Tips Memilih dan Merawat Pisau - Bagi yang sehari-hari berkutat di dapur, pisau menjadi sesuatu yang sangat penting. Memasak tanpa menggunakan pisau, rasanya gak mungkin. Tapi, apakah teman-teman tau bagaimana memilih dan merawat pisau yang tepat?

tips memilih pisau
Sumber: pexels.com


Dua minggu lalu, kami sekeluarga belanja bulanan di salah satu hypermarket. Gak hanya belanja, kami juga sekalian ingin menukar stamp yang sudah dikumpulkan sekian bulan.

Sayangnya, stamp yang kami kumpulkan kurang setengahnya untuk mendapatkan pisau yang kami incar, yaitu pisau khusus memotong daging berukuran besar. Bisa aja menambah sejumlah uang, tapi kok ya malas. Pengennya gratisan hahaha.

Akhirnya kami memilih pisau jenis lain. Pisau yang kami pilih ini bisa juga untuk daging. Hanya berbeda bentuk aja. Selain itu bisa juga untuk memotong sayur dan buah. Jadi lebih multifungsi.



Tips Memilih Pisau


Sebetulnya di rumah, pisau yang kami punya lumayan lengkap. Dari mulai pisau besar hingga pisau buah. Tetapi, setiap kali melihat pisau yang bagus *apalagi gratis hehehe* selalu aja tertarik.

Ada 3 kriteria yang kami pertimbangkan saat memilih pisau yang baik, yaitu


  1. Terbuat dari bahan yang tidak mudah berkarat
  2. Berat pisau
  3. Pegangan pisau

Hal pertama yang Chi lihat saat membeli pisau memang bahannya. Di rumah keluarga besar Chi masih ada tuh pisau yang dari besi. Tajam banget, makanya masih dipakai sampai sekarang. Tetapi, Chi gak suka pisau seperti ini karena mudah berkarat.

Langkah kedua, menimbang berat pisau. Chi suka pisau yang terasa agak berat daripada yang ringan. Gak akan bikin pegel kok saat memotong. Malah kalau terlalu ringan, Chi khawatir pisaunya akan mudah patah.

Terakhir Chi mencoba pegangannya. Nah justru kalau mau merasakan pakai pisau bakal pegal atau enggak dari pegangannya. Kalau pegangannya udah gak enak, bikin jadi pegal saat memotong meskipun pisaunya tajam.

Di pasaran banyak jenis pisau. Tetapi, kalau untuk di dapur rumahan, kami rasa gak memiliki koleksi jenis pisau yang lengkap pun gak apa-apa. Cara memilih pisau juga sebetulnya bisa lebih dari 3 langkah. Chi juga suka memperhatikan sudut pisau dan lain sebagainya.


Tips Merawat Pisau


Di salah satu acara demo memasak, seorang chef pernah berkata kalau pisau itu harus dianggap sebuah investasi. Makanya jangan sembarangan memilih pisau. Apalagi buat seorang chef. Gak heran juga ya kalau di pasaran harga pisau bisa sangat beragam.

Nah, setelah memilih pisau, kita juga harus tau bagaimana merawatnya. Chi punya 3 langkah merawat pisau yaitu:


  1. Segera cuci pisau setelah selesai digunakan
  2. Keringkan dengan lap bersih
  3. Simpan terpisah dari peralatan lain

Pisau memang sebaiknya jangan dibiarkan lama dalam keadaan kotor. Selesai dipakai, segera dicuci dengan tangan. Jangan gunakan mesin pencuci piring. Meskipun pisau yang kita miliki itu terbuat dari bahan yang tidak mudah berkarat, tetapi sebaiknya pisau yang sudah dicuci segera dikeringkan dengan lap bersih.

Pisau yang sudah kering disimpan di tempat yang terpisah dari peralatan lain. Tujuannya supaya pisau tidak menggores-gores benda yang bisa berpotensi jadi tumpul atau ujungnya patah. Pisau di rumah digantung di tempat bermagnet yang khusus pisau.

Kapan pisau boleh diasah? Tentunya kalau sudah tumpul. Tetapi, sejauh ini Chi belum pernah mengasah pisau. Bertahun-tahun pisau yang kami pakai tetap awet. Alhamdulillah.


Membeli Pisau Buah di Shopee


tips merawat pisau

Beberapa waktu lalu, Chi baru aja pulang dari salah satu kebun agrowisata di daerah Subang. Lagi panen buah naga di sana.

Chi langsung ingat sama Keke dan Nai yang memang senang mengonsumsi buah. Makanya beli buah naga agak banyak dan nanas juga. Udah kebayang nikmatnya smoothie buah naga dicampur nanas.

Memotong buah enaknya pakai pisau yang tidak terlalu besar dan ujungnya tajam. Malah kalau buahnya kecil kayak jeruk atau buah naga enakan pakai pisau yang kecil aja.