"Bunda hari ini Ima bawa laptop ke sekolah. Ada presentasi, datanya di laptop."
"Bunda, Keke hari ini gak ke kampus. Dosennya lagi ke luar kota, tapi tetap ada kuliah online. Keke belajar bareng ma temen, ya!" 
 
asus expertbook b3000 detachable
 
Situasi dan kondisi pandemi COVID-19 semakin terkendali. Aktivitas mulai banyak yang kembali normal. Alhamdulillah. Meskipun berangsur normal, tetap ada beberapa perbedaan dibandingkan sebelum pandemi. Dulu, rutinitas harian K'Aie dan anak-anak adalah ke kantor dan sekolah, kecuali akhir pekan.

Sekarang, K'Aie gak setiap hari ke kantor. Malah lebih sering kerja di rumah. Ke luar rumah kalau ada kerjaan yang hanya bisa dilakukan di kantor, ketemu klien, atau lainnya. Meeting juga terkadang masih online.

Keke dan Nai juga terkadang masih belajar daring. Beda ya ma dulu, kalau lagi gak ada dosen atau sekolah lagi ada kegiatan, berarti siswa atau mahasiswa dapat libur. Sekarang tetap belajar, tapi jadi online hehehe.


ASUS ExpertBook B3000 Ibarat 2 Gadget dalam 1 Perangkat 

 
asus expertbook b3000 detachable gathering
 
Bisa dibilang aktivitas K'Aie dan anak-anak memang menjadi lebih mobile. Fleksible untuk bekerja atau belajar di manapun. Kalau kayak gini, enakan bawa laptop, tablet, atau smartphone?

Smartphone udah pasti selalu dibawa. Tetapi, rasanya kurang leluasa kalau untuk melakukan banyak aktivitas. Pilihannya adalah laptop atau tablet? Gak perlu bingung kalau teman-teman memiliki ASUS ExpertBook B3000. Karena bisa dapat keduanya hanya dalam 1 perangkat. 
 
komunitas zencreator asus
Mas Muhammad Fadhil Mawaridi, Technical Marketing & Public Relation ASUS, menjelaskan tentang ATOM (ASUS TikTok and Instagram) Community. Ayo content creator bergabung di sini!

 

Sabtu (3/12) bertempat di Hotel Aloft, Wahid Hasyim Jakarta, Chi hadir di acara ASUS Expertbook B3000 Detachable Gathering. Acara diawali dengan makan siang bersama. Baru kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tentang produk ASUS Expertbook B3000.

Gak hanya penjelasan tentang produk, lho. Kita semua yang hadir juga dikenalkan dengan ATOM (ASUS TikTok and Instagram) Community. Yuk gabung di sana dan dapatkan banyak benefitnya. Caranya mudah banget, yaitu
 
  1. Buka Zencreator.ID dan daftar sebagai member
  2. Klik https://bit.ly/ATOMCommunity
  3. Isi form yang tersedia
  4. Tunggu konfirmasi dari tim ASUS
 
review asus expertbook b3000
Fleksibel digunakan dimanapun. Bisa sebagai laptop atau tablet. Ringan pula perangkatnya.

 

Target pengguna ASUS ExpertBook B3000 adalah pelajar dan pekerja. Kedua kelompok ini dianggap memiliki mobilitas tinggi. Tidak hanya butuh gadget yang mumpuni. Tetapi, juga yang fleksibel untuk dibawa kemanapun. 
 
gadget detachable terbaik untuk mobiltas tinggi
Sangat mudah untuk dilepas-pasang


ASUS ExpertBook B3000 menggunakan desain detachable. Bisa digunakan dengan fleksible sebagai laptop atau tablet. Sistemnya menggunakan magnet sehingga sangat mudah untuk dilepas pasang. Dengan berat hanya 590gr serta ketebalan 0,90cm membuat gadget ini tidak memberatkan ketika dibawa ke mana-mana.


Keunggulan ASUS ExpertBook B3000

 
gadget yang fleksibel untuk mobilitas tinggi
 
“ASUS sangat mengerti bahwa di era modern seperti saat ini perangkat komputasi dengan mobilitas tinggi semakin dibutuhkan. ASUS ExpertBook B3000 adalah jawaban kami atas kebutuhan tersebut,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director, Southeast Asia. 
 
Daya tahan baterai tentu menjadi salah satu pertimbangan pertama bagi yang memiliki mobilitas tinggi saat memilih gadget. Rasanya jadi agak mengganggu kenyamanan kalau sebentar-sebentar harus nge-charge perangkat. Gak bisa jauh dari yang namanya colokan.

Tenang aja! ASUS ExpertBook B3000 ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform pertama di Indonesia. Ini perangkat prosesor yang menggunakan ARM yang dikenal sangat hemat daya. Baterainya bisa bertahan hingga 21 jam!

Selain bisa dipakai seharian karena hemat daya. Tentu kita juga gak pengen baterainya cepat rusak, dong. Makanya, dilengkapi juga dengan  Qualcomm® Adreno™ GPU 618 sebagai chip grafis terintegrasi. Sehingga memungkinkan beroperasi menggunakan baterai dalam jangka waktu yang panjang. 
 
expertstand cover asus expertbook b3000
Ada 2 mode dudukan (ExperStand) pada ASUS ExperBook B3000

 

Keunggulan ASUS ExpertBook B3000 memang pada portabilitas dan fleksibilitas. Bisa digunakan sebagai laptop atau tablet. Bila sedang berfungsi sebagai laptop, keyboardnya nyaman digunakan karena menggunakan key travel 1,5mm.
 
Di bagian belakan terdapat ExpertStand cover. Selain berfungsi sebagai pelindung juga bisa sebagai dudukan. Nah, dudukannya ini bisa vertikal atau horizontal. Kemiringannya juga bisa diatur senyamannya pengguna.

stylus asus expertbook b3000

Keyboardnya juga spill-resistant alias tahan air. Jadi kalau ketumpahan air hingga 66cc masih aman, lah. Mudah untuk dikeringkan dan dibersihkan. 

Selain tahan air, keyboard juga dilindungi oleh ASUS Antibacterial Guard yaitu lapisan pelindung berbahan khusus yang dapat menghambat pertumbuhan berbagai bakteri berbahaya hingga 99% dalam waktu 24 jam. ASUS Antibacterial Guard telah diakui secara internasional dan tersertifikasi ISO 22196. Keyboard kan termasuk bagian yang paling disentuh. Oleh karenanya ExperBoard dijaga agar dapat selalu steril dan tidak menjadi sarang bakteri berbahaya. 
 
kompartemen khusus untuk stylus

ExpertBook B3000 juga menggunakan touchscreen (layar sentuh). Makanya bisa berfungsi sebagai tablet karena gak perlu menggunakan keyboard. Dilengkapi juga dengan stylus yang disimpan di kompartemen khusus (samping kanan atas layar). Jadi stylus gak akan tercecer ke mana-mana. Stylus bisa digunakan  selama 45 menit. Bila disimpan di kompartemen, otomatis mengisi daya. Gak pakai lama, hanya butuh 15 detik untuk nge-charge.
 
Di era digital ini, berbagai aktivitas jadi bisa dilakukan di manapun. Bahkan tidak lagi belajar atau bekerja dari rumah. Sekarang bisa jadi aktivitas dilakukan di cafe, coffee shop, dalam kendaraan, dan lain sebagainya. 
 
laptop untuk pelajar
Mas Riandanu mengatakan kalau ASUS ExpertBook juga bisa digunakan untuk merekam acara. Kita pun bisa tetap menyimak acara dengan nyaman.

 

Di acara ASUS ExpertBook B3000 Gathering, mas  Riandanu Madi Utomo, ASUS Indonesia Technical Public Relation, memperagakan tentang presentasi menggunakan gadget ini. Sistem operasi Windows 11, memungkinkan pengguna menggunakan berbagai aplikasi penunjang produktivitas tanpa kendala.

Untuk kamera, ditempatkan sejajar dengan layar seperti laptop pada umumnya. Tetapi, karena juga berfungsi sebagai tablet, ExpertBook B3000 juga memiliki kamera belakang dengan resolusi 13MP. Jadi bisa banget nih dipakai untuk mengambil foto atau video seperti pada smartphone. 

AI noise cancellation juga menjadi fitur pelengkap ExpertBook B3000. Dengan fitur ini suara bising bisa diredam. Jadi lebih nyaman saat harus online meeting, belajar daring, atau lainnya. Ketika mereka suara untuk video pun gak perlu khawatir dengan gangguan berbagai suara tukang jualan, riuhnya kendaraan, atau apapun, deh. Content creator yang suka bikin video pasti tau lah ya gimana rasanya ketika sedang merekam suara kemudian ada suara-suara lain yang lewat hehehe. 

Gak hanya suara aja yang dipikirin oleh ASUS. Hadir juga teknologi 3DNR (3D Noise Reduction) yang fungsinya mengurangi noise pada kamera secara signifikan. Sehingga dalam kondisi minim cahaya pun tampilannya tetap lebih jernih dan terang.
 
asus expertbook b3000 tepat untuk mobilitas tinggi

Tetapi, tentunya tidak akan maksimal bila tidak didukung dengan teknologi WiFi yang mumpuni. Nah, ExpertBook B3000 dilengkapi dengan teknologi ASUS WiFi SmartConnect. Ini teknologi yang memungkinkan perangkat langsung terhubung ke jaringan WiFi yang memiliki kualitas koneksi dan sinyal terbaik. Misalnya, kalau di rumah ada 2 jaringan, nanti ExpertBook akan otomatis memilih yang terbaik. Fitur semakin lengkap dengan Bluetooth® 5.1yang dapat dihubungkan ke berbagai perangkat seperti wireless mouse atau headphone.

Mobilitas yang tinggi berarti kemungkinan besar penggunaan gadget pun lebih lama. Langsung suka khawatir juga dengan kesehatan mata. 
 
Untungnya layar ExpertBook B3000 telah tersertifikasi low blue light oleh TÜV Rheinland artinya emisi radiasi cahaya biru  minim. Jadi gak perlu khawatir bila perangkat digunakan dalam waktu yang lama. Karena kesehatan mata tetap terjaga.
 
garansi asus expertbook b3000

Harga ASUS ExpertBook B3000 adalah Rp7.399.000,00. Bila membeli produk ini, otomatis akan mendapatkan garansi perbaikan selama 1 tahun. Asalkan kerusakan bukan terjadi karena kelalaian pengguna, ya. Ditambah juga dengan program ASUS Expert Warranty. Ini tuh keuntungan utamanya yaitu tanggungan 80% biaya spare-part untuk kerusakan akibat kelalaian pengguna satu kali di tahun pertama. 
 
Jadi pengen punya juga nih ASUS ExpertBook B3000. Apalagi sebagai blogger juga Chi terkadang harus mobile. Gak hanya bikin tulisan dari rumah. Kalau bawa perangkat ini kan selain praktis juga fungsinya lebih banyak. 

spesifikasi asus expertbook b3000