Kamis, 11 Januari 2018

Resep Sambal Asam Udeung Aceh (Sambal Ganja)

sambal ganja asam udeung

Pertama tau ini waktu Sandra Nova (IG: @5andranova) share resep sambal ganja di FB. Chi yang memang suka banget sama sambal langsung ngeces, dong! Wajib bikin pokoknya. Tapi karena di sini susah banget dapat belimbing wuluh, terpaksa deh sabar menanti nungguin ada yang jual di pasar. 😅Begitu ada yang jual, Chi langsung beli agak banyakan. Chi memang suka gitu, belimbing wuluh bisa untuk sop ikan, opor ayam, dll. Sekarang juga dipakai untuk bikin sambal ganja.

Chi kirain dinamakan sambal ganja karena menggunakan biji ganja. Suka denger aja sih kalau beberapa kuliner Aceh menggunakan biji ganja. Entah benar atau tidak karena Chi memang jarang menyantap kuliner Aceh. Tapi setelah googling, jadi tau kalau sambal ini tidak menggunakan ganja sama sekali. Cuma memang bikin nagih makanya dibilang sambal ganja. Aslinya sih namanya Sambal Asam Udeung. Bahkan ada juga yang menulis kalau namanya Asam Udeung tanpa kata sambal karena di Aceh kata 'Asam' berarti 'Sambal'. Nah, teman-teman yang bisa bahasa Aceh bener gak tuh kalau asam = sambal?

Bahan-Bahan:
  • 125 gr udang segar berukuran kecil, buang kulit, cuci bersih, kemudian digoreng/direbus sebentar hingga berubah warna
  • 10-15 buah rawit merah/hijau - tingkat kepedasan sesuai selera, ya. Bisa dikurangi atau ditambah rawitnya
  • 5 siung bawang merah
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya dan iris-iris
  • 4 lembar daun jeruk, buang tulang kemudian iris-iris
  • 6 buah belimbing wuluh, potong-potong
  • Garam secukupnya
Cara Membuat:
  1. Ulek semua bahan, kecuali garam Kasar dan halusnya tergantung selera. Chi lebih suka yang agak kasar
  2. Beri garam, ulek sebentar. Koreksi rasa
  3. Sajikan
Tips:
  1. Untuk udang bisa digoreng atau direbus. Chi memilih digoreng sebentar saja
  2. Ada juga yang menambahkan asam sunti dan juga air jeruk nipis. Chi gak kasih. Udah cukup rasa asam dari belimbing wuluh.
  3. Ada juga yang membuat sambal asam udeung matang. Caranya setelah diulek, digoreng sebentar hingga matang. Chi belum pernah mencoba buat yang matang. Tapi kalau memang memilih sambal matang, sebaiknya udangnya digoreng nanti minyak bekas menggorengnya dipakai untuk menggoreng sambal.
  4. Ada juga yang menyiram minyak goreng panas ke sambal yang telah diulek. Tips nomor 3 bisa dicobain. Jadi minyaknya beraroma udang. Malah kalau mau kulitnya juga ikut digoreng biar minyaknya makin beraroma udang. Tapi setelah itu kulitnya dibuang aja.
  5. Beberapa resep menulis kalau udang segar bisa diganti dengan ebi.
Rasa sambal ini unik. Udang sih udah pasti enak. Trus ada rasa asam dari belimbing wuluh. diperkaya lagi dengan rasa sereh dan daun jeruk. Kalau teman-teman gak biasa makan sereh dan daun jeruk mungkin akan sedikit aneh. Kan memang biasanya banyak masakan menggunakan sereh dan daun jeruk, tapi tidak untuk dimakan hanya untuk aroma atau pelengkap rasa. Buat Chi sambal ini beneran bikin nagih. Sukaaaaa pokoknya 😋

sambal ganja asam udeung
Teman makan sambal, Chi bikin ikan kembung goreng dan tumis daun ginseng. Tapi kalau sambal mah makan pakai telor ceplok dan nasi hangat aja udah enak banget! 😄

21 komentar:

  1. salam kenal mbak, saya termasuk penyuka sambal dan liat posting ini macam ngecess pingin merasakanya..

    BalasHapus
  2. Ya ampun, baca sambil ngeces nih aku. Besok dicoba deh mama chi 😋

    BalasHapus
  3. aduh langsung ngiler deh. pengen minta istri masakin ini nanti. kasih tahu ah

    BalasHapus
  4. Wah, saya ada belimbing wuluh nih di rumah. Jadi pengen cobain. Tinggal beli udangnya.
    Ih ngecessss :D

    BalasHapus
  5. Aku mau langsung eksekusiiii .. hahah

    BalasHapus
  6. yang bikin penasaran rasa sereh dalam sambalnya. soalnya kan, kayaknya blm pernah ada ya sambal pake sereh :) jadi pengen nyoba

    BalasHapus
  7. Aku sptnya pernah tau deh sambal ini waktu suamiku tinggal Aceh. Sambal yg pake udang. Kebayang sih rasanya asam, gurih udang dan pedas. Pasti bikin nambah.

    BalasHapus
  8. Wah mesti dicoba nih
    Udangnya ga bisa diganti ikan laut ya mbak?

    BalasHapus
  9. Aku mau coba juga ah. Memang kebayangnya aneh sih, tp kalo ga di coba ga akan tau anehnya dimana. Hahaha

    BalasHapus
  10. Chi, klo ga doyan udang diganti apa ya enaknya? Atau gitu aja ya hanya cabe rawit, bawmer, serai dan dajn jeruk?

    BalasHapus
  11. Gimana ya rasanya makan sereh haha? Belum pernah makan, kalo daun jeruk sih aku suka. Pengin bikin, keliatannya segeer. Kalo pas ke pasar aja deh, bapak penjual sayur langgananku nggak pernah bawa belimbing wuluh hiks.

    BalasHapus
  12. Mumpung Sabtu besok mau hunting belimbingnya dulu ah. Sebenarnya saya sudah lama ngeces sama sambal ini. Tapi waktu itu lihat di video yg seliweran di FB. Jadi kurang yakin. Nah kalau sekarang lebih yakin buat nyoba :)

    BalasHapus
  13. udah tau sambal ini tapi belum pernah makan
    kalau ke rumah makan Aceh selalu pesan mi Aceh aja sih, mi Aceh itu juga bikin nagih banget

    BalasHapus
  14. Dari fotonya kayaknya nikmat ya.. nikmat lah bagi orang2 penyuka pedas. klo aku yg makan udah ngabisin air segalon.. :D haha nah aku bagian sayurnya aja tuh yg bening... :D ga ada merah2.. ga pedes..

    BalasHapus
  15. Sambal makein daun jeruk..pernah mb.tapu klo sereh..blm pernah😀 btw, di kampung malah jarang yang jual belimbing wuluh mba..klo di ganti tomat hijau, jadinya enak nggak ya mba..? Sambel ganja modifikasi😀

    BalasHapus
  16. Suami suka banget sambel yang seperti ini mba... ada seger2nya tapi juga yang ada rasa pedesnya.... hmmm nyummy...

    BalasHapus
  17. Duh bikin penasaran, pgn nyoba bikin jg...

    BalasHapus
  18. Aku penasaran sama sambal ganja ini wkwkwk langsung praktek dan berhasil. Waktu suami kukasih tahu sambal ganja langsung melotot hahaha

    BalasHapus
  19. aku belum pernah masak belimbing wuluh mba dan resep ini bikin mmmmm seger banget keknya :) pengen cobain

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...