Main Lato-Lato Bikin Anak Lupa Gadget

By Keke Naima - March 24, 2023

Tek tek tek tek tek tek tek tek tek ...
Tek tek tek tek tek tek tek tek tek ...
 
Akhir-akhir ini viral mainan anak bernama lato-lato. Katanya ini permainan jadul. Chi bilang 'katanya', karena merasa gak tau kalau dulu pernah ada mainan ini hehehe.
 
Main Lato-Lato Bikin Anak Lupa Gadget

Bocah-bocah di sini pun ikutan main. Chi pribadi gak pernah merasa terganggu. Meskipun banyak orang yang bilang kalau lato-lato menimbulkan polusi udara. Di sisi lain, banyak juga yangsetuju dengan lato-lato karena bisa mengurangi screen time. Main lato-lato bikin anak lupa gadget sama sekali.

Bagi kebanyakan ibu mungkin memang dilema, ya. Pengennya memang anak gak kecanduan gadget. Makanya senang perhatian anak berpindah ke lato-lato. Tapi, suara bisingnya itu, lho. Bisa bikin diri sendiri dan orang lain terganggu!


Berikan Anak Berbagai Aktivitas yang Menyenangkan Supaya Lupa Gadget


Chi sepakat kalau main lato-lato bisa bikin anak lupa gadget. Ya paling gak durasi screen time jadi berkurang. Tapi, sebetulnya  bukan tentang lato-latonya yang bikin perhatian anak teralihkan. Tetapi, tentang menghadirkan aktivitas yang sama atau lebih menyenangkan dari gadget.

Chi udah meyakini itu sejak Keke dan Nai masih kecil. Awalnya, tantangannya bukan mengalihkan perhatian anak dari gadget. Karena dulu kan dunia internet belum seperti sekarang. Tetapi, Chi gak pengen anak-anak terus-terusan duduk manis di depan tv.

Memang sejenak menyenangkan karena anak-anak jadi anteng. Chi pun jadi bisa melakukan kegiatan lain. Tapi, Chi justru gak mau seperti itu. Antengnya anak-anak di depan tv secukupnya aja, jangan berlebihan.

Makanya, setiap hari Chi ajak mereka melakukan berbagai aktivitas. Setiap sore jalan-jalan di sekitaran komplek. Kalau di rumah, ada aja yang mereka kerjain.

Risikonya memang rumah jadi berantakan. Hhhh ... Kalau lagi gak mood, rasanya pengen kasih anak nonton tv terus seharian, deh. Daripada capek beberesnya. Meskipun Chi juga suka mengajak Keke dan Nai untuk bantuin beberes. Mengajarkan tanggung jawab ke anak-anak.

Tapi, kalau dipikir lagi, rasanya sayang banget. Lebih repot memperbaikinya kalau udah kecanduan. Mendingan repot beberes, deh. Jadi, paling Chi kasih anak-anak screen time lebih banyak dari biasanya di situasi tertentu. Misalnya, kalau anak-anak atau Chi sendiri yang sakit. Ya udah, ngalah aja sejenak. Gak bisa saklek juga menerapkan aturan.
 


Permainan Lato-Lato Hanya Tren Sesaat


Masih pada main lato-lato, gak?

Kalau di sini udah enggak. Padahal tadinya dari pagi sampai malam bunyi 'tek tek tek' terus terdengar. Gak kenal waktu.

Chi sendiri sebetulnya gak merasa terganggu. Mungkin karena kurang terdengar suaranya kalau di dalam rumah. Keke dan Nai juga gak main lato-lato. Jadi di dalam rumah masih aman lah dari suara ini.

Sejak awal juga udah yakin kalau lato-lato hanya tren sesaat. Paling gak di sini udah gak kedengeran lagi anak-anak main mainan itu. Mereka beralih ke permainan lain.

Dari pengalaman Chi, anak-anak senang dengan aktivitas yang menyenangkan. Kalau memang ingin mengurangi screen time atau menghindari kecanduan terhadap gadget, harus cari aktivitas pengganti yang bikin anak-anak senang.

Gak sreg kasih lato-lato ke anak karena suaranya yang bising. Tapi, juga gak pengen anak terus-terusan pegang hape. Ya cari aktivitas lain yang bikin perhatian anak teralihkan. Kalau perlu sesekali orangtua ikut terlibat bermain bersama anak.

Jangan dipaksa mengalihkan perhatian! Nanti anak malah ngambek. Kita sendiri kalau melakukan aktivitas tertentu dengan terpaksa juga kesel. Anak-anak pun akan begitu. Jadi, carilah aktivitas yang sekiranya bikin anak senang tanpa terpaksa. 
 
Itulah kenapa Chi bilang bukan hanya lato-lato yang bisa bikin anak lupa gadget. Kalau kayak gitu, ketika tren permainan ini redup, anak akan kembali ke gadget. Padahal bisa terus dihindari kalau anak memiliki berbagai kegiatan yang mengasyikan.
 
Jadi, permainan apa aja yang bikin anak-anak suka sampai lupa gadget? Yuk, kita berbagi ide!

  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. sekarang udah pada balik maen mobile legend lagi, udah pada bosa maen latto2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kan balik lagi ke gadget. Memang harus terus cari kegiatan yang menyenangkan supaya perhatian teralihkan. Gak perlu juga ikutan permainan yang lagi tren

      Delete
  2. Betul sekarang sudah mulai berkurang ya. Memang harus mencari kegiatan menarik sehingga lupa gadgetnya

    ReplyDelete
    Replies

    1. di sini malah udah gak ada yang main lato-lato lagi, Mbak :)

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^