlalu ya badai ini...

    BalasHapus
  24. Aku juga lebih banyak nyari tahu di situs-situs atau aplikasi kesehatan terpercaya seperti Halodoc, Teh. Mengurangi baca berita yang nggak jelas sumbernya yang bikin kita semakin cemas.

    BalasHapus
  25. HaloDoc sekarang makin lengkap ya makchi, semuanya ada termasuk kalau mau rapid test.

    BalasHapus
  26. Saya prihatin dengan kondisi saat ini. Di mana dampak dari virus korona telah melumpuhkan ekonomi dunia, bahkan saya harus mengambil cuti dari tempat kerja di Sablon Kaos dan menghabiskan banyak waktu di rumah. semoga wabah virus korona akan segera berakhir dan kita dapat bekerja lagi untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Terima kasih atas informasinya, saya harap Anda dan kita semua mendapatkan kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Iya bener lagi pada dapat ujian, nih

      Hapus
  27. Alhamdulillah jadi memudahkan ya, HaloDoc ini jadi andalan yah dimasa pandemi gini, test rapid aja bisa online .

    BalasHapus
  28. pokoknya jangan sampai termakan hoaks. kudu dapat info valid yg jelas bs dipertanggungjawabkan datanya. nah halodoc nih salah satunya, komplit ada di sini. mau tanya ke dokter juga bisa langsung kan ya, gak perlu keluar rumah. aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahaya untuk kesehatan kalau percaya dengan hoax

      Hapus
  29. Halodoc membantu di situasi kayak gini ya mbak, kalau ada masalah dengan kesehatan kalau masih takut ke rumah sakit bisa konsul terlebih dahulu buat memastikan penyakit dan tindakan selanjutnya.

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^