Seputar Mitos dan Fakta Saraf Kejepit serta Penanganannya di RS Premier Bintaro

By Keke Naima - August 12, 2022

Seputar Mitos dan Fakta Saraf Kejepit serta Penanganannya di RS Premier Bintaro - Beberapa hari lalu, kami mendapatkan kiriman dari kampung halaman. Ada 7 buah duren yang besar, 1 dus ikan nila goreng kering, 1 karung berisi singkong dan aneka bumbu dapur, serta 50 kg beras. Alhamdulillah.
 
mitos dan fakta saraf kejepit serta penanganannya

"Beras masih di teras ya, Bun. Ayah gak kuat ngangkatnya."

50 kg beras memang bukan hal yang ringan. Makanya, Chi pun meminta diangkat barengan ma Keke. Apalagi punggung bawah K'Aie udah beberapa hari ini terasa sakit. Katanya karena ada gerakan yang salah. Kami biasa menyebutnya 'kecetit'. 

Apakah yang dirasakan K'Aie termasuk saraf kejepit? Ada baiknya cari tau dulu mitos dan faktanya, ya.


Hospital Tour RS Premier Bintaro

 
ruang tunggu rs premier bintaro
Ruang runggu RS Premier Bintaro

 

Minggu (7/8), Chi mengikuti Blogger/Vlogger Gathering di RS Premier Bintaro. Kesan pertama tentang rumah sakit ini adalah akses transportasinya yang mudah. Chi naik KRL hingga stasiun Jurang Mangu. Kemudian lanjut naik ojol atau mobil online. Kalau mau gratis bisa naik bis, kalau gak salah namanya In Trans Bintaro.

Begitu masuk ke dalam rumah sakit, suasananya terasa nyaman. Konsep open space dengan pencahayaan sinar matahari yang baik, jadi tidak terkesan suram. Bahkan biasanya rumah sakit tercium aroma obat-obatan, ini gak sama sekali.
 
darby robot pintar rs premier bintaro

Para pengunjung disambut oleh Darby, robot pintar yang merupakan maskot RS Premier Bintaro. Berbentuk boneka rusa karena binatang ini bermakna lembut, mengayomi, dan lincah. Robot ini bisa memutarkan lagu-lagu untuk menghibur serta menunjukkan tempat yang ingin dikunjungi. 

Kami dibagi menjadi 3 kelompok. Chi dapat kelompok 3. Diajak melihat 2 tipe kamar serta roof garden RS Premier Bintaro.


Tipe Kamar RS Premier Bintaro

tipe premier room rs premier bintaro
Tipe premier room RS Premier Bintaro


RS Premier Bintaro memiliki 205 tempat tidur. Terbagi dalam 4 tipe kamar yaitu Silver, Gold, Suite, dan Premier. Tentu mempunyai fasilitas yang berbeda-beda. Meskipun demikian, kenyamanan di setiap kamar diutamakan karena secara psikologis dapat membantu mempercepat penyembuhan pasien.


Suite Room

suite room rs premier bintaro
fasilitas suite room rs premier bintaro

Tipe kamar yang kami datangi adalah tipe Suite. Dilihat dari situs RS Premier Bintaro, suite room terdiri dari 2 tipe. Suite A memiliki fasilitas electric bed (1 bed per kamar), kamar mandi, lemari, 1 sofa, 1 single chair, meja kerja, kulkas, smart TV 42”, telepon, nakas / lemari kecil, dan overbed table.

 

Premier Room

fasilitas premier room
fasilitas kamar mandi premier room

Premier Room memiliki fasilitas electric bed (1 bed per kamar), dining room, pantry, kamar mandi, lemari, electric kettle, 1 sofa, 2 single chair, 1 round table, kulkas, 2 televisi, telepon, nakas / lemari kecil, dan overbed table.
 
Tentu fasilitas di premier room seharga Rp4 juta / malam ini paling komplit. Udah kayak fasilitas hotel. Tapi, tentunya jangan sampai staycation di sini, ya hehehehe.

Chi yakin kenyamanan kamar memang bisa membantu pemulihan. Masih inget ketika anak-anak masih kecil, Chi terkena DBD dan harus dirawat. Memilih kamar dengan fasilitas 1 bed pasien per kamar. Supaya bisa boyong suami dan anak-anak buat menemani. Mereka pun rewel karena fasilitas di dalam kamar lumayan komplit. Chi juga bisa tidur nyenyak karena K'Aie dan anak-anak.


Roof Garden dan Pojok Dahak

roof garden ruang berjemur rs premier bintaro

RS Premier Bintaro memiliki 3 lantai. Salah satu fasilitas di lantai paling atas adalah Roof Garden. Di sini para pasien bisa berjemur untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari.

Tetapi, hanya pasien yang masih prima yang bisa ke area ini. Itupun harus didampingi keluarga dan wajib menghubungi perawatan bangsal supaya bisa masuk ke roof garden.

Di dalam roof garden juga ada pojok dahak. Petugas kesehatan akan mengambil dahak pasien di sana. Tentunya area tersebut akan dikosongkan terlebih dahulu sebelum melakukannya.


Area Podcast RS Premier Bintaro

area podcast rs premier bintaro
 
RS Premier Bintaro, termasuk rumah sakit yang situs dan media sosialnya aktif memberikan berbagai informasi. Bahkan mempunyai area khusus untuk membuat podcast. Bagus, sih, ini karena netizen jadi bisa dengan mudah mendapatkan informasi terbaru tentang rumah sakit ini, misalnya jadwal vaksinasi COVID-19, launching teknologi terbaru, jadwal health talk, dll.
 
Area Podcast juga bisa dipakai untuk foto-foto pasien dan keluarga. Untuk pasien yang melahirkan dengan memilih kamar tipe suite atau premier akan mendapatkan free video sweet journey, dibuatkan dokumentasi dari mulai masuk rumah sakit hingga pulang. Kalau untuk silver dan gold hanya mendapatkan foto.


Layanan Unggulan RS Premier Bintaro


darby maskot rs premier bintaro

Selain nyaman, RS Premier Bintaro juga modern. Salah satu teknologi terbaru yang dimiliki adalah MRI 3 Tesla. Dengan teknologi canggih ini diharapkan masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri.

MRI merupakan teknologi untuk menghasilkan gambar pencitraan anatomi di dalam tubuh, mulai dari tungkai, tulang belakang, saraf, otak, perut, jaringan dan otot, serta organ tubuh lainnya. Gambar pencitraan ini digunakan oleh dokter untuk menegakkan diagnosis. Tesla merupakan besaran intensitas medan magnet. Semakin tinggi intensitas magnet, semakin detail gambar pencitraan yang dihasilkan. Kedua hal ini tentu sangat mempengaruhi dokter dalam menegakkan diagnosis. Gambar pencitraan yang semakin jelas dan detail, akan memudahkan dokter mendiagnosis penyakit lebih cepat, dimana proses penanganan dapat dilakukan dengan lebih tepat.
 
Berikut adalah beberapa layanan unggulan RS Premier Bintaro:

  1. Skin and Laser Clinic - Kesadaran akan pentingnya merawat kulit semakin meningkat. Karena kulit yang sehat memang bisa meningkatkan kualitas hidup. Di RS Premier Bintaro, alat ini tida hanya dimiliki oleh dokter Spesialis Kulit, lho. Tetapi, dokter Spesialis Kandungan, Spesialis THT, Spesialis Vaskular, serta Spesialis Urologi juga memiliki alatnya.
  2. Stroke Center - Sekitar 15,4% penyebab kematian di Indonesia pada usia di atas 45 tahun adalah stroke. Penyakit ini pun bisa datang secara mendadak. RS Premier Bintaro memberikan layanan terpadu dari mulai pencegahan, pengobatan, hingga pemulihan.
  3. Sports Clinic - Gaya hidup sehat juga semakin diminati, salah satunya dengan berolahraga. Sports Clinic di RS Premier Bintaro tidak hanya diperuntukkan bagi para atlet. Tetapi, bisa juga untuk komunitas olahraga hingga masyarakat untuk. Pelayanan yang diberikan meliputi konseling mengenai aktivitas fisik, latihan fisik dan olahraga, penanganan cedera komprehensif mulai dari tahapan prevensi cedera, diagnosis cedera, terapi operatif dan non operatif, rekondisi pasca operasi, hingga penentuan fase kembali ke olahraga atau aktivitas.
  4. Vascular Center - Layanan unggulan ini berkaitan dengan penyakit pembuluh darah.  Layanan yang diberikan meliputi skrining, diagnostik, terapi obat-obatan, serta terapi bedah dan non-bedah dengan teknik endo vaskuler
  5. Spine Center - Layanan ini membantu mengatasi seluruh problem tulang belakang secara terpadu dan komprehensif. Penanganan problem tulang belakang dilakukan oleh tim yang terdiri dari berbagai bidang spesialistik, yaitu dokter Spesialis Orthopedi Tulang Belakang, Spesialis Neurologi, Spesialis Neurofisiologi, Spesialis Rehabilitasi Medik dan Spesialis Radiologi.

 

Health Talk tentang Mitos dan Fakta Saraf Kejepit

 
mitos dan fakta saraf terjepit

Setelah hospital tour, kami mengikuti health talk Health Talk "Mitos & Fakta Saraf Kejepit" bersama dr. Omar Lubis Sp, OT (K- spine). Tema yang sangat menarik. Apalagi mengingat beberapa hari ini punggung belakang K'Aie terasa sakit. 

Saraf terjepit memang cukup umum terdengar. Tetapi, ada baiknya jangan self-diagnosed. Perlu mengetahui mitos dan fakta serta penanganan yang tepat. Karena bisa tidak tepat penanganannya bisa berakibat fatal, lho.


Nyeri Punggung Bawah (Sakit Pinggang) = Saraf Kejepit

Mitos. Ada 5 penyebab nyeri punggung bawah, yaitu musculugenic (otot), neurogenic (kompresi saraf), spondylogenic (saraf tulang belakang), vicerogenic (organ dalam seperti ginjal), dan psychogenic (psikologis).

Tetapi, tidak semua nyeri punggung berarti saraf terjepit. Nah, ini beberapa gejala saraf kejepit yaitu

  • Nyeri menjalar hingga ke tungkai bawah
  • Kesemutan dan mati rasa (baal)
  • Kelemahan gerakan tungkai
  • Gangguang rangsang BAB dan BAK

 

Sarah Kejepit Dapat Menyebabkan Kelumpuhan

Fakta. Saraf kejepit umumnya bisa disembuhkan. Tetapi, jangan pula dianggap sepele apalagi salah penanganan. Karena banyak masyarakat yang baru berobat ke dokter setelah gejalanya semakin parah. Sehingga berpotensi mengakibatkan kelumpuhan.

 

Metode Urut dan Kretek-Kretek Dapat Dapat Meringankan Nyeri Punggung Bawah

Fakta. Diurut dan dikretek memang bisa memberikan rasa nyaman. Tetapi, tidak berlaku untuk semua nyeri punggung. Oleh karena itu ada baiknya berkonsultasi ke ahlinya. Supaya tidak sampai salah urut atau dikretek. Bisa semakin parah cederanya kalau sampai salah.

 

Saraf Kejepit Harus Dioperasi

Mitos. Pasien yang terkena saraf terjepit gak harus dioperasi. Penanganan awalnya adalah sebagai berikut:
 
  1. Bed rest maksimum 2 hari
  2. Analgetik
  3. Penggunaan alat bantu (korset)
  4. Perubahan gaya hidup
  5. Program rehab medik oleh spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi

Pihak rumah sakit juga akan melakukan Manajemen Nyeri Intervensif yaitu prosedur minimal invasif untuk menempatkan obat atau terapi pada target area spesifik. Tindakan operasi baru akan dilakukan bila:

  1. Gagal terapi konservatif (nyeri menetap selama > 6 minggu)
  2. Terdapat kelemahan anggota gerak
  3. Terdapat instabilitas atau gangguan bentuk tulang belakang
  4. Berpotensi menyebabkan kelumpuhan

 

Operasi Tulang Belakang Berisiko Tinggi Menyebabkan Kelumpuhan

teknologi penanganan saraf terjepit

Mitos. Ilmu pengetahuan semakin maju, ketrampilan dokter semakin tinggi, serta peralatan yang semakin canggih. Sehingga sangat kecil terjadi kelumpuhan. Resiko kelumpuhan secara umum sekitar  0-2%. Sebetulnya bisa dikatakan tidak ada. Tetapi, dalam dunia medis, tidak bisa mengatakan 0%. Tetap harus ada range persentase risiko.
 
Tenang aja, hanya operasi kecil, kok. Bahkan besoknya pun pasien sudah boleh pulang. Spine Center juga salah satu layanan unggulan RS Premier Bintaro. Sehingga tidak hanya segala fasilitas yang memebrikan kenyamanan bagi pasien. Dokter yang menangani pun ahli di bidangnya. Serta didukung teknologi yang canggih.
 
Itu mitos dan fakta tentang serta penanganannya di RS Premier Bintaro. Meskipun tidak harus selalu dioperasi, tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati. 3 tips dari dr. Omar Luthfi Sp. OT (K-Spine) agar bebas dari syaraf kejepit yaitu:
 
  1. Menjaga berat badan ideal
  2. Olahraga teratur (berenang yang paling disarankan)
  3. Hindari kegiatan yang high impact 

  • Share:

You Might Also Like

21 comments

  1. Ini RS kok keren banget sampai punya roof garden segala
    Opname di sini serasa staycation di hotel deh
    Apalagi fasilitasnya terlihat mewah dan lengkap

    Btw saya jadi dapat banyak info tentang saraf kejepit nih di sini
    Senang rasanya ada alat canggih yang bisa menangani masalah ini
    Semoga banyak pasien yang terbantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harapannya bisa mempercepat proses penyembuhan bila rumah sakitnya nyaman

      Delete
  2. Fasilitas di RS Premier Bintaro cukup lengkap yaa.. bagus dan terlihat nyaman.. bisa nih di coba kalau ada keluarga di daerah sana yg sakit atau sekedar check up

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teknologinya juga canggih. Dokter-dokternya pun andal di bidangnya

      Delete
  3. Mbak, kalo di pojok dahak itu nanti dahak pasien dianalisis kah sama petugasnya?

    ReplyDelete
  4. Keren ya penanganannya udah pakai alat canggih. Aku simpen dulu deh infonya. Suatu saat pasti butuh.

    ReplyDelete
  5. Apik ya di tiap bagian-bagian di RS Premier Bintaro ini.
    Peralatannya juga mantap, begitupun ruang kamarnya, sehingga pasien yang berobat tidak terasa seperti sedang perawatan ya, tapi layaknya rumah sendiri

    ReplyDelete
  6. Tipe kamar inap nya modern banget ya, Mbak.. Bisa cepet pulih ini yang sakit kalau tempat opname nya nyaman begitu.

    ReplyDelete
  7. Rumah sakitnya bagus. Semoga yang berobat jadi lebih merasa tenang dan cepat sembuh. Pengobatan saraf kejepit juga sudah bisa dilakukan di RS Premier Bintaro ini, jadi mitos yang beredar seputas saraf kejepit terbantahkan.

    ReplyDelete
  8. Soal saraf kejepit ini enggak bisa diremehkan ya, akhir2 ini sering dengar kasus ini. Lihat review tentang penanganannya jadi paham sekarang

    ReplyDelete
  9. Baru kemarin ada obrolam di wag alumni kampus. Tentang kawan yang ngalamin syaraf kejepit. Duh, usia ya.. bahasannya soal penyakit 😁

    Keren ini RSnya, ntar coba kurekomendasiin ke teman.

    ReplyDelete
  10. Kamar opname kok seperti hotel ya Mbak. Kelihatan banget nyaman dan bersihnya. Bikin betah dan bisa membawa efek baik bagi pasien yang ada di dalamnya, termasuk anggota keluarga yang ikut menunggui/menemani.

    Ruang utamanya juga terlihat kaya cahaya matahari ya. Selain mengurangi beban listrik, ruangan seperti ini tidak pengap dan selalu terlihat segar. Cocok jadi rumah sehat ketimbang rumah sakit.

    ReplyDelete
  11. RS Premier Bintaro ini emang Keren ya Mba. Fasilitasnya lengkap dan nyaman juga buat pasien. Ternyata memang ada mitos dan fakta seputar saraf kejepit. Engga perlu operasi hanya perlu penanganan yang tepat berarti ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Kalau segera ditangani dengan tepat. InsyaAllah bisa lekas sembuh

      Delete
  12. Penanganan dengan seksama untuk penyakit saraf kejepit pastinya dapat membantu pasien, sehingga keluarga pasien juga menjadi tenang karena perderita dapat ditangani dengan baik.

    ReplyDelete
  13. Wiiih, keren banget ruang rawat inapnya RS Premier Bintaro ya, sekilas mirip hotel bintang 5, ini bisa bikin nyaman pasien ya. Btw, terimakasih uraian seputar saraf kejepit nya nih, kebetulan ada yg dirasa di badan

    ReplyDelete
  14. Rumah sakit tanpa tercium aroma obat-obatan tuh idaman banget deh. Aku galfok sama robot pintar bentuk rusanya gemes bet. Fasilitas di RS Premier Bintaro lengkap dan canggih2 ya mba.

    ReplyDelete
  15. Mamaku pernah jatuh dan syaraf tulang ekornya kejepit. Lumayan repot lama karena gabisa jalan.

    Liat review ini aku berasa flashback ke masa - masa pengobatan

    ReplyDelete
  16. iya sih mba, akses ke rumah sakit yang mudah itu juga sering jadi pertimbangan kalau mau periksa ya. selain itu biasanya yang juga aku cek adalah fasilitas dan kemudahan parkir hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^