Resep Sambal Ganja (Asam Udeung) Aceh - Pertama tau ini, waktu Sandra Nova (IG: @5andranova) share resep sambal ganja atau asam udeung di FB. Chi yang memang suka banget sama sambal langsung ngeces, dong! Wajib bikin pokoknya. Tapi, karena di sini susah banget dapat belimbing wuluh, terpaksa deh sabar menanti nungguin ada yang jual di pasar. πŸ˜…

resep sambal ganja atau asam udeung aceh

Begitu ada yang jual, Chi langsung beli agak banyakan. Memang suka juga dengan belimbing wuluh karena bisa untuk sop ikan, opor ayam, dll. Sekarang juga dipakai untuk bikin sambal ganja.

Chi kirain dinamakan sambal ganja karena menggunakan biji ganja. Suka denger aja sih kalau beberapa kuliner Aceh menggunakan biji ganja. Entah benar atau tidak info tersebut karena Chi memang jarang menyantap kuliner Aceh. Tapi, setelah googling, jadi tau kalau sambal ini tidak menggunakan ganja sama sekali. *Hufff! Syukurlah! πŸ˜‚

[Silakan baca: Resep Tim Ikan Nila Oryza Grace]

Tapi, sambal ini katanya bikin ketagihan makanya dibilang sambal ganja. Nama aslinya adalah Sambal Asam Udeung. Bahkan ada juga yang menulis kalau namanya Asam Udeung tanpa kata sambal karena di Aceh kata 'Asam' berarti 'Sambal'. Nah, teman-teman yang mengerti bahasa Aceh bener gak tuh kalau asam = sambal?

Bahan-Bahan:


  • 125 gr udang segar berukuran kecil, buang kulit, cuci bersih, kemudian digoreng/direbus sebentar hingga berubah warna
  • 10-15 buah rawit merah/hijau - tingkat kepedasan sesuai selera, ya. Bisa dikurangi atau ditambah rawitnya
  • 5 siung bawang merah
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya dan iris-iris
  • 4 lembar daun jeruk, buang tulang kemudian iris-iris
  • 6 buah belimbing wuluh, potong-potong
  • Garam secukupnya 

Cara Membuat:

  1. Ulek semua bahan, kecuali garam Kasar dan halusnya tergantung selera. Chi lebih suka yang agak kasar
  2. Beri garam, ulek sebentar. Koreksi rasa
  3. Sajikan

Tips:

  1. Untuk udang bisa digoreng atau direbus. Chi memilih digoreng sebentar saja
  2. Ada juga yang menambahkan asam sunti dan juga air jeruk nipis. Chi gak kasih. Udah cukup rasa asam dari belimbing wuluh.
  3. Ada juga yang membuat sambal asam udeung matang. Caranya setelah diulek, digoreng sebentar hingga matang. Chi belum pernah mencoba buat yang matang. Tapi kalau memang memilih sambal matang, sebaiknya udangnya digoreng nanti minyak bekas menggorengnya dipakai untuk menggoreng sambal.
  4. Ada juga yang menyiram minyak goreng panas ke sambal yang telah diulek. Tips nomor 3 bisa dicobain. Jadi minyaknya beraroma udang. Malah kalau mau kulitnya juga ikut digoreng biar minyaknya makin beraroma udang. Tapi setelah itu kulitnya dibuang aja.
  5. Beberapa resep menulis kalau udang segar bisa diganti dengan ebi. 

Rasa sambal ini unik. Udang sih udah pasti enak. Trus ada rasa asam dari belimbing wuluh. diperkaya lagi dengan rasa sereh dan daun jeruk. Kalau teman-teman gak biasa makan sereh dan daun jeruk mungkin akan sedikit aneh. Kan memang biasanya banyak masakan menggunakan sereh dan daun jeruk, tapi tidak untuk dimakan hanya untuk aroma atau pelengkap rasa. Buat Chi sambal ini beneran bikin nagih. Sukaaaaa pokoknya πŸ˜‹

[Silakan baca: Resep Beef Bulgogi]


sambal ganja asam udeung
Teman makan sambal ganja, Chi bikin ikan kembung goreng dan tumis daun ginseng. Tapi kalau sambal mah makan pakai telor ceplok dan nasi hangat aja udah enak banget! πŸ˜„