Michiyo Ramen Enak, Sehat, Halal, dan Kekinian

Michiyo Ramen - Enak, Sehat, Halal, dan Kekinian  - Benarkah orang Indonesia selalu merasa belum makan kalau belum ketemu nasi? Anggapan itu sudah sejak lama tidak lagi berlaku untuk Chi. Kalau sudah makan mie, spaghetti, kentang, ramen, atau karbohidrat lainnya, ngapain juga harus makan nasi? Apalagi beberapa bulan ini, Chi sangat mengurangi asupan karbohodrat. Udah gak mungkin lagi deh makan nasi setelah makan mie.

Ngomong-ngomong tentang produk kemasan, salah satu kelemahan Chi adalah masih suka tergoda ketika melihat produk makanan atau minuman yang packagingnya bagus. Begitu tau tentang Michiyo Ramen yang langsung menarik perhatian adalah kemasannya yang terkesan clean dengan foto ramennya yang menggugah selera.

Berikutnya Chi tertarik dengan tulisan 'dry ramen' pada kemasannya. Lho, bukannya ramen biasanya berkuah, ya? Atau Chi aja yang kudet? Ya, maklum aja memang agak jarang makan ramen. Suka malas karena harus ke luar rumah dulu. Pengennya kan yang praktis. Kemudian Chi mulai mencari tau tentang dry ramen.

Dari beberapa artikel yang Chi baca, ternyata dry ramen ini termasuk ramen kekinian. Jadi ramen yang memang merupakan salah satu warisan kuliner Jepang itu aslinya berkuah. Tetapi, untuk membuat kuah ramen kalau mau yang bener-bener enak bikinnya lama banget. Bisa sampai 2x24 jam.

Kemudian beberapa tahun belakangan ramen dimodifikasi. Kuahnya diganti dengan saus karena dianggap lebih praktis. Tidak membutuhkan waktu lama saat membuatnya saus dibandingkan kuah ramen. Ya jadinya seperti Michiyo Ramen ini, mi dengan topping/saus yang banyak. Disebutnya Abura Soba atau Masezoba tergantung kedainya. Wah, berarti Michiyo termasuk ramen kekinian, nih!


Kelebihan Michiyo Ramen


Michiyo Ramen Enak, Sehat, Halal, dan Kekinian
Michiyo Ramen Enak, Sehat, Halal, dan Kekinian

Bila diperhatikan dengan saksama, di bagian kanan setiap kemasan Michiyo Ramen ada tulisan Natural Ramen, No Oil Frying Processing, dan New Technology. Penasaran?


Natural Ramen

Tidak seperti pada umumnya di mana ramen terbuat dari tepung terigu. Pembuatan Michiyo ramen juga terdiri dari sari pati kentang. Chi merasakan tekstur mi yang lebih kenyal dan lembut saat menyantapnya.


No Oil Frying Processing

Biasanya proses pembuatan mi instan adalah dengan cara digoreng, tetapi Michiyo Ramen berbeda. Teksturnya saat mi sebelum direbus juga terlihat berbeda. Biasanya mi instan kan keras, ya. Nah, kalau ini agak mirip kayak tekstur mi ayam yang belum direbus gitu. Dan karena tidak digoreng pastinya bebas dari lemak jahat (free trans fat). Langsung kelihatan pada hasil air rebusannya. Air bekas merebus mi tetap bening dan gak berminyak.


New Technology

Teknologi baru membuat mie ini bebas bahan pengawet. Kalau hanya makan mi-nya aja udah berasa kesegarannya.

Nah 3 hal itu yang bikin ramennya jadi terasa enak dan sehat. Satu hal lagi, Michiyo Ramen ini sudah Halal MUI. Buat teman-teman yang muslim dan ragu untuk menyantap ramen, pastinya ini kabar yang menggembirakan.


Cara Membuat Michiyo Ramen


Michiyo Ramen Enak, Sehat, Halal, dan Kekinian
Michiyo Ramen Enak, Sehat, Halal, dan Kekinian

Membuat Michiyo Ramen sebetulnya gak jauh berbeda dengan mi instan pada umumnya. Paling yang teman-teman harus perhatikan adalah pelengkapnya. Mana yang harus direbus dan tidak misalnya daun bawang kering sebaiknya direbus berbarengan mi agar teksturnya lembut.

Merebus ramennya cukup 2 menit terhitung sejak air mendidih. Supaya tekstur ramennya tetap berasa kenyal. Toppingnya cukup direndam di air panas saja. Gak usah rebus air lagi. Pakai saja air bekas rebusan mi. Setelah mi diangkat, rendam toppingnya selama beberapa menit.


4 Varian Michiyo Ramen Mana yang Paling Favorit?


Bunda: "Dek, nanti makan bareng-bareng, ya."
Nai: "Memang kenapa?"
Bunda: "Kayaknya gede banget.  Bunda gak tau sanggup abisin atau enggak."

Kemasan Michiyo Ramen memang terlihat besar. Tetapi, setelah dibuka ternyata karena kemasan toppingnya yang besar. Itu karena toppingnya memang gak ala kadarnya. Isinya banyak dan potongan dagingnya cukup besar.

Michiyo Ramen saat ini memiliki 4 varian dan semuanya ramen kering. Chi berharap suatu saat ada yang kuah. Semua rasanya enak. Tetapi, tetap lah ada yang jadi favorit. Jadi Chi akan bahas tentang cita rasa 4 varian ini berdasarkan urutan terfavorit, ya


Michiyo Ramen Beef Teriyaki


"Save The Best For Last" sepertinya menjadi ungkapan yang tepat. Michiyo dengan rasa beef teriyaki ini jadi yang paling akhir kami cicipi dan ternyata paling enak! Sebelum dikasih topping yang daging teriyaki, Chi cicipin dulu mi-nya. Teksturnya kenyal seperti varian yang lain. Bumbu pelengkapnya yang dicampur ke mi bikin rasanya jadi enak. Apalagi setelah disiram dengan topping. Makin juara deh rasanya.

Chi tinggal menambahkan brokoli rebus aja. Brokoli yang hanya direbus sebentar kemudian ditaburi sedikit garam setelah ditiriskan. Keke dan Nai memang lebih suka brokoli yang diolah seperti ini.


Michiyo Ramen Spaghetti Bolognese


Nai sempat menyangka kalau bundanya beli spaghetti instan. Dia agak gak percaya kalau ini adalah ramen. Rasanya toppingnya mirip seperti spaghetti bolognese. Tetapi, bila teman-teman gak terlalu suka atau membatasi makanan yang asin mendingan taburin sedikit dulu bubuk kejunya. Chi pun memilih mengurangi bubuk kejunya dan menambahkan dengan keju cheddar parut. Selain keju cheddar parut, Chi juga menambahkan beberapa potong tomat cherry.


Michiyo Ramen Chicken Mushroom

 
Nah, sepintas Chi langsung ingat dengan mie ayam. Mungkin karena toppingnya ayam dan jamur, ya. Rasanya udah enak, tetapi Chi tingkatkan lagi dengan menambahkan sambal matah. Sayangnya ketika dikasih sambal matah udah gak menarik untuk difoto. 2/3 porsinya udah dihabisin sama Keke dan Nai hehehe.

Walaupun dalam kemasannya sudah ada daun bawang kering, Chi tambahkan lagi dengan daun bawang cung, tomat cherry, dan poached egg. Ketika dibelah, kuning telurnya akan lumer ke mi.  Jadi semakin enak deh rasa ramen ini.


Michiyo Ramen Chicken Teriyaki


Pilihan ke-3 dan 4 sebetulnya jadi perdebatan antara Keke dan Nai. Keke lebih suka chicken mushroom sedangkan Nai lebih suka chicken teriyaki. Ya udahlah berarti lain kali gak bakal rebutan kalau untuk 2 varian ini. Chi tambahkan tumis cuciwis dan telur rebus yang direbus tanpa cangkang. Biar makin komplit pelengkap ramennya.

Sudah beberapa bulan ini Chi menjalani cut carbo. Lumayan lah udah turun sekitar 5 kg. Sempat ragu ketika mau menyantap mi ini. Ternyata, setelah dibuat porsinya pas dan kalorinya juga gak besar. Masih aman lah menikmati mi ini tanpa merasa bersalah.


3 Saat yang Tepat Menyantap Michiyo Ramen


Saat di Rumah

Teman-teman pernah gak kepengen makan enak, tetapi malas keluar dan lagi malas masak juga? Beberapa kali Chi pernah kayak gitu. Pengennya makanan langsung ada di meja. Kalau udah begitu delivery order jadi solusinya. Tetapi, sekarang Michiyo Ramen juga jadi solusi. Apalagi kalau pengen makan ramen yang enak, tapi mager banget buat keluar rumah.


Saat di Sekolah

"Bawain buat bekal sekolah, Bun!" Begitu pertama kali nyobain Michiyo Ramen, Keke dan Nai kompakan punya permintaan yang sama. Minta mi ini dijadiin buat bekal sekolah. Memang solusi praktis juga, sih. Kadang-kadang suka bingung dengan bekal sekolah mereka. Pengennya enak, tetapi gak mau ribet masak di pagi hari. Kalau Michiyo ini udah praktis banget, deh.


Saat Camping

Mi instan selalu jadi salah satu perbekalan kami saat camping. Tetapi, biasanya kami juga bawa pelengkap lainnya seperti sosis dan kornet. Kalau ada Michiyo Ramen ini kan jadi lebih praktis. Dalam 1 kemasan isinya sudah cukup lengkap.

Harga 1 kemasan Michiyo Ramen Rp25.000,00. Kemahalan? Kalau kata Chi sih enggak juga. Dalam 1 kemasan kan isinya gak hanya mi, tetapi juga ada topping yang banyak. Kita gak ribet lagi buat nambahin ini itu. Tapi, kalau mau nambahin juga gak apa-apa.

Untuk saat ini bisa dibeli secara online di beberapa e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shoppe. Atau bisa juga lihat informasinya di Instagram @Michiyoramen. Mudah-mudahan segera ada di minimarket atau supermarket, deh, Biar lebih banyak lagi temoat untuk membeli Michiyo ramen.