Tips Merawat Kulit Wajah Agar Tidak Berjerawat untuk Remaja - Keke Naima

Minggu, 24 Maret 2019

Tips Merawat Kulit Wajah Agar Tidak Berjerawat untuk Remaja

Salah satu perubahan fisik yang terlihat ketika Keke dan Nai mulai remaja adalah kulit wajah berjerawat. Udah mulai bye-bye deh sama wajah dengan kulit bayi. Chi pun mencari tau berbagai tips agar jerawat gak jadi masalah berkepanjangan bagi mereka.

tips merawat kulit wajah agar tidak berjerawat untuk remaja

Tips Merawat Kulit Wajah Agar Tidak Berjerawat untuk Remaja


Chi memang sengaja cari berbagai tips menghindari jerawat di wajah karena kurang punya pengalaman dengan masalah satu ini. Wajah Chi jarang banget jerawatan sampai sekarang. Tetapi, saat di usia mereka, jerawat kecil-kecil banyak timbul di punggung.

Pada saat itu Chi gak merasa risau. Mungkin karena jerawatnya di punggung jadinya cuek aja karena gak kelihatan. Chi juga gak mencari tau penyebabnya apa. Belum ada Google juga kan pada masa itu dan Chi malas bertanya ke sana-sini. Singkat cerita, permasalahan di jerawat di punggu pun selesai. Lupa sejak kapan itu jerawat menghilang dan gak balik sampai sekarang.

5 Cara Merawat Kulit Wajah Remaja 


Oke balik lagi ke masalah jerawat kulit wajah. Jerawat mulai timbul di wajah Keke saat dia mulai puber. Jerawatnya lumayan besar-besar dan banyak. Ya, meskipun Keke itu anak laki-laki, tapi kasihan juga melihatnya.

Menjaga Kebersihan

Faktor kebersihan bisa mempengaruhi timbulnya jerawat. Chi yakin itu karena setiap kali liburan dan mereka banyak di rumah, pasti kulit wajah terlihat lebih bersih dan mulus hehehe.

Keke dan Nai mulai timbul jerawat sejak SMP. Nah, di sekolah mereka ini gak ada AC di kelas. Berbeda dengan saat masih di SD. Pastinya mereka jadi lebih berkeringat, termasuk kulit wajah.

Chi menyarankan untuk rajin dibersihkan. Tetapi, jangan mencuci muka saat kulit masih terasa panas dan berkeringat. Cukup dilap pakai handuk atau kain bersih aja dengan cara ditekan perlahan.

Jerawat Nai memang gak sebanyak Keke. Chi pernah melihat 1 jerawat berukuran cukup besar di pipi Nai, trus besoknya dia mendapatkan haid pertama. Selebihnya jerawat dia kebanyakan kecil-kecil kayak biang keringet, terutama di area jidat. Makanya Chi menyarankan Nai untuk selalu menjaga kebersihan rambut termasuk poninya supaya gak bikin wajah jerawatan.

[Silakan baca: Nai dan Haid Pertama]

Mengkonsumi Makanan Sehat

Makanan yang dikonsumsi juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Bahkan ada beberapa orang yang menghindari makanan tertentu supaya jerawat tidak timbul. Sejauh ini, Chi belum memberikan pantangan apapun untuk Keke dan Nai. Alasannya karena Chi dan K'Aie juga gak punya pantangan makanan apapun. Jadi makan apa aja lah yang penting mengutamakan makanan sehat untuk konsumsi sehari-hari. Jajannya sesekali aja.

[Silakan baca: Mengatur Pola Makan Sehat untuk Remaja]

Minum Air yang Cukup

Tentu banyak alasan kenapa kita harus minum air dalam jumlah yang cukup. Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Berbagai masalah kesehatan pada kulit wajah dan bagian tubuh lainnya akan timbul kalau sampai kurang minum. Jadi jangan sampai kita mengalami dehidrasi, ya!

Hindari Stress

5 cara merawat kulit wajah agar terhindar dari jerawat
Sekarang wajah Keke sudah lebih mulus dibandingkan 2 tahun lalu saat pertama kali jerawatan

Stress ternyata bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya jerawat. Dari beberapa artikel yang Chi baca, hormon utama stress yaitu cortisol akan membuat sebum dalam jumlah yang terlalu banyak. Akibatnya pori-pori tertutup dna bakteri terjebab di dalam sehingga menimbulkan jerawat.

Padahal di masa puber ini kan mungkin ada aja yang bikin mereka stress. Beban pelajaran, hubungan sosial, dan lain sebagainya. Bahkan di saat puber ini, gak heran kalau mood swing banget. Tetapi, memang harus diusahakan sebisa mungkin tetap bahagia.

[Silakan baca: Jumpalitan dan Tips Menghadapi Masa Puber]

Rajin Berolahraga

Nah, kalau dari beberapa artikel yang Chi baca, olahraga bisa mencegah timbulnya jerawat atau malah kebalikannya. Jadi olahraga sebetulnya membuat tubuh bugar. Kalau tubuh kita sehat kan berefek ke kulit juga, termasuk ke wajah. Tetapi, kalau kita gak bisa jaga kebersihan setelah berolahraga malah nantinya akan timbul jerawat.

Saat seusia Keke dan Nai, Chi termasuk yang malas merawat wajah. Pengennya mereka jangan begitu, lah. Tetapi, Chi juga gak pengen kulit mereka terlalu banyak bersentuhan dengan produk kosmetik atau skincare. Cukup pelembap dan sunscreen yang aman bagi kulit mereka ya gak apa-apa.

Pengennya sih mereka perawatan dengan cara alami aja dulu. Termasuk saat wajah sedang berjerawat. Makanya Chi mulai cari-cari nih skincare alami untuk wajah berjerawat. Chi lihat kulit wajah Keke sekarang lebih mulus dibandingkan sebelumnya. Nai juga jarang terlihat berjerawat. Ya semoga akan akan seperti itu terus.

4 komentar:

  1. saya sudah setua ini masih jerawatan Mba hiks lebih dipicu karena stress sepertinya kalau saya, makasih mba tips dicoba ah biar gak jerawatan lagi :D

    BalasHapus
  2. Masih muda sih harus rajin olahraga, karena kalau engga emang bikin nyesel kalau kita udah berusia nantinya

    BalasHapus
  3. Jadi inget kemarin adikku yg SMP juga mulai berjerawat, trus berhari2 heboh ngerusuhin aku lewat WA wkwkwkkw

    Akhirnya aku & pak suami muter2 beli paket skincare yg bisa dipake remaja, trus kupaketin ke kampung halaman.

    Klo Nai udah mulai belajar pake skincare belum, mbak?

    BalasHapus
  4. Kalau aku dari muda jerawatan, Mbak, hiks... hiks, Semoga gak nurun ke DuoNaj. Tapi tipsnya ini applicable buat emak2 juga. Aku asal jerawatan pasti krn makan sembarangan atau stres.

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^