Mengatur Pola Makan Sehat untuk Remaja - Keke Naima

Senin, 18 Maret 2019

Mengatur Pola Makan Sehat untuk Remaja

Saat Keke mulai masuk SMP, Chi kepikiran dengan pola makannya. Pengennya tetap mengkonsumsi makanan sehat. Tetapi, bagaimana ya cara mengaturnya supaya di usia remaja ini Keke tetap terbiasa memiliki pola makan sehat?

tips mengatur pola makan sehat untuk remaja

Mengatur Pola Makan Sehat untuk Remaja


Sebetulnya kalau dilihat dari durasi jam sekolah tidak berbeda jauh dengan saat dia masih SD. Malah kayaknya sedikit agak panjang jam pelajaran Keke saat SD. Tetapi, apa Keke masih mau membawa bekal ke sekolah?

Saat SD Keke membawa bekal ke sekolah. Hanya sesekali aja dia jajan di kantin. Tetapi, Chi sempat ragu ketika dia mulai masuk SMP. Khawatir dia merasa malu karena merasa udah remaja. Apalagi usia remaja kan mulai terpengaruh dengan teman. Siapa tau ada temannya yang ngeledek kalau Keke membawa bekal ke sekolah.

Chi udah siap-siap aja mau kasih dia uang jajan. Meskipun dalam hati agak khawatir karena jajanan kantin di sekolahnya kayaknya kurang higienis.

Tips Pola Makan Sehat


Chi lalu mengajak Keke berdiskusi. Chi ceritakan plus minusnya tentang membawa bekal ke sekolah. Senang banget ketika Keke tetap memilih membawa bekal. Alasannya makanan di kantin sekolah gak banyak pilihan. Udah gitu juga gak bersih karena dekat dengan tong sampah. Alhamdulillah Keke punya kesadaran untuk tetap mau membawa bekal.

[Silakan baca: Apakah Keke dan Nai Termasuk Picky Eater?]

Sarapan Tetap Wajib

Sebelum berangkat sekolah, Keke dan Nai wajib sarapan. Gak harus sarapan dengan makanan berat seperti nasi dan lauk-pauk. Semangkuk cereal atau segelas susu UHT juga udah cukup banget. Pokoknya jangan sampai mereka berangkat sekolah dalam keadaan perut kosong. Bisa lemas bahkan masuk angin kalau seperti itu. Sarapan hanya dengan segelas susu saja sudah cukup karena sekitar pukul 10, mereka makan bekal yang dibawa dari rumah.

Jangan Sampai Kurang Minum

Nah, ini yang kadang-kadang suka jadi masalah saat mulai masuk SMP. Waktu masih SD, di setiap lantai ada galon air minum. Para siswa bebas mengisi air minum sebanyak apapun. Saat di SMP gak ada fasilitas itu. Setiap hari Keke dan Nai bawa botol minum ukuran 1 liter. Buat Keke yang minumnya memang banyak, 1 liter kadang-kadang kurang. Jadinya dia beli air minum lagi. Tetapi, kalau lupa bawa uang jajan, ditahan deh hausnya. Duh! 😓

Perbanyak Makan Buah dan Sayur

manfaat mengkonsumsi makanan sehat bagi remaja
Gak harus buah potong, mengkonsumsi smoothie juga bagus

Alhamdulillah, Keke dan Nai tidak sulit makan buah dan sayur. Gak kayak bundanya hehehe. Chi suka banget sayur, ding. Tetapi, kalau buah memang agak milih-milih. Untungnya Keke dan Nai gak seperti itu. Mereka suka makan buah

Makan Siang dengan Makanan yang Bergizi

Makan malam juga jangan sampai telat. Nah, bedanya dengan sarapan, kalau menu makan siang lebih berat dan lebih komplit. Begitupun dengan makan malam. Kalau Nai, kadang-kadang melewatkan makan malam. Gak apa-apa, lah. Pokoknya yang penting makan siang dengan pola gizi seimbang jangan sampai lewat.

Jangan Kebanyakan Jajan

Nah, balik lagi ke cerita tentang bekal. Tentunya Chi bersyukur banget ketika Keke memilih membawa bekal. Ya, meskipun Chi akui kalau bekalnya saat SMP ini kurang bervariasi. Gak seperti saat mereka SD. Sekarang seringnya bikin nasi goreng hahaha. Tetapi, setidaknya lebih higienis kalau makanan rumahan. Gizinya pun lebih jelas dan lebih baik.

[Silakan baca: Bekal untuk Bunda]

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Sehat untuk Remaja


Tumbuh Kembang Secara Optimal

Katanya di masa remaja ini pertumbuhan terjadi secara cepat. Tetapi, tentunya harus didorong dnegan pola konsumsi yang tetap agar tumbuh kembang anak di usia remaja bisa optimal

Tubuh Tetap Bugar Meskipun Padat Beraktivitas

Aktivitas Keke saat SMP tentunya berbeda dengan masa SD. Rasanya aktivitas Keke semakin padat. Apalagi sejak pindah rumah, jaraknya semakin jauh dari sekolah. Pola makan sehat akan membantu supaya tubuhnay tetap bugar menjalani banyak aktivitas. Tentunya juga termasuk membantunya lebih fokus dalam kegiatan belajar di kelas

Menjaga Mood

Di usia remaja juga mulai masuk masa pubertas. Pada masa ini mood Keke bisa dengan cepat berubah. Makanan yang sehat bisa membantu remaja untuk lebih dapat membuatnya nyaman sehingga dapat mengontrol mood.

[Silakan baca: Masa Puber Bikin Baper]

Investasi untuk Masa Depan

Saat ini semakin banyak kejadian masyarakat terkena penyakit tidak menular, misalnya jantung, stroke, diabetes, dna lain sebagainya. Berbagai penyakit tersebut biasanya berhubungan dengan pola makan. Tentunya akan baik bila sejak remaja sudah terbiasa mengatur pola makan sehat. Ditambah lagi dengan rutin berolahraga. Insya Allah, penyakit tidak menular pun akan menjauh. Aamiin.

Mengatur pola makan sehat ini tidak hanya untuk Keke. Nai pun juga ikut terbiasa untuk hal yang sama. Semoga kebiasaan ini akan terus berlanjut hingga mereka dewasa.

1 komentar:

  1. Smoothiesnya enak kayaknya mba hehehe

    Makanan sehat emang seharusnya dibiasakan sejak dini ya, anak2 saya nih agak penuh tantangan, karena rata2 picky eater dan mamaknya ga pintar masak.

    Dibela2in deh masak beragam yang pastinya sehat dan penuh nutrisi :)

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^