Kamar Anak Remaja, Kok, Berantakan Banget!

By Keke Naima - March 28, 2023

Gregetan gak sih kalo lihat kamar anak remaja berantakan banget? Chi sih enggak. Karena Chi juga suka gitu, kok hahaha. Tapi, ya, terkadang cerewetin juga. Biasalah naluri emak-emak yang memang dasarnya bawel 😂
 
Kamar Anak Remaja Berantakan Banget


Kamar adalah Istana Bagi Anak


Kita tentu akrab dengan istilah Home Sweet Home. Menggambarkan rasa bahagia ketika berada di rumah. Mau seberapa jauh berjalan, tetap senang kalau bisa pulang *Duh! Jadi pengen nyanyi lagu "Jalan Pulang" - Yura Yunita hehehe.

Bagi anak, rumah bisa jadi lebih spesifik lagi. Kamar adalah istana bagi anak, rumahnya mereka. Makanya gak heran kalau anak kayaknya ngamar melulu. Karena bisa jadi, kamar adalah ruang ternyaman bagi anak.

Di kamar bisa lebih bebas mendekorasi sesuai selera. Semua barang pribadi ada di kamar. Jadi biasanya keberatan dong kalau sampai diatur harus begini-begitu. Kita aja kalau rumah sendiri diatur atau dinilai-nilai ma orang lain juga kesel, kan? Nah, anak-anak pun bisa merasakan hal yang sama.


Berantakan Gak Selalu Jorok


Chi juga sebetulnya termasuk yang berantakan. Misalnya, meja kerja cuma sebentar rapinya. Abis itu awut-awutan lagi.

Mungkin bagi orang yang terbiasa semuanya tertata, melihat berantakan kayak gitu bikin gregetan. Tapi, jangan coba-coba berinisiatif ngerapihin, ya. Karena awut-awutan belum tentu karena males beberes juga. Karena kalau trus dirapihin malah jadi suka lupa naro barang-barangnya. Akhirnya riweuh cari-cari, eh, berantakan lagi jadinya. Kelihatannya memang aneh, tapi fakta! 😁

Berantakan juga bukan berarti jorok. Teman-teman pernah nonton serial "Hoarders"? Tentang orang-orang yang gak pernah mau buang barang dengan berbagai alasan. Nah, kalau itu termasuk jorok. Chi aja sampai geli lihatnya. Karena rumahnya gak hanya penuh sama barang, tapi juga sampah yang gak pernah dibuang. Ugh!

Kalau berantakannya seperti itu, Chi pasti bakal negur. Tapi, kalau sekadar berantakan dengan barang-barang mereka sendiri, biarin aja lah. Lagipula, kapan anak-anak akan belajar mandiri kalau dibantu diberesin melulu kamarnya?


Pilih-Pilih 'Battle' Menghadapi Remaja


Memiliki anak remaja tuh bisa berasa jungkir balik. Anak-anak udah lebih bisa berargumen. Apalagi Chi dan K'Aie memang membebaskan mereka untuk berpendapat. 

Semakin bertambah usia anak, kami semakin pilih-pilih battle dengan mereka. Maksudnya udah gak semua hal orang tua mendikte anak harus begini atau begitu. Kalau sampai bertentangan, nanti malah ruwet terus. Pusing sendiri jadinya.

Nah, untuk kamar ini, kami gak mau ribut, deh. Biarkan aja Keke dan Nai mengatur sesukanya. Berantakan pun gak apa-apa. Asalkan jangan jorok. Agak-agak bawel dikit deh kalau kelihatan jorok.

Keke dan Nai masih berbagi AC. Jadi ada sedikit celah di bagian AC terpasang. Makanya Chi menerapkan aturan jangan sampai terlalu berisik. Karena pasti akan saling terganggu kalau berisik. Kalau mau dengerin musik, sebaiknya pakai earphone. Kalau mau ngobrol ma temannya di telpon, jangan sampai terlalu keras suaranya. Makanya, Keke sering pakai komputer di ruang kerja ayahnya. Biar lebih puas kalau mau video call dengan teman-temannya 😂


Ajarkan Bertanggungjawab dengan Barang Pribadi


Ibu kan, katanya udah kayak detektif. Selalu aja bisa menemukan benda yang sedang dicari hahaha.

Tapi, gak berlaku banget untuk Chi. Bukan gak bisa bantuin cari, tetapi memang gak mau. Sesekali boleh lah bantuin. Asalkan jangan jadi kebiasaan. Anak-anak harus bertanggujawab dengan barang pribadinya.

"Coba diberesin kamarnya. Siapa tau jadi ketemu."

Nah, kalau gitu, biasanya Chi sekalian titip pesan untuk beresin kamar. Kan, kesannya gak mengatur, tapi memberi saran. Siapa tau beneran ketemu kalau kamarnya rapi. Kalaupun mereka tetap gak ngeberesin kamarnya, ya udah gak apa-apa. Asalkan jangan dikit-dikit minta bundanya yang cariin barang aja.

Jadi, buat Chi dan K'Aie, gak apa lah kalau kamar Keke dan Nai mau rapi atau berantakan. Itu ruang privasi mereka. Pastinya mereka sendiri yang merasakan kenyamanannya. Lagipula hemat energi untuk gak selalu berdebat sama anak.

  • Share:

You Might Also Like

24 comments

  1. Aku harus nyontoh mba Myra sih 😔. Ntsh kenapa susah banget kontrol emosi kalo udah liat kamar berantakan. Yg ada suaraku langsung naik 7 oktaf liatnya 🤣. Pasti saat itu juga suruh anak2 beresin.

    Tapi bener sih cara mba Myra. Biarin mereka tanggung jawab Ama kamarnya. Aku cuma mau ngajarin dikit supaya setidaknya ga berantakan amat 😅. Tapi 1 yg aku larang keras, ga boleh makan apapun di kamar. Aku kuatir semut atau binatang lain masuk soalnya kalo banyak remah2. Berantakan mainan GPP, tapi berantakan remah makanan aku bisa lebih marah soalnya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu yang saya maksud berantakan belum tentu jorok, Mbak. Saya pun kalau di kamar anak udah ada bekas makanan yang belum dibuang bakal langsung negur. Karena paling gak mengundang semut.

      Tapi, biarin ajalah kalau berantakannya karena barang-barang pribadi yang bergeletakan di mana-mana. Biar belajar tanggungjawab sama barang mereka sendiri :D

      Delete
  2. Wah, memang bikin bawel emak lihat kamar berantakan. Alasannya capai , gak sempet. Tiap minggu dibereskan tapi senin sudah berantakan lagi. Pasrah akhirnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Capek sendiri ya, Mbak hahaha. Biarin aja deh anak-anak bertanggungjawab sama kamarnya.

      Delete
  3. Waktu daku remaja, ya gitu juga sih kadang kena omel Mama rahimahullah tapi kadang dicuekin aja kamar daku berantakan. Tapi akhirnya, daku beresin juga karena suka ada nyelip duit, wkkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti seneng deh kalau akhirnya ketemu duit yang nyelip hahaha

      Delete
  4. Betul banget, kamar itu tanggung jawab pribadi, jadi biarkan mereka yang urus sendiri ya, karena capek juga kalo harus kita yang urusin dan bawelin setiap saat ya hehehe

    Tapi biasanya, seiring makin berumur pasti akan sadar sendiri juga sih, apalagi kalo sudah hidup ngekos sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kan, akhirnya ada kesadaran sendiri. Jadi, ya, paling saya sekadar mengingatkan aja. Capek kalau harus beresin melulu :D

      Delete
  5. Haha...memang ya kamar anak remaja tuh bikin pusing lihatnya. Sama Mba, saya juga dah males ngomel lagi masalah kamar.Syukurnya dua anak saya di lantai dua kamarnya, jadi gapapa yang penting lantai satu rapi , rumah masih aman ga berantakan dilihatnya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lantai atas memang lebih privasi biasanya ya, Mbak. Jadi aman, lah wkwkwk

      Delete
  6. Setuju banget
    Berantakan bukan berarti jorok
    Saya juga ngebebasin anak anak
    Malah anak nomor 2 melihara ular di kamarnya
    Asalkan kandangnya selalu dibersihin aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh! Asalkan jangan sampai lepas, ya. Ngeri juga kalau lepas.

      Delete
  7. Anakku masih berbagi kamar, kak Chie.
    Mungkin karena kakak 12 tahun dan adik 10 tahun yang sebentar lagi, kakak bakalan pesantren juga..
    Jadi memang kamar adalah tempat terbaik anak-anak buat saling curhat, berantem, baikan dan sesekali ngajakin temen mainnya buat main di kamar.

    Terlihat simple tapi kamar anak ini memang mereka sendiri yang desain dari warna cat kamar dan segala printilannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga dulu berbagi kamar dengan adik. Nah, kalau begini memang harus kompromi antara kakak beradik.

      Delete
  8. Tinggal lihat berantakannya bagaimana ya, Kak. Kalau bermatakan karena berkreasi okey okey aja, nah kalau abis tidur dibiarkan berantakan orang tua harus meluruskan.Memang ahrus bersabar menghadapi anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sekadar mengingatkan aja, Mas. Kalau mereka gak beresin tempat tidurnya abis bangun, ya biar aja itu kamarnya mereka.

      Delete
  9. Soal kamar anak, kalau masih usia SD masih bisa diomelin panjang kali lebar ya, Mbak hahaha. tapi pas sudah remaja dan menginjak dewasa, mereka juga punya privasi. Dan kamar tidur adalah ruang pribadi mereka. Makanya berantakan bukan berarti jorok. Bisa saja mereka sedang berbuat suatu karya. Jadi kalau diberesin orang, bisa kacau juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika masih kecil, bisa sekalian diajarin cara ngebersihin kamar. Tapi, kalau udah gede, biarin aja, deh. Yang penting jangan jorok.

      Delete
  10. Kamar tuh emg tempat ternyaman ya kak. Hehehe... aku jg gt kadang lihat kamar anak2 berantakan bgt. Kadang celana sm jaket tuh yg paling sering naro di mana atau d gantung sana sini. Klo lg bener y aku ajak diskusi, ta tanya menurutmu ini rapi g begini? Tp klo lg semangat, udh tuh semua kata keluar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, paling saya ingetin aja. Apalagi kalau udah banyak baju bergelantungan kan bisa jadi sarang nyamuk.

      Delete
  11. Duuhh saya nih paling gak bisa lihat tempat berantakan. Di sudut manapun di rumah kudu teratur, rapi dan tidak sumpek. Gak ngomel sih. Tapi langsung aja dirapihkan hahahaha. Untungnya suami dan anak-anak paham. Jadi akhirnya mereka mengikuti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah ngeberesin. Tapi, malah diprotes karena jadinya gak hapal barang-barang yang ditaro. Jadi, ya udah deh biarin mereka bertanggungjawab :D

      Delete
  12. Katanya kalau kamar berantakan malah penghuninya merupakan orang yang cerdas. Kamarku juga sering berantakan lho ups hehehe.

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^