Tips Awet Muda untuk Ibu Rumah Tangga

By Keke Naima - March 23, 2023

Awet muda menjadi keinginan semua perempuan, termasuk ibu rumah tangga. Setuju? 

Postingan ini terinspirasi dari keramaian beberapa waktu lalu tentang seorang influencer yang pro childfree. Katanya tips awet mudanya adalah dengan tidak memiliki anak. Keruan pendapatnya menjadi kontroversi. Tetapi, Chi lebih memilih diam. Gak mau ikut pro kontranya. Khawatir nanti jadi emosi. Kan, katanya kalau marah-marah nanti cepat tua hahaha!
 
Tips Awet Muda untuk Ibu Rumah Tangga

Ini bukan postingan Chi yang pertama membahas tentang childfree karena influencer tersebut. Chi memang lebih memilih diam di medsos. Mending nulisnya di blog karena diendapkan dulu. Kemudian dibahas dengan keluarga sendiri.

Chi pernah ngobrolin tentang chilfree sama Keke. Pengen tau pendapatnya tentang hal tersebut. Ternyata dia pun kepikiran pengen childfree, lho. Nah!  Untungnya Chi gak koar-koar menentang di medsos. Gak taunya malah anak sendiri punya pendapat yang berbeda dengan bundanya. Lagipula lebih seru bahasa sama anak sendiri hehehe.

[Silakan baca: Ngobrolin tentang Childfree]

Kali ini, Chi gak mengajak keluarga berdiskusi. Karena topiknya tentang cara tetap awet muda. Kan, katanya jadi banyak yang kesel karena kesannya childfree adalah kunci menjadi awet muda. Padahal enggak juga, lho. Semua bisa awet mudam termasuk ibu rumah tangga asalkan tau tipsnya.


Punya Niat dan Motivasi yang Kuat


Semua harus berawal dari niat. Ibu yang bekerja banyak terlihat lebih awet muda daripada ibu rumah tangga karena bisa jadi niatannya lebih kuat.

Ibu yang bekerja akan bertemu dengan banyak orang. Jadi ada keinginan untuk terlihat baik penampilannya. Sedangkan kalau di rumah bisa jadi motivasinya gak sekuat itu. 

Ya, setidaknya Chi merasakan sendiri. Kalau lagi males skinkeran, seringkali alasannya 'Cuek aja mau butek juga. Kan, sehari-hari cuma di rumah. Siapa juga yang mau lihat?' Jangan ditiru, yaaaa! Hehehhe. 
 
Tapi, ya gitu motivasi untuk melakukan perawatan wajah masih suka turun naik. Seringkali sebatas niatan. Makanya harus punya tekad kuat dan konsisten kalau mau merawat diri.
 
Lama-lama mulai sadar kalau merawat diri, khususnya kulit wajah, bukan untuk 'siapa'. Justru untuk kebahagiaan diri sendiri. Rasanya bahagia ketika melihat kulit wajah terlihat sehat saat bercermin.


Menjaga Pola Makan, Rutin Berolahraga, dan Istirahat yang Cukup


Makan, istirahat, dan olahraga tuh udah kayak satu kesatuan, ya. Kalau mau sehat, harus perhatikan 3 hal tersebut. Begitupun kalau ingin terlihat awet muda. 

"Masalahnya, seorang ibu seringkali kurang tidur!"

Begitu kata banyak netizen yang sudah menjadi ibu. Apalagi si influencer tersebut juga bilang childfree bikin dia bisa tidur 8 jam sehari.

Menurut Chi, patokan cukup tidur atau enggak, bukan hanya karena udah punya anak atau belum. Banyak juga para pekerja kantoran yang bahkan belum menikah, tapi kurang tidur. Bisa jadi karena beban kerjanya banyak banget. Harus sering lenbur atau mengejar deadline.

Kalaupun memang gak cukup tidur, bisa coba dimaksimalkan di bagian yang lain. Misalnya asupan makan lebih diperhatikan atau menyempatkan diri untuk berolahraga meskipun hanya 15 menit. 
 


Hindari Faktor Penyebab Stress


"Jangan suka marah-marah, nanti cepat tua!"
 
 Sering juga denger kata-kata seperti itu ketika masih kecil. Dulu percaya aja. Sampai pernah menyangka jadi nenek-nenek tuh karena suka marah, Namanya juga masih anak-anak hehehe.
 
Beberapa waktu lalu, Chi menulis tentang burnout yang terjadi pada ibu rumah tangga. Tentang bagaimana mengenali burnout hingga cara mengatasinya.

Sebetulnya, burnout gak hanya dialami oleh ibu rumah tangga. Stress karena pekerjaan kantor bisa berujung burnout. Jadi, siapapun bisa mengalaminya.
 
Tapi, banyak yang terpancing emosi kan karena influencer tersebut hehehe. Yuk, jangan lama-lama keselnya. Anggap aja dia gak mengerti kalau ibu rumah tangga juga bisa happy. Karena dia kan belum jadi ibu. Dan mungkin di circlenya gak ada sosok ibu yang kelihatan bahagia.
 
Buat Chi, bisa nonton 1-2 episode serial favorit udah bikin seneng. Tapi, kan, belum tentu buat yang lain. Dan, jangan pula dikomentarin, "Hhhh ... Saya mana bisa nonton. Tv dikuasai ma anak-anak!"

Waktu Keke dan Nai masih kecil, Chi nyaris gak pernah menonton tv. Ketika mereka di rumah, tentu tv dikuasai anak-anak. Kalau lagi di sekolah, Chi pun nungguin di sekolah. Dulu belum ada layanan streaming. Jadi gak bisa nonton berbagai serial lewat hp. Paling tidur di mobil daripada ngumpul ma ibu-ibu sekolahan hahaha!

Ketika udah masuk SD, memang gak ditungguin lagi. Tapi, waktunya Chi pake buat masak dan ngeblog. Intinya sih hampir gak ada waktu buat nonton tv. Paling malem kalau anak-anak udah tidur. Itu pun juga gak lama karena keburu ngantuk.

Bukan berarti gak ada kegiatan yang menyenangkan meskipun waktu untuk diri sendiri gak sebanyak sekarang. Tetapi, kan, bukan berarti gak bisa bahagia. Kalau penyebab stressnya karena sering kesel ma suami. Coba aja berdiskusi dan sama-sama introspeksi. Mungkin memang ada hal-hal yang perlu diperbaiki, termasuk komunikasinya.


Jangan Insecure, Merawat Diri Gak Selalu Mahal


"Yang penting itu punya duit!"

Ketika dikasih contoh kalau beberapa artis atau influencer yang udah berusia cantik tetap awet muda, pasti deh ada yang jawab karena faktor U (Uang).
 

Ya gak salah berpendapat begitu. Tapi, kemudian timbullah insecure bagi beberapa ibu. Karena yakin deh biaya perawatan para artis atau influencer tersebut gak murah. Gimana dengan kita-kita yang rakyat jelata ini? 😄

Beli skincare memang butuh biaya. Gak bisa pake daun. Tapi, kan, bukan harus pakai yang mahal. Pilih produk yang cocok dengn kulit kita. Bujetnya sesuaikan dengan kemampuan.

Chi punya teman yang selalu pakai produk lokal ternama yang harganya gak mahal. Padahal secara ekonomi dia mampu beli yang mahal. Tapi, memang katanya hanya produk tersebut yang cocok ma kulitnya. 

Kalau memang kitanya mudah insecure, jangan artis atau influencer yang dijadiin patokan. Lihat aja sekeliling kita. Bisa lihat keluarga, teman, atau tetangga yang kulit wajahnya terawat dan terlihat awet muda. Ya kali mau berbagi tipsnya. Belum tentu lho perawatannya mahal.
 
Jadi kurang-kurangin bahkan hilangkan insecure. Kita para ibu tetap bisa awet muda, kok. Seneng deh kalau nanti ada yang bilang kayak adek kakak ma anak sendiri. 😂

  • Share:

You Might Also Like

21 comments

  1. Stres ini yang sering alami, atasi stres gak mudah seperti membalikan tangan, harus punya motivasi yang kuat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, Mbak. Stress pun katanya ada berbagai tingkatannya, ya

      Delete
  2. kuncinya harus menerima dan bahagia lahir batin ya, nice article mba, menginspirasi banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Kitanya harus bahagia dulu. Siapaun bisa bahagia. Gak hanya yang childfree

      Delete
  3. aku tuh suka banget sama mba Myra awet mudaa, dan anak-anaknya udah pada gedeee hihi. Bener yah tips paling utama itu rajin2 merawat diri dan ngga perlu insecure sama orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah. Iya, betul. Usahakan jangan jadi orang yang mudah insecure. Percaya aja sama diri sendiri

      Delete
  4. Dulu sebelum nikah Ama pak suami, aku juga maunya childfree mba. Sbnrnya lebih Krn aku ga suka anak kecil. Malah dengan si mantan, kami memang sepakat ga mau punya anak. Tapi namanya ga jodoh 😁. Dengan pak suami, aku jadi ngalah, terpaksa mau tapi dengan banyak syarat, dan Alhamdulillah semua dikabulin termasuk babysitter utk anak2. Jadi menurutku, support dari suami juga bisa bikin istri awet muda 😄. Akunya ga repot, tetep happy dan bisa fokus merawat diri.

    Cuma kalo ttg merawat kulit, sbnrnya Krn disiplin sejak SMP. Dari mama yg maksain kami utk peduli Ama kulit sejak dini. Hasilnya memang terlihat skr, dan mindset juga ngaruh. Mungkin Krn terbiasa skincare-an aku nya termotivasi utk terus menjaga kulit. Apalagi sejak ga kerja.

    Mikirin pak suami di kantor banyak ketemu cewe cantik dan muda, masa iya istrinya kucel. Aku nya yg ga mau. Malu laah. Makanya makin termotivasi utk tetep terlihat muda di mata suami 😁. Lagian kita juga yg happy kalo kulit terawat kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, dukungan dari pasangan memang ngefek banget. Jadi mau childfree atau punya anak pun, kalau kitanya gak ruwet bisa tetap awet muda. Apalagi kalau pasangan juga bikin bahagia terus, ya

      Delete
  5. Menghindari faktor penyebab stress emang jitu banget bikin awet muda ya mbak. Soalnya aku ngerasa ini, kalau pas stress, jerawatku bersemi dengan indahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan juga buat menghindari kerutan di wajah, Mbak hahaha.

      Delete
  6. Waahh Keke ya untuk childfree ya Mbak? saya penasaran, reaksi Mbak Myra pas Keke bilang gitu gimana ya? Kaget gak sih? tapi mungkin itu sekarang aja kali ya, kalau nanti punya pasangan dan seiring dengan waktu juga Keke mungkin bisa berubah ya.
    tentang awet muda bagi rumah tangga ini kembali lagi ke pribadi masing-masing ya, sejauh mana usaha ingin tampil awet muda, pikiran juga kan bisa buat kita awet muda ya, kalau seringnya overthinking, semua mau diurusin juga bakalan cepat ya itu kerutan muncul di wajah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah pernah saya ulas di blog ini. Di artikel ini pun saya sertakan linknya. Judul postingannya "Ngobrolin tentang Childfree"

      Delete
  7. Emang kalau mau awet muda itu harus menjalankan pola hidup sehat dan kelola stres ya mbak
    Yang berat itu emang kadang mengikis rasa insecure

    ReplyDelete
  8. Mungkin karena aku jarang kumpul sama orang kali ya, kak Chie..
    Biasanya insekyur kalo uda menyangkut masalah blog, malahan. Tapi lebih ke pencapaian diri sendiri dari setiap minggunya. Solusinya, aku tulis di diary dan breakdown lagi, kenapa bisa ini terjadi.

    Misal, sedang sakit.
    Jadi solusinya ditingkatkan lagi kalau sudah sehat lagi.
    Hehhe~

    ReplyDelete
  9. Stress emang bisa bikin seorang ibu keliatan lebih tua dari usianya ya. Kurang merawat diri kadang bukan karena nggak ingin tapi udah terlalu sibuk ama urusan rumah dan anak. Apalagi kalau anaknya banyak. Makanya jadi ibu harus bahagia biar tampak awet muda

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah banget tips2 diatas juga udah mulai aku lakukan demi awet muda hehehe, nah yang insecure ini yang paling berat untuk dilawan, butuh perjuangan

    ReplyDelete
  11. Kalau artis dan influencer yang dijadikan patokan mah bisa meng-sedih selalu ya kak hehe.
    Lebih baik nyamankan diri dengan hal yang membuat senang dalam perawatannya

    ReplyDelete
  12. Dema tu mbak gara2 sering denger childfree suka galau katanya Dema gak mau punya anak. Tapi besoknya berubah lagi katanya nanti kalau Dema gak punya anak bunda gak punya cucu wkwk. Aku bilang urus aja matematikamu baru ngurusin childfree :p
    Aku juga males komenin gituan soalnya ntar si influencer makin terkenal. Kalau aku sih bebas aja org mau menganut apa asal gak maksain aja ke org.
    banyak emak2 anak banyak juga masih cakep asal trajin perawatan dan jaga diri dan yang paling penting ada modal hahahaha :P

    ReplyDelete
  13. Aku juga lebih suka pake produk lokal yang harganya minimarket. Soalnya produk lokal sekarang juga banyak yang harganya mal kelas atas, mahaal hehe.

    ReplyDelete
  14. Wah, artikel kita samaan nih judulnya, aku dulu pernah nulis dengan judul ini. Memang ya utama mengelola hati dan pikiran

    ReplyDelete
  15. Kalau menurut saya masalah awet muda ini dipengaruhi bagaimana kita merawat diri ya, mbak baik itu dari dalam atau luar. Kalau untuk anak memang ada masanya kita jadi ku el pas baru punya anak tapi kan cuma untuk beberapa waktu aja kucek ya kalau anak sudah besar bisa perawatan lagi biar tetap awet muda

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^