Seputar Mitos dan Fakta Saraf Kejepit serta Penanganannya di RS Premier Bintaro - Beberapa hari lalu, kami mendapatkan kiriman dari kampung halaman. Ada 7 buah duren yang besar, 1 dus ikan nila goreng kering, 1 karung berisi singkong dan aneka bumbu dapur, serta 50 kg beras. Alhamdulillah.
 
mitos dan fakta saraf kejepit serta penanganannya

"Beras masih di teras ya, Bun. Ayah gak kuat ngangkatnya."

50 kg beras memang bukan hal yang ringan. Makanya, Chi pun meminta diangkat barengan ma Keke. Apalagi punggung bawah K'Aie udah beberapa hari ini terasa sakit. Katanya karena ada gerakan yang salah. Kami biasa menyebutnya 'kecetit'. 

Apakah yang dirasakan K'Aie termasuk saraf kejepit? Ada baiknya cari tau dulu mitos dan faktanya, ya.


Hospital Tour RS Premier Bintaro

 
ruang tunggu rs premier bintaro
Ruang runggu RS Premier Bintaro

 

Minggu (7/8), Chi mengikuti Blogger/Vlogger Gathering di RS Premier Bintaro. Kesan pertama tentang rumah sakit ini adalah akses transportasinya yang mudah. Chi naik KRL hingga stasiun Jurang Mangu. Kemudian lanjut naik ojol atau mobil online. Kalau mau gratis bisa naik bis, kalau gak salah namanya In Trans Bintaro.

Begitu masuk ke dalam rumah sakit, suasananya terasa nyaman. Konsep open space dengan pencahayaan sinar matahari yang baik, jadi tidak terkesan suram. Bahkan biasanya rumah sakit tercium aroma obat-obatan, ini gak sama sekali.
 
darby robot pintar rs premier bintaro

Para pengunjung disambut oleh Darby, robot pintar yang merupakan maskot RS Premier Bintaro. Berbentuk boneka rusa karena binatang ini bermakna lembut, mengayomi, dan lincah. Robot ini bisa memutarkan lagu-lagu untuk menghibur serta menunjukkan tempat yang ingin dikunjungi. 

Kami dibagi menjadi 3 kelompok. Chi dapat kelompok 3. Diajak melihat 2 tipe kamar serta roof garden RS Premier Bintaro.


Tipe Kamar RS Premier Bintaro

tipe premier room rs premier bintaro
Tipe premier room RS Premier Bintaro


RS Premier Bintaro memiliki 205 tempat tidur. Terbagi dalam 4 tipe kamar yaitu Silver, Gold, Suite, dan Premier. Tentu mempunyai fasilitas yang berbeda-beda. Meskipun demikian, kenyamanan di setiap kamar diutamakan karena secara psikologis dapat membantu mempercepat penyembuhan pasien.


Suite Room

suite room rs premier bintaro
fasilitas suite room rs premier bintaro

Tipe kamar yang kami datangi adalah tipe Suite. Dilihat dari situs RS Premier Bintaro, suite room terdiri dari 2 tipe. Suite A memiliki fasilitas electric bed (1 bed per kamar), kamar mandi, lemari, 1 sofa, 1 single chair, meja kerja, kulkas, smart TV 42”, telepon, nakas / lemari kecil, dan overbed table.

 

Premier Room

fasilitas premier room
fasilitas kamar mandi premier room

Premier Room memiliki fasilitas electric bed (1 bed per kamar), dining room, pantry, kamar mandi, lemari, electric kettle, 1 sofa, 2 single chair, 1 round table, kulkas, 2 televisi, telepon, nakas / lemari kecil, dan overbed table.
 
Tentu fasilitas di premier room seharga Rp4 juta / malam ini paling komplit. Udah kayak fasilitas hotel. Tapi, tentunya jangan sampai staycation di sini, ya hehehehe.

Chi yakin kenyamanan kamar memang bisa membantu pemulihan. Masih inget ketika anak-anak masih kecil, Chi terkena DBD dan harus dirawat. Memilih kamar dengan fasilitas 1 bed pasien per kamar. Supaya bisa boyong suami dan anak-anak buat menemani. Mereka pun rewel karena fasilitas di dalam kamar lumayan komplit. Chi juga bisa tidur nyenyak karena K'Aie dan anak-anak.


Roof Garden dan Pojok Dahak

roof garden ruang berjemur rs premier bintaro

RS Premier Bintaro memiliki 3 lantai. Salah satu fasilitas di lantai paling atas adalah Roof Garden. Di sini para pasien bisa berjemur untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari.

Tetapi, hanya pasien yang masih prima yang bisa ke area ini. Itupun harus didampingi keluarga dan wajib menghubungi perawatan bangsal supaya bisa masuk ke roof garden.

Di dalam roof garden juga ada pojok dahak. Petugas kesehatan akan mengambil dahak pasien di sana. Tentunya area tersebut akan dikosongkan terlebih dahulu sebelum melakukannya.


Area Podcast RS Premier Bintaro

area podcast rs premier bintaro
 
RS Premier Bintaro, termasuk rumah sakit yang situs dan media sosialnya aktif memberikan berbagai informasi. Bahkan mempunyai area khusus untuk membuat podcast. Bagus, sih, ini karena netizen jadi bisa dengan mudah mendapatkan informasi terbaru tentang rumah sakit ini, misalnya jadwal vaksinasi COVID-19, launching teknologi terbaru, jadwal health talk, dll.
 
Area Podcast juga bisa dipakai untuk foto-foto pasien dan keluarga. Untuk pasien yang melahirkan dengan memilih kamar tipe suite atau premier akan mendapatkan free video sweet journey, dibuatkan dokumentasi dari mulai masuk rumah sakit hingga pulang. Kalau untuk silver dan gold hanya mendapatkan foto.


Layanan Unggulan RS Premier Bintaro


darby maskot rs premier bintaro

Selain nyaman, RS Premier Bintaro juga modern. Salah satu teknologi terbaru yang dimiliki adalah MRI 3 Tesla. Dengan teknologi canggih ini diharapkan masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri.

MRI merupakan teknologi untuk menghasilkan gambar pencitraan anatomi di dalam tubuh, mulai dari tungkai, tulang belakang, saraf, otak, perut, jaringan dan otot, serta organ tubuh lainnya. Gambar pencitraan ini digunakan oleh dokter untuk menegakkan diagnosis. Tesla merupakan besaran intensitas medan magnet. Semakin tinggi intensitas magnet, semakin detail gambar pencitraan yang dihasilkan. Kedua hal ini tentu sangat mempengaruhi dokter dalam menegakkan diagnosis. Gambar pencitraan yang semakin jelas dan detail, akan memudahkan dokter mendiagnosis penyakit lebih cepat, dimana proses penanganan dapat dilakukan dengan lebih tepat.
 
Berikut adalah beberapa layanan unggulan RS Premier Bintaro:

  1. Skin and Laser Clinic - Kesadaran akan pentingnya merawat kulit semakin meningkat. Karena kulit yang sehat memang bisa meningkatkan kualitas hidup. Di RS Premier Bintaro, alat ini tida hanya dimiliki oleh dokter Spesialis Kulit, lho. Tetapi, dokter Spesialis Kandungan, Spesialis THT, Spesialis Vaskular, serta Spesialis Urologi juga memiliki alatnya.
  2. Stroke Center - Sekitar 15,4% penyebab kematian di Indonesia pada usia di atas 45 tahun adalah stroke. Penyakit ini pun bisa datang secara mendadak. RS Premier Bintaro memberikan layanan terpadu dari mulai pencegahan, pengobatan, hingga pemulihan.
  3. Sports Clinic - Gaya hidup sehat juga semakin diminati, salah satunya dengan berolahraga. Sports Clinic di RS Premier Bintaro tidak hanya diperuntukkan bagi para atlet. Tetapi, bisa juga untuk komunitas olahraga hingga masyarakat untuk. Pelayanan yang diberikan meliputi konseling mengenai aktivitas fisik, latihan fisik dan olahraga, penanganan cedera komprehensif mulai dari tahapan prevensi cedera, diagnosis cedera, terapi operatif dan non operatif, rekondisi pasca operasi, hingga penentuan fase kembali ke olahraga atau aktivitas.
  4. Vascular Center - Layanan unggulan ini berkaitan dengan penyakit pembuluh darah.  Layanan yang diberikan meliputi skrining, diagnostik, terapi obat-obatan, serta terapi bedah dan non-bedah dengan teknik endo vaskuler
  5. Spine Center - Layanan ini membantu mengatasi seluruh problem tulang belakang secara terpadu dan komprehensif. Penanganan problem tulang belakang dilakukan oleh tim yang terdiri dari berbagai bidang spesialistik, yaitu dokter Spesialis Orthopedi Tulang Belakang, Spesialis Neurologi, Spesialis Neurofisiologi, Spesialis Rehabilitasi Medik dan Spesialis Radiologi.

 

Health Talk tentang Mitos dan Fakta Saraf Kejepit

 
mitos dan fakta saraf terjepit

Setelah hospital tour, kami mengikuti health talk Health Talk "Mitos & Fakta Saraf Kejepit" bersama dr. Omar Lubis Sp, OT (K- spine). Tema yang sangat menarik. Apalagi mengingat beberapa hari ini punggung belakang K'Aie terasa sakit. 

Saraf terjepit memang cukup umum terdengar. Tetapi, ada baiknya jangan self-diagnosed. Perlu mengetahui mitos dan fakta serta penanganan yang tepat. Karena bisa tidak tepat penanganannya bisa berakibat fatal, lho.


Nyeri Punggung Bawah (Sakit Pinggang) = Saraf Kejepit

Mitos. Ada 5 penyebab nyeri punggung bawah, yaitu musculugenic (otot), neurogenic (kompresi saraf), spondylogenic (saraf tulang belakang), vicerogenic (organ dalam seperti ginjal), dan psychogenic (psikologis).

Tetapi, tidak semua nyeri punggung berarti saraf terjepit. Nah, ini beberapa gejala saraf kejepit yaitu

  • Nyeri menjalar hingga ke tungkai bawah
  • Kesemutan dan mati rasa (baal)
  • Kelemahan gerakan tungkai
  • Gangguang rangsang BAB dan BAK

 

Sarah Kejepit Dapat Menyebabkan Kelumpuhan

Fakta. Saraf kejepit umumnya bisa disembuhkan. Tetapi, jangan pula dianggap sepele apalagi salah penanganan. Karena banyak masyarakat yang baru berobat ke dokter setelah gejalanya semakin parah. Sehingga berpotensi mengakibatkan kelumpuhan.

 

Metode Urut dan Kretek-Kretek Dapat Dapat Meringankan Nyeri Punggung Bawah

Fakta. Diurut dan dikretek memang bisa memberikan rasa nyaman. Tetapi, tidak berlaku untuk semua nyeri punggung. Oleh karena itu ada baiknya berkonsultasi ke ahlinya. Supaya tidak sampai salah urut atau dikretek. Bisa semakin parah cederanya kalau sampai salah.

 

Saraf Kejepit Harus Dioperasi

Mitos. Pasien yang terkena saraf terjepit gak harus dioperasi. Penanganan awalnya adalah sebagai berikut:
 
  1. Bed rest maksimum 2 hari
  2. Analgetik
  3. Penggunaan alat bantu (korset)
  4. Perubahan gaya hidup
  5. Program rehab medik oleh spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi

Pihak rumah sakit juga akan melakukan Manajemen Nyeri Intervensif yaitu prosedur minimal invasif untuk menempatkan obat atau terapi pada target area spesifik. Tindakan operasi baru akan dilakukan bila:

  1. Gagal terapi konservatif (nyeri menetap selama > 6 minggu)
  2. Terdapat kelemahan anggota gerak
  3. Terdapat instabilitas atau gangguan bentuk tulang belakang
  4. Berpotensi menyebabkan kelumpuhan

 

Operasi Tulang Belakang Berisiko Tinggi Menyebabkan Kelumpuhan

teknologi penanganan saraf terjepit

Mitos. Ilmu pengetahuan semakin maju, ketrampilan dokter semakin tinggi, serta peralatan yang semakin canggih. Sehingga sangat kecil terjadi kelumpuhan. Resiko kelumpuhan secara umum sekitar  0-2%. Sebetulnya bisa dikatakan tidak ada. Tetapi, dalam dunia medis, tidak bisa mengatakan 0%. Tetap harus ada range persentase risiko.
 
Tenang aja, hanya operasi kecil, kok. Bahkan besoknya pun pasien sudah boleh pulang. Spine Center juga salah satu layanan unggulan RS Premier Bintaro. Sehingga tidak hanya segala fasilitas yang memebrikan kenyamanan bagi pasien. Dokter yang menangani pun ahli di bidangnya. Serta didukung teknologi yang canggih.
 
Itu mitos dan fakta tentang serta penanganannya di RS Premier Bintaro. Meskipun tidak harus selalu dioperasi, tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati. 3 tips dari dr. Omar Luthfi Sp. OT (K-Spine) agar bebas dari syaraf kejepit yaitu:
 
  1. Menjaga berat badan ideal
  2. Olahraga teratur (berenang yang paling disarankan)
  3. Hindari kegiatan yang high impact