Resep-praktis-SO-GOOD-Nugget-Madu-Wijen

Resep Praktis Favorit Keluarga SO GOOD Nugget Madu Wijen - Dahulu, saya mengenal yang namanya istilah '4 Sehat 5 Sempurna'. Sekarang, istilah ini sudah tinggal sejarah, diganti menjadi 'Pedoman Gizi Seimbang' yang memiliki 4 prinsip yaitu

  1. Variasi makanan
  2. Pola hidup bersih
  3. Aktivitas fisik dan olahraga teratur
  4. Menjaga berat badan ideal

Artinya, untuk hidup sehat, makan saja tidak cukup. Variasi makanan dalam Pedoman Gizi Seimbang pun lebih detil lagi komposisi porsinya. Kalau dalam 4 Sehat 5 Sempurna yang penting dalam 1 porsi  makanan ada makanan pokok, lauk-pauk, sayur-mayur, dan buah-buahan. Disempurnakan dengan mengkonsumsi susu.

Dalam perkembangannya, pemahaman 4 sehat 5 sempurna belum tentu menyehatkan karena komposisinya kan gak diatur. Berbeda dengan variasi makanan pada pedoman gizi seimbang. Dalam 1 porsi makanan terdiri dari 35% karbohidrat, 15% protein hewani, 35% sayur, dan 15% buah.


Makanan Sehat Itu Ribet?

Resep-praktis-SO-GOOD-Nugget-Madu-Wijen

Dulu, saya sempat berpendapat menyajikan makanan sehat itu ribet. Ternyata enggak juga. Tergantung makanan apa yang akan disajikan. Banyak kok berbagai makanan yang praktis memasaknya, tapi tetap sehat. Dan, gak harus semuanya kita bikin dari nol.

Meskipun saya suka memasak, tapi kadang-kadang saya juga butuh masak yang praktis. Biasanya nih pagi hari. Dengan waktu yang terbatas, saya harus menyiapkan sarapan dan bekal sekolah. Kalau saya samain menunya, kadang-kadang diprotes anak-anak. Makanya, saya butuh menyajikan masakan yang praktis.

Cukup sering saya mengandalkan produk SO GOOD sebagai asupan protein di keluarga kami. Penyajiannya tentu saja sangat praktis karena dalam keadaan beku juga bisa dimasak. Meskipun banyak varian SO GOOD yang siap masak, kualitasnya tetap terjaga, dari mulai pemilihan ayam hingga dikemas dan siap dipasarkan.

[Silakan baca: Peluncuran Logo dan Slogan SO GOOD Terbaru sebagai Bentuk Persembahan Terbaik Bagi Keluarga Indonesia]


Resep SO GOOD Nugget Wijen


Selain praktis, berbagai varian SO GOOD siap masak juga udah enak. Bumbunya pas banget buat lidah saya dan keluarga. Inginnya sih makan sama nasi dan produk SO GOOD aja, tapi jadinya malah gak bagus karena gak ada sayur dan buah. Gak sesuai prinsip Pedoman Gizi Seimbang.

Karena SO GOOD nugget udah praktis dan enak, maka untuk bahan lainnya juga saya gak mau ribet. Kali ini saya mau berbagi resep SO GOOD Nugget Madu Wijen. Pastinya praktis banget membuatnya.


Bahan-bahan:


  • 1 bungkus SO GOOD Nugget Original
  • 12 sdm madu
  • 3-4 sdm minyak wijen
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 1 buah jeruk lemon, ambil airnya
  • 1-2 siung bawang putih, diparut
  • 2 ruas jahe, iris tipis
  • Air secukupnya
  • 1 sdm tepung maizena, beri sedikit air hingga larut
  • Biji wijen panggang
  • Daun bawang, iris tipis
  • Minyak goreng
  • Garam secukupnya 

Cara Membuat:

  1. Goreng SO GOOD Nugget Original dalam minyak banyak dan panas hingga berwarna coklat keemasan. Tiriskan. 
  2. Campurkan madu, minyak wijen, bawang bombay, jeruk lemon, jahe, dan bawang putih. Aduk rata.
  3. Tuang air sedikit demi sedikit ke dalam campuran tadi. Aduk rata dan koreksi rasa. Kalau masih kemanisan, bisa ditambahkan air lagi.
  4. Masukkan seluruh campuran ke dalam wajan. Masak dengan api kecil dan aduk perlahan hingga mendidih.
  5. Tata nugget dalam piring kemudian siram dengan saus madu. 
  6. Tambahkan garam dan maizena. Aduk sebentar hingga mengental. Koreksi rasa
  7. Taburkan daun bawang dan biji wijen. Sajikan.

Catatan:

Resep-praktis-SO-GOOD-Nugget-Madu-Wijen
  1. Setelah saus madu mengental, nugget bisa dimasukkan ke dalam wajan baru disajikan.
  2. Tapi, kadang-kadang saya bikin saus madu agak banyak. Sehingga lebih memilih menyiram saus madu secukupnya ke nugget. Sisa saus madu bisa disimpan dalam kulkas di wadah yang tertutup rapat.

[Silakan baca: Tips Menyiapkan Makanan Bergizi yang Praktis dengan SO GOOD]

Agar memenuhi menu piring gizi seimbang, saya menambahkan salad coleslaw yang terdiri dari campuran wortel, lobak, dan kol ungu untuk asupan sayur. Serta pisang untuk asupan buah. Saya juga membuat sendiri saladnya dan biasanya dalam jumlah yang lumayan banyak dalam sekali bikin karena anak-anak suka sekali salad ini. Supaya lebih sehat memang sebaiknya salad dikasih minyak zaitun, tapi anak-anak lebih suka pakai mayonnaise. 

Sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan. Bagi saya, memasak praktis dan enak untuk menu sahur itu sangat penting. Praktis biar saya gak grabak-grubuk menyiapkan sahur. Harus enak supaya anak-anak tetap lahap makannya dan tidak ada drama. Siap-siap deh nih nyetok berbagai produk SO GOOD di freezer.

Resep-praktis-SO-GOOD-Nugget-Madu-Wijen
Praktis, bergizi, dan enak. SO GOOD Nugget Madu Wijen ini langsung jadi salah satu menu favorit keluarga