SMA di Brain Academy

By Keke Naima - July 31, 2022

SMA di Brain Academy - Sedikit info dulu. Ini bukan postingan berbayar. Gak apa-apa sih kalau kemudian Brain Academy jadi tertarik 😂. Ini cerita tentang Keke selama SMA. Kan, kata banyak orang masa SMA adalah masa terindah. Nah, buat Keke masa terindahnya bukan di sekolah formal, tetapi di bimbel bernama Brain Academy by RuangGuru.

sma di brain academy

Menjelang akhir tahun ajaran, foto-foto wisuda biasanya bertebaran di medsos. Ada yang lulus TK, SD, hingga kuliah. Barakallah.
 
Alhamdulillah Keke juga lulus SMA tahun ini. Tetapi, tidak ikut wisuda. Makanya gak ikutan upload foto hehehe

"SMA Keke, kan, di BA!"

Seperti banyak sekolah lainnya, di sekolah Keke pun membuat foto buku tahunan, kegiatan wisuda, dan prom night. Bukan sekolah, sih, yang bikin Tapi, komite yang terdiri dari beberapa perwakilan orangtua. Oiya, prom night dan wisuda digelar di hari yang berbeda kalau di sekolah Keke.

Keke gak tertarik ikut semua kegiatan tersebut, Dia selalu bilang kalau SMAnya di BA (Brain Academy). Ada salah satu orang tua yang bilang, siapa tau nanti di masa depan ada dari mereka yang sukses. Kan, jadi bisa nunjukkin buku tahunan kalau satu angkatan di sekolah.

"Ngapain juga nunjukkin ke orang-orang kalau Keke gak kenal dekat? Pokoknya Keke gak mau ikut!"
 
Bener juga apa yang Keke bilang. Chi dan K'Aie juga gak pernah melakukan hal seperti itu, Males juga kalau niatannya memang hanya untuk pamer.

Keke memang kurang merasa punya keterikatan dengan sekolah formalnya. Keke bukan tipe anak yang mudah langsung berbaur. Biasanya kalau ketemu suasana dan orang-orang baru, memilih mengamati dulu.

Kami baru aja pindah rumah ketika Keke masuk SMA. Makanya gak ada teman-teman asal SMPnya lanjut ke sekolah yang sama. 

Awalnya Chi sempat optimis kalau Keke akan mudah beradaptasi. Lingkungan sekolahnya terasa cukup nyaman. Keke ikut ekskul photography dan terpilih sebagai ketua angkatan.

Seminggu sekali, ada pengumuman siswa berprestasi. Diminta maju ke depan saat upacara sekolah hari Senin. Tidak hanya prestasi akademis. Non akademis pun diapresiasi.

Keke pernah sekali dipanggil ketika dia naik podium di salah satu event balapan motor. Seharusnya menjadi pengalaman kedua mendapatkan apresiasi karena jadi juara favorit di salah satu lomba photography. Tapi, pandemi pun melanda. Semua sekolah di Jakarta wajib mengadakan PJJ.

Pelaksanaan PJJ di sekolah Keke gak berjalan dengan mulus. Ada aja dramanya. Kami mencoba memaklumi karena faktanya memang banyak sekolah yang gak siap dengan belajar online. Gak siap fasilitas, gak siap pula manusianya.

diterima di ptn top
Keke lolos jalur mandiri di Unpad


Brain Academy Lebih Siap Menghadapi PJJ

Bila dibandingkan dengan bimbelnya, kegiatan belajar di Brain Academy memang terasa jauh lebih siap. Dulu, BA belum ada paket untuk belajar online kayak sekarang, ya. Tetapi, mungkin karena milik RuangGuru jadinya udah langsung siap ketika sistem belajar berubah.

Terlepas dari masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan PJJ di sekolah, kami gak mau ikutan nge-drama. Gak pernah sekalipun mengeluarkan keluhan di medsos atau blog tentang PJJ. Udah lah dibawa santai aja. Karena saat itu gak tau juga pandemi kapan selesainya. Kalau disebelin melulu, bisa-bisa daring berubah menjadi darting hehehe.
 

Memang masuk akal kalau kemudian Keke menjadi merasa kurang terikat dengan sekolah, termasuk dengan para guru dan teman-teman seangkatan. Hanya segelintir yang Keke kenal.

Sistem belajar di Brain Academy selain lebih siap juga menyenangkan. Gak ada cerita pengajar mengubah jadwal semaunya, cuma ngasih materi doang, dan lain sebagainya. Waktu kelas 10, hanya ada 2 siswa IPS yang belajar di sana. Berasa ikut kelas privat hahaha!


Kakak Pengajar Brain Academy Berjiwa Muda

Sejak pandemi semakin bertambah. Di kelas 12 semakin banyak. Seingat Chi, para pengajar di BA disebut master teacher. Tetapi, semua siswa memanggilnya kakak. Sikapnya beneran berasa kayak kakak ke adik. Gak menggurui gitu.

Kata Keke cara mengajarnya lebih asik dari sekolah. Berasa kayak belajar bersama. Siswa selalu diajak berdiskusi dan bebas berpendapat.

Bahkan beberapa kali Keke gak langsung pulang ke rumah setelah selesai bimbel. Main dulu ma teman-teman dan gurunya. Memang suasananya sekompak itu.


Kompak dengan Teman-Temannya

Ketika kelas 12, belajar mulai kembali tatap muka. Mereka pun semakin kompak. Kekompakan itu bahkan sampai ke tukang parkir juga. Berasa akrab kalau denger cerita-cerita Keke. Dia terlihat jauh lebih semangat kalau udah ceritain tentang aktivitas di BA.

Seperti banyak bimbel lainnya, gak perlu pakai seragam. Kadang-kadang mereka sendiri yang menentukan baju bertema gitu. Pernah ya Keke dan teman-temannya janjian pakai baju rumahan. Ada yang pakai baju tidur, sarungan, dan lain sebagainya. Tapi, tentunya masih dalam batas sopan. Artinya kalau jangan pula terlalu sexy kalau pakai baju tidur. Chi ngelihat fotonya seru. Berasa pengen balik ke zaman SMA, deh hehehe.
 
 
Awalnya Chi sempat ada rasa gak tega kalau sampai Keke gak ikutan bikin buku tahunan, wisuda, dan prom. Sempat mikir, masa' masa SMA berlalu gitu aja. Gak ada kenang-kenangannya. Tapi, Keke punya jawaban yang cukup dewasa.

"Masa SMA Keke tuh di BA, Bun. Keke gak bakal kenapa-napa kok gak ikut semua kegiatan itu. Malah sayang uangnya kalau dipaksain."

Iya juga, sih. Kalau dipikir lagi memang buat kuliah biayanya. Buat apa ikutan kalau anaknya merasa terpaksa. Mana biayanya juga lumayan besar.
 
Acara wisuda dan promp night yang foto-fotonya dibagikan di WAG orangtua terlihat meriah. Mungkin buku tahunan pun desainnya akan bagus. Tentu aja gak ada Keke di sana. Tetapi, karena Keke juga santai, Chi pun jadi gak merasa sedih melihatnya. 
 
Nostalgia SMA kita
Indah lucu banyak cerita
Masa-masa remaja ceria
Masa paling indah


Kalau hapal lirik lagu di atas berarti kita seangkatan 😂. Memang pada akhirnya bicara tentang kenangan. Bagi Keke suasana di Brain Academy lebih berkesan. Meskipun gak ikut foto buku tahunan, wisuda, dan malam perpisahan. Keke cukup ikut seremonial pelepasan siswa kelas 12 di sekolah. Itupun karena diwajibkan. Tapi, gak mengurangi rasa bahagia Keke. Dia pun bilang gak merasa kehilangan masa SMA karena "SMA Keke kan di BA!" 
 
Alhamdulillah tetap gak kehilangan masa remaja ya, Nak. Tetap ada cerita masa SMA yang berkesan dan menyenangkan meskipun bukan di sekolah formal. Pencapaian akademis Keke di Brain Academy juga bagus. Jadi memang gak perlu galau meskipun gak ikut 3 kegiatan tadi.
 
Baidewei, banyak yang bilang kalau bimbel di Brain Academy tuh mahal. Sepadan gak dengan hasilnya? Alhamdulillah, Keke keterima di 2 PTN top. Nilai UTBKnya juga tinggi. Tapi, kapan-kapan aja dibahas tentang ini. Karena udah beda bahasannya hehehe.

tips lolos seleksi ptn
Keke keterima di Unbraw jalur mandiri UTBK

  • Share:

You Might Also Like

104 comments

  1. Keren banget ini mah, bisa keterima di 2 PTN top, masha Allah.
    Yang namanya biaya untuk pendidikan, selama hasilnya juga sepadan memang sah-sah saja ya, bahkan jadi sebagai ikhtiar lebih buat pendidikan anak.
    Keren deh bisa SMA di Brain Academy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Berusaha maksimal untuk pendidikan anak

      Delete
    2. Jadi terinpirasi banget deh Mba, memang untuk pendidikan anak diusahakan untuk selalu memberikan yang terbaik dengan usaha maksimal ya, semoga anak-anak menjadi seperti apa yang dicita-citakan, aamiin

      Delete
  2. Brain Academy tuh SMA swasta ya Kak Keke? Penasaran dengan sistem dan gaya pembelajaran nya, bisa cek di social media nya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan, Mbak. Brain Academy itu bimbel milik RuangGuru. Sosmednya ada, Mbak

      Delete
  3. Teknik di BA yang oke + klopnya semangat belajar Keke jadinya menghasilkan yang luar biasa..
    Selamat buat Keke, gali terus minat dan bakatmu

    ReplyDelete
  4. Wah, seru amat cerita Keke bahagia di Brain Academy. Termasuk kebanggaannya diterima di 2 PTN, keren! Memang ga semua siswa itu mudah berbaur maupun bersosialisasi di sekolahnya. Sama kayak anakku Rafa mbak, dia juga tipe pemalu diam2 gitu wkwkwkw. Yang penting sekarang Keke udah mantap ya kuliah di Trisakti jurusan ekonomi ya, semoga sukses aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuo! Keke tipe yang mengamati dulu. Gak langsung berbaur gitu

      Delete
  5. BA emang okey, bisa menghasilkan sdm yg luar biasa.. Selamat keke.. Tetap semangat belajar.. Dan gali bakat

    ReplyDelete
  6. Eh aku baru tau kalo Brain Academy ini bimbel. Duh kemana aja daku ya?? Tapi asyik juga kayanya ngikutin anak bimbel di sini 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tergantung anaknya, ya. Kalau Keke udah terbukti cocok

      Delete
  7. MasyaAllah, bahkan master teacher yang dipanggil kakak ini masih bisa diajak jalan bareng juga. Baca cerita Teteh, berasa sih, betapa di BA lebih berasa seru dibanding di sekolah. By the way, selamat buat dek Keke.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dia lebih suka dan betah dengan suasana belajar di BA hehehe

      Delete
    2. Mengasikkan ya kak Acha..
      Karena para siswa belajarnya sesuai dengan apa yang menjadi minat dan bakatnya. Coba dulu waktu daku sekolah tekniknya kayak gitu hihi

      Delete
    3. Belajar memang semangat kalau menyenangkan

      Delete
  8. Sebentar, jadi Kak Keke sekolah SMAnya di bimbel gitu Mbak, bukan sekolah formal? Sekolah begini termasuk home schooling bukan sih mbak, trus ijazahnya dikeluarkan oleh Bimbelnya ya? Angkat jempol buat Kak Keke yang diterima 2 PTN, sistem pengajarannya pasti bagus dan nyaman buat anak-anak sehingga mereka mudah menerima materi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap lah Keke ikut sekolah formal. Ijazahnya ya di sekolah formal. Bimbel gak mengeluarkan ijazah. Tetapi, karena suasananya asik, Keke lebih merasa punya keterikatan di tempat bimbelnya. Dibandingkan dengan sekolah formal

      Delete
  9. Ini emang iya sih, Kayla juga merasa kurang adanya keterikatan emosional sama SMA nya karena baru juga masuk udah harus sekolah online huhu. Pas perpisahan, ya udah gitu aja deh

    Sayang banget waktu itu gak ikutan brain academy jugak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya. Baru juga masuk SMA, tau-tau udah lulus hahaha

      Delete
  10. Wuih, selamat ya mbak! Seenggaknya udah tau mana yg akan jadi pilihan utk anak lelaki saya. Brain Academy, luar biasa!

    ReplyDelete
  11. menarik juga nih mba.. bisa jadi referensi untuk anak - anakku nanti kalau pulang ke Indonesia

    ReplyDelete
  12. Aku baru tau ada Brain Academy ini semoga bisa membantu anak anak dan pelajar Indonesia untuk meraih prestasi di sekolah ya

    ReplyDelete
  13. Baru tahu Ruang Guru punya bimbel namanya Brain Academy... Wah kayaknya kalau anakku udah besar, aku mau masukin bimbel berstandar seperti brain academy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang relatif masih baru kalau untuk Brain Academy

      Delete
  14. Wah, pemikiran yang keren Mba nih Keke. Memang kalau tujuannya buat dipamerin ya apa manfaatnya. Apalagi biayanya yang lumayan mahal ya kalo bikin buku tahunan khusus itu. Mending buat biaya kuliah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Jadi berasa buang uangnya. Kecuali kalau Keke memang punya ikatan emosional. Jadi bisa berasa kenang-kenangannya

      Delete
  15. sering denger cerita kalo platform kaya BA gini metode belajarnya lebih fun dan lebih jelas buat siswa. Apalagi yang bikin Ruang Guru pastinya udah pengalaman tinggi soal pendidikan online. Mudah2an masa kuliah Keke lancar dan cemerlang ya bikin bangga semua (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Makanya meskipun awalnya BA hanya punya kegiatan belajar offline. Tetapi, dengan cepat bisa beradaptasi karena udah pengalaman di RuangGuru

      Delete
    2. Jadi program belajar yang amat berkesan dengan BA ini ya, apalagi minat dan bakat makin terasah. Semangat terus belajarnya ya Keke

      Delete
    3. Iya, semoga Keke tetap bisa semangat

      Delete
  16. Wkwkwk aku merasa Keke adalah akuuuu :P
    Kyk gak perlu mbuktiin sukses atau gak ke orang lain apalagi yg gak deket #dibahas :P
    Brain Academy ini start mulai SMA atau udah bisa sejak SD SMP mbak?
    Salut Keke ya bisa menolah ikut arus, gak perlu ikut seremonial2, emang sih sayang duitnya wkwk, moga2 sukses belajarnya di jenjang kuliah dan tercapai cita2nya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu ma Keke hehehe

      Brain Academy udah ada dari jenjang SD, Pril

      Delete
  17. wah kalau anaknya cocok sama tempatnya, pastinya bisa menggali potensi anak lebih baik lagi ya mba, semangat Keke

    ReplyDelete
  18. Selamat ya. Akhirnya ambil yg mana? Unpad ya yg deket? 😃. Prihatin juga selama pandemi sekolah lambat banget adaptasinya sehingga ortu terbebani tugas anak2. Padahal para ortu sendiri sudah kewalahan bertahan dari kesulitan ekonomi. Syukurlah keke gercep segera cari alternatif belajar selain sekolah. Btw, anakku jg nggak ikut prom. Kata mereka, males itu acaranya geng gaul & mereka merasa bakal bengong aja di acara tsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadinya di PTS hehehe. Iya PJJ bisa bikin darting kalau dibawa emosi. Untung aja dia bisa cocok di Brain Academy

      Delete
  19. selamat ya keke
    syukurlah bimbel di Brain Academy ini membantu semangat belajarnya

    ReplyDelete
  20. Wah selamat ya Keke keterima di Unibraw. Dua kakakku juga kuliah di sini dan kampusnya memang adem dan nyaman ya. Salam hangat. @depus

    ReplyDelete
  21. Oh, aku baru tahu dari postingan kak Chie kalau ada SMA Brain Academy.
    Dan ini membuat anak-anak tetap belajar menyenangkan karena 2 tahun terkahir metode belajarnya bener-bener dari kesadaran siswa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya ini Bimbel. Tetapi, Keke lebih suka bilang kalau SMAnya di Brain Academy, Karena dia punya ikatan emosional di sini dibandingkan sekolah formalnya

      Delete
    2. Oh maaf, kak Chie..
      Aku salah memahami. Tapi aku salut banget karena komunikasi yang baik antara orangtua dan anak, jadi bisa mantap memilihkan media terbaik untuk anak belajar sehingga semakin melejitkan potensi ananda.

      Terbukti bisa lulus 2 PTN.
      MashaAllah~

      Delete
    3. InsyaAllah, Keke bisa terus belajar dengan baik. Aamiin

      Delete
  22. Keke punya kenangan indah SMAnya di BA ya, beda dengan yang lain, baca ceritanya aja seru gini Mbak, pantesan doong Keke merasa yang lebih berkesan itu di BA, secara 2 tahun SMA tapi online juga kan, gak berasa dong karena PJJ :D

    anyway selamat Keke udah jadi Mahasiswa sekarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di BA juga sempat berubah jadi online karena pandemi. Tetapi, memang pelaksanaannya jauh lebih lancar.

      Delete
  23. Masyaallaah, keterima di 2 PTN itu membanggakan, Keke hebat.

    Mahalnya biaya pendidikam tapi sebanding dengan hasilnya, ya mbk. Alhamdulillaah

    ReplyDelete
  24. anakku 4, tapi gak satu pun yang ikut prom night hehehe
    anak anak sendiri yang memilih, bukan ortu yang mengarahkan
    karena ituhebat banget Keke bikin keputusan wisudanya di BA

    ReplyDelete
  25. Kemaren ponakan di SMA jg ikut Brain Academy bagus kata nya dan dia jadi semangat sekolah karena lebih paham ilmunya

    ReplyDelete
  26. Kayaknya emang udah banyak yang membuktikan bahwa Brain Academy benar-benar membuat suasana belajar jadi nyaman. Hasil akhirnya bisa lulus ujian PTN. Kan keren.

    ReplyDelete
  27. Wuih Keke keren. Udah mau jadi mahasiswa ya. Iya nih, kudu ikut Brain Akademi juga deh kayaknya anak bujangku. Tahun depan dia kuliah juga. Kudu dari sekarang ya persiapannya. Baca-baca tentang Brain Academy aaaah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah bisa dapat universotas yang diinginkan. aamiin

      Delete
  28. Selamat ya Keke... Semoga bisa segera mendapatkan tempat kuliah sesuai yang di cita-citakan.
    Brain Academy bukan tempat belajar online sembarangan ya... SAngat terprogram dan mebuat siswa nyaman dalam belajar...

    ReplyDelete
  29. Keren juga ya sekolah nya, sepertinya sekolah-sekolah lain bisa menjadikan sekolah ini sebagai contoh, apalagi prestasinya sudah banyak banget ya mom. Soal biaya gimana mom?

    ReplyDelete
  30. Selamat yaaa.. Semoga Keke kuliahnya lancar. Dan mengalami keseruan belajar di perguruan tinggi.

    ReplyDelete
  31. Keke unik ya, meski ga merasa terikat dgn sekolah formal tapi punya semangat belajar tinggi itu sebab di bimbelnya juga jadi nyaman. Alhamdulillah nya beruntung bisa diterima di 2 PTN
    Semoga masa depannya lebih cemerlang

    ReplyDelete
  32. bisa pilih ga masuk buku tahunan dan acara prom night gitu yah? aku jadi ingat masa prom night itu ga banget deh, hahah ... mau gak datang aja tapi udah bayar. Mana night kan yak pulang malam, rumahku jauh. *lah curhat

    eh kalau di BA ini yang samping Arion? buat SD apa ada kelas tatap muka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekolah negeri kan dilarang meminta uang dari orang tua oleh Disdik. Uang kas yang receh pun gak boleh. Apalagi bikin acara yang biayanya sampai jutaan. Makanya biasanya acara seperti itu orangtua yang jadi panitia.

      Ya jadi gak ada paksaan untuk ikut. Kan, ijazah gak bakal ditahan juga hehehe.

      BA ada dari jenjang SD. Ada yang tatap muka juga untuk SD

      Delete
  33. Abis ini mau ngulik Brain Academy ah, penasaran, kayaknya asyik gitu. Keke aja sampai ngerasa kalau sma nya itu di Brain Academy padahal tempat bimbelnya. Pembelajarannya dikemas gmn sampai Keke dan teman2nya sampai antusias gitu pas di BA. Makasih Lo mbak Chi udah share pengalamannya. Oiya btw selamat buat Keke. Keren euy

    ReplyDelete
  34. Masyaa Allah, keren banget ya critanya.. Betul nih, biaya untuk buku tahunan, promnight dll bisa dialihkan untuk tambahan biaya kuliah dsb ya.. Karna selama pandemi pun isi buku tahunan jg terbatas kegiatannya karna semua dilakukan secara daring..

    ReplyDelete
  35. Iya mbak, memang banyak yang bilang selama PJJ, ikut Brain Academy bisa membantu anak sukses belajar
    Brain Academy ini juga bisa buat anak SD ya mbak

    ReplyDelete
  36. Penasaran sama cara pengajaran di Bimbel BA aku Mba, tahun depan anakku masuk SD. Aku lihat bisa ya Mba untuk persiapan sejak SD. Selamat untuk Anaknya Mba Keke, pasti akan lulus di PTN favorite..

    ReplyDelete
  37. wuah mba makasih review untuk BA bisa jadi pertimbangan ku nanti nih buat les tambahan anak, padahal anaknya masih sd juga tapi emang lagi cari banyak informasi biar bisa persiapan dengan urusan biayanya. selamat untuk keke bisa diterima di 2 PTN, sangat membanggakan

    ReplyDelete
  38. selamat mbaa.. senang deh bisa keterima di brawijaya. satu almamater kitaa.. manajemen itu persaingannya lumayan tinggi lho. good job keke

    ReplyDelete
  39. Wah, selamat ya Keke sudah diterima di PTN. Gara2 pandemi nih anakku jadi sekolahnya online dan ga kenal semua tmn2 sekelasnya yang nggak seberapa sampai akhirnya lulus. Semoga pandemi segera berakhir biar ga perlu lg sekolah online.

    ReplyDelete
  40. wah keren-keren univ nya, selamat ya... saya jadi ingat adik perempuan saya juga baru ketrima di universitas dan sedang mempersiapkan untuk pindahan ke kos. jadi ingat juga masa-masa dulu saat saya pertama kali masuk kuliah hehehe

    ReplyDelete
  41. Punten Jeng Chi.... lama sekali saya nggak singgah di blog ini. Selamat ya Kak Keke sudah memasuki pendidikan tinggi.
    Salam hangat.

    ReplyDelete
  42. Abis baca dan komen ini aku langsung mau cek Brain Academy hihi :D Asik banget ya metode belajar di sana buat Keke.. Seneng bacanya kalau Keke punya prinsip yg bikin nyaman dirinya dan bisa menikmati masa SMA di luar sekolah formal. Kereeen Keke, hasilnya juga kereeen 👍👍 Kalau bimbel yang menyenangkan memang akan selalu dikenang ya Mba.. Aku jadi inget masa SMP SMA dulu ikut bimbel, cara belajarnya menyenangkan, penjelasan tutornya juga enak.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar kalau suasananya asik memang bikin nyaman untuk belajar, ya

      Delete
  43. Wow selamat ya Keke, sebagai seseorang yg ga lulus UMPTN rasanya ikut bahagia bisa melihat prestasimu nak. Setelah melihat profil BA rasanya saya mau nih mengarahkan Aira kesini

    ReplyDelete
  44. SMA Keke kan di BA!
    udah remaja gini yaa dia kekeuh dengan pilihannya. Alhamdulillah Mbak dan suami paham, enggak memaksakan harus ikut kegiatan sekolah ini-itu yang makin membuat dia ga nyaman.
    Sekarang udah kuliah aja Keke, semangat belajar yaa!

    ReplyDelete
  45. Brain Academy bimbingan belajar untuk melengkapi sistem pembelajaran konvensional. Apalagi di bimbelnya juga tersedia utk ikut kelas offline/online
    Selamat ya untuk Keke.bisa diterima 2 PTN semoga kelak ilmunya bermanfaat

    ReplyDelete
  46. jadi ke pengen nyekolahin ponakan aku ke sana, di sana ada jenjang sd kan mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada. Tapi, BA tuh bimbel, ya. Bukan sekolah formal

      Delete
  47. "Kalau disebelin melulu, bisa-bisa daring berubah menjadi darting hehehe."

    Bener bangeeet itu 😅

    Anyway, keke selain sensible juga sangat cerdas yaaak. Semoga cita-cita / impiannya terwujud semua.

    Btw, terimakasih buat ulasan ttg BA nya. Bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  48. Paling senang kalau ada sekolah seperti SMA Brain Academy ini yg tidak hanya melihat anak berprestasi dari akademik tapi dari keahlian atau kecerdasan lainnya. Senang banget waktu Keke akhirnya naik podium karena juara balap motor ya mbak. Wah keren banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brain Academy ini bimbingan belajar, Mbak. Bukan sekolah formal

      Delete
  49. kalau Nai gak tertarik ikutan jejak Abang Keke juga kah? MasyaAllah senang banget pasti ya Mbak, Keke bisa sekolah di BA dan lulus 2 PTN gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nai sampai sekarang masih cocok bimbel di Zenius :)

      Delete
  50. walaupun baru tapi keren juga ya BA bisa membawa banyak anak lolos di PTN favorit. Selamat ya keke sudah masuk jenjang kuliah dan diterima di 2 PTN top sekaligus pula :)

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^