Hidup itu kurangi ngedrama, tapi banyakin doramai. Eh! Gimana ... gimana maksudnya?
 
Beberapa minggu terakhir ini Chi lagi seneng. Ketemu dengan beberapa orang, termasuk para sahabat yang udah lama banget gak ketemu. Alasannya karena pandemi.
 
hidup jangan ngedrama banyakin dorama

Kami pun ngobrol ngalor-ngidul. Dari A sampai Z. Random banget topiknya. Bahkan waktu rasanya berlalu begitu cepat. Padahal kami ketemuan selama sekian jam. Senang rasanya bisa ketemuan lagi. Semua dalam keadaan sehat. Alhamdulillah. 

Dari sekian banyak obrolan random, dengan berbagai teman, kami memiliki kesamaan. Sekarang semakin males ngedrama alias musingin berbagai masalah. Lebih nyantai aja gitu. Segala emosi gaya-gaya alay, dan lain sebagainya cukup jadi masa lalu aja, deh. Sekarang mendingan banyakin nonton dorama daripada ngedrama.

Ya gak harus dorama juga, sih. Maksudnya cari sesuatu yang nyenengin aja. Suka drakor silakan, sukanya baca buku silakan, atau apapun terserah aja.

Karena hidup udah complicated ...

Setiap tahapan selalu ada aja masalahnya. Ada aja ujiannya. Di bagian tertentu bisa bikin jungkir balik. Kaki di atas, kepala di bawah. Ugh!
 
Bisa lelah hati dan pikiran kalau mikirin ujian hidup. Tapi, mau tidak mau, suka atau tidak suka, harus dihadapi. Caranya dengan menyeimbangkan hidup.

Apalagi sejak pandemi semakin disadarkan kalau hidup gak sekadar mikirin uang. Gak hanya mikirin sehat fisik itu penting. Karena saat pandemi mental dan emosional juga terhantam. Untuk melewatinya memang butuh ketenangan. Mindfulness.

Mindfulness secara istilah berarti kesadaran penuh. Berbagai artikel yang Chi baca, Mindfulness berarti fokus terhadap ada yang terjadi saat ini tanpa menghakimi atau bersikap terlalu reaktif. Tujuannya supaya lebih tenang secara emosi dan mental.
 
Tenang jiwa dan pikiran memang penting banget, sih. Apalagi Chi mudah terkena sakit kepala kalau lagi banyak pikiran. Malah terkadang ditambah gak nyenyak tidur. 
 
Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar - QS. Al-Baqarah ayat 155
 
Awal pandemi tuh ngerasain banget yang tiap hari rasanya seperti mimpi buruk. Nangis gak berkesudahan. Rasanya bikin stress. Males banget mau ngapa-ngapain. Tau-tau ada yang share ayat 155 QS. Al-Baqarah.

Chi bahkan udah lupa siapa yang waktu membagikan. Tapi, rasanya hati langsung adem. Karena Chi percaya banget kalau Allah gak akan menguji di luar kemampuan hamba Nya. Meskipun gak langsung tau harus berbuat apa, tetapi setidaknya udah tau harus bersabar. 
 
Alhamdulillah bisa menjalani masa pandemi dengan lebih tenang. Meskipun perasaan terkadang masih up and down, tetapi lebih terkendali. Gak mudah oleng. InsyaAllah menjadi lebih baik. Aamiin Allahumma aamiin.
 
Oke, balik ke obrolan dengan beberapa teman. Memilih tidak mau memusingkan banyak hal bukan berarti gak peduli dengan apapun. Tetapi, merasa udah bukan masanya lagi mengedepankan emosi, meninggikan ego, dan terlalu reaktif terhadap banyak hal. Banyak dibawa santai aja.
 
Ternyata dengan lebih santai justru jadi lebih bisa menikmati hidup. Lebih bahagia juga pastinya. Meskipun mungkin saja ada beberapa masalah di depan mata. Tapi, menyelesaikannya bisa lebih fokus. Gak hanya fisik yang sehat. Mental dan emosional juga  merasa lebih sehat.

jne mindfulness company

Nah, kalau untuk level perusahaan, salah satu yang menginspirasi adalah JNE. Bahkan baru-baru ini, JNE berhasil menjadi bagian dari Mindful Company Brand 2022. Acara ALIVE Fest 2022 merupakan festival meditasi terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh The Golden Space Indonesia berkolaborasi dengan Markplus.Inc yang memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan mental, emosional, dan fisik. 
 
cerita bahagia bersama jne

Kalau teman-teman pernah membaca buku 'Bahagia Bersama' akan banyak cerita tentang kebahagiaan bersama JNE. Bahagia dari sisi seller, buyer, hingga karyawan. Sesuai dengan tagline JNE yaitu Connecting Happiness. JNE memang selalu ingin memberikan kebahagiaan kepada buyer dan seller. Ketika paket sampai dengan selamat dan tepat waktu, tentu membahagiakan perusahaan ekspedisi ini.
 
 
Tapi, gak hanya sebatas urusan pengiriman aja. JNE juga mengapresiasi karyawannya dengan baik. Chi pernah bekerja di salah satu perusahaan. Memang sangat menyenangkan dan bikin betah kalau suasana kerja menyenangkan.
 
Btw, udah denger suara "pakeeeet!" belum? Pasti banyak yang senang, ya. Sambil nunggu paketan datang, kira-kira dorama apa ya yang asik buat ditonton?