Keke dan Makna Usia 17 Tahun

By Keke Naima - March 20, 2021

Keke dan Makna Usia 17 Tahun - Sweet seventeen, begitu banyak orang bilang. Tetapi, sejujurnya Chi dan K'Aie gak pernah paham alasan dibilang 'sweet'. Apakah karena sudah bisa punya KTP yang artinya dianggap dewasa? 
 
 Keke dan Makna Usia 17 Tahun

 

Sweet Seventeen di Masa Pandemi

 
Usia 17 tahun banyak yang bilang sweet seventeen. Mungkin karena di usia ini, seseorang sudah berhak mendapatkan KTP. Jadi berasa udah gede.

Terlepas dari itu, Chi agak sedih aja karena Keke berulang tahun yang ke-17 di tengah pandemi. Padahal kalau dalam kondisi normal mungkin dia akan menraktir teman-temannya di salah satu coffee shop.

Kami bukan keluarga yang gemar mengadakan perayaan besar-besaran, kok. Anak-anak malah gak pernah dibikinin pesta ulang tahun. Tetapi, ngumpul kecil-kecilan dengan beberapa teman boleh, lah.

Bukan berarti pula, kami tidak bersyukur karena masih tetap bisa berkumpul di saat ulang tahun Keke. Hanya saja, biasanya kan remaja memang lagi senang ngumpul dengan teman-temannya. Jadi kalau dalam suasana gembira, mungkin akan sedikit berbagi kebahagiaan. Sayangnya aja sekarang lagi pandemi. Makanya, Chi agak baper juga. Untungnya Keke memang tidak menuntut dan memaksakan diri untuk berkumpul.
 

 

Usia 17 Tahun Temasuk Masih Anak-Anak

 
Bunda: "Ke, sebentar lagi kan usianya 17 tahun. Jadi udah dewasa atau masih anak-anak?"
Keke: "Masih anak-anak, lah!"
Bunda: "Kok masih anak?"
Keke: "Bun, berdasarkan hukum, usia dewasa tuh 18 tahun. Keke kan baru mau 17 tahun."

Duh ... duh... berat nih jawabannya kalau bahasannya hukum hahaha! Beneran di luar dugaan jawabannya.

Tetapi, memang benar juga kalau usia 17 tahun masih bisa dikategorikan anak-anak. Kami pernah bertanya ke dokter anak yang selalu menangangi Keke dan Nai sejak mereka lahir. Menurut beliau, sampai usia 18 tahun masih boleh ke dokter anak. Bahkan ada juga lho dokter anak yang menerima batasan usia anak sampai 21 tahun.

Menurut salah satu artikel di Pop Mama, American Academy of Pediatrics (AAP) di tahun 1938 menyarankan batas usia penanganan dokter anak tidak lebih dari usia 18 tahun. Namun, di tahun 1969, batasan tersebut naik ke usia 21 tahun.

Memang kesannya 'lucu atau aneh', ya. Karena ruangan dokter anak kan biasanya terkesan ceria kayak kelas TK. Tempat tidurnya juga berukuran mungil.

Trus, ngebayangin Keke yang secara fisik udah terlihat seperti orang dewasa diperiksa di ruangan tersebut. Tetapi, memang kalau menurut dokter spesialis anak langganan kami, dilihat secara keseluruhan dari sisi medis masih tergolong anak-anak.
 
Meskipun batasan medis usia anak sudah ada aturannya. Tetapi, prakteknya kembali ke kebijakan masing-masing dokter atau rumah sakit.

 

Usia 17 Tahun adalah Usia Transisi

 
 sweet seventeen di saat pandemi

Dari batasan medis, psikologis, hingga hukum, usia 17 tahun memang tergolong anak-anak.

Mungkin itu juga alasan anak berusia 17 tahun belum bisa divaksinasi COVID-19, kalau sudah dibuka jatah untuk masyarakat umum. Karena memang masih dianggap anak-anak

Hak istimewa usia 17 tahun sepertinya hanya pada mendapatkan KTP dan SIM. Makanya, menurut Chi pun di usia ini hingga (mungkin) 20 tahun masih dalam masa peralihan dari remaja ke dewasa. Masa-masa pencarian diri dan terlihat dari sifatnya yang terkadang labil.
 

[Silakan baca: Sudah Vaksinasi COVID-19, Tetapi Kok Masih Harus Pakai Masker?]

Terkadang tanpa disadari, Chi suka menuntut Keke menjadi dewasa. Apa-apa sudah harus mandiri dan langsung mengerti. Berdiskusi dengan Keke pun bahasannya semakin luas. Dari topik harian, pertemanan hingga yang berat seperti politik.

Tetapi, sebetulnya masih ada bagian di mana Keke masih memiliki jiwa anak-anak. Masih butuh bimbingan orang tua.

Terkadang dia masih suka nempel manja ke bundanya. Masih pengen kepalanya diunyel-unyel. Tetapi, ini hanya berlaku kalau di rumah aja. Di depan orang-orang mah dia jaim hahaha.

Ya mungkin karena melihat tubuh Keke yang lumayan bongsor. Jadi terkadang Chi lupa kalau Keke juga masih memiliki karakter anak-anak. 
 
 
Menjelang usia 17 tahun, kami melakukan berdiskusi cukup sering. Membahas banyak hal. Terutama tentang plus minus karakter Keke. 
 
Karena yang namanya karakter, semakin bertambah usia semakin sulit untuk diubah. Kecuali kita berniat dan berusaha dengan keras. Makanya kalau bisa mulai semakin sadar untuk memperbaiki beberapa sikap yang dianggap harus diperbaiki.
 
Kondisi pandemi juga membuat kami sedikit lebih tenang. Kekhawatiran dengan pergaulan anak zaman sekarang, bisa agak dikurangi karena anak-anak selalu berada di rumah. Mereka lebih bisa langsung dikontrol oleh kami.

Tentu jangan sampai lengah. Jangan sampai mereka kebablasan di medsos. Dan jangan sampai pula, jadi merasa terlalu bebas merdeka setelah bisa beraktivitas normal.

Insya Allah, tahun ajaran depan juga Keke naik ke kelas XII. Udah di tingkat akhir level SMA. 1 tahun lagi akan kuliah.

Sejak beberapa bulan sebelumnya, kami sudah menyarankan kalau bisa di kelas 12 nanti sudah semakin mantap akan memilih jurusan kuliah. Biar 1 tahun terakhirnya di SMA itu lebih fokus untuk mengejar cita-citanya.

Dan kalau udah kuliah, belum tentu juga masih satu kota dengan orang tuanya. Makanya perlu semakin dipersiapkan dari sekarang. Diajarkan untuk lebih mandiri bila suatu saat nanti harus ngekos.
 
Tidak hanya tentang kemandiriannya. Pergaulannya juga harus diperhatikan. Jangan sampai kebablasan. Apalagi kalau nanti dia sampai harus ngekos saat mulai kuliah. *Duh! Chi tuh suka jadi baper kalau mikirin begini. 
 


Latihan Foto Ganteng untuk KTP

 
makna usia 17 tahun

Ini percakapan sekitar 2 bulan sebelum Keke berulang tahun ...

Keke: "Bun, Keke mau latihan foto ganteng."
Bunda: "Buat apaan?"
Keke: "Buat bikin KTP, lah. Soalnya seumur hidup kartunya, Bun!"

Chi langsung ngakak. Kepikiran aja mau latihan foto ganteng dulu. Tetapi, 2 hari setelah ulang tahun, pemikirannya berubah lagi.

Keke: "Ayah, kapan nemenin Keke bikin KTP?"
Ayah: "Besok, ya. Hari ini, Ayah ngantor dulu."
Bunda: "Memang udah selesai latihan foto gantengnya, Ke?"
Keke: "Biarin aja lah jelek juga, Bun."
Bunda: "Lho kok pasrah? Seumur hidup lho itu."
Keke: "Gak apa-apa. Biar nanti kalau ada yang lihat KTP Keke trus bilang lho aslinya ternyata lebih ganteng!"

Hanya membutuhkan waktu 2 hari untuk membuat KTP. Setelah jadi, dengan bangga dia langsung pamerin ke ayah dan bundanya.

"Yang pertama mau Keke lakukan tuh verifikasi akun Gopay. Supaya Keke gak usah pinjam akun Bunda lagi. Yeaaay!"

Duh! Bahagia bener yang udah punya KTP hihihi.


Konsep Pernikahan Impian ala Keke


Akhir-akhir ini, kami sedang disibukkan dengan persiapan pernikahan. Tau-tau Keke ngomong gini ...

Keke: "Bun, kalau nanti Keke menikah diurusin ma Ayah dan Bunda aja, ya."
Bunda: "Ya iya atuh. Masa' orangtua gak ngurusin anaknya."
Keke : Bukan itu maksudnya. Kan Ayah sama Bunda udah biasa jadi wedding organizer. Daripada Keke cari-cari WO lagi, mending minta tolong orangtua sendiri. Nanti tuh Keke mau konsepnya bla ... bla ... bla ..."
 
Duh, Kekeeee! Katanya 17 tahun maunya masih dianggap anak-anak. Tetapi, udah mikirin konsep pernikahan. Random banget deh kalau ngobrol ma Keke hehehe.

Ya begitulah ngobrol ma Keke. Terkadang serius, tapi kadang-kadang juga gemesin. Ah, tapi mau Keke usia berapa pun tetap aja jadi baby boy-nya Bunda, ya. 😘 
 

  • Share:

You Might Also Like

78 comments

  1. KEKE udah GEDE dan GANTENG bangeeettt!
    Ya ampuun, itu kalo jalan2 ama Mommy, mungkin dikira adeknya :D
    Selamat sweet seventeen ya Keke
    Semoga makin sholehh, baik hati, senantiasa membanggakan Bunda dan Ayah yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah jadi body guard bundanya karena badannya yang udah tinggi besar hehehe.

      aamiin Allahumma aamiin

      Delete
    2. Hahaha iyaaa bener, jadi BODY GUARD Bunda
      BarokALLAH ya Nak sholih

      Delete
  2. Masya Allah, meski secara hukum di Indonesia masih dikategorikan sebagai anak-anak, tapi pemikirannya sudah dewasa, sudah memikirkan konsep pernikahan. Barakallah ya untuk yang sudah bisa punya KTP. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dia mah bisa ngobrolin segala topik hehehe

      Delete
  3. Lucu juga si Keke udah mikirin konsep pernikahan haha. Sama an nih, anak bungsuku th 2020 kemarin udah 17 th. Kasihan juga sih ultah pas pandemi, kami cuma beliin kue tart dan foto2 aja berlima pake tripod. Tambah sedih lagi hasil fotonya agak gelap huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya saya ngakak hehehe. Iya, sedih juga ya, Mbak. Meskipun bersyukur masih bisa berkumpul bersama dalam keadaan sehat

      Delete
  4. Sudah dewasa sekarang ya. Sudah punya KTP
    Siap siap dikenalin sama calon menantu kalo gitu nih, hehehe...

    ReplyDelete
  5. banyak yang dibahas ya mba dengan anak bujangnya yang sudah dewasa berusia 17 tahun, aku mesti siap-siap nih meski anakku masih usia 10 tahun

    ReplyDelete
  6. Keke, semogaaaa makin sholeh, baik hati, pintar dan tetep menjadi kesayangan dan kebanggaan ortu yaaa

    BarokAllah anak hebattt!

    ReplyDelete
  7. 17 tahun memang usia sempurna untuk bertransisi. Anak-anak, udah jenggotan pun, kalo ditanya ke ibunya, tetap aja dianggap anak kecil. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sampai menikah dan punya anak pun, di mata ibunya akan tetap dianggap anak hehehe

      Delete
  8. Salfok ya bun anaknya tinggi, beneran deh nggak kayak anak 17 tahun heu.. Sehat2 untuk jagoannya ya . Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, udah ngalahin bundanya :D

      Aamiin Allahumma aamiin

      Delete
  9. Gantengnya Keke, happy milad ya sayang

    rasanya baru kemarin baca blognya mbak Mira sedang ngajak Keke jalan jalan

    Ups sekarang juga masih bisa diajak jalan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa, dong. Malah sekarang udah gak perlu dibawain perlengkapan jalannya hehehe

      Delete
  10. Huaa, obrolannya walau ngalor ngidul udah menyerempet ke masa depan nih Keke.. Asik 17 tahunnya masih pakai seragam abu-abu, daku malah udah mau lulus hahaha..efek kecepetan masuk SD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya seragam abu-abunya jadi jarang dipakai karena pandemi hehehe

      Delete
  11. Haha Keke protes ya dibilang masih anak-anak. Mungkin bagi mereka anak-anak tuh yang umuran SD. Padahal di mata kita orang tua, mereka tetep kayak anak ya mbak, bahkan aku kalau menyebut mereka tuh pakai sebutan "anak-anak", kedua anakku langsung sama-sama protes haha. Kayak waktu si Alief operasi, dokter ortopedinya ada sebut dokter anak untuk konsultasi pra dan paska operasi, dia jadi protes, kok diperiksanya ama dokter anak haha kayak anti banget disebut anak-anak.

    Selamat 17 ya buat Keke. Semoga panjang umur, selalu sehat, dan tercapai semua cita-cita baiknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru dia malah yang pengen dianggap masih anak-anak. Sedangkan saya terkadang menganggapnya sudah dewasa.

      Aamiin Allahumma aamiin

      Delete
  12. Anakku juga ahun ini 17 tahun nih mbak. perlu bikin KTP, dan aku udah janji akan memasukkannya ke kursus menyetir mobil saat umur 17 tahun. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik dong ya nanti bakal ada yang nyupirin kalau ke mana-mana hehehe

      Delete
  13. Wah selamat ya sudah berusia 17 tahun semoga semakin sukses dan tercapai apa yang dicita-citakan

    ReplyDelete
  14. Wah sudah gede aja ya Keke, selamat ulang tahun ya semoga makin mandiri, dewasa dan bertanggung jawab dalam setiap langkahnya ya..

    ReplyDelete
  15. eh ada dokter anak yang mau terima pasien sampai usia 21 tahun?
    Lha, saya malah beranggapan ke dokter anak itu ya maksimal usia 12 tahun mbak. Makin salah dong ya anggapan saya ini.

    Duh Keke, minta dianggap masih anak-anak tapi udah mikir konsep pernikahan. Ini namanya anak visioner mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara medis masih dianggap usia anak, Mbak. Tetapi, coba deh tanya ke dokter anak yang biasa menangani. Mungkin punya kebijakan berbeda

      Delete
  16. Semangat ya keke. Gakpapa sweet seventeen pas pandemi. Yg penting bs terus move on. Btw, akupun gitu mba. Mau ttp dianggap anak2 walau umur nambah mulu. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget, Mbak. Pada dasarnya manusia memang selalu ingin dianggap muda hehehe

      Delete
  17. Mbaaaaa, berarti aku udh lamaaa ya kayaknya kenal Ama mba :D. Perasaan dulu aku taunya Keke masih kecil, nay msh kecil, skr kenapa udh punya KTP ajaaaa hahahahhaa.

    Time flies bangeeeet ..

    Ga berasa banget. Tau2 anak kita udh gede, trus ga berasa nikah deh :D.

    Selamat jadi 17 Keke... ;). Selalu seneng baca ttg cara mba mendidik mereka. Seperti temen, tp juga tegas layaknya ortu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, gak berasa banget. Terima kasih banyak ya, Mbak

      Delete
  18. wahahahahha ngakak aku pas anakmu bilang usia 17 tuh masih anak-anak ahahahha, tapi emang pasti kita sebagai ortu mah akan terus anggap anak kita ya anak-anak terus yaa sampe udah gede dan beranak pinak pun

    ReplyDelete
  19. Wkwkwk ya ampun, ini kenapa percakapan ya bikin aku ketawa ya. Latihan foto ganteng buat KTP 😁.
    Nggak kerasa ya mak Chi, anak udah 17 tahun. Baarokallah Keke, sehat bahagia selalu yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu orang tuanya gak pernah kepikiran latihan foto buat KTP hehehe.

      Aamiin Allahumma aamiin

      Delete
  20. Jadi flashback masa usia 17 tahun dulu, masa dimana kalau kata mamahku sudah masuk pendewasaan. Tapi dulu yang paling ditunggu sebenarnya bisa punya ktp, hehehheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, berasa udah gede gitu ya kalau punya KTP hehehe

      Delete
  21. Selamat ulang tahun, kakak Keke.
    MashaAllah..
    Sudah bujang dan bisa verifikasi akun Gopay niih...hihii~

    Keke ada-ada aja deeh.. ^^

    ReplyDelete
  22. wah wah, Keke bisa ya mikirin Pernikahan di umur 17, benar kata keke mbak, daripada wo mending minta bantuan ortu aja, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obrolan random aja sebetulnya. Bukan bahas pernikahan secara serius hehehe

      Delete
  23. aakkkkk tak terasaaaaa udah gedeeee
    selamat ulang tahun kakak
    sehat selalu <3

    ReplyDelete
  24. usia 17 tahun atau yg biasa disebut sweet seventeen ini emang usia yang paling ditunggu ya mbak
    sebab di usia ini, anak merasa dirinya sudah dewasa
    hmm apakah ini yang memabuat Keke jadi kepikiran tentang pernikahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak juga, sih. Karena terkadang dia masih merasa anak-anak juga. Mungkin karena saat ini orangtuanya sedang mengurus sebuah pernikahan. Jadi dia bahas pernikahan

      Delete
  25. Keke, ya ampun udah 17 tahun aja...
    Bisa aja deh, dialog-dialognya cerdas banget, hihihi...
    Selamat menikmati akun gopay sendiri ya :)

    ReplyDelete
  26. Saya masing ngakak nih, Mba sama latihan foto ganteng. hahahaha.. namanya KTP biar kita dah pasang muka cakep tetep aja hasilnya mengecewakan... hahaha

    ReplyDelete
  27. Kalau dulu aku memaknai 17 tahun itu dengan:

    No alpa shalat
    No jajan boros
    No cinta monyet, mau sama saya nikah aja

    Hahaha lucu kalau ingat

    ReplyDelete
  28. Masya Allah aku mengikuti tulisan Mbk saat anak-anak masih SD kini udah remaja ya, tidak terasa waktu berlalu. Barokallah makin kompak dan bahagia.

    ReplyDelete
  29. Anakku pas 17 tahun mau bikin KTP yang ada dipikirannya, mi.. bisa gak foto KTP-nya kita foto sendiri kasih ke abangnya. Aku ngeri jelek difotoin di sana. Ahahaha. Aku ngakak.

    ReplyDelete
  30. Eh iya lho, aneh .... ke dokter anak di usia 17-18 tahun?
    Soalnya secara fisik mah bukan anak lagi yah.

    BTW Keke, baarakallahu ya. Semoga makin cerdas dan shalih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya secara fisik memang sudha terlihat besar. Tetapi, dari sisi medis tetap termasuk anak-anak hehehe

      Aamiin Allahumma aamiin

      Delete
  31. MasyaAllah sudah punya anak bujang 17 tahun ya mba. Selamat 17 tahun ya buat Keke semoga tambah sukses ya anak soleh.

    ReplyDelete
  32. Wah, Keke udah usia 17 ya. Keponakanku juga seusia Keke dan aku mendadak haru aja. Dulu dia bayi merah pertama yang kugendong

    Usia segitu memang masa transisi. Mungkin besok aku perlu ngobrol kaya Keke ke Bundanya

    ReplyDelete
  33. ya ampung udah besaar yaa mba, 17 tahun. Aku menyimak nih, Bo baru 14 menuju 15 dan seru punya ABG di rumah

    ReplyDelete
  34. bagus banget pemikirannya udah dewasa ya bun, 17 taun udah mikir konsep pernikahan impian, berarti udah kebayang pengen nikah muda ya bun, senengnya. Mudah-mudahan terwujud ya cita-cita adek. Aamiin

    ReplyDelete
  35. Ngakak ama Keke, biarinlah yang liat aslinya lebih ganteng hahahha padahal dia mau latihan foto cakep awalnya. Lucu ya mba anak-anak itu nggak kerasa udah gede aja.

    ReplyDelete
  36. Hahaha..gemes lihat Keke mbak, pengen dibilang anak kecil tapi sudah ngomongin pernikahan. Sama ah kayak anakku, meski masih mau 16 tahun tapi dia bilang sudah besar, cuma kelakuaannya seperti anak kecil. Tidurnya sudah mau sendiri, tapi suatu waktu dia pengen tidur bareng aku, katanya kangen dipeluk mamanya...aah anak jaman now emang susah ditebak ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Keke juga terkadang masih pengen ditemenin tidurnya :D

      Delete
  37. Halo Keke selamat ulang tahun ya. Semoga makin berkah di usia barunyaa :)

    ReplyDelete
  38. Keke udah masuk facse dewasa ya, gak berasa udah 17 tahun aja. Eh tapi Keke ikut hukum ya jadi merasa masih anak-anak hehehe bisa aja jawabannya.
    Wih udah latihan foto ganteng ya buat KTP aja. Mana nih hasil latihan foto gantengnya yang sendiri?

    ReplyDelete
  39. Baru tahu lho aku mbak kalau ke DSA boleh sampai 18 tahun, kirain SMP aja uda nggak anak anak lagi hihihi...

    ReplyDelete
  40. ternyata mbaknya udah punya anak yg ud beranjak dewasa ya, pangling aku tuh soalnya masih awet muda klo tiap kali aku liat posting foto. Happy brthday buat anakknya

    ReplyDelete
  41. Teh Chi, akutuh karna punya anak laki-laki jadi suka nongkrongin tulisan Teh chi tentang parenting anak dan remaja, Wah Keke ngga kerasa udah 17 taun, beda 5 taun sama Vito. Sing sholeh dan bahagia selalu.

    ReplyDelete
  42. Keke sukanya baca buku apa sih?
    Atau nonton apa?
    Kalau anak usia 17 begini diskusinya memang kudu berbeda lagi yaa, kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Random dia mah, Mbak. Kadang-kadang tema serius. Tetapi, kadang-kadang juga yang receh

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^