Bagus Mana, Sablon Dtg Digital Atau Sablon Manual? - Keke Naima

Senin, 25 Maret 2019

Bagus Mana, Sablon Dtg Digital Atau Sablon Manual?

Pada era teknologi sekarang ini, bisnis sablon kaos menjadi salah satu peluang usaha yang sedang populer. Kemampuan seni desain grafis teman-teman dapat tersalurkan dengan baik melalui bisnis sablon. Maraknya permintaan pasar dalam memenuhi kebutuhan pakaian seperti seragam untuk kegiatan organisasi masyarakat menjadikan sablon sebagai ladang bisnis yang menjanjikan.

bagus mana sablon dtg digital atau sablon manual

Bagus Mana, Sablon Dtg Digital Atau Sablon Manual?


Tidak jarang sebagian besar permintaan yang datang dari customer yang memiliki kriteria desain sendiri sesuai dengan keinginan. Oleh sebab itu, sablon merupakan solusi alternatif untuk memenuhi kebutuhan desain baju untuk customer. Penting bagi para pebisnis sablon untuk lebih menghadirkan pelayanan secara maksimal sehingga akan membuahkan customer loyal terhadap usaha sablon yang sedang dijalankan.

Metode Dalam Sablon


Penting bagi teman-teman untuk memahami sisi lain dari peluang bisnis percetakan yaitu penerapan metode yang sesuai untuk memulai usaha jasa sablon kaos. Banyak sekali pebisnis sablon mengklaim bahwa akan memberikan hasil yang bagus, akan tetapi perlu teman-teman ketahui bahwa setiap usaha tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Sebelum menentukan teknik sablon yang sesuai digunakan pada bisnis, maka lakukanlah survei untuk mengetahui permintaan pasa.

Teknik manual merupakan metode sablon yang banyak digunakan para pengusaha sablon. Sudahkah teman-teman mengetahui alasan utama pebisnis lebih memilih teknik sablon manual? Hal ini ditenggarai karena teknik manual tidak menggunakan unsur peralatan digital. Tetapi, memanfaatkan fungsi kayu, cat screen dan sejenisnya untuk membuat sablon.

Selain teknik manual, terdapat pula metode sablon yang menggunakan berbagai media mesin digital. Teman-teman cukup mengoperasikan mesin cetak untuk membuat desain yang diinginan. Teknik ini dikenal dengan istilah DTG (Direct to Garment).

Teknik manual dan DTG pada dasarnya memiliki kelebihan dan kekurangan dalam produksi. Dibawah ini adalah keunggulan dan kelemahan masing-masing teknik.

Keunggulan Teknik DTG Dan Teknik Manual

  1. Teknik DTG dapat beroperasi lebih efektif dari pada teknik manual. Tidak bisa dipungkiri dengan kehadiran mesin digital dan peran serta manusia mampu menghasilkan produksi berjalan lebih cepat. Akan tetapi sebaliknya, teknik manual tidak dapat menghasilkan produksi dengan cepat karena hanya memanfaatkan peran serta manusia dalam proses produksi sablon sampai selesai. Terbatasnya tenaga manusia, membuat percetakan sablon DTG pada mesin memiliki keunggulan tersendiri. 
  2. Teknik DTG lebih mudah diaplikasikan dan menghasilkan desain cetakan yang bagus. Mesin ini memudahkan teman-teman untuk mencetak sablon kaos dalam jumlah banyak. Hasil yang dihasilkan juga memiliki perbedaan ke tajaman gambar sehingga tampak terlihat jelas berbeda dengan kaos lainnya. Penggunaan Teknik DTG memungkinkan teman-teman puas dengan hasil yang akan diberikan. 
  3. Sablon kaos manual memiliki biaya operasional yang lebih murah dibandingkan dengan teknik DTG yang memerlukan perawatan mesin dan kualitas tinta. Kondisi ini akan mempengaruhi biaya produksi sablon yang berbanding lurus terhadap pematokan harga yang ditawarkan kepada para customer. 
  4. Teknik manual memungkinkan teman-teman menghasilkan cetakan sablon yang lebih tebal dan bagus apabila dibandingkan dengan pengguaan teknik DTG. Hal tersebut dikarenakan penerapan teknik manual akan membuat warna yang lebih jelas. 

Kelemahan Teknik DTG Dan Teknik Manual

  1. Berbeda dengan Metode DTG, teknik manual memiliki keterbatasan dalam mencetak foto dan gambar. Hal ini dapat dilihat dari hasil cetakan sablon foto yang kurang jelas dan lambat-laun dapat memudar. 
  2. Penggunaan teknik DTG memerlukan biaya produksi yang relatif mahal dan berbeda dengan metode manual. Hal ini menyebabkan banyak pebisnis sablon memilih teknik manual karena terjangkaunya biaya produksi dan perawatan alat. 
  3. Kelemahan teknik DTG lainnya dapat ditemukan dari ketersediaanya fasilitas percetakan. Teknik manual akan lebih digunakan oleh para pebisnis pemula yang minim ongkos dalam mengawali usaha sablon.

1 komentar:

  1. Kalau Sablon Manual bisa jadi jatuh harganya jauh lebih nahal kali ya. Soale perlu ketelitian dan ketekunan. Mirip mirip Batik gitu deh, Batik Manual dengan melukis langsung lebih mahal dari Batik cetakan

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^