Persiapan Menghadapi Tahun Ajaran Baru dengan Belajar di RuangBelajar byRuangGuru - Tahun ajaran baru sudah di depan mata. Kemungkinan besar akan menjalani Pembelajaran Jarak Jauh alias PJJ lagi.

ruangbelajar by ruangguru

Udah mulai bosan dengan PJJ atau sudah semakin terbiasa? Kalau untuk Nai jawabannya mungkin antara iya dan tidak.

Kangen lah bisa belajar lagi secara tatap muka seperti sebelum pandemi. Sedihnya Nai hanya menjalani PTM 1,5 tahun aja. Sisanya harus PJJ. Bahkan sampai wisudanya pun virtual. Hiks!

[Silakan baca: Pengalaman Mengikuti Wisuda Virtual 2021]

Ya ikhlas-ikhlas aja, sih. Nai pun terlihat menikmati PJJnya. Gak masalah juga kalau harus wisuda online.

Tetapi, tahun ajaran ini dia akan mengalami penyesuaian lagi. Sekolahnya kan baru. Karena Nai mulai masuk jenjang SMA.

Qadarallah, Nai terdaftar di salah satu SMA swasta. Chi agak menaruh harapan kalau kegiatan PJJ di sekolahnya nanti bisa berjalan lebih baik. Kalau menyimak berbagai cerita teman-teman, yang anaknya bersekolah di swasta kelihatan lebih siap kegiatan belajar dari rumahnya. Selain itu, jumlah siswa per kelas juga lebih sedikit dibandingkan negeri. Semoga aja semakin membuat Nai fokus belajar.


Alasan Memilih RuangBelajar by RuangGuru


alasan memilih ruangbelajar by ruangguru

RuangGuru berdiri sejak tahun 2014. Sejak awal berdirinya, kegiatan bimbingan belajar dilakukan secara online. Karena misi RuangGuru adalah menyediakan dan memperluas akses terhadap pendidikan berkualitas melalui teknologi untuk semua siswa, kapan dan di mana saja.

Bisa dikatakan RuangGuru termasuk pionir untuk bimbingan belajar online. Para siswanya dapat belajar tanpa batasan ruang dan waktu. Dan ketika pandemi datang, konsep Pembelajaran Jarak Jauh sudah bukan sesuatu yang coba-coba lagi bagi RuangGuru. Sudah menjadi layanan belajar online terbaik.

Ketika Nai kelas 9, dia sempat ikut bimbel yang tatap muka. Gak jauh-jauh belajarnya. Cukup pergi ke tetangga yang profesinya guru. Sayangnya Nai merasa kurang cocok. Dia lebih suka belajar mandiri secara online.

Pas juga, nih, RuangBelajar by RuangGuru untuk Nai. Karena di RuangBelajar disediakan disediakan puluhan ribu video belajar beranimasi dari jenjang SD hingga SMA. Siswa bisa belajar secara mandiri.

Chi pernah beberapa kali cerita di blog ini, ketika Nai kesulitan menangkap pelajaran di sekolah atau melalui buku, biasanya Chi cari video-video animasi yang bisa membantu.

Bagi anak yang gaya belajarnya dominan visual seperti Nai, video beranimasi memang bisa sangat membantu. Bahkan hingga dia sekarang SMA. Jadi jangan dianggap kalau video beranimasi hanya cocok untuk jenjang SD, ya.

Meskipun bimbingan belajar online, gak masalah kalau sedang ada kendala internet. Kan, semua materi bisa diakses dan di-download. Jadi tetap bisa belajar secara offline.

Disediakan pula ribuan bank soal. Sehingga bisa mengukur kemampuan, Sudah sejauh mana memahami pelajarannya.

Gak hanya seklah formal aja yang ada raportnya. Di RuangBelajar by RuangGuru pun disediakan. Orang tua jadi bisa mengetahui progress anak selama belajar. WhatsApp RuangGuru aja di 081578200000. Kemudian ketik “Rapir Anak” untuk mendapatkan laporan belajar anak secara komperhensif.

Suka kesel gak, sih, kalau anak nge-game melulu?

Jangan buru-buru kesel. ya. Game memang menyenangkan banget. Tetapi, gak semua game berdampak buruk.


belajar seru di ruangguru

Di RuangBelajar by RuangGuru ada fitur gami fication bernama RuangGuru Adventure. Para siswa akan mendapatkan avatar. Bila berhasil menjawab soal akan memperoleh poin yang bisa ditukarkan hadiah. Seru banget, yaaa.

Anak-anak sekarang, kan, banyak yang suka nge-game. Kalau game begini semacam bermain dambil belajar, dong. Bikin semangat belajar jadi naik.

Masih banyak lagi fitur RuangGuru yang menarik. Disediakan juga tes minat bakat. Ini penting, lho, untuk mengetahui minat dan bakat anak. Bisa membantu memilih jurusan yang tepat. Memperkirakan karir apa yang akan diraih di masa depan.

Tahun ajaran baru sudah dimulai. Kembali masih harus belajar dari rumah. Apalagi saat ini sedang tsunami covid. Udah bukan tinggi lagi kasus penambahan hariannya. Serem lah pokoknya.

Pokoknya sekarang harus semakin patuh dengan prokes. Divaksin bila sudah ada kesempatannnya. Buat para siswa, tetap semangat belajarnya meskipun masih PJJ. Orang tua sabar-sabar aja, ya, kalau anak-anak masih harus belajar dari rumah hehehe.

Etapi, ikut bimbel online kayak RuangGuru begini membantu banget mengurangi drama, lho. Cobain aja, deh.

[Silakan baca: Cerita tentang PJJ Saat Pandemi COVID-19]